Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Hinterkaifeck, Pembantaian yang Belum Terpecahkan

Misteri Hinterkaifeck, Pembantaian yang Belum Terpecahkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Sebuah kejadian dianggap sebagai misteri ketika nggak ada jawaban pasti atas kejadian tersebut.  Ada yang aneh dan mungkin nggak masuk akal untuk sebagian orang, ada juga yang sadis. Biasanya cerita misteri akan bertahan untuk waktu yang sangat lama karena kerap diceritakan berulang-ulang, salah satunya misteri Hinterkaifeck.

Sebuah keluarga di ladang Hinterkaifeck, Bavaria, Jerman ditemukan tewas pada tahun 1922. Lima orang anggota keluarga Gruber dan seorang asisten rumah tangga meninggal dengan keadaan yang mengerikan. Walaupun banyak menemui kejanggalan, tapi kejadian yang disebut sebagai Misteri Hinterkaifeck itu masih belum terselesaikan.

Kejadian di Hinterkaifeck disebut-sebut sebagai salah satu pembunuhan paling sadis. Kejadian ini begitu membekas sehingga masih banyak menarik perhatian orang hingga sekarang. Padahal kejadian ini terjadi di tahun 1922, pada masa itu teknologi dan akses informasi nggak seperti sekarang. Kalau kamu tertarik untuk mengetahui misteri Hinterkaifeck, mari kita bahas lebih lanjut.

Kronologi Awal Misteri Hinterkaifeck

Kronologi Awal Misteri Hinterkaifeck

* sumber: cvltnation.com

Jumat tanggal 31 Maret 1922, asisten rumah tangga keluarga Gruber yang bernama Maria Baumgartner tiba diantarkan oleh adiknya. Adiknya singgah sebentar untuk beristirahat sebelum kemudian pulang. Pada malam yang sama setelah kedatangan Maria, keluarga Graber dibunuh beserta Maria. Anggota keluarga Gruber yang tewas adalah:

  1. Andreas Gruber (63 tahun, suami Cazillia Gruber), sebelah kanan wajahnya hancur dengan wajah berlumuran darah.
  2. Cazillia Gruber (72 tahun, istri Andreas Gruber), mata kanan memar, ada tujuh luka pukulan di kepala, salah satunya berbentuk segitiga, ada juga bekas cekikan dan tengkorak retak.
  3. Victoria Gabriel (35 tahun, ibu dari Cazilia dan Josef), ada luka berbentuk bintang sebanyak sembilan luka di kepala, bekas cekikan, sisi kanan wajah hancur akibat benda tumpul, tengkorak bagian atas ada luka akibat benda tumpul.
  4. Cazillia Gabriel (7 tahun, anak dari Victoria) rahang bawah hancur, cedera kepala berat, tengkorak pecah karena pukulan, lehernya terbuka menganga dengan luka melintang, ada luka di kanan wajahnya dan di jari tangannya ada rambut yang disebut sebagai bukti ketakutannya sehingga menarik rambutnya sendiri.
  5. Josef Gabriel (2 tahun, anak dari Victoria), dipukul secara kejam di bagian wajah.

Pada tanggal 1 April 1922, Hans Schirovsky dan Eduard Schirovesky tiba di Hinterkaifeck untuk mengantarkan pesanan. Karena setelah mengetuk pintu nggak ada respons, mereka berjalan-jalan di ladang tapi nggak menemukan siapa pun. Mereka cuma melihat pintu gudang yang terbuka tapi mereka nggak masuk ke sana.

Cazillia Gabriel sudah beberapa hari nggak masuk sekolah. Orang tuanya pun nggak terlihat hadir di gereja. Josef Mayer pada tanggal 3 April datang ke Hinterkaifeck untuk mengantar surat dan melihat surat yang dia tinggalkan 2 hari sebelumnya masih tersimpan di tempat yang sama tapi dia nggak melihat siapa pun di ladang.

Albert Hofner, petugas servis mesin datang ke Hinterkaifeck pada 4 April untuk memperbaiki mesin di ladang. Dia mendengar suara binatang dan suara anjing di gudang tapi dia acuhkan dan mulai bekerja. Setelah 4,5 jam dia bertemu Lorenz Schlittenbauer yang merupakan anak dari tetua di sekitar Hinterkaifeck dan menyatakan bahwa pekerjaannya untuk keluarga Gruber sudah selesai.

Hinterkaifeck 1

* sumber: 66.media.tumblr.com

Lorenz kemudian menyuruh anaknya Johann dan Josef untuk pergi ke Hinterkaifeck. Lorenz merasa aneh karena sudah lama nggak ada kontak dari mereka. Mereka nggak melihat siapa pun, sampai dia merasa janggal. Akhirnya Lorenz sendiri yang menyambangi Hinterkaifeck. Dia hendak mencari tahu karena ini di luar kebiasaan.

Dia ditemani Michael Poll dan Jacob Sigl memeriksa keadaan di Hinterkaifeck dan menemukan tubuh Andreas, istrinya Cazillia, anaknya Victoria Gabriel dan cucunya Cazillia sudah tewas di gudang. Mereka kemudian masuk ke dalam dan menemukan asisten rumah tangga, Maria dan Josef meninggal di dalam rumah.

Investigasi Polisi terhadap Hinterkaifeck

Investigasi Polisi terhadap Hinterkaifeck

* sumber: i2.wp.com

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menduga bahwa para korban yang dibawa paksa ke gudang merasa gelisah, ketakutan dan mencoba mencari pertolongan sehingga membuat suara hewan di sekitar gudang gaduh. Itu menyebabkan suara teriakan dari dalam gudang menjadi nggak terdengar oleh orang-orang sekitar.

Dari hasil rekonstruksi, polisi menyimpulkan bahwa Victoria merupakan orang pertama yang dibunuh di dalam gudang. Setelah itu sang pembunuh menghabisi Cazillia Gruber, Andreas Gruber dan akhirnya Cazillia Gabriel. Sementara di dalam rumah, Maria merupakan orang yang pertama dibunuh sebelum anak paling kecil di keluarga yaitu Josef dihabisi juga nyawanya.

Polisi berasumsi bahwa pembunuh sudah berada di sekitar ladang bahkan di dalam rumah jauh sebelum melakukan aksinya. Atap rumah sempat dicurigai menjadi akses masuk pembunuh tapi asumsi itu gugur setelah diketahui bahwa Andreas dan Victoria mempunyai hubungan asmara inses dan tempat itu mereka pakai untuk menjauhkan diri dari anggota keluarga yang lain.

Kejanggalan Misteri Hinterkaifeck

Kejanggalan Misteri Hinterkaifeck

* sumber: gagersdaily.com

Banyak kejadian aneh terjadi sebelum terjadinya pembantaian Hinterkaifeck. Enam bulan sebelum kejadian, Maria ingin mengundurkan diri karena merasa bahwa ada hantu di rumah tempat mereka tinggal. Andreas pernah menemukan surat kabar lokal dari Munich yang dia rasa nggak pernah dia beli apalagi nggak ada seorang pun di sekitarnya yang berlangganan surat kabar tersebut.

Beberapa hari sebelum kejadian Hinterkaifeck, Andreas juga menemukan jejak langkah di salju dari hutan menuju gudang mesin di lahan pertaniannya. Pada waktu yang sama, para anggota Gruber yang lain menyatakan kunci rumah mereka hilang.

Pada malam harinya, Andreas mendengar suara langkah tapi ketika dicari dia nggak menemukan apa-apa dan nggak mau lapor pada polisi. Teman dari Cazillia menyatakan dia melihat ibu temannya itu sempat lari ke hutan pada malam hari sebelum kejadian, dia juga mendengar seperti ada tindakan kekerasan dan beberapa jam kemudian tubuhnya ditemukan di hutan.

Selain itu, beberapa anggota keluarga Gruber juga pernah melihat ada seseorang berkumis yang berdiri di ujung hutan dan sedang melihat ke arah rumah yang mereka tempati. Kejanggalan-kejanggalan itulah yang membuat pembantaian Hinterkaifeck berubah menjadi misteri Hinterkaifeck. Banyak pertanyaan yang nggak ada jawabannya.

Kemungkinan Tersangka dalam Misteri Hinterkaifeck

Kemungkinan Tersangka dalam Misteri Hinterkaifeck

* sumber: upload.wikimedia.org

Pembunuhan di Hinterkaifeck begitu sulit dipecahkan oleh polisi. Walaupun begitu ada seseorang yang disebut-sebut paling mungkin menjadi pelakunya. Dia adalah Karl Gabriel. Karl adalah suami Victoria yang dinyatakan tewas pada Perang Dunia I tapi mayatnya nggak pernah ditemukan.

Victoria melahirkan Josef pada saat Karl pergi untuk berperang. Itu membuat Karl berang karena mengetahui hubungan inses antara istri dan ayah mertuanya. Pembunuhan itu diyakini sebagai upaya Karl untuk balas dendam apalagi yang menjadi sasaran kemarahannya adalah Victoria dan Cazillia Gabriel, anaknya.

Kemungkinan tersangka kedua adalah Lorenz Schlittenbauer. Setelah kematian istri pertamanya, banyak yang menduga bahwa Lorenz mempunyai hubungan spesial dengan Victoria dan menjadi ayah biologis dari Josef.

Selain itu hubungan gelapnya dengan Victoria sangat memungkinkan dia mendapat kunci rumah dan gudang sehingga dia bisa mudah masuk tanpa dicurigai. Ada juga yang mengatakan motifnya karena dia marah pada Victoria dan nggak mau memberi dukungan finansial untuk Josef. Walau begitu Lorenz nggak terbukti sebagai pembunuh setelah melewati proses pengadilan.

Selain Karl Gabriel dan Lorenz Schittenbauer, ada beberapa kemungkinan tersangka lain dalam misteri Hinterkaifeck tapi mereka semua nggak punya bukti dan motif yang kuat untuk ditetapkan secara resmi menjadi tersangka oleh Polisi. Karena itulah, sampai sekarang misteri Hinterkaifeck belum terpecahkan.

Itulah ulasan tentang misteri Hinterkaifeck, pembantaian yang belum terpecahkan. Bagaimana menurutmu tentang misteri Hinterkaifeck ini? Apakah masuk akal? Apakah mungkin suatu hari nanti akan terpecahkan? Kalau punya informasi tambahan atau ingin berbagi pandangan, kolom komentar sudah disediakan. Baca juga misteri pembunuhan ratu kecantikan anak-anak dalam artikel misteri Jonbenet Ramsey.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *