Bacaterus / Tokoh Misteri / Kisah Seram di Balik Video Youtube Mereana Mordegard Glesgorv

Kisah Seram di Balik Video Youtube Mereana Mordegard Glesgorv

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kehadiran situs Youtube memang dapat membawa hiburan tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Berbagai channel dengan jenis konten yang beragam, mulai dari musik, entertainment, berita bahkan personal lifestyle pun kerap tersedia dalam situs video nomor satu di dunia tersebut. Namun pernahkah kamu mendengar satu kisah tentang Mereana Mordegard Glesgorv?

Nah, kali ini Bacaterus akan membahas tentang kasus paling menghebohkan beberapa tahun silam yang melibatkan video dalam situs Youtube. Apa yang membuat video tersebut sangat populer? Bagi kamu yang penasaran, inilah misteri Mereana Mordegard Glesgorv, kisah seram dibalik video Youtube. Berikut adalah ulasannya:

Rumor tentang Mereana

Rumor tentang Mereana

Beberapa tahun lalu masyarakat internet digemparkan dengan kehadiran satu video yang cukup misterius dan konon bisa membahayakan orang yang menontonnya. Video ini bahkan disebut sebagai video paling mengerikan yang ada di internet selama beberapa tahun lalu. Saking menakutkan, beberapa orang bahkan tidak berani untuk mencari atau menontonnya.

Secara singkat inilah kisah yang beredar di masyarakat kala itu. Di situs Youtube ada sebuah video berjudul Mereana Mordegard Glesgorv. Menurut cerita, agar bisa melihat video menyeramkan tersebut orang-orang harus menuliskan judul tersebut setidaknya 20 kali di kolom pencarian Youtube.

Sebelum akhirnya akan muncul video berdurasi 20 detik yang menampilkan sosok seorang pria misterius dengan latar video berwarna merah darah. Wajah pria tersebut terlihat datar atau lebih tepatnya tanpa ekspresi.

Konon orang yang sudah melihat video tersebut akan segera mencungkil matanya sendiri. Oleh karena hal tersebut, pihak Youtube pun pada akhirnya menyingkirkan video aslinya yang berdurasi dua menit, setelah 153 orang korban mencungkil matanya dan mengirimnya ke kantor Youtube.

Selain itu banyak pula orang yang melakukan bunuh diri setelah melihat video mengerikan tersebut. Bahkan salah seorang staf Youtube yang pernah menyaksikan video tersebut tiba-tiba menjerit histeris saat menonton videonya pada detik ke-45  kemudian harus mendapat obat penenang karena kejadian tersebut. Saat ia ditanya apa yang terjadi? Staf tersebut tak mengingat apa yang dilihatnya.

Siapakah orang yang mengunggah video tersebut? Setelah melakukan penelusuran oleh sejumlah pihak. Orang yang mengunggah video tersebut tidak pernah ditemukan sama seperti identitas pria yang ada dalam video tersebut.

Kisah tersebut kemudian viral dan akhirnya menjadi salah satu kisah mengerikan yang berhasil menjadi momok menakutkan di internet. Namun apakah hal tersebut benar-benar terjadi? Pertanyaan itu kemudian muncul seiring banyaknya kabar simpang siur mengenai peristiwa tersebut.

Legenda Urban Internet

Legenda Urban Internet

Kisah Mereana Mordegard Glesgorv memang mampu menyita perhatian pengguna internet di seluruh dunia. Banyak orang yang akhirnya penasaran kemudian berusaha mencari tahu secara langsung kebenaran video tersebut. Beberapa bahkan menganggap bahwa cerita tersebut benar-benar terjadi sehingga memilih untuk tidak melihat videonya.

Hal tersebut memang tak lepas dari campur tangan warga internet yang ikut berperan dalam membangun opini mengenai kisah-kisah semacam ini. Kisah seperti Mereana Mordegard Glesgorv memang bukan satu-satunya yang berhasil mencuri perhatian warga internet.

Bila kamu pernah mendengar kisah Slinder Man, dimana sebuah karakter fiksi kemudian benar-benar dipercaya keberadaannya setelah foto-foto penampakannya beredar luas berkat campur tangan banyak orang yang telah melakukan proses editing serta menambahkan narasi yang cenderung dilebih-lebihkan.

Hal serupa juga terjadi di tanah air beberapa bulan ke belakang. Dimana kisah tentang mahasiswa yang sedang melakukan KKN di Desa Penari yang harus berakhir tragis di desa tersebut. Hal tersebut kemudian menimbulkan banyak spekulasi warga internet mengenai lokasi keberadaan desa penari. Mulai dengan penelusuran langsung sampai melibatkan para pakar spiritual.

Maka kisah tentang Mereana Mordegard Glesgorv adalah kisah lain yang menjadi legenda urban internet yang berhasil mencuri perhatian masyarakat berkat sebuah video berdurasi 20 detik yang tersebar luas di situs video nomor satu di dunia tersebut yaitu Youtube.

Kisah-kisah yang mengangkat misteri sebagai jalan cerita memang memiliki ruang tersendiri di masyarakat. Sehingga tak heran bila kisah seperti ini bisa sangat populer. Kesuksesan legenda urban tersebut memang bisa jadi karena kekuatan narasi yang cukup baik hingga orang susah membedakan antara cerita fiksi dan yang sesungguhnya.

Internet pun pada akhirnya seoerti dua mata koin dimana satu sisi sangat menguntungkan, namun sisi lain dapat merugikan karena internet bisa jadi media paling efektif untuk melakukan penyebaran isu-isu bertema semacam ini.

Fakta yang Sebenarnya

Fakta yang Sebenarnya

Kisah tentang video Mereana Mordegard Glesgorv memang sempat menjadi perhatian masyarakat dunia. Namun ternyata kisah tersebut pertama kali diangkat oleh sebuah situ yang berisikan kumpulan cerita-cerita fiksi bernama Creepypasta.com pada tahun 2008 silam.

Kisahnya sendiri semakin terkenal  setelah akun bernama Brokenanddrive membuat sebuah video berdurasi 20 detik yang diunggah salah situs video populer Youtube. Hal tersebut kemudian dikaitkan dengan cerita fiksi tentang Mereana Mordegard Glesgorv.

Sehingga kemudian menjadi viral berkat respon warga internet yang  membuat video serupa dengan berbagai versi yang mereka telah buat sendiri.

Sehingga akhirnya membantu kisah tentang video Mereana Mordegard Glesgorv menjadi semakin terkenal dan terus bergulir di dunia maya. Hal tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Brokenanddrive saat wawancara dengan PBS.org mengenai hal tersebut. Ia pun mengatakan:

“Selama beberapa hari pertama, aku menyaksikan dengan perasaan tidak percaya ketika jumlah orang yang melihat video tersebut terus bertambah dan bertambah. Jika ingatanku tidak salah, sepertinya pada hari kedua, video milikku kembali diunggah ke Youtube oleh seseorang.

Satu, dua, lalu empat sampai dua belas video. Hal tersebut kemudian yang telah ikut berkontribusi dalam membantu menyebarkan parodi tanpa henti.”

Pemilik akun Brokenanddrive pun menambahkan “Secara pribadi aku suka dengan video yang menunjukkan adanya sorot lampu di kepala pria tersebut yang berakhir dengan teriakan Michael Jackson. Aku telah banyak menerima beberapa email mengenai video tersebut, dan aku hanya membalas pesan mereka:

‘Tidak, bukan aku yang mengunggah video itu. Aku sungguh tidak mengerti apa yang sedang kamu bicarakan?’ Kalian tahu, aku hanya ingin membuat elemen-elemen hangat dalam sebuah kisah hantu yang akan tetap bergulir.”

Pada akhirnya Brokenanddrive menyebut bahwa kisah video yang telah dibuatnya hanya sebuah parodi yang dipercaya oleh sebagian orang. Sehingga membuat kesimpulan akhir bahwa video tersebut benar-benar tidak benar alias hoax. Mengenai foto yang dipakai dalam video pun bukannya tanpa identitas. Foto tersebut diambil dalam sebuah situs bernama cracked.com.

Keberadaan video tersebut memang telah membawa cerita menarik yang menimbulkan banyak pro dan kontra di tengah masyarakat. Meskipun demikian, sebaiknya kamu harus teliti dalam memilah informasi agar tidak termakan hoax.

Nah, itulah misteri Mereana Mordegard Glesgorv, kisah seram dibalik video Youtube. Nantikan misteri lain yang lebih menarik yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *