Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / Misteri Overtoun Bridge, Jembatan Misterius Perenggut Nyawa

Misteri Overtoun Bridge, Jembatan Misterius Perenggut Nyawa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah kamu mendengar hewan melakukan percobaan bunuh diri? Bila belum, setelah kamu membaca artikel yang satu ini. Maka, kamu akan tahu bahwa di dunia yang begitu indah ini terdapat satu jembatan misterius yang sering menjadi lokasi bunuh diri ratusan ekor anjing selama beberapa dekade.

Kabar tentang hal tersebut memang terdengar aneh dan sangat menakutkan. Namun demikian, hal itu memang benar-benar terjadi dan telah menjadi bahan penelitian sejumlah ahli selama beberapa tahun. Sesuatu yang melatarbelakangi anjing-anjing tersebut melakukan bunuh diri memang menjadi tanda tanya besar. Sehingga menimbulkan banyak teori-teori mengenai kasus bunuh diri tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini Bacaterus telah rangkum misteri tentang Overtoun Bridge, jembatan perenggut nyawa bagi anjing-anjing berhidung moncong.

Jembatan Tempat Anjing Bunuh Diri

Jembatan Tempat Anjing Bunuh Diri

Keberadaan jembatan yang satu ini memang menjadi cerita aneh sekaligus mengundang rasa penasaran masyarakat luas. Jembatan Overtoun atau Overtoun Bridge adalah sebuah  jembatan kolonial yang dibangun oleh H. Milner di wilayah Dumberton, West Dumbertonshire, Skotlandia.

Jembatan ini telah dibangun di atas sungai Clyde di wilayah perbukitan yang jaraknya berdekatan dengan desa Milton. Jembatan setinggi 15 meter ini selesai dibangun pada tahun 1895. Keberadaan jembatan ini masih berada dalam satu wilayah yang sama dengan sebuah kastil peninggalan abad ke-19 bernama Overtoun House yang dimiliki oleh John Campbell White atau Lord Overtoun.

Berdiri di atas lahan seluas 810 hektar lebih, Overtoun House sendiri mulai ditempati sekitar tahun 1862. Konon, Overtoun House juga sempat dijadikan sebagai rumah sakit bersalin serta menjadi tempat berlindung bagi para tentara Skotlandia saat terjadi perang dunia.

Pada masa-masa tersebut tidak terdapat hal yang aneh. Hingga pada bulan Oktober tahun 1941 diketahui terjadi sebuah peristiwa kelam dimana seorang pria telah membunuh anak laki-lakinya dengan melemparkannya di atas jembatan. Pria itu sendiri kemudian mengakhiri hidupnya dengan melompat ke bawah Overtoun Bridge.

Setelah itu, pada tahun 1950 muncullah banyak laporan dari penduduk setempat mengenai banyaknya anjing yang melakukan bunuh diri dengan melompat dari sisi jembatan Overtoun Bridge. Menurut informasi sudah tercatat setidaknya 600 anjing yang melakukan percobaan bunuh diri di sisi  jembatan sampai tahun 2005.

Hal tersebut tentu membuat masyarakat bingung. Hingga menimbulkan banyak spekulasi tentang jembatan eksotis tersebut. Mulai dengan mengaitkannya dengan keberadaan makhluk halus yang menempati wilayah tersebut. Sampai penjelasan ilmiah yang mendorong anjing untuk melakukan percobaan bunuh diri.

Sebagian besar, anjing-anjing tersebut melakukan bunuh diri pada waktu yang cerah serta pada jenis-jenis anjing tertentu yang berhidung moncong. Menurut cerita, anjing-anjing yang selamat dari percobaan bunuh diri akan mengulangi hal serupa di kemudian hari.

Peristiwa yang terjadi di Overtoun memang menjadi hal menarik, tidak hanya bagi para peneliti yang ingin mengungkap kisah misterius anjing-anjing tersebut. Namun juga bagi masyarakat luar yang penasaran tentang kebenaran mengenai cerita yang terjadi di wilayah tersebut.

Benarkah keberadaan hantu White Lady yang mendorong anjing-anjing tersebut untuk melakukan percobaan bunuh diri? Legenda yang dipercaya oleh sebagian penduduk lokal tersebut memang dianggap sebagai salah satu yang menyebabkan anjing-anjing melakukan percobaan bunuh diri.

Meskipun demikian, hal tersebut bukanlah jawaban satu-satunya terhadap fenomena aneh yang terjadi di Overtoun Bridge.

Teori-teori Mengenai Fenomena di Overtoun Bridge

Teori-teori Mengenai Fenomena di Overtoun Bridge

Kejadian aneh yang terjadi di Overtoun Bridge memang menjadi subjek yang  menarik untuk dibahas. Berbagai teori tentang anjing bunuh diri ini pun seiring waktu bermunculan bahkan diangkat oleh media di berbagai belahan dunia.

Menurut seorang pendeta bernama Texas Bob Hill yang tinggal bersama keluarganya di wilayah tersebut hampir 20 tahun. Ia berpendapat bahwa anjing-anjing tersebut diduga mencium aroma kuat dari hewan mamalia yang berada di bawah jembatan. Sehingga mendorong mereka untuk melompat ke bawah.

Sementara pendapat lain dikemukakan oleh seorang guru agama yang juga merupakan filsafat bernama Paul Owen yang telah mendatangi tempat tersebut 40 tahun silam untuk memecahkan misteri yang terjadi di sana.

Melalui buku karyanya yang berjudul The Baron of Rainbow Bridge. Owen mengungkap sisi lain Jembatan Overtoun Bridge yang berbau mistik dan keberadaan White Lady yang konon meninggal di jembatan tersebut pada tahun 1980.

Senada dengan Bob Hill. Dokter David Sands, yang merupakan peneliti perilaku hewan ikut melakukan penelitian lebih dalam terhadap fenomena ganjil yang terjadi di Overtoun Bridge. Menurut dr. Sands, anjing-anjing tersebut di duga sengaja bunuh diri akibat tertarik dengan sebuah aroma yang sangat kuat.

Menurutnya, ketidaktahuan hewan tersebut terhadap permukaan jalan yang berubah menjadi jurang di samping jembatan. Secara terperinci dr. Sands pun menjelaskan bahwa dalam penelitiannya, ia melakukan pengujian terhadap indera penglihatan serta dari indera penciumannya.

Overtoun Bridge

dr. Sands pun lebih menitik beratkan pada Indera penciuman dibanding penglihatan mengingat sisi jembatan yang dibatasi oleh tembok membuat penglihatan anjing sangat terbatas. Setelah melakukan penelitian dengan menguji indera penciuman anjing pada makhluk mamalia, Cerpelai. Hasilnya cukup memberikan jawaban yang logis mengenai peristiwa aneh tersebut.

Menurut dr. Sands, sekitar 50 tahun lalu di wilayah tersebut pernah ditemukan habitat hewan Cerpelai yang berada di pepohonan dekat dengan Overtoun Bridge. Lokasi tersebut adalah lokasi yang sesuai dengan laporan pertama kali, ketika anjing melakukan bunuh diri.

Diduga karena peningkatan populasi hewan mamalia yang termasuk dalam genus Mustela tersebut telah membuat aroma yang semakin kuat hingga membuat anjing-anjing tersebut melompat. Hal tersebut kemudian dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan 10 ekor anjing dalam uji coba.

Setelah dr. Sands memberi aroma Cerpelai yang kuat di samping jembatan. 8 dari 10 anjing tersebut melompat ke sisi samping. Sementara dua yang lainnya tak memberikan respon. Sehingga akhirnya ia memyimpulkan bahwa bau dari urine Cerpelai yang mendorong anjing untuk melompat.

Meskipun dr. Sands telah melakukan penelitian dan menjelaskan secara ilmiah terhadap fenomena yang terjadi di Overtoun Brigde. Namun, pendapat tentang itu pun mendapat sanggahan dari seorang warga lokal yang telah lama berburu di wilayah tersebut bernama John Joyce.

Menurutnya, selama ia tinggal di wilayah tersebut selama hampir 50 tahun. Pria tersebut tak pernah menemui habitat Cerpelai di wilayah dekat dengan Overtoun Bridge. Sehingga hal tersebut pun menimbulkan babak baru tentang misteri Overtoun Bridge.

Kini, di ujung Jembatan Overtoun telah dipasang sebuah papan peringatan bagi para pemilik hewan peliharaan, khususnya anjing untuk selalu waspada dan menjaga anjingnya ketika melintasi jembatan.

Nah, itulah rangkuman menarik tentang misteri Overtoun Bridge, jembatan perenggut nyawa bagi ratusan ekor anjing. Nantikan informasi menarik lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Baca juga artikel jembatan angker di dunia ini, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *