Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Hutan Kalimantan, Hantu Romusha & Manusia Berekor

Misteri Hutan Kalimantan, Hantu Romusha & Manusia Berekor

Kualitas hutan di Kalimantan memang tidak perlu diragukan lagi. Pulau Borneo ini memiliki hutan seluas 40,8 juta hektar sehingga diklaim sebagai paru-paru dunia. Di balik manfaatnya sebagai paru-paru dunia, ternyata hutan di Kalimantan ini menyimpan cerita misteri tersendiri. Dimulai dari mitos manusia berekor sampai penampakan hantu romusha semua terjadi di Hutan Kalimantan.

Lantas, bagaimana cerita misteri Hutan Kalimantan yang sebenarnya? Apakah keangkeran hutan di Kalimantan ini sudah setara dengan Alas Purwo? Simak cerita selengkapnya yang sudah dirangkum oleh Bacaterus berikut ini.

Kanibalisme Suku Dayak Tring

Suku Dayak Tring adalah salah satu sub dari Suku Dayak. Namun, Suku Dayak Tring menjadi salah satu terror yang melengkapi kisah misteri Hutan Kalimantan. Konon, suku ini menganut praktek kanibalisme, yakni membunuh dan memangsa manusia. Meskipun memakan bangkai manusia juga dianggap sebagai kanibalisme, suku ini tetap memilih untuk menghabisi manusia baru kemudian memangsa dagingnya.

Masih belum jelas apakah praktek kanibalisme dari Suku Dayak Tring ini masih berlangsung atau tidak. Yang kelas ketika berhasil diwawancarai, salah satu anggota dari Suku Dayak Tring mengatakan bahwa bagian tubuh manusia yang paling lezat adalah otak, lutut, dan telapak tangan.

Siluman Mariaban Penghisap Darah Manusia

Jika melihat gambar Siluman Mariaban, Anda pasti teringat dengan sosok hantu Indonesia yang sangat fenomenal, yakni Genderuwo. Mariaban memang tampak sangat mirip dengan Genderuwo, hanya saja Genderuwo tidak meminum darah manusia.

Siluman dengan tubuh ditutupi bulu yang sangat lebat ini biasa menculik manusia yang masuk ke dalam Hutan Kalimantan untuk diminum darahnya. Mahluk gaib ini biasa tinggal di pedalaman hutan, tetapi kadang-kadang ia merapat ke pemukiman warga untuk mencari mangsa manusia.

Kek Tung, Harimau Gaib Penghuni Hutan

Seolah tak ada habisnya, misteri Hutan Kalimantan yang berikutnya datang dari sosok harimau gaib bernama Kek Tung. Para sesepuh percaya bahwa Kek Tung adalah harimau gaib yang menjaga Hutan Kalimantan. Di malam-malam tertentu, Kek Tung sering mengeluarkan suara, “Kung.. Kung.. Kung..” dengan suara yang terdengar menggetarkan.

Wujud Kek Tung ini adalah harimau dahan berkulit hitam, badannya sangat besar dibanding ukuran harimau normal, dan suaranya menggema. Sejatinya, Kek Tung tidak mengganggu manusia. Jika ia mengeluarkan suara, itu bisa menjadi pertanda bahwa buah-buahan di dalam hutan melimpah. Namun, bisa juga itu merupakan pertanda bahwa panen di ladang masyarakat sekitar akan mengalami kegagalan.

Negeri Paloh, Negeri Gaib di Hutan Belantara

Pada tahun 70-an, sebuah pesawat TNI-AU pernah hilang tanpa jejak ketika melewati Hutan Kalimantan. Menurut penerawangan paranormal, penumpang pesawat tidak meninggal, melainkan diselamatkan oleh penghungi Negeri Paloh.

Ya, cerita misteri Hutan Kalimantan pasti sangat lengkat dengan kisah negeri gaib yang sangat berkembang, yakni Negeri Paloh. Semenjak peristiwa hilangnya pesawat TNI-AU itu, penampakan Negeri Paloh jadi sering terlihat oleh manusia yang masuk ke Hutan Kalimantan.

Sungguh mustahil di dalam hutan belantara tiba-tiba terdapat sebuah kota modern yang megah. Bahkan, dari kota itu juga terdengar hiruk pikuk masyarakatnya.

Namun, menurut pengalaman orang-orang yang pernah melihat atau bahkan masuk ke Negeri Paloh, negeri tersebut berupa kota dengan pembangunan yang sangat maju dan modern. Bahkan, negara mana pun yang ada di dunia belum mampu menyaingi kemegahan negeri gaib tersebut.

Akan tetapi, Negeri Paloh seakan menjadi terror yang ditakuti oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, pernah ada suatu peristiwa di mana beberapa orang gadis hilang di Hutan Kalimantan. Berdasarkan penerawangan dari orang pintar, gadis-gadis itu dibawa ke Negeri Paloh untuk dinikahkan dengan masyarakat gaib di sana.

Ilustrasi Negeri Paloh

Ada juga kisah beberapa anak-anak yang hilang secara misterius. Beberapa ada yang dinyatakan hilang, tapi ada juga yang berhasil kembali. Namun, di luar semua kengerian tersebut sebenarnya penghuni Negeri Paloh tidak pernah mengganggu manusia, justru senang membantu manusia.

Menurut desas-desus yang beredar, masyarakat gaib dari Negeri Paloh ini pernah membantu untuk menghalau etnis tertentu pada saat kerusuhan etnis di Sambas.

Walaupun masyarakat Negeri Paloh gemar membantu, kita tetap harus waspada. Mengingat masyarakat Negeri Paloh memang berwujud manusia, tapi sejatinya mereka bukanlah manusia melainkan mahluk gaib. Jangan pernah menerima ajakan untuk berkunjung ke Negeri Paloh jika Anda tidak ingin selamanya tinggal di sana.

Hantu Romusha di Bukit Soeharto

Hantu Romusha di Bukit Soeharto

Kisah hantu yang berasal dari zaman penjajahan memang tidak ada habisnya. Misteri Hutan Kalimantan berikutnya juga berhubungan dengan hantu para korban ketidakadilan penjajah. Di Hutan Kalimantan terdapat sebuah bukit yang dinamakan Bukit Soeharto. Konon, di bukit ini sering terlihat penampakan para pekerja paksa yang tewas puluhan tahun yang lalu.

Dari kejauhan Anda akan melihat beberapa orang dengan tubuh yang teramat kurus memanggul sebuah peti kayu. Di belakang orang-orang tersebut terdapat pasukan tentara Jepang yang berjalan menggiring mereka sambil membawa senapan. Teror hantu romusha ini ternyata masih sering terjadi hingga saat ini.

Pernah ada seorang pekerja proyek jalanan yang mengaku melihat penampakan hantu romusha dan tentara Jepang. Kala itu, si pekerja baru saja membuang hajat dan bermaksud kembali ke pos peristirahatan. Namun, tiba-tiba rombongan pekerja romusha dan tentara Jepang ini mendekat ke arahnya. Seketika hantu tentara itu menodongkan senapan ke si pekerja.

Hantu Tentara Jepang

* sumber: hantupedia.com

Akhirnya, pekerja itu mengikuti rombongan tersebut. Ia menyaksikan sendiri tentara Jepang memerintahkan orang-orang Indonesia yang berada di sana untuk mengais tanah dengan tangan kosong. Setelah berhasil membentuk lubang yang besar, tentara itu menembak mati orang-orang Indonesia itu sampai masuk ke dalam lubang. Spontan si pekerja proyek itu menjadi tak sadarkan diri.

Misteri Manusia Berekor

Misteri Manusia Berekor

Meskipun masih belum benar faktanya, misteri manusia berekor di Hutan Kalimantan masih tetap dipercaya hingga saat ini. Konon, ekor mahluk ini terletak di bawah tulang ekor, sehingga penampilannya nampak seperti monyet.

Masyarakat Suku Dayak memanggil mahluk tersebut sebagai Orang Boentoet. Mahluk ini biasa tinggal di pedalaman Hutan Kalimantan. Akan tetapi, manusia berekor ini sangat jarang menampakkan diri depan manusia.

Keberadaan Padang Pasir di Tengah Hutan Belantara

Sampai saat ini keberadaan padang pasir di tengah-tengah Hutan Kalimantan masih menjadi misteri. Ya, bagaimana bisa di tengah hutan yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun terdapat sebuah padang pasir.

Padang Pasir Kersik Luway ini merupakan sebuah padang dengan pasir putih. Ukuran padang ini memang tidak terlalu besar, tapi sudah cukup membuat kita yang melihatnya jadi bertanya-tanya sekaligus kagum dengan kebesaran Ilahi. Padang Pasir di tengah hutan ini merupakan spot favorit yang pasti dikunjungi oleh wisatawan yang datang kemari.

Sejumlah misteri Hutan Kalimantan ini memang mampu membuat bulu kuduk merinding. Bila Anda memiliki pengalaman atau cerita mistis seputar Hutan Kalimantan, bagikan cerita Anda kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment