Bacaterus / Mitos / Misteri Orang Bati, Makhluk Mitos yang Jadi Perdebatan

Misteri Orang Bati, Makhluk Mitos yang Jadi Perdebatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia bukan cuma punya ribuan pulau tapi juga lapisan masyarakat yang terdiri dari berbagai suku. Tiap suku biasanya mempunyai kebudayaannya sendiri, dari mulai bahasa, makanan, norma sampai hiburan.

Jangan lupakan juga cerita rakyat yang hampir ada di setiap daerah, baik itu yang membahas tokoh terkenal dari daerah yang sama atau makhluk-makhluk yang dianggap mitos. Di Pulau Seram ada sebuah makhluk yang diyakini hidup oleh sebagian penduduknya.

misteri orang bati

Makhluk itu adalah Orang Bati yang dianggap sebagai salah satu makhluk cryptid paling menyeramkan asal Indonesia. Diyakini sebagian orang berarti masih ada yang meragukan eksistensinya. Jadi, mari kita bahas lebih dalam tentang misteri Orang Bati, mahluk mitos yang jadi perdebatan itu.

Deskripsi Orang Bati

Deskripsi Orang Bati

Di Pulau Seram, ada dua Orang Bati yang dikenal. Sebelum menimbulkan kesalahpahaman, orang Bati yang pertama adalah orang-orang dari suku Bati yang sudah tinggal dalam waktu yang cukup lama bahkan menjadi salah satu suku penduduk asli di pulau tersebut. Sementara Orang Bati yang lain adalah istilah yang merujuk pada sebuah makhluk cryptid yang akan kita bahas.

Belum jelas bukti penamaan mahluk cryptid dengan nama Orang Bati. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa orang Bati adalah sebutan untuk salah satu kelompok penduduk di pulau yang sama.

Kemungkinannya adalah jaman dahulu orang dari suku Bati mampu melakukan hal-hal yang di luar nalar seperti terbang, sehingga pada awalnya mereka mengira mahluk itu adalah jelmaan dari orang dari suku Bati, padahal mahluk itu berjenis hewan.

Menurut orang Maluku, Orang Bati merupakan nama yang diberikan pada sesosok makhluk yang mirip manusia dan dapat terbang atau manusia bersayap. Dikatakan manusia bersayap karena secara kasat mata tubuhnya seperti tubuh manusia pada umumnya, hanya saja dia bisa terbang menggunakan sayapnya.

Selain disebut Orang Bati, ada juga beberapa penliti yang menamainya Indonesian Mothman karena deskripsi fisiknya yang mirip dengan mothman. Tubuh Orang Bati disebut-sebut mencapai 4 sampai 5 m.

Ia memiliki sayap besar berwarna hitam, sama dengan warna bulu yang menutupi tubuhnya. Ia juga mampu mengeluarkan suara teriakan. Dari deskripsi ukuran tubuh dan suara yang dikeluarkan, banyak yang menyamakannya dengan pterosaurus yang sudah punah.

Orang Bati dipercayai memiliki wajah seperti monyet atau kelelawar. Sosoknya dianggap menyeramkan karena cerita bahwa dia pernah menculik anak-anak sebagai makanannya. Selain itu, ia tinggal di gua-gua di sekitar Gunung Kairatu yang jarang terjamah oleh manusia sehingga menjadikannya tempat yang aman untuk hidup.

Saksi Orang Bati

Saksi Orang Bati

Cerita tentang Orang Bati yang paling dikenal berasal dari seorang misionaris Inggris bernama Tyson Hughes. Pada tahun 1987, dia datang ke Pulau Seram dalam rangkaian programnya membantu suku-suku di Kepulauan Maluku mengembangkan sistem pertanian dan peternakan. Awalnya, dia nggak mempercayai Orang Bati sebagaimana orang-orang dari barat lainnya.

Hughes sering mendengar cerita tentang Orang Bati dari penduduk sekitar. Dia nggak mau percaya begitu saja, tapi ketika di ujung masa kerjanya dia mengaku pernah berjumpa dengan mahluk itu sekali. Setelah kejadian itu, Hughes mulai percaya bahwa Orang Bati itu keberadaannya nyata persis seperti yang diceritakan penduduk lokal.

Konon pada abad ke 15 hingga 16 juga ada seorang misionaris Kristen yang lain mendengar cerita menyeramkan dari penduduk tentang mahluk cryptid itu. Apalagi pada saat itu baru saja ada yang kehilangan anak yang kabarnya diculik oleh Orang Bati dan dibawa ke gua di wilayah Gunung Kairatu dan sang anak nggak pernah kembali.

Selain Hughes, ada juga seorang peneliti kriptozoologi bernama Karl Shuker yang mengungkapkan cerita tentang Orang Bati. Dalam buku karangannya yang berjudul “Is Batman Alive and Well and Living on the Island of Seram?”, dia menceritakan bagaimana mahluk itu bisa menculik anak-anak.

Dia malah menyebutnya dengan sebutan Batman karena rupanya menyerupai kelelawar dan berukuran manusia seperti karakter superhero buatan DC Comics. Kisah tersebut yang membuat nama Orang Bati mendapat perhatian dalam lingkup internasional.

Pendapat Skeptis tentang Orang Bati

Pendapat Skeptis tentang Orang Bati

Minimnya bukti tentang Orang Bati yang bisa diteliti secara sains membuat banyak orang meragukan keberadaannya. Sampai saat ini belum ada sama sekali bukti yang mengarah pada sosoknya secara nyata seperti jejak kaki apalagi fosil yang bisa langsung diteliti dan didapat hasil ilmiahnya.

Salah satu bukti yang menguatkan pendapat skeptis adalah ditemukannya bukti sejarah. Pada abad ke-15 sampai 16 nggak ada misionaris yang yang datang ke Pulau Seram karena pada saat itu bagian barat pulau sedang diserbu oleh orang-orang Belanda. Para misionaris datang ke Pulau Seram terjadi pada abad-abad berikutnya.

Seorang penjelajah asal Prancis bernama Jean Raymond pada tahun 2005 mengunjungi Pulau Seram untuk mencari bukti tentang Orang Bati. Hasil penjelajahannya itu tertuang dalam buku berjudul Les Molucques yang dirilis dua tahun kemudian. Dia menyatakan bahwa Orang Bati bukanlah mahluk yang dapat terbang dan memakan anak kecil.

Dia menambahkan bahwa mahluk cryptid itu merupakan cerita rakyat yang digunakan untuk menakut-nakuti. Mungkin kamu pernah ditakut-takuti orang tuamu waktu kecil dulu? Misalnya, kalau magrib masih main akan diculik kuntilanak? Kurang lebih seperti itulah maksud dari pernyataan Jean.

Dugaan Mahluk yang Menyerupai Orang Bati

Dugaan Mahluk yang Menyerupai Orang Bati

Dilihat dari deskripsi fisik, Orang Bati mempunyai kemiripan dengan beberapa makhluk cryptid dari Indonesia. Ahool adalah salah satu yang menyerupainya dari segi fisik dan ia adalah omnivora yang memakan segala termasuk memakan daging sebagaimana Orang Bati. Namun yang paling mirip adalah Ropen yang konon hidup di Papua Nugini.

Kemungkinan mahluk cryptid bernama Orang Bati hanyalah cerita rakyat untuk menakut-nakuti terbuka lebar. Namun ada kemungkinan juga orang-orang di Pulau Seram salah mendeskripsikan makhluk yang dapat terbang tersebut. Bisa jadi makhluk itu bukanlah mahluk cryptid, tapi makhluk yang sudah tercatat secara sains.

Sebetulnya hewan yang paling mirip dengan Orang Bati adalah Pterosaurus. Ia mempunyai bentuk mirip dengan kelelawar. Hanya saja ia nggak punya badan sebesar Orang Bati dan wajahnya lebih mirip reptil kalau dibandingkan dengan Orang Bati yang mempunyai wajah mirip kelelawar atau monyet. Lagipula ia sudah dinyatakan punah sekitar 97 juta tahun yang lalu.

Hewan lain yang paling menyerupai Orang Bati adalah flying fox besar atau kalong besar (Pteropus Vampyrus). Ia adalah spesies kelelawar terbesar yang hidup di Indonesia. Walaupun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan Orang Bati tapi kelelawar spesies itu bisa membunuh anak manusia dengan liurnya yang beracun.

Pendapat itu dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Richard Terry dalam episode “Winged Assassin” yang ditayangkan National Geographic ketika mencari Orang Bati. Dia nggak menemukan apa-apa, alih-alih dia menyimpulkan kemiripannya dengan flying fox besar.

Menurut kamu sendiri, apakah Orang Bati adalah cerita rakyat belaka? Atau ia memang ada tetapi nggak kasat mata? Atau mungkin kamu punya argumen lain tentang Orang Bati? Kamu bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar. Pendapatmu mungkin akan menjadi pengetahuan baru untuk pembaca lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. ♠️♥️♦️♣️PELANGI KOIN♣️♦️♥️♠️
    Ayo Buruan Login Dan Raih Kemenangan Sebanyak Banyaknya Di PELANGIKOINASIA.COM
    Proses Depo & Withdraw Tercepat Di Seluruh Asia
    DEPOSIT MINIMAL HASIL MAKSIMAL $_$
    Untuk Kartu Ringan & Muda Menangnya …
    Buktikan Sekarang Juga Hanya Di PELANGIKOINASIA.COM

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 Id bisa main 9 Games Boss!!!

    INFO STATUS BANK :
    ♠️BCA : ONLINE
    ♥️BNI : ONLINE
    ♦️BRI : ONLINE
    ♣️MANDIRI : ONLINE
    ♠️DANAMON : ONLINE

    Tunggu apalagi bos!! langsung DAFTAR diri anda di PELANGIKOINASIA.COM
    Dicoba di Kunjungi Website Kami PELANGIKOINASIA.COM
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24 jam boss!!

    CONTACT US :
    ♦️WA : +62 859-3225-4259
    ♦️TELEGRAM : Pelangikoin Jenny
    ♦️LINE: Pelangikoin
    ♦️INSTAGRAM : Pelangi_koin

    Ditunggu Kehadrian Nya Bermain Boss $_$ Salam Hoki dari PELANGIKOINASIA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *