bacaterus web banner retina

Misteri Kuyang, Sosok Hantu Seram Pemburu Darah Bayi

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 25 Desember 2020

Kuyang adalah salah satu jenis hantu atau siluman yang cukup populer di Indonesia. Kuyang kerap dianggap sebagai mahkluk yang kerap melakukan teror oleh sebagian besar masyarakat. Bagi mereka yang tumbuh besar bersama cerita-cerita folklor nusantara, maka sudah pasti tidak asing dengan sosok ini.

Kuyang sendiri digambarkan sebagai makhluk yang tidak memiliki perwujudan sempurna, atau lebih tepatnya tidak memiliki tubuh yang utuh. Meskipun disebut sebagai makhluk yang mengerikan, namun sampai sejauh ini keberadaanya sendiri masih tetap menjadi misteri dan menarik untuk ditelusuri.

Nah, karena kita akan membahas mengenai salah satu legenda menakutkan dari tanah air. Sebaiknya kamu menyimak artikel yang akan Bacaterus bahas di bawah agar kamu mengetahui tentang sosok menakutkan yang konon keberadaannya dipercaya oleh sebagian besar masyarakat yang ada di beberapa wilayah di tanah air. Seperti apakah itu? Berikut adalah penjelasanya.

Hantu Legenda yang Menjadi Teror

Hantu Legenda yang Menjadi Teror

* sumber: hot.liputan6.com

Beberapa tahun ke belakang tanah air  memang sempat dihebohkan dengan isu kemunculan Kuyang. Kemunculan makhluk yang dianggap sebagai pembawa teror tersebut memang cukup menjadi perhatian masyarakat tanah air. Selain meresahkan, makhluk tersebut juga membawa ketakutan tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang ada di Kalimantan dan daerah sekitarnya.

Hal tersebut dinilai cukup wajar mengingat Kuyang sendiri dideskripsikan sebagai makhluk halus berbentuk kepala manusia tanpa anggota tubuh yang memiliki kemampuan untuk terbang. Kuyang sendiri biasanya berwujud kepala laki-laki atau perempuan berambut panjang dengan organ bagian dalam terburai dan dipenuhi dengan darah.

Makhluk tersebut memiliki mata merah menyala dengan gigi taring yang panjang. Kuyang  dianggap sebagai pembawa bahaya bagi masyarakat dan hewan ternak. Nah, di Kalimantan, Kuyang terdiri dari berbagai macam mulai dari Kuyang hutan, Kuyang yang sengaja di pelihara oleh manusia untuk mencelakakan orang lain, dan Kuyang yang berasal dari manusia yang mempraktekkan ilmu hitam.

Makhluk tersebut biasanya muncul pada malam hari untuk mencari mangsanya. Hal tersebut dilakukan untuk menyempurnakan ilmu yang dimilikinya.

Asal Usul Hantu Kuyang

Asal Usul Hantu Kuyang

* sumber: semarangku.pikiran-rakyat.com

Asal usul Kuyang sendiri memang memiliki banyak versi. Namun, beberapa masyarakat, khususnya yang ada di Kalimantan percaya bahwa Kuyang adalah jelmaan manusia yang mengamalkan ilmu hitam untuk suatu tujuan. Konon untuk menyempurnakan ilmu yang dimilikinya tersebut. Mereka harus memakan korban berupa hewan ternak atau manusia.

Hal tersebut merupakan bentuk perjanjian yang dilakukan manusia dengan iblis. Sementara sebagian masyarakat yang lain percaya bahwa hal tersebut adalah ulah setan dan jin yang menjelma menjadi makhluk tersebut untuk mengganggu keimanan manusia.

Di Indonesia sendiri praktek ilmu hitam semacam ini memang bukan hal yang baru. Seperti yang kita ketahui sebagian dari masyarakat masih melakukan ritual-ritual tersebut untuk mencapai ambisi hidupnya.

Masyarakat tanah air mengenal aktivitas tersebut dengan praktek pesugihan. Dimana para pelaku biasanya dituntut untuk menumbalkan korban agar segala tujuan bisa tercapai seperti mendapatkan harta kekayaan, kekuasaan, atau kecantikan dan ketampanan.

Dalam agama sendiri praktek seperti ini memang tidak dianjurkan karena menyimpang dari ajaran ketuhanan. Meskipun demikian, pada kenyataannya praktek yang telah dilakukan selama ratusan tahun silam ini memang masih sering dilakukan oleh masyarakat dari berbagai golongan.

Baca juga: 10 Hantu Paling Menyeramkan yang Ada di Pulau Kalimantan

Memburu Ibu Hamil dan Janin

Memburu Ibu Hamil dan Janin

* sumber: covesia.com

Kabar kemunculan Kuyang memang bagaikan sebuah ancaman bagi masyarakat. Selain menimbulkan kekhawatiran bagi keluarga, tak sedikit pula masyarakat yang harus menyimpan ketakutan akan kehilangan hewan ternak yang dimilikinya.

Masyarakat Kalimantan sendiri percaya bahwa Kuyang kerap memburu ibu hamil atau wanita yang baru melahirkan yang memiliki janin untuk dihisap darahnya. Konon, pada siang hari wanita Kuyang sering mengenakan gaun hitam atau daster untuk menutupi identitasnya tersebut.

Ketika mereka menemukan calon korbannya, mereka akan berubah dan mulai memburu mangsanya pada malam hari. Sosok Kuyang sendiri memang tidak selalu wanita. Masyarakat Kalimantan sendiri percaya adanya sosok Kuyang berkepala pria. Mereka biasa menyebut dengan Kuyang Soya, yaitu Kuyang yang kerap memangsa binatang ternak.

Keberadaan Kuyang sendiri memang bisa sangat membahayakan karena dapat merenggut nyawa calon korbannya yang sebagian besar wanita hamil dan bayi yang tidak berdosa. Masyarakat sendiri memiliki cara tersendiri untuk melindungi diri mereka dari serangan makhluk tersebut.

Selain membersihkan darah bekas melahirkan, masyarakat juga kerap menyimpan sapu ijuk untuk mengantisipasi kedatangan makhluk tersebut ke tempat mereka. Konon, Kuyang memang sangat takut pada sapu ijuk. Selain itu mereka juga dipercaya tidak sukanya mendengar suara perkasa atau alat-alat dapur yang sengaja dibunyikan seperti suara panci yang beradu.

Sementara beberapa masyarakat percaya bahwa Kuyang tidak menyukai aroma bau tertentu seperti bawang merah yang dibakar. Konon, aroma yang menyengat sangat tidak disukai oleh makhluk penghisap darah tersebut.

Meskipun hal tersebut belum tentu kebenarannya dan masih menjadi pertanyaan, namun tak sedikit juga masyarakat yang melakukan hal tersebut. Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah hal tersebut cukup efektif untuk mengusir Kuyang? Tulis komentar di bawah, ya!

Kuyang di Berbagai Daerah

Kuyang di Berbagai Daerah

* sumber: humanlife.asia

Selain di Kalimantan, makhluk seperti Kuyang juga ternyata hidup di beberapa daerah lain yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Palasik dari Minangkabau dan Leak dari Bali. Hampir sama dengan Kuyang, Palasik sendiri adalah makhluk yang cukup ditakuti oleh masyarakat Minangkabau, terutama ibu-ibu yang memiliki balita.

Konon Palasik sendiri akan memburu bayi, baik itu masih di dalam kandungan atau pun sudah meninggal dan kuburkan. Palasik sendiri merupakan ilmu tingkat tinggi yang dipercaya sebagai ilmu turun-temurun yang diwariskan oleh leluhur para penganutnya.

Sementara Leak dari Bali adalah seseorang yang dipercaya sebagai orang yang mempraktekkan ilmu sihir jahat. Leak biasanya memburu wanita hamil untuk dihisap janin yang ada dalam perutnya untuk bisa bertahan hidup. Konon, Leak sendiri dipercaya mampu berubah wujud menjadi binatang dan bola api.

Nah, selain kedua wilayah yang ada di tanah air tersebut, di beberapa negara seperti Jepang dan Thailand pun memiliki makhluk serupa yang masing-masing bernama Nukekubi dam Krasue. Semuanya makhluk tersebut memang dikenal memiliki karakter yang hampir mirip dengan Kuyang.

Meskipun makhluk-makhluk tersebut memiliki versi cerita yang berbeda satu sama lain, namun pada dasarnya makhluk-makhluk tersebut memang dikenal jahat dan kerap menebar teror bagi masyarakat.

Nah, itulah misteri Kuyang, hantu kepala pemburu darah bayi yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Meskipun cukup  menyeramkan, namun bukan berarti kita harus hidup dalam ketakutan mengingat kita masih memiliki Tuhan yang memiliki kekuatan yang jauh lebih besar.

So, bagaimana menurutmu? Apakah keberadaan Kuyang itu memang benar adanya? Biar kita tahu. Tulis pendapat kamu di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram