Bacaterus / Dunia Mistis / 5 Misteri yang Seram dan Mengerikan di Kartun Spongebob

5 Misteri yang Seram dan Mengerikan di Kartun Spongebob

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Spongebob Squarepants merupakan produk animasi Nickelodeon yang sukses menjadi salah satu tontonan yang paling banyak diminati di dunia termasuk Indonesia. Karakter sponge kuning yang polos dan ceria beserta kehidupannya di bawah laut mampu membawa banyak keceriaan pada penonton.

Sebagian besar dari kita mengenal tokoh tersebut bahkan mungkin mengetahui banyak hal mengenai Spongebob. Walau demikian, kartun ini menyimpan berbagai misteri mengerikan yang mungkin belum kita sadari selama ini. Apa saja misteri tersebut? Mari kita simak ulasan mengenai misteri mengerikan dalam kartun Spongebob berikut ini.

5 Misteri Mengerikan di Kartun Spongebob

1. Kemunculan Nosferatu

* sumber: www.independent.co.uk

Pada episode Graveyard Shift yang menceritakan Spongebob dan Squidward yang harus bekerja selama 24 jam, hal-hal mengerikan muncul di Krasty Crab termasuk lampu yang yang bermasalah dan kemunculan sosok yang mereka kira sebagai The Hash Slinging Slasher. Namun, di balik cerita yang populer tersebut, terdapat sosok misterius yang bisa digali lebih dalam. Sosok tersebut adalah Nosferatu yang disebutkan bermain-main dengan lampu.

Siapa sebenarnya Nosferatu ini? Walaupun dalam Spongebob sosoknya terlihat lucu dan tidak berbahaya, nyatanya, Nosferatu adalah salah satu ikon film horror pada awal abad ke 19. Nosferatu merupakan adaptasi dari cerita mengenai drakula karya Bram Stoker.

Sosok Nosferatu muncul dalam sebuah film bisu asal Jerman pada tahun 1922 yang kemudian dianggap sebagai mahluk paling mengerikan pada masa itu. Pria jangkung yang disorot dengan warna hitam putih merupakan penghisap darap yang menjadi perwujudan atas kekejaman dan kengerian drakula.

Tidak hanya itu, terdapat banyak kontroversi mengiringi film tersebut, mulai dari permasalahan pada hak cipta yang mengubah sosok Dracula menjadi Nosferatu hingga kasus hilangnya kepala sang sutradara yang dicuri dari pemakaman. Tersiar kabar bahwa hal ini berkaitan dengan okultisme. Beberapa meter di dekat pemakamannya, ditemukan sisa-sisa lilin dan kabarnya tindakan pencurian ini telah direncanakan sejak sangat lama.

Kendati demikian, kemunculannya dalam Spongebob seolah mengubah citra tersebut sehingga Nosferatu yang kita kenal saat ini terlihat tidak berbahaya sama sekali. Hanya saja sosoknya sebagai salah satu ikon horor tetap tidak bisa dilupakan dengan mudah. Lantas, apakah setelah mengetahui Nosferatu yang sesungguhnya kita akan melihat dia sebagai mahluk yang menyeramkan ataukah sebaliknya?

2. Misteri Bikini Bottom

* sumber: spongebob.wikia.com

Pulau ini melintang sekitar 1 juta mil persegi di utara khatulistiwa. Sejak Perang Dunia II, Amerika Serikat mendapat wewenang untuk membentuk badan pemerintahan di wilayah tersebut dan menjadikannya tempat uji coba teknologi nuklir. Antara tahun 1946 dan 1958, pemerintah AS meledakkan 67 senjata nuklir di pulau-pulau ini. Pada tahun 1946, pemerintahan Amerika Serikat memindahkan penduduk pulau tersebut ke pulau lainnya.

Sebagian dari kita mungkin tidak menyangka bahwa Bikini Bottom menyimpan sebuah misteri yang mengerikan berkaitan dengan sejarahnya. Akan tetapi, sebuah teori konspirasi mengungkapkan adanya sejarah yang kelam.

Bikini Bottom diduga berasal dari Pikinni Attol, sekelompok kepulauan yang menjadi koloni Amerika Serikat. Pulau ini dikatakan pernah menjadi salah satu peninggalan dari kengerian perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet.

Tanggal 1 Maret 1954 adalah hari saat ledakan terbesar terjadi di Pikinni Atol. Beberapa puluh tahun kemudian, penduduk dipulangkan kembali ke Pikinni Atol namun dipindahkan kembali sebab banyak di antaranya yang mengalami efek radioaktif.

Beberapa pengamat mengatakan bahwa beberapa episode Spongebob Squarepants menyiratkan adanya sejarah tersebut. Bahkan, ada dugaan bahwa tokoh-tokoh dalam kartun ini merupakan biota laut yang mengalami mutasi.

3. Episode yang Hilang

* sumber: adityard.wordpress.com

Adegan pada episode ini diawali oleh Squidward yang sedang bermain klarinet dan terganggu dengan kedatangan seorang tamu berpakaian tradisional Skotlandia. Tamu tersebut mengucapkan kalimat “Red mist is coming” dan layar dipenuhi oleh kabut berwarna merah. Di akhir adegan akan terlihat Squidward mengambil pistol yang ia tembakan ke dirinya sendiri.

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar mengenai episode Spongebob yang hilang. Episode tersebut cenderung menampilkan tindakan yang ekstrem dan mengganggu. Episode tersebut dikenal dengan sebutan Red Mist. Beberapa informasi yang sensasional mengenai kengerian episode ini muncul di berbagai media.

Banyak spekulasi mengenai kebenaran dari episode ini. Terdapat dugaan bahwa episode sengaja dibuat oleh seorang psikopat, punya unsur supranatural sampai dengan ajakan untuk mengganggu mental penonton. Walau demikian, kebenaran dari episode ini belum terbukti sampai akhirnya diketahui bahwa episode ini bukanlah episode resmi melainkan sebuah episode buatan penggemar.

4. Misteri Rock Bottom

* sumber: spongebob.wikia.com

Doug Lawrence, penulis yang banyak menulis cerita untuk episode-episode awal Spongebob, menyatakan bahwa “Rock Bottom” terinspirasi oleh peristiwa dari masa kecilnya. Setelah berhenti di bus, ia duduk diam sampai rute pengemudi berakhir dan sopir akhirnya mengantarnya pulang di akhir shiftnya. Pengalaman tersebut tentu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa sekaligus menegangkan untuk seorang anak kecil.

Rock Bottom bisa dikatakan sebagai salah satu tempat paling menyeramkan yang menjadi latar cerita dalam kartun Spongebob. Tempat ini terdiri dari rute yang mengerikan, malam yang sudah sangat larut, dan dipenuhi oleh orang asing. Tempat tersebut seolah menyimpan misteri tersendiri terutama daerahnya yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari Bikini Bottom.

Episode Rock Bottom ini menjadi salah satu episode yang paling berkesan bagi penonton. Barangkali, kenangan masa kecil dari penulis cerita ini benar-benar sampai pada pikiran penonton.

5. Hal-hal yang Belum Terpecahkan dalam Kartun Spongebob

Hal-hal yang Belum Terpecahkan dalam Kartun Spongebob

Seperti yang kita ketahui bahwa Squidward tidak memakai celana, akan tetapi ketika bajunya dibuka ia sering menutupi bagian bawah dari tubuhnya. Sementara itu, rumah Patrick menjadi satu-satunya rumah yang bisa dibuka secara otomatis. Sedangkan ibu Pearl memicu banyak teori.

Cerita dalam film kartun seringkali menyangkut hal-hal yang sangat imajinatif. Spongebob yang menceritakan kehidupan dalam laut juga melibatkan hal tersebut. Akan tetapi, beberapa hal khusus yang muncul secara berulang kerap menimbulkan pertanyaaan. Hal-hal yang sering menjadi pertanyaan tersebut meliputi celana Squidward, rumah Patrick, hingga ibu Pearl.

Pearl yang merupakan ikan paus adalah anak Tuan Crab yang merupakan kepiting. Beberapa teori bermunculan di antaranya adalah bahwa Pearl merupakan anak adopsi.

Teori lainnya adalah bahwa Pearl ialah anak kandung tuan Crab namun ada kecenderungan bahwa ibunya berasal dari spesies lain sama seperti ketika Tuan Crab jatuh cinta pada Nyonya Puff. Teori selanjutnya berkenaan dengan radiasi nuklir yang erat hubungannya dengan teori mengenai Bikini Bottom.

Selain itu, terdapat juga misteri mengenai resep rahasia Krabby Patty. Meski menjadi rebutan dan merupakan menu utama yang disajikan Spongebob, sampai sejauh ini belum ada penjelasan rinci mengenai resep Krabby Patty yang asli.

Itulah beberapa misteri yang tersimpan dalam kartun Spongebob. Misteri-misteri yang menyelubungi kartun Spongebob tersebut seolah menambah daya tarik untuk menontonnya. Misteri-misteri yang muncul bisa menunjukkan sisi unik dari kartun tersebut. Misteri-misteri yang disebutkan di atas adalah sebagian kecil dari hal-hal yang tidak kita perhatikan atau tidak kita ketahui dari kartun Spongebob.

Dari misteri-misteri di atas, adakah yang paling ingin Anda ketahui lebih lanjut? Atau ingin tahu misteri pada kartun lainnya? Kalau begitu, cek juga artikel Misteri Kartun Frozen ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Lahir dini hari di bulan Agustus

Leave A Comment