Bacaterus / Misteri Jogja / Tak Hanya Indah, Ini 9 Misteri di Balik Keraton Yogyakarta

Tak Hanya Indah, Ini 9 Misteri di Balik Keraton Yogyakarta

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika mendengar kata Provinsi Yogyakarta, Keraton Kesultanan Yogyakarta tentu saja menjadi objek wisata yang terpikirkan dalam benak para wisatawan. Tempat wisata yang terletak di pusat kota ini menjadi salah satu objek unggulan untuk menarik perhatian wisatawan. Terlepas dari kemegahan yang indah, Kraton Yogyakarta ini juga memiliki banyak cerita sejarah yang tak kalah menarik untuk dipelajari.

Salah satu sejarah yang biasa diperbincangkan oleh banyak orang ialah misteri yang sering beredar tentang Keraton Yogyakarta. Bacaterus telah merangkum cerita dan sejarah di balik misteri Keraton Yogyakarta. Simak di bawah ini!

1. Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul

* sumber: img.antvklik.com

Banyak hal mistis yang kerap kali dikaitkan antara ratu penunggu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul dengan Keraton Kesultanan Yogyakarta. Mitos yang beredar di masyarakat pun menceritakan bahwa dulu konon para Sultan Yogya sering berinteraksi langsung dengan Nyi Roro Kidul.

Mitos ini banyak dibenarkan karena adanya sebuah sumur di sebelah barat Keraton, tepatnya pada komplek Taman Sari yang diberi nama Sumur Gumuling. Sumur ini diyakini banyak penduduk sana sebagai tempat bertemunya Sultan Keraton dengan Nyi Roro Kidul.

2. Kereta Kencana Keraton Yogyakarta

Kereta Kencana Keraton Yogyakarta

* sumber: img.antvklik.com

Museum kereta keraton di Yogyakarta menyimpan banyak kereta kencana yang antik lagi kuno. Salah satu koleksi kereta kencana di museum ini dikenal mempunyai kisah misteri. Kereta tersebut dinamai kereta kencana nyai jimat yang paling dihormati sejak 1750.

Mitos yang legendaris dari kereta ini ialah penampakan dari Nyai Roro Kidul. Beberapa pengunjung yang singgah dan berkunjung ke museum ini mengaku pernah melihat sosok sang Ratu duduk di dalam kereta kencana ini. Entah benar adanya, apakah kamu pernah melihatnya juga?

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi

* sumber: cdn2.tstatic.net

Bukan hal mudah untuk dilupakan, pada tahun 2013 melukis sejarah bagi Gunung Merapi. Saat itu Gunung Merapi meletus hebat dan membawa cerita duku bagi warga Yogyakarta. Ternyata hal ini juga tidak luput dalam kaitan dengan keraton. Hal ini dikarenakan dari dahulu hingga kini sultan Keraton Yogya selalu memilih juru kunci untuk Gunung Merapi.

Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat dan para pengikut setia keraton, Gunung Merapi dipercaya jadi pusat berkumpulnya mahluk halus yang selalu menjaga Keraton Yogyakarta. Hal ini  diperkuat dengan upacara adat Yogyakarta, Labuhan Merapi, yang selalu memberi seserahan untuk menghormati penjaga dari Gunung Merapi tersebut.

4. Ngerayah Gunungan

Ngerayah Gunungan

* sumber: media.suara.com

Ngerayah Gunungan merupakan bagian dari tradisi yang dilakukan Keraton Yogyakarta untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam acara Grebeg Mulud. Kata ‘ngerayah’ sendiri memiliki arti rebutan yang berarti para warga sekitar berebut mengambil barang-barang yang ada.

Mitos di Grebeg Mulud ini dipercaya warga sekitar, yaitu bagi siapa pun yang dapat mengambil barang-barang dari gunungan berarti sebuah tanda baik. Dalam artian barang-barang yang didapat langsung dari gunungan mempunyai banyak berkah bagi siapa saja yang mengambilnya.

5. Pohon Beringin Kembar Keraton

Pohon Beringin Kembar Keraton

* sumber: www.ceritamistis.com

Pohon beringin kembar yang sudah tumbuh ratusan tahun di alun alun selatan komplek Keraton Yogya. Mempunyai umur yang sangat lama, tentunya pohon beringin kembar mempunyai cerita misteri sendiri.

Salah satu mitos yang hangat dibicarakan dan dipercaya sebagian kalangan, ialah jika seseorang mampu melewati jalan di antara beringin kembar dengan mata tertutup, maka apa yang diinginkan akan terkabul dalam waktu dekat.

Mitos ini juga menjadi salah satu daya tarik dari pohon beringin kembar. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin mencoba membuktikan mitos tersebut. Apakah kamu salah satunya?

6. Abdi Dalem

 

Abdi Dalem merupakan orang yang setia mengabdi pada keraton dan juga keluarga Sultan. Meski tidak digaji besar, para Abdi Dalem ini merupakan pengawal dan pesuruh yang paling setia. Hal ini dikarenakan dari dulu, para Abdi Dalem ini diajarkan bahwa materi bukanlah hal yang penting dibanding kesetiaan mereka terhadap keraton dan keluarga Sultan.

Konon katanya Abdi Dalem ini memiliki hati yang teramat bersih dan terjaga. Mereka merupakan orang pilihan Sultan yang dikehendaki mampu membantu dan mempermudah pekerjaan Sultan dalam menjalankan kerajaan.

Dianggap mempunyai kesucian yang terbilang tinggi, sehingga banyak mitos yang beredar bahwa para Abdi Dalem memiliki kekuatan yang tidak dimiliki manusia pada umumnya.

7. Masangin

Masangin

* sumber: cdn2.tstatic.net

Masangin merupakan upacara adat kuno di mana biasa dilaksanakan pada ritual Topo Bisu. Pada upacara ini para prajurit dan Abdi Dalem mengelilingi benteng dan tidak boleh mengucap 1 kata pun. Dengan berbekal persyaratan memakai pakaian lengkap adat jawa, mereka berjalan kecil dari halaman Keraton menuju pelataran alun-alun melewati kedua pohon beringin.

Mitos yang beredar bahwa upacara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk memohon dan meminta perlindungan dari banyak serangan musuh.

8. Penunggu Bringin Kembar

Penunggu Bringin Kembar

* sumber: masshar2000.files.wordpress.com

Di samping mitos yang banyak tersebar mengenai siapa yang bisa melewati bringin ini, ada juga beberapa orang yang dapat melihat kejadian aneh di salah satu pohon tersebut. Banyak dugaan dari para wisatawan jika mereka berjalan dengan menutup mata dan mereka tidak memiliki hati yang bersih, penunggu dari beringin ini akan menuntun kamu menjauh dari jalan di antara dua pohon beringin tersebut.

Beberapa pengunjung pun pernah mengalami hal mistis, seperti melihat sosok gadis remaja dengan gaun putih yang sedang bermain ayunan di pohon beringin sebelah barat. Ada pula dari wisatawan yang bisa berkomunikasi dengan gadis remaja tersebut.

Bahwa konon katanya gadis ini dulu sering bermain di pekarangan pohon beringin kembar tersebut. Namun, dirinya meninggal di usia muda lantaran penyakit yang dideritanya.

9. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

* sumber: www.ceritamistis.com

Tugu yang satu ini merupakan tempat yang sangat dikenal para wisatawan. Ya, bagaimana tidak karena tugu ini merupakan salah satu ikon dari kota Yogyakarta. Tugu yang diberi nama Tugu Putih Yogyakarta ini ternyata masih ada kaitannya dengan Keraton Yogyakarta. Secara geografis Tugu Putih ini dibangun sebagai acuan bahwa letak Gunung Merapi,  Keraton Yogyakarta, dan Laut Pantai Selatan terletak pada garis yang sama.

Jika ditarik sebuah garis lurus, posisi Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan Laut Pantai Selatan adalah segaris. Hal ini merupakan simbol pengharapan Sultan dari masing masing maknanya. Gunung Merapi melambangkan api, yaitu hubungan manusia dengan sang pencipta. Laut Selatan melambangkan air, yang diartikan dengan hubungan manusia dengan manusia. Posisi Keraton Kesultanan Yogyakarta yang terletak di tengah untuk menjaga keharmonisan alam.

Itulah tadi beberapa mitos yang banyak dibicarakan oleh warga maupun para wisatawan. Tentu banyak dari mereka yang memang merasakan misteri dari mitos yang berada di lingkungan Keraton Yogyakarta.

Terlepas dari mitos, percaya atau tidak tentu setiap tempat mempunyai misterinya sendiri. Kita hanya perlu menghargai dan menghormati. Kalau kamu bagaimana? Apakah pernah merasakan mitos yang sering terjadi di sekitaran Keraton Yogya? Ceritakan di kolom komentar ya!

Jangan lupa untuk turut membaca artikel tempat angker di Jogja ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *