Bacaterus / Misteri Jawa Timur / Inilah Misteri Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Inilah Misteri Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Semeru memang sudah familiar di telinga kita, terutama bagi Anda para pendaki atau masyarakat yang berdomisili di Jawa Timur. Pesona keindahan Gunung Semeru membuat sutradara kawakan, Rizal Mantovani, membuat sebuah film berjudul 5 cm dengan lokasi syuting di Gunung Semeru.

Memiliki panorama yang indah bukan berarti tidak ada cerita misteri Gunung Semeru yang akan membuat bulu kuduk Anda meremang. Sama seperti gunung-gunung lainnya, Semeru juga menyimpan beberapa kisah misteri atau mitos yang nampak seperti di luar nalar. Bacaterus sudah merangkum beberapa misteri Gunung Semeru yang paling terkenal di kalangan masyarakat maupun para pendaki.

Hantu wanita di Ranu Kumbolo

Hantu wanita di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah salah satu spot favorit bagi para pendaki. Panorama danau dengan air yang jernih akan memanjakan mata Anda ketika tiba di Ranu Kumbolo. Tak heran jika banyak pendaki yang mendirikan tenda di dataran luas yang berada di tepi Ranu Kumbolo ini.

Namun, ada sebuah cerita misteri Gunung Semeru yang berlokasi di Ranu Kumbolo. Cerita ini berkaitan dengan hantu wanita yang kerap kali menampakan diri di danau Ranu Kumbolo pada saat malam bulan purnama. Hantu wanita cantik ini nampak mengenakan baju kebaya berwarna kuning.

Penampakan hantu yang dipercaya sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo ini cukup dramatis. Pada awalnya, muncul gumpalan kabut tebal lalu perlahan-lahan kabut ini akan membentuk sosok wanita dengan pakaian berwarna kuning tersebut. Meskipun menurut masyarakat setempat hantu ini tidak mengganggu, tapi tetap saja Anda akan merinding bila bertemu langsung dengan sosok ini.

Jangan memancing di Ranu Kumbolo

Jangan memancing di Ranu Kumbolo

Masih membahas kisah misteri Gunung Semeru di Ranu Kumbolo. Selain dikenal sebagai danau yang airnya jernih, di dalam Ranu Kumbolo juga terdapat berbagai jenis ikan. Oleh karena itu, banyak pendaki yang memancing di sini untuk mengisi waktu luang. Padahal, masyarakat setempat sudah membuat larangan bagi siapa pun untuk tidak memancing di Ranu Kumbolo.

Konon, di dalam danau ini terdapat begitu banyak ikan, salah satunya adalah ikan mas. Namun, masyarakat setempat percaya bahwa ikan-ikan mas di sini adalah dayang dari dewi penunggu Ranu Kumbolo. Jadi, untuk mencegah dewi tersebut murka dan timbul hal-hal yang tidak diinginkan, maka setiap pendaki atau siapa saja yang berkunjung ke Gunung Semeru dilarang untuk memancing.

Mitos tentang Tanjakan Cinta

Mitos tentang Tanjakan Cinta

Tak jauh dari Ranu Kumbolo terdapat sebuah tanjakan yang tidak terlalu tinggi, tapi cukup untuk membuat nafas Anda tersengal-sengal karena kelelahan mendaki tanjakan ini. Nama tanjakan tersebut adalah Tanjakan Cinta. Bahkan, film 5 cm pun pernah menggunakan tanjakan ini sebagai lokasi di salah satu scene-nya.

Menurut mitos yang beredas luas, barangsiapa uang berhasil naik di Tanjakan Cinta ini tanpa istirahat atau menoleh ke belakang, maka harapan cintanya akan terkabul. Anda bisa segera bersanding dengan pria atau wanita yang selama ini Anda idamkan. Namun, tentu saja tidak mudah untuk menaklukkan Tanjakan Cinta karena selalu ada saja halangan untuk menoleh ke belakang.

Arcopodo, patung prajurit yang misterius

Arcopodo, patung prajurit yang misterius

Arcopodo merupakan kisah misteri Gunung Semeru yang cukup terkenal. Arcopodo merupakan dua patung yang konon merupakan jelmaan prajurit Kerajaan Majapahit. Hanya orang-orang yang memiliki indera keenam saja yang dapat menemukan Arcopodo ini. Lokasi Arcopodo ini berada di pos terakhir pendakian sebelum Anda mencapai Puncak Semeru.

Sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahui pasti seberapa besar ukuran Patung Arcopodo ini. Ada yang mengatakan bahwa ukuran patung kembar ini sebesar anak kecil, tetapi ada juga yang pernah melihat patung ini dan menuturkan bahwa ukuran yang sebenarnya sangat besar hingga sebesar raksasa.

Kesurupan di Kelik

Kesurupan di Kelik

Kelik merupakan salah satu kawasan di Gunung Semeru. Banyak batu in memoriam dari orang-orang yang meninggal di Semeru ini dipajang di kawasan Kelik ini. Nama sebesar Soe Hok Gie juga terukir dalam batu in memoriam di Kelik.

Sekilas kawasan ini memang nampak seperti biasa-biasa saja. Namun, yang membuat Kelik dianggap sebagai kawasan angker di Gunung Semeru adalah banyaknya kasus kesurupan yang terjadi di Kelik. Korbannya bisa siapa saja, baik pria maupun wanita. Roh yang masuk ke dalam tubuh korban bisa merupakan roh dari manusia maupun binatang.

Zona tengkorak Blank 75

Zona tengkorak Blank 75

Bagi para pendaki yang sudah terbiasa mendaki Gunung Semeru pasti sudah pernah mendengar tentang Blank 75. Ini merupakan zona tengkorak atau jalur maut, di mana banyak pendaki yang hilang dan tersesat di kawasan ini.

Bila Anda ingin mendaki Puncak Mahameru, Anda pasti naik dan turut melewati Blank 75 ini. Kawasan ini memiliki jurang-jurang yang sangat curam. Nama Blank 75 ini sendiri juga didapat dari kedalaman jurang di kawasan ini yang rata-rata bisa mencapai 75 meter.

Mengingat zona ini sangat berbahaya, maka setiap pendaki yang melalui kawasan Blank 75 harus ekstra hati-hati. Jangan sampai Anda tergesa-gesa ketika melewati Blank 75 agar tidak terjadi musibah atau kecelakaan bagi diri Anda sendiri maupun orang terdekat.

Keberadaan mahluk halus di Gunung Semeru

Keberadaan mahluk halus di Gunung Semeru

Berbicara mengenai misteri Gunung Semeru memang tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas seputar penampakan mahluk astral yang berada di gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut ini. Sama seperti Gunung Merbabu atau Gunung Lawu, di Gunung Semeru juga ada sejumlah penampakan mahluk halus. Biasanya para pendaki yang sering melihat penampakan mahluk astral ini.

Di awal pendakian Anda akan melintasi sebuah jembatan kecil yang terbuat dari kayu. Trek di jembatan ini cukup teduh karena sinar matahari terhalang oleh rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar sini. Akan tetapi, tempat yang gelap dan lembab seperti inilah yang paling disukai oleh mahluk halus.

Menurut penuturan dari para pendaki, mereka sering melihat sosok wanita yang berdiri di jembatan ini. Penampakan ini sering keluar pada saat senja menjelang maghrib.

Ranu Kumbolo memang menyimpan cerita misteri seputar dewi yang menunggu danau tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa ada kisah seram lainnya yang menaungi danau ini? Pernah ada seorang pendaki yang tidak bisa tidur dan memutuskan untuk duduk-duduk di depan tenda. Akan tetapi, betapa terkejutnya si pendaki ini tatkala tiba-tiba melihat 3 sosok pocong yang terbang di sebelah tenda mereka.

Misteri Gunung Semeru

Setelah membahas seputar misteri Gunung Semeru, apakah Anda masih ingin menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini? Sejatinya di setiap gunung tentu ada “penunggunya” masing-masing. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda harus mengurungkan niat untuk mendaki.

Selama Anda berpikiran dan berperilaku positif, maka percayalah bahwa Anda akan selamat ketika mendaki atau menuruni gunung. Pastikan untuk selalu berdoa sebelum memulai pendakian Gunung Semeru ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *