Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Nicolas Flamel, Alchemist Besar yang Hidup Abadi

Misteri Nicolas Flamel, Alchemist Besar yang Hidup Abadi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu pernah dengar Sir Nicolas Flamel? Namanya tak asing terdengar menjadi sebuah cerita, legenda, hingga bagian sejarah. Alkemis terkenal asal Prancis ini seringkali disebut dan dikaitkan dalam novel sampai film layar lebih. Misteri yang ia bawa hingga kini masih menjadi perbincangan khalayak.

Sosoknya bahkan muncul dalam film populer “Harry Potter”, dimana ia digambarkan sebagai sosok pembuat Batu bertuah atau Philosopher’s stone. Kemudian ia juga muncul dalam film terbaru “Fantastic Beasts” sebagai tokoh penyihir asal Prancis. Seperti yang kita tahu, J.K. Rowling adalah orang dibalik semua ini.

Bukan hanya imajinasi Rowling semata, Nicolas Flamel pernah ada di dunia nyata. Ini membuat publik bertanya seperti apa sebenarnya sosok Flamel dalam dunia nyata? Buat kamu yang penasaran, Bacaterus sudah mengumpulkan misteri seputar Flamel buat kamu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Sejarah Nicolas Flamel

Sejarah Nicolas Flamel

Mendapat reputasi berabad-abad setelah kematiannya, Nicolas Flamel adalah seorang penulis dan manuskrip naskah Prancis. Meninggal di Paris 22 Maret 1418, ia mempelajari rahasia alkimia dari percakapan Yahudi, menurut teks-teks yang dianggap berasal darinya hampir 200 tahun setelah kematiannya.

Kisah legendarisnya ini muncul pertama kali di abad ke-17. Tak sedikit cerita tentang dirinya yang mengklaim telah berhasil membuat “Batu Bertuah atau Batu Filsuf” yang diketahui dapat mengubah logam dasar menjadi emas. Flamel juga mengembangkan reputasinya sebagai seorang alkemis yang telah mencapai keabadian melalui “Elixir of Life”.

Menikah dengan Parenelle di tahun 1368 yang membawa kekayaan dua suami sebelumnya, Flamel dan istrinya diketahui sebagai pasangan dermawan yang berkontribusi banyak kepada gereja-gereja. Flamel hidup sampai usia 80-an, ia mendesain batu nisan miliknya sendiri di tahun 1410.

Ukiran gambar-gambar Kristus, Santo Petrus, dan Santo Paulus, banyak menghiasi batu nisan miliknya. Batu nisannya kini terpelihara di Musée de Cluny di Paris.

Karya yang Dianggap dari Flamel

Karya yang Dianggap dari Flamel

Karya-karya yang dianggap berasal dari Flamel ini memang menyimpan misteri tersendiri, apa saja karya tersebut? Adalah “Le Livre des figur hiéroglyphiques” (Kitab tokoh hieroglif) yang pertama kali diterbitkan di Trois traictez de la filsie naturelle, Paris, Veuve Guillemot, 1612.

Kemudian ada “Le sommaire philosophique” (Rangkuman Filsafat) yang diterbitkan pertama kali di De la transformation métallique, Paris, Guillaume Guillard, 1561. Lalu ada juga Kitab Penyucian “ Le Livre des laveures” yang merupakan manuskrip BnF MS. Français 19978, dan “Le Bréviaire de Flamel” (breviary Flamel), manuskrip BnF MS. Français 14765.

Penemuan Alchemist

Penemuan Alchemist

Alkemi/Alkimia termasuk protosains yang menggabungkan unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Berkembang pada abad pertengahan yang merupakan bentuk awal dari ilmu kimia, dimana tujuan ilmu ini adalah transmutasi metal menjadi emas dan panacea universal.

Panacea berasal dari nama dewi penyembuhan Yunani yang berarti ramuan/obat yang diharapkan mampu mengobati segala jenis penyakit dan ramuanyang dapat memberikan kehidupan abadi. Nicolas Flamel disebutkan sebagai seorang alchemist yang berhasil mencapai tujuan tersebut.

Kitab tokoh hieroglif dimana pertama, ia mengklaim telah berhasil membuat Batu Bertuah yang mengubah logam dasar menjadi emas. Lalu yang kedua, bahwa ia dan istrinya telah mencapai keabadian melalui “Elixir of Life”.

Karya-karyanya di abad ke-17, dijadikan dasar tentang catatan legendaries kehidupan Flamel terutama karya “Livre des figur hiéroglyphiques”, yang membuatnya dikenal berabad-abad setelah kematiannya. Nicolas Flamel dianggap telah mencapai keabadian hidup dengan ramuan tersebut.

Kisah Legendaris

Kisah Legendaris

Dikisahkan bahwa suatu malam malaikat datang dalam mimpi Flamel, menunjukkan sebuah buku tua dengan cahaya berkilauan. Belum sempat menyentuh buku itu keduanya pun lenyap. Beberapa tahun setelahnya Flamel membeli sebuah buku yang menurutnya mirip dengan buku di dalam mimpinya.

Singkat cerita Flamel telah berupaya memahami buku misterius yang bertuliskan kata-kata kabalistic (kata dengan makna laten). Ia pergi ke Spanyol sekitar tahun 1378 dengan tujuan mendapatkan bantuan penerjemahan. Ia juga pergi berkonsultasi dengan Yahudi yang paham bahasa Ibrani, juga Muslim yang telah menerjemahkan ilmu filsafat Yunani.

Usaha Flamel membuahkan hasil, bukunya adalah salinan dari buku asli Abraham Eleazar. Setelah melakukan perjalanan ke beberapa negeri, mempelajari bahasa dan makna implisitnya, Flamel kembali ke Paris.

Berbekal pengetahuan itu, Flamel dan istrinya bekerjasama dalam beberapa tahun menerjemahkan buku tersebut. Flamel dan istrinya adalah alkemis strukturalis. Sampai di tahun 1382, Flamel dan istrinya berhasil menghasilkan perak dan kemudian emas, dari replikasi resep untuk penemuan Batu Bertuah.

Mengulangi kebehasilan percobaan pertama, mereka tiba-tiba mulai memperoleh kekayaan yang amat besar. Cukup besar hingga dalam jangka waktu lima belas tahun, keduanya dapat mendirikan empat belas rumah sakit di Paris. Juga memberikan sumbangan yang besar kepada tujuh gereja.

Selain itu, kehidupan abadinya dipercaya karena misteri kuburannya yang kosong. Makam Flamel banyak diincar dengan tujuan mengambil buku dan harta benda yang dikubur bersamanya. Namun ketika para penjarah kuburan membongkar peti mati miliknya dan istrinya, tubuh keduanya tidak ditemukan.

Rumor menyebar bahwa keduanya masih hidup hingga saat ini, disebutkan bahwa Flamel diperkirakan pergi ke India, dimana dirinya terlihat sekitar tahun 1700, juga terlihat di tahun 1761 di Opera Paris.

Flamel dalam Budaya Modern

Sepanjang abad hingga zaman modern, gagasan Nicolas Flamel sang Alchemist besar telah berkembang dan dikenal masyarakat dunia. Kisah hidupnya banyak dijadikan inspirasi karya sastra bagi para penulis novel Eropa, seperti dalam novel Harry Potter dimana sang penulis J.K. Rowling menjadikan sosok Flamel sebagai salah satu karakter di filmnya.

Begitu juga dengan karya Rowling lainnya, Fantastic Beast, yang turut menjadikan Nicolas Flames sebagai salah satu tokoh penyihir asal Prancis. Novel karya Michael Scott “The Alchemist: The Secrets of the Immortal Nicolas Flamel” juga memiliki cerita yang menarik, mengutip kisah nyata kehidupan Flamel dengan sedikit fiksi.

Selain itu, beberapa karya lain seperti, di tahun 1831, novel karya Victor Hugo “The Hunchback of Notre Dame”, novel Max McCoy “Indiana Jones dan Batu Bertuah” dan sejumlah karya sastra lainnya juga ikut serta menampilkan Flamel didalamnya.

Nama Nicolas Flamel yang begitu menarik dapat merebut perhatian masyarakat, banyak pula orang yang mengenal dan mengenang kisah serta misteri Flamel. Seringkali memuat kejadian ajaib juga hal irasional lainnya, legenda dianggap sebagai penggabungan antara fakta dan fiksi. Dikarenakan cerita dan kejadiannya belum bisa dipastikan kebenaran atau kenyataannya.

Sejarah, legenda, dan misteri memang pasti berhubungan erat dengan masyarakat, legenda juga biasanya berkaitan dengan mitos. Bentuknya bisa dalam sebuah cerita, karya seni, karya sastra, sampai kepercayaan yang dikaitkan dengan perilaku sosial dan budaya masyarakat. Percaya atau tidak, itu adalah misteri yang Nicolas Flamel tinggalkan.

Kalau kamu termasuk orang yang suka kisah misteri, Bacaterus.com punya artikel misteri lainnya yang tentunya menarik untuk dibaca. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *