Bacaterus / Misteri Dunia / Gamers Harus Tahu! Polybius, Game Jadul yang Penuh Misteri

Gamers Harus Tahu! Polybius, Game Jadul yang Penuh Misteri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang nggak suka main game? Dari mulai anak kecil sampai orang tua menyukai game. Saat ini pengertian game didefinisikan sebagai permainan yang kita mainkan lewat konsol, dari mulai Nintendo, Sega sampai Playstation. Seperti manusia, game juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari masa ke masa.

Pada dekade 80-an, game arkade sedang menjamur di seluruh dunia. Di Indonesia, arkade lebih akrab disebut sebagai dingdong. Banyak tempat yang menyediakan dingdong untuk dimainkan oleh pengunjungnya. Dengan memasukkan koin, kita bisa memainkan dingdong dan larut dalam dunia permainan. Biasanya, satu mesin cuma untuk satu game saja.

Untuk yang belum lahir di era 80-an mungkin kurang akrab dengan game arkade. Padahal akar game yang ada sekarang berasal dari sana. Sebut saja Pac Man, Mario Bros, Contra sampai Street Fighters. Di antara sekian banyak game, ada satu yang menjadi misteri dan sampai saat ini masih belum terpecahkan yaitu Polybius. Tertarik dengan misteri Polybius? Simak, yuk!

Awal Mula Polybius

Awal Mula Polybius

* sumber: thatoregonlife.com

Polybius muncul di tahun 1981 sebagai salah satu game arkade yang pada kemunculannya nggak terlalu disorot karena dianggap sebagai game biasa. Pada masa itu, banyak game lain yang lebih seru dan disukai masyarakat. Jadi, karena dianggap sangat biasa, kemunculan Polybius nggak sampai menarik perhatian para pecinta game.

Nama game Polybius diambil dari nama seorang sejarawan asal Yunani dengan nama yang sama. Kalau diterjemahkan tiap suku kata, Poly berarti banyak dan Bios berarti hidup. Kalau digabungkan, artinya adalah banyak kehidupan. Masih terdengar wajar untuk menamai sebuah game. Karena itulah game ini dianggap biasa di awal kemunculannya.

Game Polybius dirilis oleh perusahaan asal Jerman yaitu Sinneloschen. Secara harfiah Sinneloschen berasal dari dua kata, yaitu sinnes atau sense yang berarti perasaan dan loschen yang berarti menghilangkan. Jadi Sinneloschen berarti menghilangkan perasaan. Sampai di sini, memang belum terdengar ada keanehan. Namun, bagaimana cerita dari para pemainnya?

Dari laporan yang ada, pemain game tersebut mengalami amnesia dan merasa diteror pada malam hari. Nggak cuma itu, para pemainnya juga sering ketagihan bermain game tersebut dan meninggalkan game yang lain. Apakah ini sesuatu yang wajar? Kalau ketagihan mungkin masih wajar, tapi teror?

Keanehan Polybius

Keanehan Polybius

* sumber: www.8-bitcentral.com

Untuk memainkan game arkade nggak seperti jaman sekarang yang menyediakan banyak akses. Di jaman belum ada HP dan komputer pun masih langka, game arkade akan tersedia di sebuah pusat game. Di sana menyediakan berbagai game arkade yang dapat dimainkan dalam sebuah mesin besar dengan visual yang muncul dari bentuk layar tabung.

Beberapa anak di pinggiran kota Portland, Oregon menjadi saksi bahwa game Polybius memberikan dampak negatif dan mengandung misteri. Game lain menyajikan ketegangan dan keseruan yang nggak terbatas, Polybius justru menyajikan sesuatu yang sampai saat ini masih simpang siur.

Ada yang berkata berjenis arkade, ada juga yang menyebutkan berupa game yang membutuhkan pemikiran serius karena ada labirin yang harus dipecahkan. Bagaimanapun, Polybius sempat menjadi daya tarik tersendiri, dengan banyak orang rela mengantri untuk dapat memainkannya.

Teori Konspirasi Polybius

Teori Konspirasi Polybius

* sumber: en.wikipedia.org

Polybius menjadi sensasi dalam waktu singkat dan menjadi pembicaraan yang nggak ada habisnya sampai sekarang. Selain karena efek negatif yang dibawa pada para pemainnya, masih ada pertanyaan mengapa game itu harus ditarik dari pasaran dalam waktu yang singkat. Selain itu, nggak ada keterangan yang menjelaskan secara ilmiah berbagai misteri yang berkembang di masyarakat.

Polybius juga melahirkan teori konspirasi.  Salah satu yang paling berkembang adalah, game itu merupakan proyek CIA. Game itu menyebarkan MK-Ultra yang jadi salah satu rahasia terbesar CIA dan pemerintah Amerika untuk meneliti psikologi dan otak manusia. MK-Ultra bekerja tanpa terlihat, dapat memengaruhi pemikiran serta perilaku manusia lewat pesan di bawah alam sadar.

Kehadiran Polybius di tengah antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap game arkade bisa jadi hanya kebetulan karena banyaknya anak muda yang kecanduan pada masa emasnya. Beberapa sudah kecanduan sehingga secara psikologis membuat mereka terganggu kehidupannya. Namun, di antara game yang ada, Polybius dianggap yang paling mudah memberikan dampak negatif.

Efek visual yang digunakan dalam game saat itu sudah mulai menggunakan teknik-teknik tertentu sehingga dapat menyebabkan epilepsi fotosensitif, mabuk dan vertigo bagi yang nggak kuat atau mempunyai masalah kesehatan tertentu. Efek-efek seperti itulah yang bikin Polybius penuh misteri karena nggak seharusnya timbul dari sebuah game.

Eksperimen Game Polybius

Eksperimen Game Polybius

* sumber: m.media-amazon.com

James Rolfe, seorang pembuat film mencoba melakukan eksperimen dengan memainkan game Polybius yang asli. Dia dihubungi oleh seseorang yang mengakui menyimpan mesin game arkade di sebuah gudang. James yang penasaran memutuskan untuk mengunjungi gudang tersebut. Dia menemukan banyak game arkade keluaran lama, termasuk Polybius.

Sebelum menunjukkan bagaimana efek game itu pada dirinya, dia berniat untuk memainkannnya sendirian di gudang. Dia hanya ditemani oleh satu kaleng minuman ringan. Di hari ketiga, dia mulai menunjukkan gelagat yang nggak baik. Dia mulai gelisah dan ingin menunjukkan pada penonton tapi dia sendiri yang menolak dan melanjutkan eksperimennya.

Hari berikutnya, dia mulai bertingkah aneh dengan menirukan karakter gorila di game Donkey King sampai dia nggak sadarkan diri. Di hari kelima, dia mulai merengek minta keluar dari gudang tersebut dan akhirnya menunjukkan bagaimana gameplay Polybius sampai dia nggak sadarkan diri. Di hari keenam, dia ditemukan oleh petugas gudang.

Kemunculan Game Serupa Polybius

Kemunculan Game Serupa Polybius

* sumber: monkeyfudge.com

Satu dekade lebih setelah game Polybius ditarik, muncul game yang disebut sebagai tiruan atau jiplakannya. Tepatnya di tahun 1998, muncul sebuah game anonim yang bisa dimainkan dari situs coinop.org. Di entri situsnya menyebutkan bahwa game itu tanggal hak ciptanya dari 3 Agustus 1981. Namun nggak berselang lama, game itu hilang karena situsnya nggak aktif.

Di era 2000-an popularitas Polybius kembali terangkat seiring dengan banyaknya forum-forum yang membicarakannya. Kehilangan akses untuk mencoba game tersebut oleh generasi baru berhasil membuatnya menjadi semacam urban legend. Selain itu, serial The Simpsons yang bagi sebagian orang dianggap sebagai ramalan masa depan juga menampilkannya dalam sebuah episode.

Nama Polybius yang menyimpan kisah misteri nggak begitu saja dibiarkan. Versi PC untuk Polybius dirilis tahun 2007 yang bisa diunduh secara gratis dari situs sinnesloche.com. Desain gamenya berasal dari deskripsi seseorang bernama Steven Roach yang mengklaim bahwa dia sudah memodifikasi versi aslinya.

Polybius kembali dirilis pada tahun 2017 lalu, hanya saja kali ini untuk konsol Playstation 4. Dengan jarak satu dekade dibanding rilisan sebelumnya, game tersebut dianggap masih punya daya magis bagi penggemar teori konspirasi. Pembuat game menyatakan game ini sangat terinspirasi dari Polybius di tahun 80-an tapi nggak mencoba menciptakan kembali produk yang sama.

Itulah misteri tentang polybius, permainan menyeramkan dari tahun 80an. Kalau kamu mau menambahkan informasi lain yang masih berkaitan, kolom komentar sudah disediakan. Apa mungkin kamu pernah memainkannya? Atau mungkin, pernah mendengar cerita orang yang pernah memainkannya? Berbagi di kolom komentar yuk! Pasti banyak yang ingin tahu!

Simak juga artikel boneka terseram di dunia ini untuk menambah pengetahuanmu tentang dunia mistis.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *