Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Putri Duyung dan Berbagai Kisah Kemunculannya

Misteri Putri Duyung dan Berbagai Kisah Kemunculannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Putri duyung adalah sebuah mahluk mitologi yang keberadaannya masih belum jelas. Nyata atau tidak, keberadaan putri duyung masih menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan. Putri duyung merupakan seorang perempuan yang tidak memiliki kaki melainkan ekor seperti ikan. Konon, mahluk tersebut hidup di lautan lepas dan menyembunyikan dirinya dari manusia.

Cerita mengenai putri duyung juga dikemas dalam sebuah dongeng yang dikembangkan oleh Disney, yakni The Little Mermaid. Dongeng ini ditulis oleh seorang penulis cerita anak terkenal, Hans Christian Andersen.

Dikisahkan seorang putri duyung muda bernama Ariel yang tinggal di istana laut. Suatu hari, Ariel berenang hingga ke permukaan laut. Sesampainya di sana, ia melihat seorang pangeran tampan sedang berdiri di atas kapal. Ariel jatuh cinta kepada pangeran itu saat pandangan pertama.

Kemudian, Ariel menemui seorang penyihir untuk mengubah diri menjadi manusia. Penyihir tersebut memberikan syarat bahwa Ariel harus memberikan suaranya yang indah agar ia bisa menjadi manusia seutuhnya.

Dongeng The Little Mermaid tersebut sangat digandrungi oleh anak-anak. Bahkan, beberapa anak-anak gemar mengkoleksi barang-barang yang berhubungan dengan Ariel si putri duyung cantik. Lantas, apa misteri putri duyung yang sebenarnya? Benarkah kisah dan rupa putri duyung secantik Ariel, tokoh fiktif yang dibuat oleh Hans Christian Andersen tersebut?

Asal Mula Legenda Putri Duyung

Hingga saat ini putri duyung masih menjadi sebuah legenda karena belum dapat dibuktikan secara ilmiah keberadaannya. Namun ada beberapa cerita lama yang mengisahkan sejarah dan asal usul kemunculan putri duyung, seperti:

1. Putri yang Terkutuk

putri duyung ratu

Bukti sejarah menyatakan bahwa putri duyung berasal dari sekitar tahun 1.000 SM. Asal usul dari putri duyung ini ditulis dalam bentuk naskah tua yang berasal dari budaya Assyria. Para arkeolog di wilayah sekitar mengatakan bahwa masyarakat Assyria sangat percaya bahwa putri duyung adalah seorang putri dari kerajaan yang dikutuk oleh alam.

Putri tersebut dikutuk menjadi duyung karena telah membunuh suaminya sendiri. Wujud dari putri itu adalah manusia setengah ikan, di mana bagian pinggang ke bawah putri itu berbentuk seperti ikan. Sosok putri duyung tersebut persis seperti penggambaran yang sering kita lihat di film ataupun di televisi.

2. Putri yang Patah Hati

putri duyung patah hati

Cerita ini juga berasal dari masyarakat Assyria, namun versinya berbeda dari cerita sebelumnya. Dahulu kala, ada seorang ibu dari Ratu Assyiria bernama Dewi Atargatis. Dewi ini jatuh cinta kepada seorang gembala. Akan tetapi, pada akhirnya ia mati karena rasa cintanya tersebut. Ia malu karena ketahuan mencintai seorang gembala, akhirnya ia menceburkan diri ke danau untuk merubah dirinya jadi seekor ikan.

Namun, karena Dewi Atargatis memiliki kecantikan yang sangat sempurna, ia tidak bisa berubah sepenuhnya menjadi ikan. Hanya separuh tubuh bagian bawahnya saja yang menyerupai ikan, tetapi parasnya tetap cantik layaknya seorang dewi.

3. Putri Duyung Adalah Pengawal Dewi Laut

misteri putri duyung

Masyarakat Yunani dan Romawi percaya bahwa putri duyung memang sengaja diciptakan oleh dewa dan dewi laut, seperti Poseidon, Neptune, dan Triton. Dewa dan dewi laut menciptakan putri duyung sebagai pengawal mereka. Putri duyung menemani dan mengawal perjalanan dewa dan dewi saat mengelilingi laut.

Bahkan, dalam mitologi Yunani, duyung tidak hanya berjenis kelamin wanita, tetapi adapun duyung pria. Konon, para putra dan putri duyung ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Sampai saat ini, masyarakat Yunani menganggap duyung adalah penjaga laut. Mereka sengaja menenggelamkan kapal-kapal yang bermuatan orang-orang jahat atau barang-barang ilegal.

4. Nelayan yang Terkutuk

mumi putri duyung jepang

Masyarakat negeri sakura memilih versi misteri putri duyung yang berbeda mengenai asal usul putri duyung. Dahulu kala, ada seorang nelayan yang mengikuti kepercayaan Shinto. Nelayan ini mengikat janji pada gurunya bahwa ia tidak akan memakan hewan.

Namun, nelayan tersebut mengingkari janjinya, ia membunuh banyak hewan untuk dimakan dagingnya. Pada akhirnya, nelayan itu dikutuk menjadi monster setengah ikan yang hidup di dalam laut. Hingga saat ini kepercayaan Shinto melarang pengikutnya untuk mengkonsumsi mahluk hidup yang bernyawa.

Jika Anda sedang berjalan-jalan ke Jepang, Anda bisa mampir ke Kuil Shinto yang ada di Fujinomiya. Di sana, Anda bisa melihat bukti adanya putri duyung melalui mumi duyung yang usianya mencapai 1.400 tahun.

Namun, jangan bayangkan mumi ini tampak cantik seperti putri duyung dalam dongeng. Mumi ini lebih cocok disebut sebagai hantu putri duyung karena memiliki berkepala besar dengan sedikit rambut, mata dan mulutnya terbuka, serta wajahnya terlihat seram.

Bukti Keberadaan Putri Duyung

sejarah putri duyung

Benar atau tidaknya legenda yang berasal dari beberapa negara tersebut, ada beberapa bukti bahwa putri duyung memang benar-benar ada. Konon, di kawasan Cornwall, Inggris, ada sebuah batu yang pernah diduduki oleh putri duyung. Putri tersebut duduk di batu itu sembari bernyanyi. Nyanyian yang dilantunkan oleh putri duyung tersebut mengakibatkan tewasnya seorang nelayan lokal.

Nyanyian seorang putri duyung dapat membuat orang terpikat. Karena terpikat dan ingin mencari sumber suara indah tersebut, banyak orang yang tewas karena tenggelam. Oleh karena itu, nyanyian dari seorang putri duyung memiliki kekuatan mistis yang sangat kuat.

Selain itu, keberadaan putri duyung juga dibenarkan oleh seorang pelaut terkenal, Christopher Colombus. Dalam jurnalnya, Colombus menulis bahwa ia pernah melihat tiga putri duyung melintas di sekitar perairan Karibia.

Colombus yang sedang dalam perjalanan menuju Rio Del Oro tersebut mengatakan bahwa paras putri duyung tidak secantik lukisan, tetapi benar mereka memiliki rupa manusia. Pernyataan Colombus mengenai putri duyung ini dikutip dari The Diary of Christopher Colombus, 9 Januari 1493.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda percaya mengenai misteri putri duyung ini? Benar atau tidak keberadaannya, putri duyung juga merupakan salah satu mahluk ciptaan Tuhan. Silahkan utarakan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

70 Responses

  1. Colombus itu sih keliru putri duyung dgn ikan dugong.

  2. kalian,percaya gak percaya baca terus….,lama lama bakal percaya 😛

      1. cuman yg bkin bingung jika putri duyung ada tdus cara mempunyai keturunannya gimna ya bertelur apa beranak haha

  3. Aku gak percaya dgn putri duyung . Aku percaya nya di film” . Putri duyung thu gadak di dunia nyata. Gadak thu cipta an tuhan thu .

  4. saya belom percaya dgn putri duyung ini benar ada atau tidak nya

  5. kayaknya putri duyung itu gak ada. kalau pun ada dimana dia berada,dilaut?

    1. Putri duyung adalah mahluk mitologi, jadi sampai saat ini belum diketahui secara pasti dimana keberadaannya 🙂

    2. Comment…dia di dasar lautan paling dalam lebih dari 9km di bawah permukaan laut. sembuny

  6. mohamad Rayhan adirya berkata:

    aku mempercayainya bahwa putri/putra duyung memang benar” ada bahkan mereka membuat kerjaan didasar laut dan disihir oleh ratu duyung agar mereka para duyung tidak terlihat oleh manusia karna jikalau manusia melihat keberadaan para duyung itu bisa mengancam mereka,mangkanya mereka menyembunyikan dirinya,para duyung mempunyai sifat yang sama seperti kita ada yang egois,penyabar,pendiam dan lain” saya mengakui bahwasanya putra/putri duyung memang bena” ada karna saya pernah tidak sengaja melihatnya dan setelah itu saya tidak memberi tahu kpd siapapun jikalau saya melihat itu dengan mata telanjang

    1. Kmu benar2 pernah melihat putry duyung…

    2. Gtw pasti asli putri duyung
      Apa Lagi gue pernah ke jepang asliiiiiiiii banget gk percaya ya udah

  7. Karena didunia ini apasih yang gk mungkin..

  8. Putri duyung seperti halnya kalo di indonesia nyirorokidul.entah itu ada atau tidak,enggak ada yg tau persisnya seperti apa?.

  9. aku sih percaya kalau putri duyung tuh ada.

  10. Duyung itu hanya mitos duyung itu tidak ada hanya saja aku suka ceritanya

  11. Percaya atau tidak putri duyung itu Ada suatu saat pasti Ada Yang tau mungkin blm aja ad Yang tau keberadaannya

  12. Aku percaya kalau putri duyung itu ada… Krana itu ciptaan tuhan

  13. saya ngga prcaya kalo saya ngga liat buktinya..????????

  14. sekarang banyak anak2 kecil jd putri duyung kan lg bomming baju renang putri duyung hehehe

  15. Hahaha ada yg pernah liat,mugkin lu liat kantong kresek di kali lagi ngambang,klo ada duyung yg pernah lu liat dimana? Kali atau danau aja pada butek yg ada malah mules tu putri duyung,,

  16. Kemaren saya liat putri duyung didkt rumah saya, saya fikir putri duyung dari laut.. ternyata anak-anak kecil sedang memakai kostum duyung.hehehe

  17. Yg bkin penasaran dr dulu sampai skrg,,legenda&cerita putri duyung itu darimana asalnya coba??
    Kalo emang gak ada asal muasal kebenaran cerita/legendanya knp ceritanya berkembang sampai di jaman kita skrg ini hayo??
    Sama halnya dg cerita/legenda jaman SM atau sesudah M yg pada akhirnya sampai juga ke jaman yg sekarang..contohnya cerita tentang para Nabi,,tentang Fir’aun dan yg lainnya.Namun perbedaannya cerita para Nabi,fir’aun sudah jelas tertulis di Al qur’an sbg bukti otentiknya..(bagi yg percaya) tp legenda ttg putri duyung blm ada bukti otentiknya..
    Tidak ada asap kalo tidak ada api..
    #silahkan berpikir secara logika

    1. Trus gmn dengan nyi Roro kidul? Klo aku sih lebih percaya klo dia itu jin yg berwujud manusia setengah ikan

  18. Aku sih enggak percaya tapi kalo filmnya suka hehehehe

  19. Aku sih percaya aja,klo putri duyung itu ada,,tapi asal usulnya nga’ tau dari mana, dan siapa yg pertama kali mengenalkan pada dunia,,,?
    itu masih misteri,,,dan keberadaan duyung seperti rasa cinta tdak pernah terlihat hanya ceritanya yg melegenda????????

  20. Cerita putriduyung itu sebenernya cerita” kya mitos.. Tpi karna di negara” sana d percaya jadi lh cerita ini berkembang sampai sekarang dan mlh ada flm nya lg

  21. ngapusi ei isu,isu,isu,isu nggacor ae

  22. Kenapa dinamakan duyung..kenapa bukan putri ikan.putri berekor,wanita berekor ikan,putri bersirip,kenapa harus duyung

  23. aku juga percaya dech tentang kisah putri duyung *^_^*

  24. Pengen banget liat aslinya…walaupun cuma di video atau Apa tapi pengen ada yang membuktikan kalau putri duyung itu ada…

  25. Esha Nuhanda Putri berkata:

    Gak pernah percaya dengan adanya duyung

  26. kagak percayaaaa coz di lautan lepas gak pernah lihatt

  27. Saya pernah bekerja di lautan lepas jadi saya pernah merasakan hal mistis seperti itu saya pernah melihat,a ketiga mata batin saya terbuka sebenarnya putri duyung ituh suatu jelmaan dari jin / syaton ia memang berbentuk ikan separuh manusia memiliki paraas yang anggun dan ia mempunyai taring panjang ia meminta tumbal dari pihak kami satu orang tapi kami bergegas pergi meninggal kan lokasi trsbut

  28. subhanaallah banget kalau putri duyung benar benar ada ^_^
    tapi kalau tidak ada yasudah, jangan beribut dong 😀 hihi ntar ditakutin putri duyung baru tau rasa deh :v hikhikhik

  29. Ya saya sgt percaya pada kekuasaan Allah yg bisa menciptakan segala sesuatu…
    Saran sebelum membaca hendaknya kita memiliki ilmu ttg isi materi sehingga tidak sesat pemahaman

  30. Jujur emang aku suka banget ama mermaid sampek aku ingin jadi mermaid tapi aku penasaran aku pikir aku ini suka karna apa aku cari di google ouhc ternyata ini yg namax mermaid tanpa pikir panjang aku langsung percaya kalau mermaid itu enggak adaaaaaa.Jadi anda jangan sampek kayak aku terlalu teropsesi ke mermaid sampek pengen jadi mermaid karna nanti kamu menyesalndech

  31. Aku sih belum percaya kalau belum lihat sendiri wkwkw

  32. ada perbedaan ikan dugong dengan putri duyung .ya memeng putri duyung agak sedikit kepiripan tapi tidak semua mirip dengan ikan dugong

  33. Pusing ah cukup itu jadi rahasia ilahi aja ud lah manusia gc usah ngsik bangsa lain mau mreka ataupun tidak haya tuhan pengnguasa alam yang tau

  34. Aq jga prcya klau putri dyung itu ada….

  35. kalo duyung katanya pernah ada yang liat bahkan dapet fotonya tapi udah mati waktu tsunami di aceh,kalo nyi roro kidul percaya juga sug soalnya ada yang gak sengaja dapet gambarnya waktu di foto di laut kidul

  36. Q nggak percaya.soalnya kan bagian atas tubuhnya itu berbentuk manusia. jadii kalau dilogika manusia bernafas pakai paruparu. Sedangkan kalau mau hidup di laut butuh insang,
    Tapi kalau film putriduyung q sukasih

  37. Jika putri duyung itu harus ada… Dia pasti ada. Jika memang tidak ada.. Mungkin ia hanya terlahir untuk memperlengkap dongeng dongeng, agar manusia sadar dan peduli bahwa ada mereka tidak sendiri, masih ada makhluk yang lainya.

  38. Aku percaya karena allah tidak hanya menciptakan manusia , hewan , dan tumbuhan. tiada yang mustahil bagi allah dunia ini tidak hanya milik manusia. Setan saja tak terlihat tapi semua mempercayai nya karena allah swt

  39. putri duyung itu nyata !!!
    logika nya aja
    dari mana manusia tau putri duyung itu seperti apa , dan dimana dia hidup dan paras nya seperti apa
    itu karena manusia pernah melihat nya , yg pasti putri duyung ada dan di jadikan mitos
    sampai sekarang putri duyung ada
    bukan kah tadi di bilang kalok di jurnal christopher colombus “ia melihat tiga putri duyung”

  40. Masih ragu tentang keberadaaa putri duyung

  41. Aku percaya kalau putri duyung itu memang ada.walaupun aku gk pernah ngeliatnya .tpi aku yakin banget kalau itu emang ada..

  42. Bnyak yg merekayasa cerita,tapi yg pastinya putryduyung itu ada..

  43. Mungkin putri duyung iti adalah wujud dari penjelmaan setan mungki

  44. Aku sukanya putri doyong…gampang dibawanya

  45. Saya sih nggak percaya putri duyung itu ada kalok saya udah ngeliat baru saya percaya hehehe

  46. Putri duyung itu ada dan saya liat sendiri, dia duduk d sudut pantai dekat pulau kecil , dan dia smbil kibas2 ekornya, itu waktu saya masi kls 5 sd, ayah saya nelayan jd saya ikut ketengah laut, dan saya liat sendiri dngan ayah sya klw itu bener ada , ketika dia liat kami dia langsung pergi k arah laut dalam , dn kmi lngsung pulang.paras ny memang cntik dn dia punya rambut panjang, ekorny warna keemas biruan gtu

  47. ALLAH menciptakan mahluk bantak sekali mulai dari malaikat,manusia,setan,jin,hewan,tumbuhan,dan kambing serta yang tidak kita ketahui, Tapi ALLAH mengkaruniakan akal dan pikiran hanya pada manusia, karenanya manusia disebut mahkluk yang paling sempurna.

    Dari pernyataan di atas anda dapat mengira-ngira ada atau tidaknya putri duyung.

    Kalo jawaban saya, ALLAHualam bisoab.

    Tank’s

  48. Kalo saya si belum perna liat putri duyung tapi perasaan saya mengatakan putri duyung itu memang ada

    1. Kalau nanti lihat putri duyung, berbagi pengalamannnya di sini ya. ?

  49. Kalo saya si belum perna liat putri duyung tapi perasaan saya mengatakan putri duyung itu memang ada

  50. Siluman.. Laknat jin ato setan… Siapa yg kenal satu per satu makhluk Goib. Putri duyung sy yakin ada… Hakikatnya penguasa dari 7 samudra bisa menciptakan apa saja. Guna mengelabui orang2 yg kurang atas ilmu. Yg tdk percaya duyung krn blm melihat… Apa kalian sdh pernah lihat ALLAH?? (tp knp percaya). Duyung/Dayang..itu salah satu penghuni 7 samudra. Ratu kidul pun hanya baru sebtas dayang2nya. Semoga bermanfaat…wassalam

  51. Aku percaya semua itu kehendak allah swt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *