Bacaterus / Misteri Karakter / Misteri Ratu Perancis Marie Antoinette yang Mencengangkan

Misteri Ratu Perancis Marie Antoinette yang Mencengangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Siapa yang tidak mengenal sosok Marie Antoinette? Ia merupakan ratu eksentrik yang menjadi simbol kecantikan abad ke-17 dari Prancis. Wanita ini terlahir dengan nama Maria Antonia Josepha Joanna pada 2 November 1755 di Vienna, Austria. Putri ke-15 dari pasangan Ratu Austria Maria Theresa dan Kaisar Romawi Suci Franz I ini adalah sosok yang penuh kontroversi.

Kehidupannya yang dipenuhi dengan skandal membuat banyak orang penasaran tentang sosok ratu yang satu ini. Seperti apa sosok wanita yang paling dibenci oleh rakyat Prancis ini? Nah, kali ini Bacaterus akan membahas misteri kehidupan Marie Antoinette, Ratu Prancis yang terkenal suka berpesta dan berjudi. Berikut adalah bahasannya.

Awal Kekuasaan Marie Antoinette

Marie Antoinette

* sumber: commons.wikimedia.org

Terlahir sebagai putri bangsawan Austria, Marie Antoinette dididik dan dibesarkan dalam lingkungan kerajaan, di mana keagamaan dan nilai-nilai moral menjadi poin penting yang harus tertanam dalam dirinya. Marie muda adalah seorang yang cerdas meskipun dikenal sebagai anak pemberontak dan susah diatur.

Setelah perang tujuh tahun antara negara-negara Uni Eropa pada tahun 1756-1763, Ratu Maria Teresa mencoba membentuk aliansi antara Austria dan Prancis dengan menikahkan Marie Antoinette dengan Louis-Auguste, cucu Louie XV dari putranya Louis Ferdinand yang meninggal tahun 1765. Louis-Auguste sendiri menjadi pewaris tahta Kerajaan Prancis pada usia 11 tahun.

Marie Antoinette yang saat itu berusia 15 tahun melangsungkan pernikahan dengan Louis-Auguste pada 16 Mei 1770. Hingga pada tahun 1774, saat Louis XV meninggal, Louis-Auguste pun naik tahta dan mendapat gelar Louis XVI. Sementara itu, Marie Antoinette akhirnya resmi dilantik menjadi Ratu Prancis saat dirinya berusia 19 tahun.

Skandal Perselingkuhan ‘Madame Deficit’

Kehidupan Marie Antoinette

* sumber: www.marie-antoinette.org

Kehidupan Marie Antoinette dan Louis XVI memang sangat berbeda. Louis XVI dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, entah itu dengan membaca atau menempa besi. Sifatnya yang tertutup berbanding terbalik dengan Marie Antoinette yang dikenal gemar berpesta, berjudi dan membeli pakaian mahal sebagai koleksinya.

Rakyat Prancis menyebut Marie Antoinette sebagai ‘Madame Deficit‘ karena sikap boros yang dilakukannya di tengah rakyat Prancis yang sedang terpuruk. Selama beberapa tahun menikah, Marie Antoinette dan Louis VXI belum juga mendapat keturunan.

Hal itu membuat Ratu Maria Teresa gelisah, sehingga ia mengirim Joseph II, yang tak lain kakak kandung Marie sebagai penasihat pernikahan pasangan tersebut pada tahun 1777. Marie pun berhasil memiliki putri pertamanya yang diberi nama Maria Therese Charlotte setahun berikutnya.

Tahun 1980, kabar tak sedap mengenai dirinya mulai muncul. Pasalnya saat itu Marie lebih banyak menghabiskan waktu tanpa didampingi oleh Louis XVI di Petit Trianon, sebuah istana pribadi miliknya yang berada di wilayah Versailles.

Kabar mengenai perselingkuhannya dengan diplomat Swedia bernama Count Axel Von Fersen pun berembus kencang hingga membuat citranya sebagai Ratu Prancis rusak.

Kisah perselingkuhan sang ‘Madame Deficit‘ pun semakin meluas setelah selebaran berisi informasi mengenai kehidupan boros serta skandal perzinahannya dengan diplomat Swedia tersebut tersebar hampir di sepanjang jalanan kota Paris.

Misteri Kalung Berlian Marie Antoinette

Kalung Berlian Marie Antoinette

* sumber: ca.wikipedia.org

Marie Antoinette memang selalu diidentikkan dengan revolusi Prancis dan keberadaan kalung berlian termahal di dunia karya Boehmer. Misteri mengenai kalung berlian ini pun memiliki cerita yang menarik untuk dibahas. Konon, awal mula hadirnya kalung tersebut berawal dari permintaan seorang selir Louis XV yang bernama Madame Du Barry.

Louis XV yang mencintai Madame Du Barry meminta Boehmer, seorang penjual perhiasan istana untuk mencari kalung berlian termahal. Boehmer pun mulai mencari kalung yang diminta. Setelah Boehmer berhasil menemukan 600 batu berlian yang didapatnya dari seluruh daratan Eropa, ia pun merangkainya menjadi sebuah kalung.

Namun ketika rangkaian kalung tersebut selesai dibuat, Boehmer harus kecewa lantaran Louis XV telah meninggal dunia. Sementara itu, Madame Du Barry tak memiliki ketertarikan lagi terhadap perhiasan tersebut. Setelah Marie Antoinette diangkat menjadi ratu Prancis, Boehmer berusaha menjualnya pada sang ratu.

Namun dengan alasan bentuknya yang kuno, Marie menolak untuk membeli. Berbagai cara pun dilakukan Boehmer agar kalung berlian itu terjual. Sayangnya hal tersebut tak pernah berhasil hingga munculnya seorang pembeli bernama De Rohan, yang merupakan utusan Raja Prancis sekaligus Kardinal Berjubah Merah.

De Rohan yang sedang berusaha menarik hati Marie Antoinette harus terjebak dalam permainan wanita bernama Jeanne De La Motte, keluarga kerajaan Valois yang bersuamikan komandan biasa. Jeanne yang mengaku memiliki hubungan dekat dengan Marie berusaha membantu De Rohan untuk mencapai tujuannya.

Setelah berhasil membuat surat palsu atas nama Marie yang isinya sebuah permintaan sebuah kalung termahal Boehmer, De Rohan pun segera melaksanakan permintaan tersebut dengan membeli kalung Boehmer dan memberikannya pada Marie Antoinette melalui Jeanne.

Jeanne yang berhasil mengelabui De Rohan segera mengirim berlian tersebut pada suaminya dan menjualnya. Kehidupan Jeanne pun berubah. Di sisi lain, De Rohan yang merasa heran dengan Marie mulai menanyakan keberadaan kalung yang ia berikan.

Marie yang tersinggung dan merasa terhina meminta pihak kerajaan untuk mengusut kasus tersebut. Setelah melakukan penyelidikan, Jeanne pun dinyatakan bersalah dan dikurung dalam penjara.

Sementara itu, penduduk Prancis yang tidak suka atas ditahannya Jeanne De La Motte menganggap apa yang terjadi pada De La Motte adalah cara kerajaan menjadikannya sebagai kambing hitam atas kebobrokan Ratu Marie Antoinette yang menghaburkan uang untuk sebuah kalung.

Pada tahun 1789, rakyat menyerang kerajaan dan menuntut Louis XVI dan Marie Antoinette agar dipenjara. Kejadian tersebut telah merenggut banyak korban. Keluarga kerajaan yang tidak berhasil melarikan diri akhirnya ditangkap dan diadili. Pada tahun 1793 keduanya dieksekusi dengan guillotine.

Jeanne De La Motte ditemukan bunuh diri dua tahun sebelum Marie Antoinette dihukum mati. Meskipun demikian, apa yang terjadi pada Marie Antoinette masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebagian pihak menyatakan bahwa Marie mendapat tuduhan tanpa bukti. Ia harus mendapatkan hukuman tanpa sempat melakukan pembelaan.

Hilangnya Sang Putra Mahkota

Putra Mahkota

* sumber: id.wikipedia.org

Setelah Louis XVI dan Marie Antoinette tewas pada tahun 1793, Louis Charles atau Louis XVII yang masih berusia 10 tahun dipisahkan dalam penjara yang berbeda. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah pembebasan dari pendukung kerajaan. Louis XVII sendiri dipercaya meninggal karena penyakit tuberkulosis yang dideritanya.

Sesuai tradisi kerajaan, jantungnya pun dikeluarkan dan diawetkan. Sementara itu, tubuhnya dimakamkan di pemakaman umum. Setelah kematiannya tersiar kabar yang mengatakan bahwa tubuh anak yang ditemukan di penjara tersebut bukanlah Louis XVII.

Beberapa tahun kemudian muncul nama-nama terkenal seperti John James Audubon, Eleazer Williams dari Amerika dan Karl Wilhelm Naundorf dari Jerman mengaku sebagai pangeran Louis XVII. Kisah tentang pangeran Louis XVI pun sepertinya akan tetap menjadi misteri yang akan selalu dikenang sebagai bagian dari Revolusi Prancis.

Penampakan di Kastil Versailles

Kastil Versailles

* sumber: www.wikipedia.org

Kastil Versailles merupakan simbol kekuasaan kerajaan Prancis yang berdiri megah hingga saat ini. Kastil ini dibangun pada tahun 1624 sebagai tempat peristirahatan raja beserta rombongan seusai berburu.

Pada tahun 1661, ketika Raja Louis XIV naik tahta, Kastil Versailles dijadikan tempat tinggal resmi raja-raja Prancis. Pada masa kepemimpinan Marie Antoinette, kastil itu berubah semakin megah di tengah penderitaan rakyat Prancis.

Setelah berabad-abad ditinggalkan oleh sang empunya, Kastil Versailles ternyata menyimpan cerita yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Konon, di beberapa bagian kastil yang masih berdiri hingga saat ini sering terdengar suara-suara senandung Marie. Selain itu, di Lorong Chateau de Versailles sering terlihat penampakan hantu perempuan tanpa kepala. Meskipun demikian, cerita-cerita menyeramkan ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

Nah, itulah beberapa misteri Marie Antoinette yang menarik untuk diketahui. Bacaterus memiliki kumpulan misteri lainnya yang tak kalah menarik yang bisa kamu dapatkan di sini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *