Bacaterus / Misteri Dunia / Rosalia Lombardo, Mumi Berukuran Cilik dan Misterius

Rosalia Lombardo, Mumi Berukuran Cilik dan Misterius

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bila kita berbicara mengenai mumi, mungkin nama manusia paling kejam dan tidak bermoral, Fir’aun adalah yang paling populer di seluruh dunia. Keberadaan mumi memang bisa menarik rasa penasaran banyak orang.

Selain dengan bentuknya yang unik dan penuh misteri, keberadaan mumi juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan raja-raja yang ada di Mesir yang selama ini menyimpan banyak rahasia menarik.

Beberapa film yang mengangkat sosok mumi ke dalam cerita film pun telah berhasil menarik banyak penonton di dunia. Hal tersebut tentu karena rasa penasaran masyarakat dunia begitu besar pada sosok makhluk yang satu ini.

Bila di antara kita membayangkan sosok mumi dengan sebuah kain putih yang melilit dari ujung kaki sampai ke kelapa atau mungkin dengan pakaian Templar dengan mahkota seperti Fir’aun. Maka, mumi berada di wilayah Sisilia ini memiliki keunikan tersendiri.

Seperti apa sosok mumi yang satu ini? Nah, kali ini Bacaterus telah rangkum tentang sosok mumi mungil yang misterius yang pernah ada. Berikut adalah misteri Rosalia Lombardo, mumi cilik di Capuchin Catacombs, Sisilia.

Catacombs Tempat Mumi Terbesar di Italia

Catacombs Tempat Mumi Terbesar di Italia

Bila kamu sedang berkunjung ke Italia Selatan. Kamu pasti mendapat informasi tentang sebuah makam yang terkenal dan cukup menyeramkan yang ada di sana. Bernama Capuchin Catacombs, makam yang berada di Palermo, Sisilia, Italia Selatan ini memang sangat menakutkan baik bagi penduduk lokal maupun wisatawan yang kebetulan berkunjung ke tempat tersebut.

Pada mulanya makam peninggalan abad ke-16 ini adalah sebuah biara. Namun, ketika dua biarawan yang berasal dari Silvestro dan Gibbio meninggal pada tahun 1599. Biara tersebut pun berubah menjadi sebuah tempat pemakaman. Kedua mayat biarawan tersebut dikeringkan, kemudian dibalsam dan disimpan di sebuah lemari kaca di Capuchin Catacombs.

Sebelumnya hanya para biarawan saja yang dimakamkan di sana. Namun, seiring waktu para bangsawan dan orang-orang yang terpandang di sana juga ikut dimakamkan di tempat tersebut. Sejak saat itu biara tersebut pun kemudian dipakai sebagai tempat pemakaman.

Mayat-mayat-mayat yang ada di Catacombs sebagian besar dibalsam, beberapa mayat bahkan terlihat diletakkan dalam posisi menggantung dengan pakaian yang lengkap. Pada waktu-waktu tertentu pakaian mereka akan diganti. Hingga pada tahun 1800, tercatat kurang lebih 8000 mayat atau mumi yang berada di Capuchin Catacombs.

Pemakaman tersebut menjadi tempat penyimpanan mumi terbesar yang ada di dunia. Salah satu mumi yang paling terkenal adalah mumi seorang anak perempuan bernama Rosalia Lombardo.

Kematian Putri Cantik Lombardo

Kematian Putri Cantik Lombardo

Rosalia Lombardo lahir pada 13 Desember 1918 di Palermo, Sisilia. Gadis cilik yang berumur kurang dari dua tahun saat meninggal ini adalah putri kecil dari ayah bernama Mario Lombardo. Rosalia diketahui meninggal pada 6 Desember 1920 karena penyakit Pneumonia. Kematian gadis mungil ini memang membuat Mario sangat sedih dan terpukul.

Rosalia pun akhirnya dimakamkan di Capuchin Catacombs. Ia diketahui di balsam oleh seorang Profesor bernama dr. Alfredo Salafia, seorang taksidermi sekaligus pembalsam terkemuka yang ada di Palermo, Sisilia pada tahun 1920. Berbeda dengan mayat-mayat yang ada di sekitarnya yang terlihat membusuk dan mengering meskipun sudah dibalsam.

Mayat Rosalia tampak terlihat utuh. Meskipun, sudah hampir 100 tahun lamanya. Hal tersebut kemudian menarik perhatian dunia dan rasa penasaran peneliti yang ada di dunia. Mayat gadis mungil yang berhasil diawetkan tersebut memang tidak menakutkan seperti mumi-mumi yang ada di sekitarnya.

Ia terlihat tampak sedang tertidur hingga membuat Rosalia Lombardo pun mendapat julukan sebagai Putri Tidur dari Capuchin Catacombs. Rosalia Lombardo memang menjadi salah satu mumi yang menarik di dunia.

Keberadaan Rosalia sempat menarik sejumlah wisatawan untuk berkunjung ke Catacombs. Misteri mengenai mumi cilik ini pun telah mengundang rasa takjub terhadap sosok dr. Alfredo Salafia, dokter yang melakukan pembalsaman pada mayat gadis mungil tersebut.

dr. Salafia dan Rahasia Pembalsaman Mumi

dr. Salafia dan Rahasia Pembalsaman Mumi

*

Rosalia Lombardo adalah satu dari sekian banyak mumi yang cukup menarik perhatian dunia. Hal tersebut pun tak lepas dari campur tangan seorang dr. Alfredo Salafia. Pengawetan yang dilakukan pada Rosalia merupakan pengawetan yang terbaik di dunia. Hasil pengawetan yang dilakukan oleh dr. Alfredo Salafia memang sangat sempurna.

Sehingga membuat para peneliti dunia berusaha mengungkap rahasia dibalik cara pengawetan yang dilakukan dokter Salafia yang diketahui telah meninggal pada tahun 1933. dr. Alfredo Salafia memang tak pernah membongkar rahasia mengenai caranya untuk mengawetkan Rosalia.

Formula yang digunakan oleh dr. Alfredo menjadi misteri yang mengundang rasa ingin tahu para ilmuwan dunia. Hingga pada tahun 2009, salah satu ilmuwan dari Institute for Mummies and the Ice man bernama Dario Piombino Mascali telah berhasil menemukan sebuah catatan tangan dari dokter Alfredo Salafia.

Formula tersebut berisi formula serta proses yang dilakukan oleh dr. Alfredo untuk mengawetkan mayat Rosalia. Cara yang dilakukan  dr. Alfredo adalah dengan menyuntikan campuran beberapa zat kimia ke dalam tubuh gadis cilik tersebut. Zat-zat yang disuntikan berupa Formalin, Alkohol, Garam Seng, Gliserol, Klorida dan Asam salisilat.

Secara keseluruhan zat-zat tersebut memang berperan dalam mengawetkan mayat Rosalia hingga bisa bertahan ratusan tahun. Formalin diketahui memang berfungsi untuk mengawetkan dan membunuh bakteri yang menyebabkan pembusukan lebih cepat. Semntara garam seng yang menyebabkan tubuh Rosalia kaku. Sementara alkohol dan gliserol membuatnya tetap kering.

Mumi yang Dapat Berkedip

Mumi yang Dapat Berkedip

Keberadaan Rosalia di Capuchin Catacombs kerap menjadi objek menarik bagi wisatawan mancanegara yang penasaran terhadap keberadaan mumi yang satu ini. Beberapa kabar angin pun berembus tentang mumi ini. Konon, para pengunjung yang pernah melihat mumi Rosalia mereka mengatakan pernah melihat Rosalia mengedipkan matanya.

Hal tersebut tentu menjadi cerita lain yang menarik masyarakat dunia. Meskipun pada awalnya hal tersebut hanya dianggap sebagai kabar angin. Namun, pada akhirnya ada penjelasan ilmiah yang menjawab mengenai misteri mumi Rosalia Lombardo yang mampu bisa mengedipkan mata. Dario Piombino Mascali menjelaskan bahwa Mata Rosalia memang tidak sepenuhnya menutup.

Apa yang dilihat pengunjung terhadap mata Rosalia adalah bagian dari ilusi optik yang terjadi akibat cahaya yang masuk menembus melewati jendela samping. Cahaya yang berubah-ubah  inilah yang pada akhirnya menghasilkan ilusi optik yang membuat mata Rosalia Lombardo seakan membuka dan menutup.

Misteri tentang mata Rosalia Lombardo pun pada akhirnya terjawab. Keberadaannya mumi ini memang telah membawa ilmu pengetahuan baru pada dunia. Maka tak heran jika Rosalia Lombardo sangat diminati oleh banyak orang. Bukan hanya oleh orang awam saja akan tetapi oleh para ilmuwan di seluruh dunia.

Nah, itulah misteri Rosalia Lombardo, mumi cilik di Capuchin Catacombs, Sisilia. Nantikan informasi selanjutnya yang lebih menarik yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Silakan kunjungi artikel misteri putri duyung ini untuk memperoleh informasi misteri lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *