Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Menara Saidah, Gedung Mewah yang Angker di Jakarta

Misteri Menara Saidah, Gedung Mewah yang Angker di Jakarta

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kalau Anda sedang melewati Jalan M.T. Haryono di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, maka pemandangan sebuah gedung bertingkat dengan arsitektur khas Eropa akan nampak di mata Anda. Gedung 30 lantai tersebut terlihat megah, meskipun tidak ada aktivitas di dalam maupun di pelatarannya. Ya, gedung tersebut adalah Menara Saidah yang merupakan bekas gedung perkantoran mewah di tahun 2001.

Banyak cerita misteri Menara Saidah yang beredar di masyarakat. Konon, gedung yang hanya beroperasi selama 7 tahun ini banyak dihuni oleh mahluk astral dengan berbagai jenis. Keangkeran gedung ini juga sempat dibenarkan oleh petugas keamanan dan masyarakat sekitar. Penasaran dengan semua misteri seputar Menara Saidah? Simak beberapa kisah yang sudah dirangkum oleh Bacaterus ini.

Asal-usul Menara Saidah

Asal-usul Menara Saidah Misteri Menara Saidah

* sumber: www.skyscrapercity.com

Menara Saidah resmi dibuka pada tahun 2001. Di masa itu, gedung ini cukup mewah dan menjadi favorit. Puluhan perusahaan sempat menyewa ruangan di gedung ini. Pasalnya, Menara Saidah memang memiliki bangunan yang mewah dan berada di kawasan yang sangat strategis.

Sayangnya, pada tahun 2007 satu persatu perusahaan yang menyewa ruangan atau lantai di Menara Saidah pergi. Berbagai alasan mencuat sepeninggal perusahaan-perusahaan tersebut, mulai dari manajemen gedung yang buruk, konstruksi bangunan yang miring, sampai dengan gangguan dari mahluk halus kepada karyawan-karyawan yang bekerja di gedung ini.

Menara Saidah 2

Kisah misteri Menara Saidah seputar mahluk-mahluk halus yang mengganggu karyawan yang bekerja di dalamnya tak luput dari sejarah tanah tempat dibangunnya gedung ini. Konon, tanah tempat berdirinya Menara Saidah adalah bekas kuburan warga. Pihak kontraktor tidak memindahkan jenazah di kuburan tersebut dan nekat mendirikan gedung di atas tanah pemakaman tersebut.

Menurut warga sekitar, kengerian gedung ini sudah terasa sejak saat pembangunan. Banyak pekerja bangunan yang jatuh sakit tiba-tiba dan meninggal secara misterius. Keangkeran jadi semakin kental tatkala gedung diresmikan tanpa adanya pengajian atau doa-doa.

Lift yang berjalan lambat

Lift yang berjalan lambat

* sumber: budayacenters.blogspot.co.id

Salah satu alasan mengapa banyak perusahaan meninggalkan gedung tersebut adalah lift-nya yang berjalan lambat sehingga mobilitas karyawan jadi terganggu. Seharusnya untuk gedung baru seperti Menara Saidah tentu tidak memiliki kendala dengan lift-nya.

Beberapa paranormal yang pernah meninjau langsung ke gedung ini mengatakan bahwa sejatinya tidak ada yang salah terhadap lift di Menara Saidah karena masih tergolong baru. Yang membuat lift berjalan lambat adalah lift tersebut dihuni oleh banyak mahluk halus sehingga lift berjalan lambat. Wah, ngeri juga kalau harus naik lift dengan mahluk astral, ya?

Wanita misterius yang hilang di lantai 14

Wanita misterius yang hilang di lantai 14

*

Kisah misteri Menara Saidah sudah berlangsung sejak gedung ini masih beroperasi dan disewa oleh puluhan perusahaan. Kejadian mistis dialami oleh salah seorang petugas keamanan alias satpam yang kebetulan berjaga malam.

Kala itu, hampir sebagian besar karyawan di Menara Saidah sudah pulang. Tiba-tiba seorang wanita menghampiri pos keamanan dan berkata ingin menemui saudaranya yang bekerja di lantai 14. Akhirnya, salah seorang satpam mengantar wanita itu ke lantai 14.

Ketika naik lift, tiba-tiba lift berhenti di lantai 11. Saat pintu terbuka ruangan di depan lift nampak kosong dan gelap, tapi tidak orang yang masuk ke lift tersebut. Lift akhirnya melaju lagi ke lantai 14. Sesampainya di lantai 14, betapa kagetnya satpam tersebut karena wanita yang dari tadi berdiri di belakangnya sudah tidak ada. Padahal, saat pintu lift terbuka di lantai 11, satpam itu tidak melihat wanita itu keluar.

Kuntilanak berbaju merah

Kuntilanak berbaju merah

* sumber: budayacenters.blogspot.co.id

Keangkeran Menara Saidah memang seolah tidak ada habisnya. Setelah teror hantu yang menyamar menjadi penumpang lift, kini giliran teror dari kuntilanak berbaju merah. Sosok ini diyakini menghuni lantai 3 gedung ini. Bagi beberapa orang yang pernah masuk ke Menara Saidah dalam keadaan kosong, lantai 3 gedung ini memang memiliki aura berbeda dan hawanya lebih panas dibanding lantai lainnya.

Usut punya usut sosok kuntilanak berbaju merah yang katanya bermuka rata menghuni lantai ini. Kadang-kadang sosok kuntilanak berpakaian merah juga sering terlihat di duduk di tembok parkiran.

Ada yang mengatakan setelah melihat hantu ini, tak lama kemudian Anda akan melihat keramaian di gedung yang sudah tak berpenghuni ini. Keramaian itu nampak seperti kesibukan para karyawan kala gedung ini masih beroperasi.

Panggilan misterius dari basement

Panggilan misterius dari basement

* sumber: plus.kapanlagi.com

Mendengar berbagai cerita misteri Menara Saidah, nampaknya seluruh bagian gedung ini memang ditempati oleh mahluk astral. Tak terkecuali basement yang biasa dipergunakan untuk parkiran mobil. Sebuah kisah mistis yang terjadi di basement ini dialami oleh seorang satpam yang berjaga malam dan bermaksud untuk patroli mengecek basement.

Saat sedang berjalan menelusuri basement, satpam ini mendengar seperti ada yang memanggil dirinya. Ia pun menghampiri salah satu sudut basement, asal suara yang memanggil dirinya tersebut. Namun, ketika dilihat ternyata tidak ada siapa-siapa. Basement pun sudah kosong karena semua karyawan sudah pulang.

Yang membuat bulu kuduk merinding, ketika satpam tersebut hendak berbalik tiba-tiba ada yang mencolek pundaknya. Tidak perlu menunggu lama, satpam itu langsung mengambil langkah seribu meninggalkan basement.

Lampu yang sering menyala sendiri

Lampu yang sering menyala sendiri

* sumber: archive.itoday.co.id

Saat ini, Menara Saidah dibiarkan kosong begitu saja dan sudah tidak berpenghuni lama. Namun, menurut seorang warga yang tempat tinggalnya tidak jauh dari gedung itu, lampu di gedung masih sering menyala sendiri. Lampu di ruangan paling atas kerap kali menyala, lalu mati sendiri. Kabarnya, lampu ini mati-nyala di malam-malam tertentu saja, waktunya adalah setelah Isya.

Beberapa orang yang pernah melintas gedung ini juga mengaku sering melihat lampu di lantai-lantai gedung nampak menyala bergantian. Padahal, meskipun dijaga petugas keamanan, nampaknya petugas tersebut sudah lama tidak pernah naik ke lantai atas-atas gedung. Listrik juga selalu dipadamkan, sehingga adalah sebuah hal yang mustahil jika lampu di lantai-lantai gedung kosong ini bisa menyala sendiri.

Sampai saat ini, kabarnya Menara Saidah masih dijaga oleh beberapa petugas keamanan di pos jaga dekat pintu gerbang. Bahkan, gangguan dari mahluk astral juga masih berlangsung di malam-malam tertentu. Lift di gedung ini kerap menyala dan beroperasi sendiri. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa patung romawi yang berada di lobby gedung juga tampak bergerak sendiri.

Beberapa tahun terakhir, banyak muda-mudi yang ingin menguji nyalinya di Menara Saidah. Berbagai wisata mistis di gedung ini pun kerap kali dilakukan. Meskipun beberapa di antara mereka mengaku tidak mendapat gangguan apapun dari mahluk halus penghuni gedung ini.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menguji nyali Anda sekaligus membuktikan langsung misteri Menara Saidah?  Tak ada salahnya Anda mengajak teman atau bergabung pada komunitas wisata mistis untuk menguji nyali di gedung ini. Apalagi Menara Saidah masuk dalam salah satu tempat paling angker di Jakarta.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment