Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan Pulau Jawa

Misteri Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan Pulau Jawa

Nama Nyi Roro Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul pasti sudah akrab di telinga masyarakat Pulau Jawa, bahkan mungkin se-Indonesia. Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai penguasa kerajaan gaib di Laut Selatan Pulau Jawa. Sosok Nyi Roro Kidul diklaim berupa wanita yang sangat cantik dan selalu berpergian dengan kereta kencananya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sosok beliau berupa wanita cantik dengan badan setengah ular atau putri duyung.

Misteri Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan ini memang sangat menarik untuk dibahas. Nama besar beliau juga sering dikaitkan dengan banyaknya korban jiwa yang terseret ombak ketika bermain di pantai-pantai yang berada di laut selatan. Lantas, siapa sebenarnya sosok Nyi Roro Kidul ini? Bagaimana asal-usul beliau hingga namanya dikenal secara luas seperti sekarang?

Asal-Usul Nyi Roro Kidul

Asal-Usul Misteri Nyi Roro Kidul

Banyak spekulasi bermunculan ketika membahas asal-usul Ratu Laut Selatan ini. Asal-usul ini menjadi salah satu misteri Nyi Roro Kidul yang masih belum terjawab hingga saat ini. Berikut Bacaterus akan mengulas satu persatu kisah asal-usul Nyi Roro Kidul yang beredar luas di masyarakat.

1. Dewi Kadita dari Kerajaan Sunda Padjajaran

Dewi Kadita dari Kerajaan Sunda Padjajaran

Masyarakat Sunda memiliki cerita tersendiri untuk menjawab misteri Nyi Roro Kidul seputar asal-usulnya. Dikisahkan bahwa Nyi Roro Kidul semasa hidup adalah Dewi Kadita, putri raja dari Kerajaan Sunda Padjajaran. Kecantikan Dewi Kadita tidak cukup untuk membuat ayahnya merasa puas memiliki satu orang putri saja.

Sang ayah yang juga raja di kerajaan tersebut mengambil Dewi Mutiara sebagai istri karena ia menginginkan anak laki-laki. Namun, Dewi Mutiara ingin putranya menjadi satu-satunya pewaris kerajaan. Ia mencari cara untuk menyingkirkan Dewi Kadita dengan meminta pertolongan dukun. Kemudian, si dukun membuat Dewi Kadita memiliki penyakit kudis yang memaksanya harus menerima jika ia akan dibuang dari kerajaan.

Ketika ia sampai di bibir pantai selatan, Dewi Kadita terjun ke dalam laut. Penyakit kudisnya hilang setelah ia masuk ke dalam laut. Para lelembut di lautan tersebut akhirnya mengangkat Dewi Kadita sebagai penguasa di laut selatan Pulau Jawa.

2. Dewi Nawang Wulan, Istri Jaka Tarub

Dewi Nawangwulan, Istri Jaka Tarub

Pernah mendengar cerita rakyat Jaka Tarub? Di mana Jaka Tarub mencuri selendang bidadari yang sedang mandi di sungai sehingga sang bidadari tidak bisa kembali ke kahyangan. Ada mitos yang mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul dulunya adalah Dewi Nawang Wulan.

Beliau dikutuk oleh kerajaan langit karena menikah dengan manusia, suatu hal yang dianggap haram bagi kerajaan langit. Dewi Nawang Wulan akhirnya dikutuk menjadi jin dan dikirim ke laut selatan untuk menjaga Pulau Jawa agar tidak tenggelam karena keganasan Samudra Hindia.

3. Anak Ratu Bilqis

Anak Ratu Bilqis

Ratu Bilqis dari Kerajaan Saba adalah sosok perempuan yang cantik dan jelita. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa Ratu Bilqis adalah anak dari ratu yang takluk pada Raja Sulaiman. Dikisahkan bahwa Ratu Bilqis ini menikah dengan jin pria dan mengandung seorang anak.

Akan tetapi, setelah melahirkan ia melihat anak tersebut tidak memiliki raga karena merupakan keturunan jin. Anak perempuan yang diberi nama Aurora itu akhirnya dibuang ke sebuah pulau yang jauh dari kerajaannya. Pulau tersebut bernama Al-Jawi atau sekarang dikenal sebagai Pulau Jawa. Aurora tumbuh dibesarkan oleh jin-jin di pulau itu sampai akhirnya ia menjadi pemimpin para jin di Pulau Jawa.

Ketika orang-orang dari Yunan (Cina) masuk ke Pulau Jawa, Aurora dan bangsa jinnya mulai terusik. Mereka mengalah dan pindah ke sebelah selatan Pulau Jawa, yakni di pesisir pantai laut selatan.

Di tempat ini Aurora mulai mendirikan kerajaan gaib. Namun, kala itu masyarakat di Pulau Jawa masih belum fasih menyebut nama “Aurora” sehingga namanya diganti menjadi “Roro” dan sekarang dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul (Putri Roro dari Selatan).

4. Asal-Usul Nyi Roro Kidul Menurut Agama Islam

Asal-Usul Nyi Roro Kidul Menurut Agama Islam

Di dalam Islam dikatakan bahwa Allah SWT tidak hanya menciptakan manusia, tetapi juga menciptakan malaikat dan jin. Berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadist, makhluk gaib seperti Nyi Roro Kidul ini merupakan salah satu golongan jin yang kerap menggoda iman manusia.

Kita boleh saja mempercayai adanya Nyi Roro Kidul, tetapi kita harus lebih tunduk dan takut terhadap perintah Allah Subhanahu Wata’Ala. Karena kita semua tahu tidak ada yang lebih berkuasa di dunia ini selain Allah.

Penciptaan jin menurut Islam sudah dijelaskan di dalam al-Qur’an QS Al-Hijr [15]”27-28

وَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِوَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَراً مِّن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

“Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.”

Mitos di Pesisir Pantai Selatan

Di balik misteri Nyi Roro Kidul tentu saja ada beberapa mitos yang meliputi misteri tersebut. Berikut ini adalah mitos di pesisi pantai selatan yang sering dikaitkan dengan legenda Ratu Pantai Selatan ini.

  • Larangan memakai baju hijau

Larangan memakai baju hijau

Ketika ingin berlibur di pantai selatan, ada larangan tidak tertulis mengenai penggunaan baju berwarna hijau. Ya, mitos ini memang santer terdengar di mana warna hijau adalah warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul. Konon, jika ada yang melanggar larangan ini, maka ia bisa terseret ombak dan tenggelam di laut. Arwah dari korban tersebut katanya akan dijadikan tentara atau budak di kerajaan gaib Nyi Roro Kidul.

  • Pelindung sarang burung di goa pantai selatan

Pelindung sarang burung di goa pantai selatan

Tidak semua misteri Nyi Roro Kidul itu mengerikan. Pasalnya, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa Kanjeng Ratu Kidul ini merupakan dewi pelindung bagi para pekerja yang mengumpulkan sarang burung walet di goa laut selatan.

Pengumpul sarang burung ini memang bekerja dengan mempertaruhkan nyawanya, mereka menuruni tebing dengan tali seadanya hingga mencapai ketinggian 9 meter di atas permukaan laut, lalu menunggu arus ombak di atas teras bambu dan terjun agar terseret ombak untuk masuk ke dalam gua.

Di dalam gua yang gelap mereka harus segera mengambil sarang burung dan memasukkannya ke dalam tas. Perjalanan pulang yang harus mereka lalui pun juga tidak lebih mudah.

Saat panen sarang burung, desa di sekitar pesisir pantai selatan ini menggelar pertunjukan wayang dan musik gamelan. Setelah panen selesai, ada prosesi pemberian persembahan pada Nyi Roro Kidul dengan memberikan kain batik dan cermin yang diletakkan di atas bantal berwarna hijau.

Misteri Nyi Roro Kidul ini membuka sedikit tabir misteri asal usul dari penguasa laut pantai selatan yang konon berparas cantik dan jelita ini. Legenda Nyi Roro Kidul memang dipercaya ada oleh masyarakat Pulau Jawa, khususnya yang tinggal di sekitaran Jawa Tengah. Kita boleh percaya, boleh juga tidak, tetapi tak ada salahnya jika kita menjaga perkataan dan perilaku ketika berkunjung ke tempat yang asing.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

One Comment

  1. rio hidayat at - Reply

    hil yg muztahal hal yang muztajab

Leave A Comment