Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan

Misteri Pantai Pangandaran, Tempat Singgah Ratu Pantai Selatan

Ditulis oleh

Pantai Pangandaran adalah salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Pantai yang sangat indah ini berhadapan langsung dengan perairan Samudera Hindia sehingga ombaknya lebih besar. Di balik kecantikan pantai ini, ternyata tersimpan sejumlah misteri yang bisa membuat Anda merinding. Konon, Pantai Pangandaran merupakan salah satu persinggahan bagi Ratu Pantai Selatan.

Ada apa sebenarnya di balik pantai dengan eksotisme yang luar biasa menarik ini? Mengapa Pantai Pangandaran masuk dalam salah satu daftar pantai yang menjadi tempat singgah Nyi Roro Kidul? Bacaterus sudah merangkum sejumlah misteri Pantai Pangandaran, pantai cantik yang ternyata menyimpan banyak misteri.

Legenda Pilu Pantai Pangandaran

Nyi Roro Kidul atau yang dikenal dengan Ratu Pantai Selatan memang memiliki sejumlah cerita asal-usul. Misteri Pantai Pangandaran yang menjadi tempat persinggahan Ratu Pantai Selatan ini juga memiliki legenda yang mengisahkan tentang asal-usul Nyi Roro Kidul.

Alkisah, dahulu Raja Padjajaran memiliki seorang istri simpanan. Ketika istri simpanan itu hamil, raja justru murka dan menyuruh anak buahnya membuang wanita itu. Akhirnya, istri simpanan raja dibuang ke hutan.

Wanita itu berjalan menyusuri hutan hingga tiba di pesisir pantai selatan. Melihat laut lepas dengan ombak yang menggulung besar, si wanita itu berniat untuk mengakhiri hidupnya dengan terjun ke dalam laut.

Namun, wanita itu ditolong oleh pengawal penguasa pantai selatan. Kemudian, wanita itu diangkat menjadi anak dari Ratu Pantai Selatan kala itu. Bahkan, si wanita mendapatkan ilmu gaib dan kekuatan serta menjadi pewaris tahta sebagai Ratu Pantai Selatan.

Wanita yang pernah menjadi istri simpanan Raja Padjajaran itu dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Konon, meskipun sudah menjadi penguasa seluruh pantai selatan, Nyi Roro Kidul tetap tidak dapat melupakan dendamnya kepada Raja Padjajaran.

Itulah sebabnya mengapa banyak korban jiwa yang tenggelam atau terseret ombak di Pantai Pangandaran ini. Percaya atau tidak, sebagian besar korbannya adalah orang Bandung.

Gua Panggung, Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul

Gua Panggung

Selain terkenal dengan pantainya yang indah tapi menyimpan begitu banyak misteri, Pangandaran juga terkenal dengan sebuah gua yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai makam anak angkat Nyi Roro Kidul, Embah Jaga Lautan.

Dikisahkan bahwa Embah Jaga Lautan memiliki tujuh orang istri yang tidak pernah akur satu sama lain. Suatu hari, ketika Embah Jaga Lautan pergi memancing dan mendapatkan ikan, ia mendapat petunjuk dari Nyi Roro Kidul untuk mengajak ketujuh istrinya makan ikan hasil tangkapannya itu. Setelah makan, ketujuh istri Embah hidup rukun dan tidak bertengkar lagi.

Setelah melihat para istrinya rukun, Embah Jaga Lautan pamit untuk semedi dalam waktu yang lama. Namun, beliau tak kunjung kembali dan membuat istri-istrinya cemas. Para istrinya mencari beliau di mana-mana tapi tidak menemukan jasadnya. Akhirnya, ketujuh istri itu memutuskan untuk membuat makam Embah Jaga Lautan di sebuah gua yang berada dekat Pantai Pangandaran.

Kisah moksa atau hilangnya raga  Embah Jaga Lautan ini merupakan salah satu misteri Pantai Pangandaran yang terkenal. Jika berwisata ke Pangandaran, Anda juga bisa mengunjungi Gua Panggung yang menjadi makam dari Embah Jaga Lautan.

Misteri Sejumlah Tempat di Dekat Pantai Pangandaran

Sebagai salah satu pantai yang menyimpan berbagai misteri, Pantai Pangandaran tetap diminati oleh wisatawan karena keindahan panoramanya. Walaupun di tahun 2006 Pangandaran pernah mengalami bencana tsunami hebat yang menewaskan 668 jiwa, pesona pantai ini tidak bisa mengurungkan niat wisatawan untuk datang kemari.

Misteri Pantai Pangandaran ternyata tidak berfokus pada pantainya saja. Beberapa tempat yang berada di sekitar pantai juga dipercaya memiliki misteri yang bekaitan dengan dunia gaib. Berikut adalah sejumlah tempat penuh misteri yang berada dekat dengan Pantai Pangandaran:

  • Sendang Goa Rengganis

Sendang Goa Rengganis

Wisata alam yang berada di dekat Pantai Pangandaran ini bukan sekedar wisata goa biasa. Goa ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat lantaran menjadi petilasan Dewi Rengganis. Tempat pemandian yang dulu digunakan Dewi Rengganis dipercaya dapat mendatangkan berkah bagi siapapun yang mandi atau berendam di sana.

Menjelang pilkada, Sendang Goa Rengganis banyak dikunjungi oleh calon legislatif yang mengharapkan berkah agar menang saat pilkada. Selain itu, air di sendang tersebut juga dipercaya dapat membuat orang nampak awet muda.

  • Goa Lanang

* sumber: goindospot.com

Dinamakan Goa Lanang karena di dalam goa terdapat batu yang berbentuk seperti (maaf) alat kelamin pria. Batu tersebut terbentuk secara alami mengingat Goa Lanang sendiri adalah Goa Karst. Sampai saat ini, Goa Lanang juga dianggap sebagai tempat sakral karena dipercaya merupakan petilasan raja-raja Kerajaan Pananjung. Raja di kerajaan tersebut adalah Prabu Anggalarang.

Ketika keluar meninggalkan kerajaan, sang prabu tinggal di goa tersebut bersama dengan permaisurinya, yaitu Dewi Rengganis. Goa Lanang merupakan lambang dari keberanian dan kegagahan Prabu Anggalarang karena berani meninggalkan kerajaannya meskipun beliau adalah putra mahkota.

  • Jembatan Penghubung Pantai Madasari – Batukaras

Jembatan Penghubung Pantai Madasari – Batukaras

Pantai Madasari adalah salah satu pantai yang berada di Pangandaran. Di tahun 2016, ada sebuah proyek pembangunan jembatan untuk menghubungkan Pantai Madasari dan Batukaras.

Sebelum mengerjakan proyek, warga setempat menghimbau agar pekerja proyek tidak melakukan aktivitas apapun pada pukul 11:30 – 13:00 WIB dan semua pekerjaan harus berhenti sebelum pukul 17:00 WIB. Namun, karena ingin menghemat waktu, petugas pelaksana proyek tidak menghiraukan himbauan warga dan tetap bekerja di waktu-waktu yang sudah dilarang.

Saat waktu menunjukkan pukul 12:00 WIB, salah satu mesin genset mati dan tidak bisa dinyalakan lagi. Keesokan harinya, petugas membeli dua buah genset baru tetapi lagi-lagi kedua genset tersebut mati pada pukul 12:00 WIB.

Kejadian lain yang terjadi pada pukul 12:00 WIB adalah as roda mesin molen tiba-tiba patah. Bersamaan dengan kejadian-kejadian di luar nalar tersebut, sebagian warga asli yang tinggal di kawasan proyek mengaku melihat gerombolan orang-orang berambut putih sedang memasak seperti sedang menyiapkan hajatan di bawah pohon waru tua.

Anehnya, pekerja proyek tidak ada yang melihat orang-orang berambut putih itu dan hanya penduduk asli saja yang melihatnya.

Sejumlah misteri Pantai Pangandaran di atas merupakan mitos yang belum tentu benar kebenarannya. Bahkan, ada pantangan bagi orang-orang Bandung untuk berenang di pantai ini jika mereka tidak ingin menjadi tumbal Nyi Roro Kidul.

Benar atau tidaknya sejumlah mitos dan misteri Pantai Pangandaran, Wallahu a’lam. Selama mitos dan pantangan tersebut bermaksud baik, tak ada salahnya untuk menuruti. Sejatinya, di setiap tempat pasti ada penghuni gaibnya.

Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan agar kita selalu berada dalam lindungan-Nya. Selain itu, mengingat manusia hidup berdampingan dengan mahluk gaib, maka kita harus senantiasa menjaga sikap dan tutur kata agar tidak menyinggung mahluk lain yang hidup di sekitar kita.

Untuk mengetahui sejumlah tempat angker lain yang berada di sekitar Pangandaran, khususnya di Purwakarta, kunjungi artikel mengenai tempat angker di Purwakarta.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment