bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Misteri Putri Malu, Tanaman Pemalu yang Dikenal Cerdik

Misteri Putri Malu, Tanaman Pemalu yang Dikenal Cerdik

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 23 April 2021

Putri Malu adalah salah satu jenis tanaman unik yang kerap menarik perhatian sejak kecil. Meski tidak memiliki bunga yang indah seperti pada jenis bunga lainnya, namun tanaman ini kerap diburu karena konon memiliki khasiat yang jarang diketahui oleh orang banyak. Apa latar belakang tanaman satu ini bisa  mendapat julukan sebagai putri malu?

Nah, agar kamu mengetahui seluk beluk dari tanaman ini lebih jauh. So, kali ini Bacaterus akan mengulas mengenai misteri putri malu, tanaman pemalu yang dikenal cerdik. Apa yang menarik dari tanaman liar ini? Yuk, kita simak hal tersebut dalam artikel di bawah. Berikut adalah ulasannya?

Tanaman Unik yang Sensitif Terhadap Sentuhan

Tanaman Unik yang Sensitif Terhadap Sentuhan

Putri malu atau dikenal dengan nama ilmiah Mimosa Pudica adalah jenis tanaman perdu yang masuk ke dalam suku polong-polongan. Kata Pudica sendiri diambil dari bahasa latin yang artinya "malu" atau "menciut". Pemberian nama itu sendiri memang bukan tanpa alasan. Mengingat Putri malu sendiri memang cukup dikenal karena perilakunya yang cukup unik dan menarik perhatian.

Tanaman Putri Malu diketahui memiliki kemampuan untuk menutup atau layu secepat kilat ketika mendapatkan sentuhan, tertiup angin, atau terkena tetesan air. Nah, karena itu tanaman ini kemudian dikenal sebagai tanaman Putri Malu.

Meskipun beberapa jenis tanaman yang masuk dalam suku polong-polongan dapat melakukan hal serupa, namun dibanding dengan jenis tanaman polong yang lain, Putri malu diketahui memiliki respon yang sangat cepat terhadap sentuhan.

Perilaku uniknya tersebut diketahui hanya berlangsung sementara. Tanaman ini sendiri akan kembali seperti semula setelah beberapa saat. Putri malu dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis dengan ketinggian 1 – 1200 meter di atas permukaan laut seperti di Indonesia dan negara-negara Asia tenggara lainnya.

Karakteristik dari tanaman ini diketahui memiliki akar tunggang berwarna putih dengan batang berbentuk bulat serta berbulu halus. Sementara daunnya sendiri berbentuk menyirip berukuran kecil dan tersusun secara majemuk, lonjong dan saling berhadapan.

Bunganya berbentuk bulat berwarna merah muda. Sedangkan daunnya berwarna hijau muda. Meski demikian, pada beberapa spesies tanaman putri malu yang lain memiliki daun berwarna kemerah-merahan.

Tanaman Pemalu yang Cerdik

Tanaman Pemalu yang Cerdik

Putri malu adalah salah satu jenis tanaman yang terkenal karena keunikannya. Putri malu sendiri memiliki berbagai nama yang berbeda di tiap negera seperti Mahika di Filipina, Mori Vivi di Hindia barat, Nidikumba di Sinhala, Mate-loi di Tonga, dan Putri Malu di Indonesia.

Meski memiliki beragam nama, namun pada dasarnya pemberian namanya sendiri berdasarkan dari perilakunya yang tampak seperti seseorang yang yang pemalu. Nah, tanaman ini memang memiliki alasan tersendiri untuk melakukan hal tersebut.

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa menutupnya daun pada tanaman ini ketika terkena sentuhan diakibatkan adanya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Saat proses tersebut terjadi, tanaman akan melepaskan zat-zat kimia seperti ion potasium yang akhirnya memaksa air keluar dari vacuole.

Air tersebut yang akhirnya berdifusi mengeluarkan sel hingga menyebabkan hilangnya tekanan. Hal itulah yang membuat tanaman putri malu terlihat menutup dan layu. Peneliti sendiri menyebut gerakan ini dengan sebutan seismonasti, yaitu gerak nasti yang terjadi akibat terdapat rangsangan sentuhan.

Menurut para ahli, perilaku menutupnya daun tersebut memiliki tujuan untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan yang akan menjadikannya sebagai santapan. Nah, bersamaan dengan proses menutupnya daun Putri malu, warna daun yang berada pada bagian bawah tanaman yang berwarna pucat akan terlihat.

Hal itulah yang membuat hewan yang akan memakannya kehilangan selera karena menganggap tanaman tersebut telah mati. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa respon cepat yang dilakukan tanaman ini bisa membuat hewan yang memakan tanaman ini merasa takut dan lebih memilih jenis tanaman lain untuk konsumsi.

Karena perilakunya tersebut. Putri Malu pun kemudian dianggap sebagai salah satu jenis tanaman yang dikenal sangat cerdik. Nah, kira-kira bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Berkhasiat untuk Kejantanan Pria

Berkhasiat untuk Kejantanan Pria

Penelitian memang telah banyak dilakukan untuk jenis tanaman ini. Selain karena tingkah lakunya, manfaat dari jenis tanaman ini sendiri kerap mengundang rasa penasaran masyarakat. Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa negara seperti Indonesia, Amerika, dan Tiongkok.

Tanaman ini diketahui memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Hal itu diketahui dari kandungan yang terdapat dalam tanaman ini seperti senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, fenolat, polifenol, monoterpenoid, dan steroid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah manfaat tanaman ini yang konon bisa membantu kejantanan pria. Hanya saja untuk membuat ramuan menggunakan jenis tanaman ini memang perlu pengawasan dari pihak dokter atau pihak medis.

Karena meskipun diketahui memiliki banyak manfaat, namun penggunaan tanaman putri malu dalam dosis yang tinggi bisa juga mengakibatkan keracunan yang mungkin malah membahayakan bagi kesehatan.

Baca juga: Mitos Bunga Sedap Malam yang Hanya Harum di Malam Hari

Berasal dari Putri Kerajaan yang Pemalu

Berasal dari Putri Kerajaan yang Pemalu

Di Indonesia, khususnya di daerah pulau Jawa terdapat cerita rakyat yang cukup menarik mengenai tanaman ini. Konon, rasa malu yang dimiliki oleh tanaman putri malu bermula dari seorang putri kerajaan yang terkenal sangat cantik jelita bernama Putri Kaniawati.

Kecantikan Putri Kaniawati yang telah tersohor membuat para pemuda berusaha untuk melamarnya. Hanya saja karena sifat pemalu yang besar membuat usaha para pemuda sia-sia karena sang putri selalu berusaha menghindar.

Nah, setelah itu muncul seorang pangeran tampan bernama Jaka Amparan, putra Raja Mahesajati dari Kerajaan Pasirmaya. Usahanya yang besar untuk dapat melihat sang putri pada akhirnya membuahkan hasil hingga tanpa disengaja keduanya dipertemukan.

Namun, karena terpana dengan kecantikan sang putri tanpa disadari keduanya pun pada akhirnya saling pandang hingga membuat Putri Kaniawati terkejut dan akhirnya terkulai lemas dan jatuh pingsan.

Karena rasa bersalahnya terhadap sang putri. Pangeran pun memakaikan putri tersebut pakaian pembalik setan yang dapat menyerap rasa malu dari sang putri. Setelah mengenakannya pada sang putri. Pangeran pun melemparkannya pada tanaman perdu berduri. Sejak saat itu rasa malu yang ada pada sang putri perlahan menghilang dan digantikan oleh tanaman putri malu.

Nah, kira-kira bagaimana menurut kamu dengan cerita rakyat di atas? Apakah rasa malu yang ada pada tanam putri malu berasal dari putri kerajaan?

Demikian Misteri Putri Malu yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Asal-usul dibalik perilakunya yang unik memang dapat memberi informasi menarik bagi masyarakat. Meski perilakunya dapat dijelaskan secara ilmiah, namun ada pula yang kerap mengaitkannya dengan berbagai cerita unik khas tanah air. Nah, bagaimana pendapatmu tentang hal ini? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram