Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Hilangnya Pesawat MH370 yang Penuh Kontroversi

Misteri Hilangnya Pesawat MH370 yang Penuh Kontroversi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahun 2014 silam, masyarakat dunia digemparkan dengan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang bertolak dari Kuala lumpur menuju Beijing dengan mengangkut 239 awak penumpang yang terdiri dari 12 awak kabin dan 227 penumpang dimana 5 orang di dalamnya anak-anak.

Kejadian misterius yang sempat menghebohkan dunia penerbangan dunia tersebut telah mengundang bangak spekulasi para pakar penerbangan dari berbagai negara. Mulai dari isu politik sampai isu gangguan mental menjadi bagian dari sejarah pesawat MH370 yang hilang secara misterius.

Berbagai Teori mengenai hilangnya pesawat kebanggaan rakyat Malaysia ini telah menjadi topik yang hangat dibicarakan selama beberapa tahun terakhir. Pencarian pesawat berjenis Boeing 777-200ER yang hilang bak ditelan bumi ini telah menghabiskan dana yang cukup fantastis, yaitu sekitar US $141 juta, yang dilakukan di sepanjang wilayah perairan Samudera Hindia.

Namun setelah hampir 5 tahun berlalu, informasi mengenai keberadaan pesawat tersebut masih belum bisa terpecahkan. Hiilangnya pesawat MH370 ini memang menjadi tragedi kelam bagi dunia penerbangan yang mengundang rasa penasaran publik terhadap situasi tersebut.

Nah, bagi yang penasaran dengan misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 ini, berikut informasi yang telah Bacaterus rangkum.

Kronologis Hilangnya Malaysia Airlines MH370

Kronologis Hilangnya Malaysia Airlines MH370

Pesawat Malaysia Airlines MH370 memiliki rute Kuala lumpur-Beijing. Pesawat yang dijadwalkan lepas landas pada pukul 00.41 dini hari, diperkirakan mendarat di hari yang sama yaitu pada pukul 06.30 di Beijing. MH370 diketahui menghilang pada pukul 01.19 setelah laporan terakhir yang diterima pusat pengendali udara Vietnam.

Pihak Malaysia Airlines sendiri mengatakan sistem komunikasi pesawat diduga sengaja dimatikan pada pukul 01.21, setelah percakapan terakhir dengan co-pilot bernama Fariq Abdul Hamid yang berhasil ditangkap pusat pengendali pesawat Malaysia sebelum akhirnya MH370 dinyatakan hilang.

Pendapat Pakar Aviasi Dunia Mengenai Hilangnya MH370

Pendapat Pakar Aviasi Dunia Mengenai Hilangnya MH370

Berita mengenai hilangnya pesawat MH370 secara misterius memang menjadi berita menggemparkan pada tahun 2014 silam dan dengan sekejap berubah menjadi isu dunia yang mengundang banyak spekulasi dari beberapa pakar aviasi dunia.

Simon Hardy, seorang pilot sekaligus instruktur senior pesawat Boeing 777 mengatakan bahwa pilot MH370 sengaja melintasi rute penerbangan perbatasan luar angkasa antara Thailand dan Malaysia yang berliku. Hal tersebut diduga sengaja dilakukan agar pesawat tidak terdeteksi oleh kedua negara.

Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan mantan biro keselamatan transportasi Australia yang sempat memimpin pencarian MH370 selama dua tahun bernama Martin Dolan. Menurutnya hilangnya pesawat MH370 adalah sesuatu yang sudah direncanakan dan dalam waktu yang panjang yamg dilakukan secara sengaja.

Sementara Larry Vance, seorang penyelidik kecelakaan udara senior menyatakan bahwa pilot bermaksud melakukan bunuh diri dengan menjatuhkan MH370. Alih-alih melakukan bunuh diri ia malah membunuh para penumpang dengan sengaja. Meskipun demikian, kehilangan pesawat tersebut masih menyimpan banyak pertanyaan.

Teori Keberadaan Pesawat MH370

Teori Keberadaan Pesawat MH370

Martin Kristensen, seorang pakar dibidang teknik yang berasal dari Arhaus University, Denmark. Menurut hasil perhitungan matematika yang ia lakukan, dengan akurasi perhitungan mencapai lebih dari 90%,  Martin berusaha memberi alternatif lokasi pencarian pesawat MH370.

Setelah sebelumnya mengeliminasi dua lokasi kemungkinan pesawat melewati China dan India, serta satu  lokasi dimana pencarian besar-besaran dilakukan. Maka menurut hasil perhitungannya, lokasi pesawat MH370 diduga berada di wilayah teritorial Australia yang berada dekat dengan pulau Jawa, yaitu di perairan Christmas Island.

Selain itu, seorang pilot penyelidik amatir kasus hilangnya MH370 bernama Daniel Boyer juga menyatakan pendapatnya berdasarkan citra satelit yang ia temukan tahun 2018 lalu. Ia menemukan penampakan misterius melalui google earth yang sesuai dengan dimensi pesawat Boeing 777 jauh di dalam hutan Kamboja.

Berdasarkan temuannya tersebut tim ekspedisi dibentuk untuk mengetahui kebenarannya. Namun, ekspedisi yang dipimpin oleh Zobra Parel tersebut gagal karena lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau serta pertimbangan keselamatan tim.

Rahasia Hilangnya MH370

Rahasia Hilangnya MH370

Seorang aviator kawakan dari negeri Jepang bernama Hiroshi Sugie mengungkapkan adanya informasi yang berusaha pemerintah malaysia sembunyikan mengenai hilangnya pesawat MH370 pada publik terkait isu politik negara tersebut.

Menurut pilot pesawat yang pernah memenangkan penghargaan sebagai pilot pesawat boeing 777 terlama dan belum pernah mendapat kecelakaan selama kariernya tersebut, pemerintah Malaysia telah menutupi informasi penting mengenai komunikasi terakhir pesawat MH370 saat ia tampil dalam program acara TV TBS Jepang.

Menurutnya terdapat percakapan antara pemerintah Malaysia dengan pilot mengenai sesuatu yang tidak diinformasikan kepada publik terkait isu politik. Ia sendiri meyakini pesawat MH370 masih melakukan komunikasi dengan pusat pengendali sampai terakhir dinyatakan hilang.

Hiroshi juga mengeluarkan pendapat bahwa pesawat MH370 dijatuhkan tidak dalam posisi tegak lurus. Karena bila hal itu dilakukan, pesawat akan mengalami kehancuran yang lebih parah. Sementara dari puing-puing sayap pesawat yang ditemukan oleh tim pencari MH370 di samudera Hindia. menunjukkan bahwa pilot menjatuhkan pesawat tersebut masih dengan keadaan hati-hati.

Hiroshi juga berpendapat bahwa lokasi jatuhnya pesawat MH370 berada di sekitar 2000 kilometer di perairan sebelah barat Australia yang cukup luas dan sangat dalam, sehingga dapat menyulitkan proses pencarian.

Terakhir ia juga menyampaikan harapan pada pemerintah Malaysia untuk bersikap terbuka mengenai informasi yang disampaikan pada publik. Sehingga semuanya akan lebih jelas dan membuat para keluarga korban menjadi lebih tenang.

Pilot Malaysia Airlines MH370 yang Misterius

Pilot Malaysia Airlines MH370 yang Misterius

* sumber: www.dailymail.co.uk

Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 memang masih belum menemukan titik terang. Namun, beberapa pakar sepertinya sepakat bahwa penyebab hilangnya pesawat tersebut disebabkan oleh tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh sang pilot, Zaharie Ahmad Shah.

Menurut investigator Prancis, setelah pihak Boeing membuka akses penting di markasnya Seattle, Amerika. Temuannya itu menguatkan teori sebelumnya mengenai tindakan bunuh diri yang dilakukan pilot pesawat.

Zaharie sendiri tercatat sebagai seorang suami dan ayah dari 3 anak yang telah dewasa. Menurut penuturan rekan-rekannya, kehidupan Zahari memang tidak berjalan dengan baik. Isu perselingkuhan yang menimpanya telah membuat rumah tangganya hancur. Zahari sendiri diketahui oleh rekan-rekannya memiliki riwayat depresi klinis.

Sementara itu,  penemuan simulator pesawat di dalam rumah sang pilot misterius tersebut membuat temuan menarik. Uji forensik Fbi terhadap simulasi yang dilakukan Zaharie membuka informasi bahwa ia telah melakukan eksperimen dengan profil penerbangan yang nyaris serupa dengan penerbangan terakhir MH370.

Selain itu dalam sebuah percakapan melalui pesan singkat pada temannya. Zaharie menuliskan pesan yang berisi ‘saatnya untuk meningkatkan level simulator’ yang menjadi indikasi bagian dari rencana yang sudah ia rencanakan.

Hilangnya MH370 memang menjadi misteri yang belum terungkap dan menjadi salah satu sejarah kelam penerbangan yang ada di dunia. Semoga tidak ada lagi kejadian yang serupa yang akan terjadi.

Nah, itulah informasi mengenai misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang berhasil Bacaterus rangkum. Simak terus Bacaterus untuk mendapat informasi menarik lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *