Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Hope Diamond, Antara Keindahan dan Kutukannya

Misteri Hope Diamond, Antara Keindahan dan Kutukannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak dulu kala, berlian selalu menjadi primadona dibandingkan batu mulia yang lainnya. Berlian merupakan batu yang mempunyai nilai paling tinggi di dunia. Jangan heran kalau berlian mempunyai harga selangit dan hanya dikoleksi oleh kalangan tertentu saja. Di antara banyak berlian, ada sebuah berlian yang diberi nama Hope Diamond yang sampai sekarang masih menyimpan cerita.

Hope Diamond terkenal karena indah. Warna birunya sangat sulit untuk ditemukan. Keunikan dari Hope Diamond adalah kepemilikannya yang berpindah-pindah selama empat abad. Selain indah Hope Diamond juga terkenal karena banyak kejadian aneh yang menimpa pemiliknya. Bagaimana ceritanya? Yuk kita bahas misteri Hope Diamond, antara keindahan dan kutukannya.

Awal Mula Hope Diamond

Awal Mula Hope Diamond

Hope Diamond diyakini berasal dari India. Sebelum dipotong menjadi bentuk berlian seperti sekarang, batu itu berbentuk segitiga dan berukuran besar. Seorang pedagang perhiasan asal Prancis, Jean-Baptiste Tavernier membeli berlian tersebut yang ketika itu masih bernama The Tavernier Blue saat mengunjungi pertambangan di Kollur, Gorconda, India.

The Tavernier Blue dipotong dan mendapat bentuk baru yang dinamai French Blue. Tavernier kemudian menjual French Blue pada Raja Louis XIV pada tahun 1668. Tiga tahun kemudian, French Blue dicuri dan dipotong oleh sang pencuri.

Berlian yang sudah dipotong itu kemudian muncul di katalog koleksi berlian yang dimiliki oleh keluarga bankir asal London bernama Henry Philip Hope pada tahun 1892. Itulah yang membuat berlian itu diberi nama Hope. Sejak dijual oleh Hope, Hope Diamond sudah berbentuk seperti yang ada sekarang dengan ukuran 45,52 karat.

Warna biru tua yang langka bisa berubah menjadi kemerahan. Selain itu bentuknya yang indah membuat banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara pemotongannya. Bahkan banyak yang menyatakan bahwa sampai sekarang belum ada berlian yang mempunyai ukuran yang sama dengan Hope Diamond.

Hope Diamond dan Kutukan

Hope Diamond dan Kutukan

Hope Diamond bukan hanya dikenal karena keindahannya, tapi ada juga mitos yang menyertainya. Mitos itu adalah orang yang mempunyai atau memakai Hope Diamond akan mendapat kutukan. Banyak yang menganggap itu semua hanyalah sebuah trik untuk mendapat popularitas dan membuat harganya semakin mahal.

Berdasarkan sebuah penelitian yang jauh mencari asal usul Hope Diamond, konon batu dasarnya berasal dari mata patung dewa Sita, istri dewa Rama, Avatar keempat dari dewa Wishnu. Banyak yang menganggap bahwa penelitian akan asal usul Hope Diamond hanyalah sebuah karangan di era Victoria.

Sebuah laporan di surat kabar New York Times bahkan menyatakan bahwa hubungan Hope Diamond dan kutukan belum bisa dibuktikan. Sebuah mitos akan tetap hidup walau secara ilmiah nggak terbukti. Berikut ini adalah orang yang terkena kutukan yang mengikuti Hope Diamond:

  • Jean-Baptiste Tavernier

Jean-Baptiste Tavernier yang pertama kali membeli cikal-bakal Hope Diamond adalah orang pertama yang konon mendapat kutukan. Dia meninggal dalam perjalanannya ke Prancis karena dicabik-cabik oleh binatang buas dan hanya menyisakan beberapa bagian tubuhnya. Beberapa menyatakan tubuhnya dicabik anjing liar, beberapa mengatakan oleh serigala.

  • Marie Antoinette

Raja Louis XVI mendapat Hope Diamond sebagai pemberian dari kakeknya, Raja Louis XIV. Maria Antoinette merupakan istri Louis XVI yang dikenal cantik sekaligus suka dengan gaya hidup mewah. Dia pernah terlihat mengenakan Hope Diamond. Ketika Revolusi Prancis terjadi, Louis XVI dijatuhkan dan dia diberi hukuman penggal bersama istrinya, Antoinette.

  • Nicholas Fouquet

Nicholas Fouquet adalah orang yang bekerja untuk Raja Louis VIX. Dia pernah menggunakan Hope Diamond pada beberapa acara khusus kerajaan. Dia nggak lagi dipercaya oleh raja kemudian dibuang dari Prancis. Beberapa mengatakan bahwa dia dipenjara selama 15 tahun.

  • Hendrick Fals

Hope Diamond sempat dinyatakan menghilang sebelum kembali ditemukan pada tahun 1800 dan dinyatakan sebagai kepemilikan Ratu Spanyol, Maria Louise. Hope Diamond kembali dibentuk oleh seorang pemahat Belanda bernama Wilhelm Fals.  Anak Wilhelm, Hendrick Fals mencuri berlian itu dan hidupnya harus berakhir dengan cara bunuh diri.

  • Jacques Colet

Jacques merupakan seorang pialang yang membeli Hope Diamond dari Lord Francis yang waktu itu sedang mempunyai masalah keuangan. Jacques kemudian mengalami gangguan jiwa dan melakukan bunuh diri.

  • Simon Mencharides

Simon Mencharides merupakan pedagang asal Yunani yang pernah menjual Hope Diamond pada seorang sultan asal Turki. Dia meninggal dengan cara terlempar ke jurang bersama istrinya.

  • Prince Kanitovsi

Kanitovsi membeli Diamond Hope dari Jacques Colet. Dia kemudian meminjamkannya pada kekasihnya asal Prancis yang berprofesi sebagai seorang aktris bernama Mile Ladue. Pada malam harinya ketika Mile menggunakannya untuk pertama kali, Kanitovsi menembaknya dengan pistol sampai meninggal.

  • Evalyn Walsh McLean

Evalyn merupakan wanita yang berasal dari keluarga orang kaya. Ia membeli Hope Diamond dan menggunakannya dengan penuh kebanggaan, bahkan konon anjing kesayangannya pernah dipakaikan berlian itu.

Dengan berani dia mengatakan ingin mengubah kutukan Hope Diamond menjadi keberuntungan. Apa daya hidupnya mengalami banyak tragedi, ibu mertuanya meninggal, anaknya meninggal di usia 9 tahun, suaminya meninggalkan dia, anak perempuannya meninggal karena overdosis dan Evalyn menjadi jatuh miskin.

  • James Todd

James merupakan orang yang mengirim Hope Diamond kepada Smithsonian Institution. Nggak lama setelah dia selesai mengantarkan berlian, kakinya remuk karena kecelakaan. Nggak cukup sampai di situ, dia juga sempat mendapat cedera kepala karena kecelakaan lain serta rumahnya habis terbakar.

Di tahun 1949, Harry Winston membeli Hope Diamond untuk dia jual di toko miliknya di New York, Amerika Serikat. Winston mengubah niatnya dan menyumbangkan Hope Diamond ke Smithsonian Institution dan dipajang di sana sampai saat ini.

Penelitian Mistis Tentang Hope Diamond

Penelitian Mistis Tentang Hope Diamond

Sebagian menganggap Hope Diamond disebut membawa kutukan hanya sebagai strategi marketing demi membuat namanya tetap dikenal dan harganya yang mahal terjaga dengan baik. Para pemilik atau yang menggunakannya bukan mendapat kutukan melainkan kurang beruntung saja. Namun, sebagian orang percaya akan kutukan dari berlian itu.

T.C. Lethbridge, seorang peneliti yang mendalami sebuah kejadian dari sisi psikis atau paranormal melakukan penelitian tentang Hope Diamond. Dia menyatakan bahwa banyaknya kejadian buruk yang menimpa pemilik atau orang yang memakai Hope Diamond meninggalkan jejak tersendiri pada batu berlian tersebut.

Dia juga berpendapat bahwa banyak kejadian aneh itu sudah terekam dalam batu, jadi ketika seseorang membeli atau memakainya peristiwa-peristiwa aneh akan terasa. Percaya atau nggak, sensitivitas batu itu akan membawa pengaruh karena berbagai kejadian sudah melekat pada batu itu.

Demikian misteri Hope Diamond, antara keindahan dan kutukannya. Percaya atau nggak akan kutukan Hope Diamond bukan menjadi alasan untuk kita nggak bisa menikmati berlian yang mempunyai daya tarik baik itu dari segi sejarah maupun sisi misterinya. Ada yang tertarik atau  pernah melihat Hope Diamond secara langsung? Ceritakan di kolom komentar, yuk!

Baca juga artikel mengenai lukisan anak laki-laki yang juga mengandung kutukan dalam artikel misteri the crying boy.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *