Bacaterus / Misteri Jakarta / Inilah Berbagai Fakta di Balik Misteri Patung Pancoran

Inilah Berbagai Fakta di Balik Misteri Patung Pancoran

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pembaca Bacaterus yang berdomisili di Jakarta pasti sudah sangat mengenal Patung Pancoran. Bagi Anda yang berada di luar Jakarta dan tidak tahu-menahu soal patung monumental ini, biarkan kami memberikan sedikit penjelasan untuk Anda. Sebenarnya nama asli patung ini adalah Patung Dirgantara, hanya saja masyarakat sudah mengenal patung ini dengan nama Patung Pancoran.

Namun, ada beberapa misteri Patung Pancoran yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan masyarakat. Salah satu misteri yang sering dibahas adalah arah tempat yang ditunjuk oleh patung ini. Bahkan, beberapa waktu yang lalu media sosial ramai membicarakan wajah dari Patung Pancoran ini. Benarkah wajah patung tersebut terinspirasi oleh seseorang?

Sejarah Patung Pancoran

Misteri Patung Pancoran

Sebelum membahas beberapa misteri Patung Pancoran, kenali terlebih dahulu sejarah yang menaungi patung seberat 11 ton yang terletak di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan ini. Ide untuk membangun Patung Pancoran ini berasal dari Presiden Soekarno, di mana beliau ingin membangun sebuah patung atau monumen sebagai bentuk penghargaan pada dunia penerbangan atau kedirgantaraan Indonesia.

Posisi Patung Pancuran sendiri berada di depan kompleks perkantoran Wismar Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara. Letak patung ini sangat strategis yakni di pintu gerbang menuju Jakarta karena patung ini bisa langsung terlihat oleh orang-orang yang baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Presiden Soekarno ingin Patung Pancoran ini dibangun untuk menunjukkan keperkasaan Indonesia dalam dunia dirgantara alias penerbangan di tanah air. Desain patung ini juga menegaskan bahwa keperkasaan Bangsa Indonesia dicapai dengan kejujuran, keberanian, dan semangat.

Pembangunan Patung Pancoran

Sayangnya, pembangunan Patung Pancoran sempat terhenti ketika terjadi peristiwa Gerakan 30 September pada tahun 1965. Namun, pada akhirnya Patung Pancoran ini rampung pada tahun 1966.

Biaya pembangunan Patung Pancoran ini menghabiskan dana sekitar 12 juta, di mana sang pemahat patungnya, Edhi Sunarso, turut mengeluarkan dana untuk pembangunan patung ini. Soekarno turut menyumbang dana pembangunan patung ini dengan menjual mobilnya seharga 1 juta. Pemerintah hanya memberikan dana 5 juta saja. Sisanya masih menjadi hutang negara yang sampai saat ini belum terbayar.

Misteri Arah yang Ditunjuk Patung Pancoran

Harta Soekarno

Misteri Patung Pancoran yang sering dibahas oleh masyarakat adalah ke mana arah patung ini menunjuk. Ada yang berpendapat bahwa Patung Pancoran menunjuk ke tempat di mana Presiden Soekarno menyimpan harta karunnya yang tidak diketahui oleh siapa pun. Pendapat ini tercetus karena Bung Karno adalah penggagas patung ini sekaligus yang meminta agar desain patung ini nampak seperti orang yang sedang menunjuk.

Kemudian, ada pula yang berpendapat bahwa patung ini menunjuk ke arah Pelabuhan Sunda Kelapa yang dahulu menjadi jantung peradaban Indonesia selama masih zaman penjajahan Belanda. Namun, anggapan ini ditepiskan mengingat Patung Dirgantara dibangun sebagai apresiasi pada dunia penerbangan di Indonesia.

Bentuk Patung Pancoran ini memang cukup unik. Bila dilihat sekilas nampak seperti seorang pria yang sedang melakukan olahraga lempar cakram. Namun, jika diteliti lebih lanjut, kaki kanan patung ini nampak berlutut di tanah. Sementara gaya melempar cakram bukan seperti ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa Tempat Hunting Foto di Jakarta

Di balik semua misteri Patung Pancoran yang dianggap menunjuk ke suatu tempat ini, ada penjelasan yang nampaknya lebih masuk akal. Selain menjadi simbol keperkasaan Bangsa Indonesia, Patung Pancoran juga diklaim sebagai penghargaan bagi dunia penerbangan tanah air. Nah, ada pendapat yang lebih masuk akal untuk menjelaskan arah yang ditunjuk patung ini.

Konon, Patung Pancoran menunjuk ke arah Bandar Udara Internasional Kemayoran. Dahulu, bandara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional untuk umum. Namun, saat ini sudah tidak ada lagi bandara karena bandaranya sudah dipindahkan ke Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng.

Bandar Udara Internasional Kemayoran

Nah, kalau Anda manakah yang Anda percaya? Apakah benar Patung Pancoran ini sedang menunjuk ke suatu tempat yang dianggap misterius?

Misteri Wajah Patung Pancoran

Misteri Wajah Patung Pancoran

Selama ini kita hanya bisa melihat Patung Pancoran dari bawah atau dari kejauhan bila Anda melihatnya melalui gedung pencakar langit. Tentu saja rupa wajah patung ini jadi tidak terlihat jelas. Di awal tahun 2017, misteri Patung Pancoran seputar wajahnya ini menjadi viral di mana-mana. Banyak yang mempertanyakan dari manakah inspirasi wajah yang dibuat menjadi patung ini?

Netizen mulai membicarakan “Wajah” Patung Dirgantara ini saat Rudy Sunandar, seorang fotografer, mengabadikan wajah patung tersebut secara jelas melalui drone miliknya. Kemudian, Rudy Sunandar mengunggah hasil fotonya ke media sosial dan mulai netizen mulai membicarakan hasil foto itu.

Asvi Warman, seorang sejarawan, mengungapkan bahwa Presiden Soekarno membangun patung ini karena terinspirasi dengan Yuri Gagarin, kosmonaut asal Rusia yang pertama kali pergi ke luar angkasa. Melalui Patung Pancoran, sebenarnya Bung Karno ingin menyampaikan pesan bahwa generasi muda Indonesia harus memiliki kemampuan seperti Yuri Gagarin.

Sementara wajah Patung Pancoran sendiri terinspirasi dari sosok Gatot Kaca. Bentuk tangan dan tubuh dari patung ini merupakan sebuah filosofi seperti manusia yang hendak terbang. Presiden Soekarno ingin agar generasi muda Indonesia memiliki cita-cita setinggi langit dan berusaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Singkatnya, wajah Patung Pancoran ini tidak terinspirasi oleh manusia mana pun.

Segitiga Misterius Patung Pancoran

Segitiga Pancoran

Tidak ada misteri Patung Pancoran yang berhubungan dengan mahluk astral. Misteri patung monumental ini berkutat pada sejarah dan “petunjuk” yang seperti diberikan oleh patung ini. Setelah menjawa misteri mengenai arah yang ditunjuk dan inspirasi wajah Patung Pancoran, Bacaterus akan mengungkap fakta di balik segitigas misterius di Patung Pancoran ini.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Patung Pancoran memiliki keterkaitan dengan Patung Pemuda Membangun Bangsa (di depan Ratu Plaza) dan Monumen Nasional (Monas). Jika ketiga tempat ini dihubungkan dengan sebuah garis, maka akan terbentuk segitiga yang kasat mata. Tidak semua orang mengetahui hal ini.

Patung Pemuda Membangun

Yang lebih menarik lagi panjang garis segitiga yang menghubungkan Patung Pancoran dan 2 monumen lainnya itu adalah 19,01 KM. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa 19,01 KM bila digabung menjadi 1901, yang merupakan tanggal lahir dari Soekarno. Entah ini hanya suatu kebetulan atau tidak tapi hal ini memang benar adanya.

Patung Pancoran merupakan satu dari sekian banyak patung monumental yang ada di Jakarta. Bahkan, keberadaan patung ini sudah menjadi maskot tersendiri bagi Kota Jakarta. Masyarakat Jakarta pun turut berbangga dengan adanya patung ini.

Monumen Nasional

Nah, setelah mengetahui fakta di balik misteri Patung Pancoran, kini Anda penasaran ingin melihat langsung sosok patung yang pernah menghebohkan dunia maya ini, bukan? Nah, tak perlu tunggu lama lagi, segeralah melipir ke kawasan Pancoran, Jakarta Selatan untuk melihat langsung bentuk patung ini. Jika Anda ingin mengetahui seputar misteri dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini, klik saja di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *