Bacaterus / Misteri Pakuan / Inilah 6 Misteri Pantai Pelabuhan Ratu yang Menyeramkan

Inilah 6 Misteri Pantai Pelabuhan Ratu yang Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia adalah negara yang memiliki sejumlah pantai cantik di setiap pulau-pulaunya. Bagi Anda yang suka berwisata ke pantai, Anda harus menjelajahi pantai-pantai terkenal di Indonesia. Pelabuhan Ratu adalah pantai yang cukup terkenal di Sukabumi, Jawa Barat. Namun, pantai ini lebih terkenal karena keangkerannya dibanding panoramanya.

Pelabuhan Ratu sejatinya adalah pantai yang cukup ramai. Banyak masyarakat yang datang kemari setiap hari, terutama saat akhir pekan dan hari libur nasional. Usut punya usut, Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu gerbang gaib untuk menuju ke dimensi lain Nyi Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan. Bacaterus akan mengupas tuntas seputar misteri pelabuhan ratu, pantai sejuta misteri yang terihat mempesona.

6 Misteri Pantai Pelabuhan Ratu

1. Kamar 308 untuk Nyi Roro Kidul

Kamar 308 untuk Nyi Roro Kidul Misteri Pelabuhan Ratu

* sumber: juragan-berita.blogspot.co.id

Keangkeran dari Pantai Pelabuhan Ratu kian terasa ketika ada sebuah hotel di tepi pantai, namanya Hotel Inna Samudra, menyediakan kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul. Kamar dengan nomor 308 tersebut didesain dengan interior berwarna hijau. Konon, Nyi Roro Kidul memang menyukai warna hijau.

Di dalam kamar ini terdapat lukisan Nyi Roro Kidul yang ukurannya cukup besar. Bahkan, ada juga para tamu yang datang untuk meletakkan sesaji di kamar tersebut. Kamar 308 memang dibuka untuk umum.

Jika penasaran Anda bisa berkunjung ke Kamar 308 di Hotel Inna Samudra tersebut. Meskipun tidak berpenghuni, pengelola hotel meyakini bahwa kamar tersebut sesekali disinggahi oleh kanjeng ratu kidul. Namun, perlu Anda ingat bahwa ketika berkunjung ke kamar misterius ini sebaiknya kita menjaga ucapan dan perilaku agar tidak menyinggung siapa pun.

2. Pintu Gaib di Tengah Laut

Pintu Gaib Di Tengah Laut

Selama ini Pantai Parangtritis dan Parangkusumo digadang-gadang sebagai pintu gaib untuk masuk ke kerajaan tak kasat mata milik Nyi Roro Kidul. Akan tetapi, misteri Pelabuhan Ratu ini membuka tabir baru bahwa konon di tengah-tengah laut Pantai Pelabuhan Ratu ini terdapat sebuah pintu gaib menuju kerajaan ratu pantai selatan.

Konon, pintu gaib tersebut menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain di alam Nyi Roro Kidul. Mengingat letak pintu tersebut berada di dekat Pantai Pelabuhan Ratu, maka pengelola Hotel Inna Samudera membuatkan kamar khusus sebagai persinggahan sang ratu.

3. Pantangan Menggunakan Pakaian Hijau

Pantangan Menggunakan Pakaian Hijau

Mitos misteri Pelabuhan Ratu yang satu ini tidak hanya terkenal di pantai-pantai selatan Pulau Jawa saja. Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki mitos serupa. Jika ingin terhindar dari musibah, pengunjung pantai harus mematuhi peraturan ini untuk tidak menggunakan pakaian hijau.

Konon, hijau adalah warna favorit bagi Nyi Roro Kidul sehingga sebagai “tamu” kita menghormatinya dengan tidak menggunakan pakaian dengan warna kesukaannya.

Lantas, apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi pantangan memakai pakaian hijau? Usut punya usut, pengunjung pantai yang menggunakan pakaian berwarna hijau akan “dibawa” oleh sang ratu dijadikan budak di istananya. Bahkan, pengunjung tersebut tewas karena tiba-tiba tenggelam secara misterius.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos mengenai pantangan memakai baju berwarna hijau, warna hijau memang tampak serupa dengan birunya air laut. Larangan untuk memakai pakaian hijau ini untuk berjaga-jaga jika ada yang tenggelam.

Hal tersebut akan memudahkan tim penyelamat untuk menemukan korban tenggelam tersebut karena warna pakaiannya tidak senada dengan warna air laut yang kebiruan atau kehijauan.

4. Singgasana Nyi Roro Kidul di Karang Hawu

Singgasana Nyi Roro Kidul di Karang Hawu

* sumber: www.indonesiakaya.com

Karang Hawu adalah salah satu dari beberapa pantai yang ada di Teluk Pelabuhan Ratu. Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan panorama bebatuan karang yang sangat eksotis. Namun, ada cerita misteri Pelabuhan Ratu yang sangat kental dengan Karang Hawu ini.

Konon, salah satu tebing yang terletak di pantai ini merupakan tempat di mana Dewi Kadita menceburkan diri ke laut karena frustasi dengan penyakit kulitnya. Setelah menceburkan diri, penyakit kulit sang dewi memang hilang. Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus ditanggungnya, yakni ia harus menjadi penguasa laut selatan atau yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul.

Batu-batu karang di Pantai Karang Hawu ini disinyalir sebagai singgasana gaib sang ratu. Masyarakat di sekitar Karang Hawu percaya bahwa Nyi Roro Kidul menjaga wilayah pantai Karang Hawu. Di bulan April biasanya masyarakat mengadakan ritual Hari Nelayan untuk mengucap syukur atas hasil tangkapan yang melimpah. Ritual ini ditandai dengan menghanyutkan kepala kerbau di tengah laut.

5. Kematian Pelukis Lukisan Nyi Roro Kidul

Kematian Pelukis Lukisan Nyi Roro Kidul

Jika mendengar nama Pelabuhan Ratu, kita pasti teringat dengan sebuah kamar hotel khusus yang disediakan untuk Nyi Roro Kidul, bukan? Di kamar 308 yang disediakan oleh Hotel Inna Samudra ini terdapat sebuah lukisan sang nyai dengan ukuran yang besar.

Pelukis lukisan tersebut adalah Basuki Abdullah, seorang pelukis senior yang sangat terkenal di Indonesia. Karya-karya Basuki menjadi pajangan di istana kepresidenan Indonesia.

Entah ada hubungannya atau tidak, masyarakat langsung dibuat “geger” lantaran kematian sang maestro pelukis ini setelah merampungkan lukisan Nyi Roro Kidul yang saat ini dipajang di kamar 308 tersebut. Beliau meninggal karena dibunuh oleh perampok yang menyambangi rumahnya. Padahal, saat itu Basuki sedang menyelesaikan lukisan Presiden Republik Indonesia yang ke-3, yakni BJ Habibie.

Sejak kematiannya, lukisan Nyi Roro Kidul buatan Basuki Abdullah ini dianggap keramat. Sampai saat ini Anda masih bisa melihat lukisan tersebut jika berkunjung ke kamar 308, Hotel Inna Samudra, Pelabuhan Ratu.

6. Banyaknya Korban Tenggelam di Pelabuhan Ratu

Banyaknya Korban Tenggelam Di Pelabuhan Ratu

Salah satu misteri Pelabuhan Ratu yang membuat kita sedikit ngeri jika ingin berkunjung ke sana adalah banyaknya korban tenggelam di Pantai Pelabuhan Ratu. Korbannya pun bervariasi, tak mengenal jenis kelamin, usia, atau warna pakaian yang sedang digunakan.

Kebanyakan korban tersebut tenggelam karena terlalu dekat dengan bibir pantai sehingga mereka terseret oleh ombak yang tinggi dan kencang. Sebagian besar korban tenggelam di Pantai Pelabuhan Ratu ini dipastikan tewas saat ditemukan.

Penyebab tewasnya bermacam-macam, ada yang karena tenggelam dan tidak bisa berenang sehingga kehabisan oksigen dan ada juga yang terbentur karang saat terombang-ambing di laut.

Masyarakat sekitar percaya bahwa korban tenggelam di Pelabuhan Ratu ini merupakan tumbal yang diminta oleh sang penguasa pantai selatan. Diduga para korban ini mengucapkan atau melakukan hal-hal yang tidak pantas saat sedang berada di pantai. Selain itu, korban tenggelam ini merupakan orang-orang yang melamun atau pikirannya kosong saat sedang berjalan-jalan di sekitar pantai.

Berbagai mitos dan cerita misteri Pelabuhan Ratu ini memang sangat erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul, sang penguasa pantai selatan. Akan tetapi, banyaknya korban tenggelam di Pantai Pelabuhan Ratu tak menyurutkan minat wisatawan untuk datang kemari.

Bahkan, banyak wisatawan yang antusias untuk berkunjung ke kamar 308 Hotel Inna Samudra yang penuh misteri itu. Apakah Anda juga berminat untuk mengunjungi Pelabuhan Ratu dan tentunya kamar nomor 308 tersebut?

Ingin menjelajah tempat angker lainnya di Sukabumi selain kawasan Pelabuhan Ratu? Silakan membaca artikel tempat angker di Sukabumi berikut ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *