Bacaterus / Mitos / Misteri Mokele Mbembe, Makhluk Aneh yang Belum Terpecahkan

Misteri Mokele Mbembe, Makhluk Aneh yang Belum Terpecahkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekelompok masyarakat yang tinggal di tempat tertentu biasanya menyimpan keunikannya sendiri yang nggak ditemukan di tempat lain. Sebut saja pola hidup, norma, bahasa sampai cerita rakyat. Kalau elemen-elemen lain bisa terlihat dengan jelas buktinya, berbeda halnya dengan cerita rakyat yang masih bisa dipertanyakan kebenarannya.

Di sebuah sungai di Congo Basin, beberapa penduduk lokal mengaku melihat sebuah makhluk aneh. Mahluk itu mempunyai bentuk seperti dinosaurus yang diyakini sudah punah jutaan tahun yang lalu. Makhluk yang masuk dalam kategori cryptid karena belum bisa dijelaskan secara ilmiah ini diberi nama Mokele Mbembe. Mari kita kupas misteri Mokele Mbembe di sini.

Bentuk Fisik Mokele Mbembe

Bentuk Fisik Mokele Mbembe

Mokele Mbembe disebut-sebut hidup di wilayah perairan Afrika Tengah. Namanya berasal dari bahasa Lingala, artinya makhluk yang menghentikan aliran sungai. Pendapat orang-orang lokal sebenarnya terpecah mengenai makhluk ini. Beberapa menganggap bahwa mahluk ini berwujud nyata, beberapa lagi menganggapnya berbentuk roh.

Deskripsi mengenai tubuh Mokele Mbembe ini ada bermacam-macam. Ada yang menyebut tubuhnya seperti gajah dengan leher yang panjang, ekor yang panjang, berkepala kecil dan tubuhnya berwarna coklat keabu-abuan mirip dengan deskripsi sauropoda yang sudah punah. Ada juga yang mendeskripsikan bentuknya seperti badak.

Ada yang menyebut di belakang kepalanya terdapat semacam jengger. Ada juga yang menyebut makhluk itu memiliki tanduk di kepalanya. Satu-satunya deskripsi yang sama bagi yang mempercayai keberadaan nyata Mokele Mbembe adalah ukurannya. Semua yang menuturkan menyatakan kalau mahluk itu sangat besar.

Mahluk cryptid itu disebut mempunyai ukuran tubuh berkisar lima sampai 10 meter. Sementara panjang lehernya sekitar 1,6 sampai 3,3 meter, begitu pun dengan ekornya. Dari deskripsi tersebut kita bisa menggambarkan bahwa makhluk itu mirip dengan jenis dinosaurus yang ukuran leher dan ekornya sama, berkaki empat dengan wajah menyerupai reptil.

Para penduduk lokal di sekitar Congo Basin menyatakan bahwa Mokele Mbembe merupakan makhluk pemakan tanaman. Ia tinggal di wilayah perairan dari mulai sungai sampai rawa-rawa. Tempat berburu kesukaannya adalah sungai, sehingga nggak aneh kalau disebut sebagai makhluk yang menghentikan aliran sungai.

Pencarian Mokele Mbembe

Pencarian Mokele Mbembe

Laporan pertama yang menyatakan pernah menemukan makhluk besar di sekitar sungai di Congo Basin terjadi pada tahun 1776. Seorang misionaris Prancis bernama Lievin-Bonaventure Proyart mengaku melihat sebuah jejak kaki yang ukurannya sangat besar. Jejak kaki itu mempunyai tiga jari dengan diameter total 99 cm.

Sayangnya dia nggak melihat makhluk apa yang meninggalkan jejak itu. Pada saat itu, dugaan awalnya adalah jejak itu merupakan jejak kaki dinosaurus. Pada tahun 1909, sebuah istilah yang mendeskripsikan keberadaan makhluk besar di Congo Basin diungkapkan otobiografi seorang pemburu asal Jerman bernama Carl Hagenbeck.

Dia menyebut mendapat dua orang saksi yang pernah menemukan makhluk aneh di daerah Rhodesia (saat ini Zimbabwe) yang disebut berbentuk setengah gajah, setengah naga. Seorang peneliti hewan dan tumbuhan bernama Joseph Menges memberitahukan hal yang sama pada Hagenbeck.

Dia juga mendengar tentang keberadaan makhluk besar di sekitar Afrika Tengah dari penduduk lokal. Hagenbeck berspekulasi bahwa mahluk itu nggak lain adalah brontosaurus, padahal makhluk itu sudah punah jutaan tahun lalu. Keberadaan makhluk aneh di Afrika Tengah sempat menarik perhatian media massa. Banyak yang percaya tapi nggak sedikit juga yang skeptis.

Seorang petualang asal Jerman pada tahun 1911 memberi laporan bahwa dia menemukan sejenis buaya di Danau Bangweulu yang diberi nama Nsanga. Namun buaya itu berbeda ketika dilihat dari kulitnya. Dia melanjutkan bahwa dia gagal memfoto hewan itu tapi dia membawa potongan kulitnya.

Laporan lain mengenai keberadaan mahluk aneh di Afrika Tengah diambil dalam buku berjudul Exotic Zoology yang dirilis pada tahun 1959 karya Willy Ley. Dalam buku itu, Ley mendapat laporan dari seorang petualang asal Jerman bernama Ludwig Freiherr von Stein. Von Stein awalnya diberi tugas untuk meneliti wilayah Afrika oleh negaranya.

Von Stein menyatakan dia mendengar cerita tentang Mokele Mbembe dari penduduk lokal dan semuanya merujuk pada mahluk yang sama. Dalam laporannya Von Stein mendeskripsikan yang dia dengar dari penduduk lokal.

Mokele Mbembe berwarna cokelat keabu-abuan. Kulitnya lembut dan tubuhnya seukuran gajah. Selain itu, makhluk itu mempunyai leher yang panjang dan lentur. Makhluk itu kabarnya pernah menyerang orang tapi nggak memakannya. Von Stein mendengar bahwa Mokele Mbembe hidup di dalam sebuah gua.

Beberapa penduduk lokal menyatakan mengetahui letak makhluk itu mencari makanan. Von Stein sempat minta diantar untuk melihat tempat itu dan di sana banyak tanaman dan buah-buahan segar. Sayangnya dia nggak bisa meneliti jejak Mokele Mbembe karena banyaknya jejak yang dihasilkan gajah dan kuda nil.

Banyak ekspedisi yang dilakukan ke wilayah Afrika Tengah untuk mencari makhluk-makhluk aneh, termasuk Mokele Mbembe. Pada tahun 2016, sekelompok pemuda asal Afrika Selatan membuat film dokumenter tentang pencarian Mokele Mbembe. Mereka menghabiskan empat pekan mewawancara berbagai penduduk lokal.

Hasilnya mereka kesulitan memberi kesimpulan adanya makhluk itu karena perbedaan kepercayaan pada penduduk lokal. Ada yang menyebut makhluk itu sebagai arwah, ada yang menyebutnya berbentuk nyata hanya saja sudah punah satu dekade yang lalu. Film dokumenter itu kemudian dijual ke Discovery Africa.

Prediksi Makhluk yang Menyerupai Mokele Mbembe

Prediksi Makhluk yang Menyerupai Mokele Mbembe

Dari berbagai kesaksian penduduk lokal dan orang-orang yang telah melakukan ekspedisi, Mokele Mbembe belum bisa disimpulkan secara pasti. Kalau mengambil pendapat bahwa makhluk itu berbentuk nyata, bukan arwah, kita bisa membuat prediksi mahluk yang menyerupai atau sebetulnya Mokele Mbembe adalah salah satu dari makhluk berikut yang salah dideskripsikan.

  • Sauropoda

Sauropoda

Mokele Mbembe mempunyai tingkat kemiripan tinggi dengan Sauropoda. Jenis dinosaurus itu diperkirakan pernah hidup di benua Afrika yang menjadi salah satu habitat dinosaurus terbesar. Hanya saja dinosaurus sudah punah jutaan tahun yang lalu, termasuk Sauropoda dan kemungkinan dia bisa menyelamatkan diri sampai abad ke-20 sangat kecil.

  • Badak

Badak

Ada kesaksian warga lokal yang menyebutkan bahwa Mokele Mbembe mempunyai tanduk di kepalanya. Binatang yang hidup di Afrika, mempunyai tanduk, dan berkepala besar adalah badak. Tanduk yang disebut-sebut itu sebenarnya adalah cula.

Pada tahun 2001, dalam sebuah seri tayangan BBC yang berjudul Congo, para penduduk lokal diwawancara tentang Mokele Mbembe. Setelah memberi tahu jawaban, mereka diperlihatkan ilustrasi mahluk-mahluk yang hidup di alam buas dan mereka menyatakan kemiripan binatang itu dengan badak.

  • Kuda Nil

Kuda Nil

Dari ciri-ciri fisik dengan yang diungkapkan orang-orang tentang Mokele Mbembe, kuda nil memang nggak punya banyak kemiripan. Namun prediksi ini muncul karena ditemukannya jejak kaki hewan misterius oleh Lievin-Bonaventure Proyart yang kemudian dianggap sebagai Mokele Mbembe. Jejak itu sangat mirip dengan jejak kaki kuda nil.

  • Gajah

Gajah

Kalau dilihat dari fisik yang biasa kita lihat, gajah nggak punya kemiripan dengan fisik Mokele Mbembe selain dalam hal ukuran yang sama-sama besar. Hanya saja, kemiripan akan terlihat kalau kita perhatikan gajah yang sedang berenang di dalam air. Belalai gajah yang panjang sangat mungkin untuk digambarkan dengan salah sebagai Mokele Mbembe.

Sampai saat ini, belum ada kepastian akan adanya makhluk bernama Mokele Mbembe. Selama itu pula Mokele Mbembe akan tetap menjadi misteri. Mungkin nanti akan ada penemuan baru, entah itu untuk membenarkan atau membantah. Menurutmu, apakah misteri Mokele Mbembe akan terpecahkan? Mari berbagi pendapat di kolom komentar! Simak juga artikel misteri Skunk Ape, makhluk dengan bau busuk yang menyengat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *