Bacaterus / Misteri Jawa Tengah / Misteri Lawang Sewu yang Buat Anda Takut untuk ke Sana

Misteri Lawang Sewu yang Buat Anda Takut untuk ke Sana

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai landmark Kota Semarang, Lawang Sewu dianggap sebagai bangunan bersejarah yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Kota Semarang atau wisatawan. Bangunan ini masih nampak sangat megah dan terawat. Akan tetapi, di balik kemegahan Lawang Sewu ternyata ada beberapa kisah mistis yang menaungi gedung ini. Bahkan, hal tersebut membuat Lawang Sewu masuk dalam daftar tempat angker di Indonesia.

Penasaran dengan misteri Lawang Sewu yang mungkin belum semua Anda ketahui? Bacaterus akan membahas sejarah dan cerita misteri seputar Lawang Sewu (artinya: Seribu Pintu) secara lengkap di sini.

Sejarah Singkat Lawang Sewu

Misteri Lawang Sewu

Gedung bersejarah yang jadi kebanggaan masyarakat Semarang ini mulai dibangun pada tahun 1904 dan rampung di tahun 1907. Dahulu, Lawang Sewu adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappi, yakni kereta api milik Belanda yang beroperasi di Semarang. Lawang Sewu terdiri dari 4 gedung, yakni Gedung A, B, C, dan D.

Gedung yang mengusung arsitektur Eropa ini dinamakan Lawang Sewu yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah Lawang Sewu. Pasalnya, bangunan ini mempunyai begitu banyak jendela tinggi yang menyerupai pintu.

Lawang Sewu Malam Hari

Namun, pada tahun 1942, Jepang masuk ke Indonesia dan menduduki beberapa kota, salah satunya Semarang. Jepang mengambil alih Lawang Sewu dari Belanda dan tidak segan menjadikan tentara Belanda sebagai tawanan. Ruang bawah tanah di Gedung B dijadikan sebagai penjara bagi pasukan Belanda dan Indonesia. Bahkan, banyak korban jiwa di penjara ini karena tempatnya terlalu sempit dan jumlah tawananannya pun sangat banyak.

Sejak dijadikan sebagai penjara yang memakan banyak korban jiwa, misteri Lawang Sewu dimulai. Meskipun saat ini Lawang Sewu masih tetap dioperasikan sebagai bangunan bersejarah milik PT Kereta Api Persero dan dibuka untuk masyarakat umum, tetapi kesan angker dan beberapa ceritas mistis di Lawang Sewu masih cukup santer terdengar.

Cerita Misteri Lawang Sewu

Sebagai gedung bekas penjara yang memakan banyak korban jiwa, tak heran jika Lawang Sewu dikenal sebagai tempat yang angker di Semarang. Berbagai hal gaib yang dialami oleh pengunjung maupun penjaga membuat misteri Lawang Sewu ini jadi terkesan menakutkan. Sebelum berkunjung ke Lawang Sewu, simak beberapa cerita misteri yang beredar di gedung yang terletak di Jalan Pemuda ini.

1. Hantu wanita berambut panjang

Masih ingat dengan acara misteri Dunia Lain? Jika Anda ingat, acara ini pernah menampilkan sesi uji nyali di salah satu basement Lawang Sewu. Nampak seorang pemuda yang menjadi peserta uji nyali duduk di salah satu batu yang tersedia di sana sambil memegang tasbih sambil membaca doa.

Setelah 1 jam beruji nyali, terdengar suara tertawa wanita dan tiba-tiba si pemuda tadi melambaikan tangan ke kamera. Penampakan hantu wanita berambut panjang yang berdiri di dekat pintu berhasil tertangkap kamera. Sementara itu, setelah tim Dunia Lain berhasil menyalakan lampu dan menghampiri peserta, maka penampakan tersebut hilang secara perlahan.

Menurut pengakuan dari beberapa saksi, hantu wanita ini memang sering menampakkan diri di lorong-lorong ruang bawah tanah. Bahkan, tatapan mata hantu ini sangat kosong sehingga mampu membuat Anda lari tunggang langgang.

2. Hantu bawah tanah

Hantu bawah tanah

Cerita misteri Lawang Sewu yang satu ini agak sedikit ekstrem. Sewaktu ketika ada penjaga gedung Lawang Sewu yang mengungkapkan pengalaman supranaturalnya di bunker Lawang Sewu. Menurutnya, ketika ia berjongkok dan berdiam di lorong, ia melihat sosok yang menyerupai bayangan, tapi matanya bersinar hijau. Sosok ini nampak seperti merangkak di langit-langit sambil menatap kita. Beranikah Anda membalas tatapan sosok gaib ini?

3. Ada yang memperhatikanmu di ruang penyiksaan

Ada yang memperhatikanmu di ruang penyiksaan

Lawang Sewu memang memiliki 2 spot angker yang terkenal, yakni penjara berdiri dan penjara jongkok yang keduanya sama-sama berada di ruang bawah tanah. Akan tetapi, masih ada satu spot lagi yang dianggap angker, yakni di ruang penyiksaan yang terletak di lantai 3.

Konon, ruangan ini menjadi tempat bagi tentara Jepang yang menyiksa dan menghabisi tawanannya. Alat pemasungan tawanan pun masih terlihat di dalam ruangan ini. Apabila Anda mencoba masuk ke ruang penyiksaan pada malam hari, Anda akan mendengar suara-suara jeritan seperti orang yang disiksa. Selain itu, Anda akan merasa seperti terus diperhatikan oleh sosok yang tak kasat mata.

4. Teriakan misterius di sumur

Teriakan misterius di sumur

Ketika Anda berkunjung ke Lawang Sewu, Anda akan melihat semua bangunan kecil yang nampak seperti rumah. Jika Anda bertanya kepada penjaga atau pemandu wisata Anda, mereka akan menjawab bahwa itu merupakan sumur yang memang tidak dibuka untuk umum.

Misteri Lawang Sewu pada bagian sumurnya ini cukup bisa membuat Anda merinding ketakutan. Pasalnya, di malam-malam tertentu sering terdengar teriakan kesakitan, ketakutan, dan tangisan dari arwah tentara Belanda. Konon, sumur tua ini menjadi tempat tentara Jepang mengeksekusi tentara Belanda dengan menyembelihnya. Arwah-arwah ini masih bergentayangan karena meninggal dengan cara yang tidak tenang.

5. Penampakan pada ruang utama

Penampakan pada ruang utama

Misteri Lawang Sewu memang seolah tidak ada habisnya. Setelah berbagai penampakan mahluk astral di penjara, kini ada juga penampakan yang muncul di ruang utama bangunan ini. Penampakan yang pertama berupa tangan hitam dan besar yang menutupi jendela.

Kemudian, ada juga penampakan pocong di salah satu sudut ruangan. Jika Anda memandangnya lebih lama, Anda akan mengetahui bahwa wajah pocong ini rusak parah. Yang terakhir, pernah ada yang melihat penampakan berupa bayangan putih yang berlari menembus tembok ruang utama ini. Berani berkunjung ke ruang utama Lawang Sewu ini seorang diri?

6. Serdadu Belanda di pintu depan

Serdadu Belanda di pintu depan

Penampakan mahluk astral yang paling sering dilihat oleh penjaga bangunan ini saat larut malam adalah serdadu Belanda yang nampak seperti berjaga di pintu depan sebelah barat dan timur.

Serdadu berwajah pucat ini juga membawa senjata laras panjang dan nampak seperti sedang bertugas. Kemunculan arwah para serdadu Belanda ini biasanya ditandai dengan angin kencang dan bau kemenyan yang sesaat kemudian berubah menjadi bau anyir darah.

7. Penampakan dan jeritan Noni Belanda

Penampakan dan jeritan Noni Belanda

Sama seperti bangunan peninggalan jaman Belanda lainnya, hantu Noni Belanda juga sering terlihat di sini. Bahkan, meskipun tidak terlihat penampakannya, terkadang penjaga malam gedung ini sering mendengar jeritan ketakutan Noni Belanda tersebut. Jeritan tersebut disinyalir karena residual energi di mana dahulu sosok noni ini melihat langsung pembantaian sadis yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsanya.

10 misteri Lawang Sewu ini benar-benar akan membuat Anda takut untuk berkunjung ke sana, bukan? Anda tak perlu takut untuk berkunjung ke Lawang Sewu selama Anda berusaha menjaga sikap, perilaku, dan ucapan ketika berada di sana. Jangan lupa untuk tetap membaca doa ketika Anda hendak memasuki gedung Lawang Sewu ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *