Bacaterus / Misteri Pakuan / Misteri Pantai Ujung Genteng yang Tampak Indah dan Menawan

Misteri Pantai Ujung Genteng yang Tampak Indah dan Menawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berwisata ke pantai adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Di Indonesia terdapat banyak wisata pantai yang menawarkan beragam keindahan alam. Pantai sendiri memang kerap menjadi tujuan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berekreasi.

Nah, berbicara mengenai wisata pantai, salah satu pantai yang akan kita bahas kali ini memang cukup menarik. Selain memiliki pesona alam yang mengagumkan, pantai ini juga mempunyai cerita mistis yang seru untuk diketahui. Pantai tersebut adalah Pantai Ujung Genteng yang berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Konon yang membuat pantai ini cukup terkenal adalah karena banyaknya peristiwa di luar nalar yang sering dialami oleh para pengunjung pantai. Nah, seperti apa cerita pantai dengan pasir putih ini? Yuk, simak ulasannya dalam misteri Pantai Ujung Genteng, pantai menawan yang dianggap angker ini.

Pantai Indah di Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng

* sumber: www.simphortour.com

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Jawa Barat. Pantai Ujung Genteng berada di wilayah Desa Gunung Batu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ujung Genteng sendiri diambil dari nama Ujung Gunting. Konon menurut informasi yang ada di masyarakat, lokasi Pantai Ujung Genteng membentuk seperti sebuah gunting, sehingga masyarakat pun kerap menyebutnya dengan nama Ujung Gunting.

Pantai Ujung Genteng diketahui sebagai salah satu tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Para pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan hamparan pasir putih dengan kerikil karang yang indah, namun juga panorama matahari terbenam yang memukau di kala penghujung sore.

Pesona Ujung Genteng sendiri tidak hanya sampai di sana. Di sana juga terdapat penangkaran penyu yang terletak di Pantai Pangumbahan yang kerap dijadikan sebagai tempat eduwisata, serta berbagai aktivitas air yang menyenangkan bagi keluarga.

Sehingga tidak heran bila masyarakat yang berkunjung ke pantai yang dahulu dikenal dengan nama Gentengbaai oleh bangsa kolonial tersebut dibuat jatuh hati oleh keindahan pantai yang disebut sebagai mutiara tersembunyi dari Sukabumi.

Memiliki Cerita Sejarah

Sebuah Kawasan Ujung Genteng

* sumber: www.kompasiana.com

Dahulu kala Ujung Genteng memang dikenal memiliki posisi strategis. Sehingga kawasan ini kerap digunakan sebagai pelabuhan untuk mengangkut berbagai hasil perkebunan serta sebagai benteng pertahanan bagi pasukan angkatan laut dan angkatan udara.

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa peninggalan yang masih bisa masyarakat temukan di sekitar lokasi yang sekarang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia sebagai pangkalan militer.

Selain itu, kehadiran menara pengawas Pillbox atau tembok beton yang digunakan sebagai tempat pertahanan para pasukan penembak dari serangan musuh dan juga Bagal Batre menjadi saksi bisu sejarah yang terjadi di sana.

Pada tahun 1920 Ujung Genteng sempat menjadi lokasi rencana pembangunan sarana transportasi oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada masa itu pemerintah kolonial diketahui berencana membangun sebuah proyek rancangan transportasi kereta api lintas selatan melalui kawasan tersebut.

Hanya saja rencana tersebut batal terealisasi akibat krisis ekonomi yang mengguncang dunia paska berakhirnya Perang Dunia I. Meskipun demikian, proyek pembangunan sendiri pada akhirnya bisa terealisasi pada tahun 1942 sampai 1945 pada masa penjajahan militer Jepang ke Tanah Air.

Wilayah Kekuasaan Ratu Pantai Selatan

Ratu Pantai Selatan

* sumber: intisari.grid.id

Sosok Nyi Roro Kidul memang seperti tak pernah lepas dari Pantai Selatan. Ia sendiri kerap disebut sebagai ratu dari bangsa jin yang berkuasa di sepanjang Pantai Selatan, seperti Pantai Ujung Genteng yang ada di Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Parangtritis, Pantai Sembukan, Pantai Santolo dan lain-lain.

Nyi Roro kidul sendiri merupakan sosok mitologi yang cukup terkenal bahkan hampir dipercayai keberadaannya oleh sebagian besar masyarakat yang ada di tanah air, khususnya masyarakat yang tumbuh besar di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Mitos tentang sosok penguasa pantai selatan ini memang telah terdengar sejak lama dan sering menjadi bahan perbincangan yang menarik di kalangan masyarakat, terutama mengenai asal usul mengenai sosok Nyi Roro Kidul yang dianggap cukup misterius.

Masyarakat Tanah Air sendiri mengetahui cerita tentang sosok penguasa tersebut dalam beberapa versi. Di antaranya ada yang menyebutkan bahwa sang ratu merupakan keturunan penguasa Pajajaran. Ada pula yang menyebutkan bahwa ia berasal dari keturunan penguasa Airlangga dari Kahuripan. Sementara versi lainnya menyebutkan bahwa ia berasal dari Raja Kediri Jayabaya.

Meskipun banyak spekulasi yang beredar mengenai asal usul sang ratu, namun sebagian besar masyarakat yang ada di Tanah Air percaya bahwa sosok penguasa tersebut merupakan makhluk gaib penjaga Pantai Selatan.

Kehadiran sosok lelembut yang gemar menggunakan pakaian hijau ini memang cukup menarik, hingga membuat seorang antropolog bernama Robert Wessing menuliskan kisahnya dalam Asian Folklore Studies Volume 56 yang diterbitkan tahun 1997 berjudul “A Princess from Sunda; Some Aspects of Nyi Roro Kidul“.

Menurut penelusuran yang dilakukan olehnya, Nyi Roro Kidul sendiri konon merupakan putri dari penguasa Kerajaan Galuh pada abad ke-13. Nah, kira-kira versi mana yang menurutmu tepat?

Kejadian Mistis di Sekitar Lokasi Pantai

Pantai Pangumbahan

* sumber: www.pantainesia.com

Ujung Genteng sendiri merupakan salah satu kawasan wisata yang kerap dipenuhi dengan berbagai cerita mistis. Konon beberapa pengunjung pernah mengalami kejadian aneh yang tidak bisa dijelaskan dengan nalar di lokasi sekitar pantai.

Beberapa kisah horor yang konon pernah terjadi di antaranya adalah gangguan dari sosok perempuan berbaju putih yang mengikuti sepanjang perjalanan menuju lokasi, cerita penginapan berhantu yang kerap menampakkan sosok misterius pada para pengunjung, sampai kejadian naas terseret ombak yang kerap dikaitkan dengan amarah sosok penguasa Pantai Selatan.

Pengalaman-pengalaman mistis seperti itu memang sering kita dengar di tengah masyarakat Tanah Air. Kepercayaan masyarakat yang kuat terhadap hal-hal yang berbau mistis memang menjadi alasan cerita-cerita tersebut semakin berkembang liar.

Pantai Ujung Genteng sendiri merupakan satu dari sekian banyak objek wisata yang kerap dikaitkan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia mistis. Meski banyak kisah horor yang beredar, namun masih banyak pula masyarakat yang menanggapi hal tersebut dengan santai, bahkan menganggapnya hanya sebatas kabar angin yang belum tentu kebenarannya.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan masih banyaknya para pengunjung yang datang ke pantai yang konon dianggap angker oleh sebagian masyarakat tersebut.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai misteri Pantai Ujung Genteng yang sangat indah dan menawan. Meski pantai ini diselimuti dengan berbagai cerita yang bisa membuat bulu kuduk berdiri, namun keindahan alam yang tersaji di sana memang sayang untuk dilewatkan hanya karena hal tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *