Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

Misteri Gunung Rinjani, Gunung Cantik yang Mistis

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Tempat wisata di Lombok tidak hanya terbatas pada wisata pantai saja. Di Lombok juga terdapat gunung yang terkenal dengan pemandangannya yang sangat cantik, yaitu Gunung Rinjani. Pemandangan paling fenomenal dari gunung ini adalah danau kawah Segara Anak yang dilihat dari ketinggian. Tak heran jika sampai saat ini Gunung Rinjani masih menjadi favorit bagi para pendaki.

Di balik pesona kecantikan Gunung Rinjani, ternyata ada beberapa kisah mistis yang menaungi gunung ini. Bacaterus sudah merangkum semua cerita misteri Gunung Rinjani dalam tulisan berikut ini.

Asal-usul Gunung Rinjani

Asal-usul Gunung Rinjani Misteri Gunung Rinjani

* sumber: kicknews.today

Sampai saat ini banyak masyarakat yang mengartikan nama Gunung Rinjani diambil dari Bahasa Jawa kuno, yakni “Rinjan” yang artinya Tuhan. Masyarakat percaya bahwa di atas gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini, kita bisa berdoa secara lebih dekat dengan Tuhan.

Namun, misteri Gunung Rinjani yang paling sering beredar di masyarakat adalah kisah seorang putri raja yang cantik bernama Anjani. Dikisahkan bahwa Anjani jatuh cinta kepada pria miskin dari kalangan yang biasa-biasa saja. Hal tersebut tentu saja ditentang oleh raja dan ratu yang merupakan orang tua Anjani. Akhirnya, Anjani memutuskan untuk bersemedi di sebuah gunung yang berada di Lombok.

Kala itu, jin-jin yang berada di gunung memutuskan untuk mengangkat Anjani sebagai penguasa gunung tersebut. Anjani hilang dan tidak pernah kembali lagi ke kerajaan. Konon, beliau telah menjelma sebagai Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani.

Di waktu-waktu tertentu, beberapa pendaki mengaku pernah melihat penampakan bangunan seperti istana di Segara Muncar, kaldera lautan debu di puncak ke arah tenggara. Menurut masyarakat sekitar itu adalah istana gaib Dewi Anjani yang dianggap sebagai penguasa di gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.

Membaca umur di Segara Anak

Membaca umur di Segara Anak

* sumber: www.trekkingrinjani.com

Daya tarik dari Gunung Rinjani tak lepas dari pesona danau kawah Segara Anak yang sangat mempesona. Kecantikan Segara Anak memang sering diabadikan dalam lensa kamera. Akan tetapi, ada mitos yang beredar di kalangan pendaki bahwa Anda bisa membaca umur sendiri melalui Segara Anak.

Apabila danau ini terlihat luas di mata kita, maka itu artinya umur kita akan panjang. Sementara itu, jika danau ini terlihat sempit, maka usia kita tidak lama lagi. Benar atau tidaknya kepercayaan ini hanyalah sebuah mitos. Sisi positifnya, kita diingatkan untuk selalu berbuat baik karena kita tidak tahu sampai kapan akan hidup di dunia.

Pemukiman jin di Gunung Baru

Pemukiman jin di Gunung Baru

* sumber: appreciategoods.com

Jika Ada memandang ke Segara Anak, terdapat sebuah gunung kecil yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Itu adalah Gunung Baru yang terjadi karena aktivitas Gunung Rinjani. Meskipun ukurannya sangat kecil, Gunung Baru terlihat sesekali mengeluarkan asap gunung berapi.

Sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Rinjani percaya bahwa Gunung Baru adalah tempat bermukimnya para jin yang tinggal di Gunung Rinjani. Konon, jin-jin tersebut hendak membangun sesuatu di atas Gunung Baru ini. Hal ini terlihat dari batuan yang tersusun sangat rapi di kaki Gunung Baru.

Gua Susu untuk menyempurnakan ilmu gaib

Gua Susu untuk menyempurnakan ilmu gaib

* sumber: otongmarutong.blogspot.co.id

Bukan cuma Alas Purwo yang menjadi tempat untuk menyempurnakan ilmu gab, sebuah gua di Gunung Rinjani juga menjadi tempat bagi golongan tertentu yang ingin menyempurnakan ilmu supranaturalnya. Misteri Gunung Rinjani yang kali ini berhubungan dengan ilmu gaib. Ada sebuah gua yang bernama Gua Susu di Gunung Rinjani yang memang menjadi tempat untuk menyempurnakan ilmu gaib.

Kesan angker bisa langsung terasa ketika Anda memasuki pintu Gua Susu. Di depan pintu banyak digantung kain-kain putih yang biasanya dipakai untuk peribadatan golong tertentu di Gua Taman yang letaknya memang tidak jauh dari Gua Susu.

Nah, Gua Susu ini sering menjadi tempat bersemedi bagi orang-orang yang ikan meningkatkan ilmu supranaturalnya. Akan tetapi, tidak semua orang bisa bersemedi di sini. Jika seseorang tersebut memiliki niat jahat, maka orang itu dapat meninggal di Gua Susu yang suhunya sangat panas karena dekat dengan sumber air panas.

Area terlarang di Gunung Rinjani

Area terlarang di Gunung Rinjani

* sumber: liburmulu.com

Mitos seputar area terlarang di Gunung Rinjani ini memang belum pasti benar keberadaannya. Mitos ini hanya beredar di kalangan pendaki dan juru kunci gunung ini. Pada awalnya, misteri Gunung Rinjani seputar area terlarang ini memang belum bisa dibuktikan. Sampai suatu saat ada seorang pendaki yang nekat untuk membuktikan bahwa mitos ini tidak benar.

Dengan perbekalan yang lengkap dan sejumlah alat navigasi yang canggih, pendaki ini nekat untuk memasuki area terlarang itu seorang diri. Ia percaya bahwa manusia adalah mahluk yang paling mulia di muka bumi sehingga dapat memasuki tempat apapun yang diinginkan. Namun nahas, pendaki ini tidak pernah kembali. Bahkan, jasadnya pun tidak pernah ditemukan.

Menurut paranormal sekitar, pendaki ini telah hidup di alam jin karena sudah nekat melanggar mitos yang sudah dipecaya sejak lama itu. Bacaterus juga belum bisa menemukan posisi pasti area terlarang di Gunung Rinjani itu. Apakah Anda sendiri berniat untuk turut membuktikannya?

Ibadah dan ritual Gunung Rinjani

Ibadah dan ritual Gunung Rinjani

* sumber: www.qodri.com

Gunung Rinjani sangat kental dengan daya magisnya yang sangat misterius. Beberapa golongan penganut paham tarekat menunaikan ibadah haji ke Gunung Rinjani.

Di samping itu, misteri Gunung Rinjani yang dihuni oleh Dewi Anjani juga menjadi alasan mengapa sampai sekarang banyak yang mengadakan upacara adat di puncak Rinjani. Konon, puncak gunung adalah tempat tinggal bagi penguasa Gunung Rinjani dari kerajaan jin yang baik.

Upacara ritual ini digelar untuk menghormati Dewi Anjani yang menjaga Gunung Rinjani. Oleh karena itu, puncak gunung dianggap sebagai tempat suci bagi masyarakat sekitar.

Masyarakat Sasak Lombok mengatakan bahwa sebenarnya puncak Gunung Rinjani yang sesungguhanya tidak pernah terjangkau oleh manusia. Pasalnya, puncak yang saat ini kita lihat adalah puncak semu. Hal ini terjadi lantaran puncak Gunung Rinjani yang sesungguhnya adalah tempat bagi kerajaan gaib Dewi Anjani.

Hantu penarik kaki pendaki

Hantu penarik kaki pendaki

Pengalaman mengenai mahluk gaib yang kerap kali menarik kaki pendaki ini pernah dialami oleh beberapa orang pendaki. Di rute pendakian dari Segara Anak ke Plawangan Senaru terdapat trek batu yang di sampingnya adalah bibir tebing. Ketika melalui trek ini, kaki akan seperti tertarik ke bawah.

Seorang pendaki pernah mengalami kejadian ini. Padahal, sehari sebelumnya pendaki asal Malaysia tewas terjatuh ke pinggir tebing di samping trek ini. Usut punya usut ternyata ada mahluk gaib yang suka menarik kaki pendaki agar terjatuh.

Adanya beberapa cerita misteri Gunung Rinjani ini tidak lantas membuat nyali para pendaki surut untuk menaklukkan puncak gunung berapi kedua tertinggi setelah Gunung Kerinci ini. Demi keselamatan Anda dan rekan pendakian lainnya, sebaiknya mulailah pendakian dengan berdoa terlebih dahulu. Jangan biarkan pikiran kosong saat mendaki dan hindari berbicara yang tidak sopan saat mendaki gunung mana pun.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment