Bacaterus / Misteri Pakuan / Misteri yang Tersimpan di Balik Luasnya Kebun Raya Bogor

Misteri yang Tersimpan di Balik Luasnya Kebun Raya Bogor

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Kebun Raya Bogor sepertinya sudah pernah didengar oleh hampir semua rakyat Indonesia. Sebagai tempat wisata dengan luas mencapai 87 ha, Kebun Raya Bogor menyajikan banyak pilihan bagi yang ingin mengunjunginya. Dari mulai  melihat keindahan alam sampai sisa peninggalan sejarah tersaji di sana, tinggal yang mana yang ingin kita pilih.

Terlepas dari berbagai keindahan dan peninggalan untuk melihat sejarah di masa lalu, Kebun Raya Bogor juga menyimpan banyak misteri. Dengan banyaknya wilayah yang berupa hutan dan tempat-tempat yang nggak ditinggali penduduk, kesan misteri di beberapa titik di wilayah Kebun Raya Bogor nggak bisa dihindari. Apa saja misteri di Kebun Raya Bogor? Yuk, kita bahas lebih jauh.

Pohon Pengikat Tali Jodoh

Pohon Pengikat Tali Jodoh

*

Kebun Raya Bogor bisa menjadi destinasi menarik bagi semua kalangan. Banyaknya lokasi yang bisa dikunjungi menjadi salah satu alasannya. Bisa berangkat bersama keluarga, teman bahkan pasangan. Menyenangkan bukan bisa berlibur sejenak ke tempat yang bisa menyegarkan pikiran kita dengan pemandangan alam yang hijau tapi lokasinya nggak terlalu jauh dari kota?

Bagi yang pergi ke Kebun Raya Bogor bersama pasangan, salah satu tujuan yang paling terkenal untuk dikunjungi adalah pohon pengikat tali jodoh. Di antara dua pohon besar yang berdiri dan usianya sudah ratusan tahun ada sebuah bangku yang terbuat dari kayu.

Mitosnya, kalau ada sepasang kekasih duduk di bangku tersebut maka hubungan mereka akan melangkah jauh bahkan bisa sampai ke pelaminan. Filosofinya yaitu kedua orang itu akan tumbuh bersama-sama dalam waktu yang lama seperti dua pohon yang berada di belakang bangku. Misteri yang nggak bisa dibuktikan secara sains tetapi diyakini kebenarannya oleh sebagian orang.

Jembatan Merah

Jembatan Merah

* sumber: i.pinimg.com

Dengan lokasi yang luas, Kebun Raya Bogor dahulu kala memerlukan sebuah jembatan untuk menghubungkan dua lokasi yang terpisah. Pembangunan jembatan itu dilakukan ketika Kebun Raya Bogor melakukan renovasi dan ekspansi. Akhirnya dibangunlah jembatan yang panjangnya antara 25 sampai 30 meter dengan warna merah terang, oleh karena itu diberi nama jembatan merah.

Dari bentuknya nggak ada yang terlalu spesial karena hanya rangka bergantungan dengan kawat tebal. Jembatan merah mempunyai mitos tersendiri. Uniknya mitosnya berkebalikan dengan pohon pengikat tali jodoh. Jembatan merah justru dihindari oleh pengunjung yang datang bersama pasangannya.

Konon, kalau ada sepasang kekasih berjalan melewati jembatan ini maka hubungan mereka nggak akan berlangsung lama. Belum ada yang tahu asal mitos itu, tapi berdasarkan keterangan di sungai di bawah jembatan itu sering ditemukan mayat pejuang ketika zaman penjajahan Belanda.

Kompleks Pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam

Kompleks Pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam

* sumber: pbs.twimg.com

Selain menjadi tempat wisata, di Kebun Raya Bogor juga terdapat kompleks pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam. Beliau adalah istri dari Prabu Siliwangi. Bagi yang belum tahu, Prabu Siliwangi adalah penguasa Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh yang terkenal mahir dalam berperang dan menguasai ilmu senjata.

Kompleks pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam di Kebun Raya Bogor dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang di atasnya. Kompleks itu terlihat teduh bahkan di siang yang begitu terik, tapi juga ada kesan gelap. Selain itu, di sekitar kompleks juga nggak banyak suara yang bisa didengar sehingga terdengar begitu sunyi.

Ketika malam hari, banyak yang nggak mau melewati wilayah itu, termasuk para penjaga malam. Konon pernah ada yang melihat sosok harimau di kompleks pemakaman. Harimau itu diyakini sebagai perwujudan suami Ratu Galuh Mangku Alam yaitu Prabu Siliwangi.

Danau Gunting

Danau Gunting

* sumber: raun2nomaden.files.wordpress.com

Danau Gunting merupakan salah satu tempat paling disukai oleh para pengunjung Kebun Raya Bogor. Di sana kita bisa duduk di rumput melihat ke danau, bunga teratai tumbuh terapung di atas air serta pepohonan lebat mengelilingi danau. Nggak heran kalau di sana banyak pengunjung yang berfoto mengabadikan momen.

Pada akhir pekan, tempat ini akan sangat ramai oleh pengunjung. Namun sangat jarang yang berani diam di sana sampai hari menjadi gelap.Di balik keindahan Danau Gunting ada beberapa cerita seram yang terjadi di sekitarnya. Ada yang mengatakan pernah melihat sesosok wanita Belanda berjalan-jalan di sekitar danau dan melayang-layang di atas danau tersebut.

Bukan hanya itu saja, konon kalau ada yang memancing di danau itu tanpa izin maka akan diganggu oleh penunggunya. Penunggunya itu disebut-sebut sebagai makhluk hitam besar yang kerap menunjukkan wujudnya.

Lalu ada cerita tentang hantu ular raksasa yang muncul dari dalam danau. Cukup menyeramkan, bukan? Menurut beberapa yang mampu menerawang, wilayah sekitar Danau Gunting ini salah satu tempat yang mempunyai aura mistis paling tinggi dibanding wilayah lain. Kamu sudah pernah ke sini? Bagaimana rasanya? Ceritakan di kolom komentar, yuk!

Pemakaman Orang Belanda

Pemakaman Orang Belanda

* sumber: i.ytimg.com

Pada dasarnya, daerah pemakaman selalu diidentikkan dengan cerita mistis. Nggak terkecuali pemakaman orang Belanda yang menggunakan batu penanda identitas yang berukuran besar. Di Kebun Raya Bogor, pemakaman orang Belanda terletak di ujung gerbang bagian belakang.

Dikelilingi oleh pohon rindang, pemakaman ini disebut-sebut usianya jauh lebih tua daripada Kebun Raya Bogor. Orang-orang yang dimakamkan di sana adalah orang-orang Belanda yang berperan dalam bidang botani pada jaman dahulu. Ada banyak cerita mistis yang terjadi di sekitar pemakaman Orang Belanda di Kebun Raya Bogor.

Ada yang pernah melihat seseorang sengaja berdiam diri di area pemakaman. Ada yang melihat sosok kucing yang sosoknya berubah menjadi seekor harimau. Ada yang pernah melihat batang pohon bambu berubah menjadi seorang wanita berambut panjang dan berbaju putih.

Selain itu juga banyak saksi yang mengaku mendengar suara rintihan di sekitar makam pada malam hari. Namun yang paling sering dilihat adalah sosok hantu orang-orang Belanda, baik pria maupun wanita. Misteri seperti ini memang cukup umum untuk tempat pemakaman yang punya cerita sejarah di baliknya.

Bangunan Bekas Laboratorium

Bangunan Bekas Laboratorium

* sumber: cdn-image.hipwee.com

Di Kebun Raya Bogor, berdiri sebuah bangunan tua yang sudah nggak digunakan lagi. Dari bentuk dan isinya terlihat jelas kalau bangunan itu dahulu digunakan sebagai laboratorium. Kabarnya, laboratorium ini didirikan pada tahun 1884 dengan nama Treub Laboratory, sesuai dengan nama pendirinya yaitu Merchiour Treub.

Laboratorium ini terletak sebelum monumen Lady Raffles setelah perempatan jalan Kenari. Sebagaimana bangunan yang sudah lama nggak diisi oleh manusia, biasanya bangunan itu akan berubah auranya secara perlahan-lahan menjadi menyeramkan. Konon, bangunan yang terlalu lama kosong akan dijadikan tempat bagi mahluk astral.

Hal itu juga yang terjadi pada Laboratorium di Kebun Raya Bogor. Penjaga malam yang melewati bangunan itu pada malam hari sering mengalami kejadian yang membuat bulu kuduk merinding. Kabarnya sering terdengar suara-suara misterius seperti suara benda terjatuh sampai suara pintu yang tertutup sendiri.

Bukan itu saja, tapi ada juga yang pernah melihat sosok tinggi besar berwarna hitam dan penampakan wanita bule di sana. Bahkan orang yang pernah melihat sosok misterius itu sampai jatuh sakit.

Misteri yang berkembang mengenai sebuah tempat memang seringkali nggak bisa dibuktikan kebenarannya. Cerita itu berkembang dari mulut ke mulut dan itu berlangsung terus menerus. Kamu punya pengalaman sendiri tentang misteri Kebun Raya Bogor? Kolom komentar terbuka lebar kalau kamu mau berbagi cerita. Jangan lewatkan juga artikel misteri Istana Bogor ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *