Bacaterus / Mitos / Misteri Kawuk, Makhluk Cryptid Asli Indonesia yang Mematikan

Misteri Kawuk, Makhluk Cryptid Asli Indonesia yang Mematikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai makhluk cryptid memang tak akan ada habisnya. Setiap daerah di berbagai belahan dunia sendiri pasti memiliki kisah menarik tentang keberadaan makhluk-makhluk cryptid. Kita tentu mengenal Bigfoot yang ada di daratan Amerika Serikat, Yacumama yang ada di Hutan Amazon, atau Kasai Rex yang ada di hutan Afrika. Makhluk-makhluk tersebut memang kerap mengundang rasa penasaran manusia.

Nah, di tanah air sendiri terdapat banyak kisah mengenai makhluk-makhluk cryptid yang tersebar dari beberapa pulau yang ada di Indonesia. Salah satunya makhluk cryptid yang akan Bacaterus bahas kali ini, yaitu Kawuk. Meskipun berbahaya, namun kehadiran makhluk yang kerap dikaitkan dengan hewan langka seperti Komodo ini memang menarik untuk ditelusuri.

Lalu, seperti apakah makhluk yang dikenal mematikan tersebut? Biar kamu tahu, simak ulasan tentang makhluk ini dalam misteri Kawuk, makhluk cryptid asli Indonesia yang mematikan berikut ini ya.

Sekilas tentang Cryptid, Cryptozoology dan Cryptozoolog

Sekilas tentang Cryptid, Cryptozoology dan Cryptozoolog

Keberadaan makhluk cryptid (makhluk asing misterius) memang selalu menarik perhatian masyarakat yang ada di seluruh dunia. Kamu tentu mengenal istilah Cryptozoology, studi khusus yang mempelajari keberadaan sebuah makhluk berdasarkan legenda atau sejarah tempat dimana makhluk cryptid tersebut kemudian berkembang dan dikenal masyarakat secara luas.

Secara garis besar cryptozoology adalah kegiatan penelitian yang lebih banyak melakukan pencarian terhadap makhluk-makhluk atau hewan yang menjadi legenda serta keberadaannya belum terbukti secara ilmiah.

Cryptozoology sendiri dianggap sebagai studi pseudoscience atau Ilmu semu karena metodologi yang digunakan hanya mengandalkan dugaan, keyakinan, serta kesaksian masyarakat sekitar tanpa adanya bukti ilmiah jelas yang menunjukan bahwa makhluk tersebut memang pernah ada di satu wilayah.

Keberadaan cryptozoology sendiri memang tidak secara resmi diakui dalam berbagai bidang disiplin ilmu, terutama dalam ilmu Zoologi. Kehadiran Cryptozoolog atau orang yang meneliti makhluk cryptid sendiri memang dapat memberi informasi tambahan bagi masyarakat, akan tetapi di satu sisi masyarakat pun harus pandai dan bijak dalam memilah informasi.

Kawuk, Makhluk Cryptid Penjaga Nusakambangan

Kawuk, Makhluk Cryptid Penjaga Nusakambangan

Seperti yang kita ketahui Nusakambangan merupakan salah satu penjara di Indonesia yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selain memiliki penjagaan yang super ketat, lokasi penjara yang berada di sebuah pulau terpencil di tengah laut dengan berbagai hewan liar ini memang cukup berbahaya sehingga kemungkinan para tahanan untuk kabur pun sangat kecil.

Meskipun pada beberapa kasus ada juga beberapa tahanan yang sempat berhasil melarikan diri dari Alcatraz-nya Indonesia tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di Nusakambangan tidak hanya dihuni oleh para tahanan negara atau petugas sipir penjara saja.

Di sekeliling penjara tersebut juga dihuni oleh berbagai jenis hewan buas berbahaya bagi manusia seperti buaya, jaguar, macan tutul, macan kumbang, dan black panther. Kehadiran mereka memang sudah seperti penjaga di salah satu penjara paling menakutkan yang ada di pulau Jawa terebut.

Namun selain hewan-hewan buas tersebut, di sana juga terdapat pula cerita menarik mengenai makhluk yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Kawuk. Konon, makhluk tersebut diketahui sebagai makhluk paling berbahaya yang ada di sana. Bahkan lebih menakutkan dibanding hewan-hewan buas  di atas.

Cerita tentang Kawuk memang telah terdengar tidak hanya di sekitar Solok, yang menjadi asal muasal legenda tersebut, namun juga di sekitar wilayah seperti Cilacap, bahkan sampai ke Pangandaran.

Makhluk Legenda Asli Indonesia

Makhluk Legenda Asli Indonesia

Di Indonesia sendiri keberadaan makhluk cryptid memang kurang begitu populer dibanding dengan keberadaan makhluk-makhluk astral seperti kuntilanak, pocong atau genderuwo yang kerap kali dibahas dalam program televisi atau bahkan diangkat ke dalam sebuah layar lebar.

Meskipun begitu kamu juga harus tahu bahwa Indonesia sendiri memiliki banyak cerita mengenai makhluk-makhluk cryptid yang menakutkan. Sebutan saja Serigala Jawa, Nabau dari Kalimantan, Orang Gadang dari Sulawesi atau Cigau dari gunung Kerinci. Makhluk-makhluk tersebut memang menjadi legenda di masyarakat yang cukup menakutkan dan dikenal sebagai pemangsa manusia.

Nah, hampir sama dengan makhluk-makhluk tersebut, Kawuk juga diketahui menjadi legenda di masyarakat yang ada di sekitar Nusakambangan. Cerita tentang makhluk ini pun bisa membuat bulu kuduk kamu berdiri.

Kawuk diketahui makhluk pembawa teror yang kerap memangsa siapapun yang ada di hadapannya. Asal usul munculnya makhluk yang satu ini memang cukup misterius. Sama seperti halnya makhluk cryptid yang ada di hutan Amazon, Yacumama. Kabar tentang kemunculan makhluk ini pun masih sebatas informasi mulut ke mulut tanpa disertai dengan bukti otentik yang menunjukan kehadirannya.

Hal itulah yang pada akhirnya membuat masyarakat Indonesia semakin penasaran dengan kehadiran sosok yang dikenal buas tersebut. Kawuk sendiri digambarkan sebagai makhluk yang cukup berbahaya. Sehingga tak heran bila tidak ada seorang yang berani untuk membuktikan keberadaan. Terlebih di lokasi tersebut banyak terdapat hewan lain yang berbaha seperti makhluk cryptid tersebut.

Makhluk Ganas Pemakan Mayat

Makhluk Ganas Pemakan Mayat

Kamu tentu bertanya-tanya makhluk seperti Kawuk itu. Nah, berdasarkan cerita serta laporan masyarakat Nusakambangan. Kawuk sendiri merupakan reptil raksasa yang kerap menyerang mangsanya dalam posisi berdiri. Makhluk ini dikenal sangat agresif dan dikenal sering menyerang manusia secara tiba-tiba.

Selain dikenal sering menyerang, makhluk yang satu ini pun memiliki kebiasaan yang bisa membuat masyarakat ketakutan. Masyarakat sendiri mengenal Kawuk sebagai pemakan mayat. Banyak laporan masyarakat yang menyebutkan bahwa monster tersebut adalah kadal raksasa yang memiliki empat kaki dan juga dikenal memiliki indera penciuman yang sangat tajam, seperti Komodo.

Berdasarkan deskripsi yang telah digambarkan oleh masyarakat sekitar. Hewan ini memang lebih mirip dengan salah satu hewan khas Indonesia yang ada di pulau Komodo. Hanya yang membuatnya misterius adalah cara makhluk tersebut menyerang. Dimana makhluk tersebut disebutkan lebih banyak berdiri. Mereka juga di ketahui biasa berburu dalam kelompok besar.

Selain itu masyarakat sekitar pun percaya bahwa makhluk tersebut dapat mencium aroma mayat. Hal itu pun semakin membuat masyarakat yang baru saja kehilangan keluarga atau hewan ternak menjadi ketakutan akan menjadi mayat selanjutnya akibat diserang makhluk tersebut.

Selanjutnya ada pula laporan yang menyebutkan bahwa masyarakat sempat menyaksikan lebih dari 10 Kawuk berusaha menyerang karena mencium bau mayat. Berdasarkan deskripsi yang disebutkan masyarakat tentang makhluk tersebut, sebagian orang menyimpulkan bahwa makhluk tersebut merupakan seekor biawak raksasa yang mungkin tidak terdokumentasi.

Beberapa lainnya bahkan menyebutkan bahwa makhluk tersebut bisa saja Komodo. Hanya saja ada banyak hal yang membuat legenda tentang Kawuk ini akan tetap menjadi misteri. Mengingat karakteristik Kawuk sendiri memang tidak sepenuhnya mendeskripsikan kebiasaan seekor Komodo, yang tidak suka berkelompok serta berdiri sepanjang waktu.

Hal lain yang juga membuat keduanya berbeda adalah cara mereka hidupnya, dimana di tempat asalnya yaitu pulau Komodo, kadal raksasa itu hidup berdampingan dengan manusia. Kehadiran makhluk ini pun aku tetap menjadi misteri yang menarik untuk diperbincangkan.

Demikianlah misteri Kawuk, makhluk cryptid asli Indonesia yang mematikan. Nah, kira-kira makhluk apa sebenarnya Kawuk ini? Kalau kamu mempunyai teori tentang makhluk yang satu ini tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *