Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 6 Kisah Misteri Istana Bogor yang Buat Bulu Kudu Meremang

6 Kisah Misteri Istana Bogor yang Buat Bulu Kudu Meremang

Presiden RI memiliki 6 buah istana yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu istana yang paling megah dan terkenal adalah Istana Bogor. Bangunan istana ini agak mirip dengan White House di Washington, D.C. Namun Istana Bogor memiliki keunikan tersendiri, seperti adanya sekelompok rusa di halaman istana sampai halamannya yang benar-benar luas.

Sayangnya, di balik kemegahan Istana Bogor ternyata tersimpan sejumlah kisah misteri yang membuat istana kepresidenan ini menjadi salah satu dari sekian banyak tempat angker yang kami ulas dalam artikel tempat angker di Bogor. Apa saja kisah misteri Istana Bogor yang akan membuat bulu kuduk Anda merinding? Bacaterus telah merangkum semua kisahnya di tulisan ini.

6 Kisah Misteri Istana Bogor

1. Hantu Noni Belanda di Halaman Istana

Membuka daftar kisah misteri Istana Bogor, ada sebuah kisah mistis yang pasti membuat Anda merinding ketika membayangkannya. Menurut penjaga istana dan petugas kebersihan, di halaman istana terdapat hantu noni Belanda yang kerap kali berkeliaran pada malam hari. Hantu noni ini menggunakan gaun panjang yang populer pada zaman kolonial dan kerah bajunya sangat tinggi.

Hantu noni Belanda ini kerap kali berjalan-jalan di halaman istana, terutama di dekat kolam. Penampakan ini selalu berjalan-jalan sambil membawa payung. Bahkan, yang lebih ekstrem lagi kadang-kadang hantu noni terlihat berjalan di atas air kolam sambil bersenandung.

2. Patung yang Bergerak Sendiri

Patung yang Bergerak Sendiri

Di dalam Istana Bogor terdapat 360 buah patung karya seniman dari dalam maupun luar negeri. Konon, beberapa patung di istana ini kerap bergerak sendiri. Menurut pengakuan penjaga istana, mereka sering mendengar suara-suara ribut seperti orang menggeser patung.

Padahal, tidak ada orang yang menggeser patung karena hari sudah malam. Sontak petugas tersebut mengecek sumber suara. Namun betapa kaget dirinya ketika menemukan patung pegasus dari Swedia yang diletakkan menghadap ke timur tiba-tiba berubah posisi jadi menghadap ke barat.

Tak hanya patung pegasus saja yang berpindah posisi, tetapi patung orang telanjang juga sering berubah posisi. Yang mengerikan, kadang-kadang patung ini bisa berpindah tempat. Jika dibayangkan tentu ngeri juga, ya!

3. Keramaian di Perpustakaan Istana

Keramaian di Perpustakaan Istana

Misteri Istana Bogor yang berikutnya dialami kembali oleh penjaga-penjaga istana. Salah satu ruangan di istana ini diklaim berhantu oleh para penjaga istana. Ruangan yang berhantu tersebut adalah perpustakaan dengan interior nuansa klasik. Jika dilihat dari interiornya yang klasik dan nyaman, tentu saja Anda pasti ingin menghabiskan waktu sambil membaca buku di perpustakaan ini.

Namun, masihkah Anda mau berlama-lama di perpustakaan jika petugas sering mendengar suara gaduh di dalam perpustakaan? Yang menakutkan, ketika dicek ke dalamnya tidak ada orang sama sekali. Bahkan, terkadang orang-orang yang melintasi bagian depan perpustakaan sering mendengar bisikan-bisikan halus yang tidak jelas kata-katanya.

Keangkeran Istana Bogor semakin kuat tatkala petugas yang biasa membersihkan bagian dalam perpustakaan membagikan pengalamannya. Menurut si petugas kebersihan, setiap dua kali dalam seminggu buku-buku di perpustakaan akan dibersihkan.

Anehnya, ketika hari pembersihan tiba selalu saja ada satu buku yang tergeletak di lantai atau meja. Padahal, tak ada satupun orang yang dapat memasuki perpustakaan itu. Nah, lalu siapakah yang membaca buku di perpustakaan Istana Bogor ini?

4. Jeritan dan Tangisan dari Ruang Bawah Tanah

Jeritan dan Tangisan dari Ruang Bawah Tanah

Istana Bogor adalah saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Istana ini sudah ada sejak tahun 1800-an dan digunakan sebagai tempat tinggal para Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ada mitos bahwa ruang bawah tanah istana ini digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian tahanan-tahanan Belanda kala itu.

Yang lebih parahnya lagi, korban-korban penyiksaan tersebut juga dikubur di dinding-dinding ruangan Istana Bogor. Oleh karena itu, sering terdengar jeritan pilu dan tangisan misterius di malam-malam tertentu.

Pengalaman mendengar jeritan dan tangisan di Istana Bogor ini tidak hanya dialami oleh penjaga dan penghuni istana saja. Akan tetapi, sebagian pengunjung yang datang ke istana ini juga pernah mendengar suara-suara tersebut. Semua ruangan dapat dikunjungi oleh pengunjung, tetapi pihak istana melarang pengunjung untuk memasuki ruang bawah tanah.

5. Kamar Bung Karno yang Dikenal Angker

Kamar Bung Karno yang Dikenal Angker

Ada begitu banyak kisah angker di Istana Bogor, tetapi justru yang terangker adalah kamar yang dulunya ditempati oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Isu mengenai keangkeran kamar Presiden Soekarno ini juga dibenarkan oleh Ibu Hartini, salah satu istri Ir. Soekarno.

Beliau mengatakan bahwa ada makhluk tak kasat mata yang menjaga kamar tersebut. Ibu Hartini juga pernah melihat “tamu” gaib tersebut masuk ke dalam kamar Ir. Soekarno dengan menembus pintu. Misteri Istana Bogor ini membuat presiden-presiden setelah Soekarno tidak berani menempati kamar tersebut.

Namun presiden ketujuh kita, yaitu Ir. Joko Widodo, justru berani menempati kamar tersebut. Beliau mengaku tidak pernah diganggu apapun selama menempati kamar tersebut. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengaku dapat bekerja dengan tenang bila berada di kamar bekas Soekarno tersebut.

Banyak yang berasumsi bahwa ketaatan Jokowi dalam beribadah membuat beliau tidak diganggu oleh makhluk astral selama mendiami Istana Bogor. Presiden Jokowi juga kerap kali melakukan sholat tengah malam dan berpuasa senin kamis.

6. Ular Raksasa di Danau Gunting

Ular Raksasa di Danau Gunting

* sumber: hellobogor.com

Bagi Anda yang pernah mengunjungi Istana Bogor atau Kebun Raya Bogor, Anda pasti tahu bahwa istana kepresidenan tersebut berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bogor. Dari arah Danau Gunting yang berada di Kebun Raya Bogor Anda bisa melihat Istana Bogor. Begitu pula sebaliknya, dari Istana Bogor juga bisa melihat Danau Gunting secara jelas.

Di siang hari, Danau Gunting terlihat sebagai tempat yang asri dan menyejukkan mata. Banyak pengunjung kebun raya yang duduk-duduk santai di tepi danau ini. Namun di malam hari Danau Gunting menjadi terlihat dingin dan angker.

Keangkeran danau ini juga dibenarkan oleh paranormal yang mengatakan bahwa ada ular raksasa yang mendiami danau tersebut. Pengunjung yang pernah memancing di Danau Gunting juga menuturkan bahwa dirinya pernah diganggu oleh ular raksasa ini.

Berbagai cerita misteri Istana Bogor ini juga dibenarkan oleh pengakuan Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid yang merupakan putri dari presiden keempat Indonesia, K.H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

Yenny mengatakan bahwa adiknya, Inayah Wulandari, sering diganggu oleh makhluk gaib. Bahkan, wanita yang berprofesi sebagai aktivis dan politisi ini membenarkan bahwa pengawal almarhum ayahnya juga sering melihat penampakan hantu noni Belanda di halaman istana. Namun Gus Dur selalu mengajarkan anak-anaknya untuk tetap positif dan rajin beribadah agar tidak diganggu oleh makhluk-makhluk astral.

Istana Bogor dibuka untuk umum pada waktu-waktu tertentu. Jika Anda ingin membuktikan berbagai kisah misteri Istana Bogor ini, Anda dapat datang ke Istana Bogor pada saat dibuka untuk umum. Berani untuk membuktikan keberadaan makhluk-makhluk gaib di Istana Bogor?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment