Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 6 Misteri Gunung Padang, Situs Megalitikum Tertua di Dunia

6 Misteri Gunung Padang, Situs Megalitikum Tertua di Dunia

Pernah mendengar tentang Gunung Padang? Meskipun namanya Gunung Padang, ternyata lokasinya bukan di Padang, Sumatera Barat, tetapi letaknya berada di Cianjur, Jawa Tengah. Gunung Padang adalah situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Sekedar informasi, megalit adalah batu besar yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen.

Sebagai situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara, tentu banyak teori konspirasi yang mengarah pada misteri Gunung Padang. Bahkan, tempat ini juga dianggap keramat bagi masyarakat setempat. Nah, Bacaterus telah merangkum sejumlah informasi mengenai misteri Gunung Padang. Yuk, cari tahu mengenai misteri yang tersimpan di situs megalitikum tertua di Indonesia itu.

6 Misteri Gunung Padang

1. Situs Megalitikum Terbesar dan Tertua

Misteri Gunung Padang

Misteri Gunung Padang yang masih menjadi tanda tanya besar hingga saat ini adalah usia dari situs megalitikum tersebut. Gunung Padang diklaim sebagai situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara, bahkan di dunia.

Hal tersebut ditunjukkan dengan terdapat luas 900 meter persegi pada bagian permukaan yang menjadi komplek utama situs ini. Batu vulkanik berbentuk persegi tampak tersusun rapi dan bertingkat-tingkat sehingga disebut sebagai punden berundak. Gunung Padang disebut sebagai situs megalitikum yang paling besar di Asia Tenggara, bahkan para peneliti mengatakan gunung ini bisa menjadi situs megalitikum yang terbesar di dunia.

Berbagai riset telah melakukan penelitian untuk mengetahui usia Gunung Padang. Penelitian dalam negeri yang melibatkan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) mengklaim bahwa Gunung Padang kemungkinan besar menjadi peninggalan peradaban tertua di bumi.

Untuk menentukan usia Gunung Padang, peneliti menguji karbon pada sampel yang diambil di beberapa titik. Badan Tenaga Atom Nasional Amerika yang berpusat di Miami telah merilis hasil uji karbon di sampel coring Gunung Padang. Hasilnya, usia situs Gunung Padang telah mencapai 11 ribu tahun. Bahkan, temuan pada kedalaman lapisan 5-12 meter diperkirakan memiliki usia yang lebih tua, yakni 25 ribu tahun SM.

2. Misteri Harta Karun Gunung Padang

Misteri Harta Karun Gunung Padang

Terlepas dari berbagai hal gaib seputar Gunung Padang, ternyata ada sebuah misteri Gunung Padang yang menarik perhatian banyak orang. Ya, isu mengenai harta karun yang tertimbun di bawah Gunung Padang memang cukup menghebohkan. Apalagi lokasi situs ini memang tidak jauh dari tambang emas Cikondang.

Banyak orang yang tertarik untuk mencari harta karun Gunung Padang. Namun setelah bertahun-tahun melakukan ekskavasi, tetap tidak ditemukan emas di situs tersebut. Yang ada di Gunung Padang hanya gerabah dan tumpukan batu balok. Sampai saat ini tak ada yang mengetahui kebenaran mengenai harta karun Gunung Padang.

3. Makhluk Penunggu Gunung Padang

Sebagai situs peninggalan zaman prasejarah yang sudah berusia puluhan ribu tahun, tentu saja selalu ada cerita misteri yang menaungi Gunung Padang. Salah satu cerita misteri Gunung Padang yang cukup membuat merinding adalah keberadaan makhluk halus penunggu situs ini.

Makhluk halus yang menunggu Gunung Padang digambarkan sebagai sosok pria tua dengan pakaian seperti jubah panjang berwarna hitam, lalu rambut putih panjangnya nampak tergerai. Postur tubuh makhluk ini tak wajar karena tingginya seperti raksasa dan tampak membungkuk.

Sosok astral ini jarang menampakkan diri kepada manusia. Hanya segelintir orang saja yang pernah melihat sosok mengerikan ini. Bahkan, sekalipun Anda bersemedi di Gunung Padang, belum tentu Anda dapat melihat makhluk gaib penunggu Gunung Padang itu.

4. Misteri Batu Berbunyi

Batu-batu yang berada di Gunung Padang juga tak luput dari perhatian masyarakat. Pasalnya, batu-batu yang nampak tidak beraturan ini dapat mengeluarkan bunyi atau nada tertentu ketika dipukul.

Hal ini rupanya menjadi misteri Gunung Padang yang menarik perhatian sinden, dalang, dan seniman untuk bersemedi di dekat batu-batu tersebut. Nampaknya mereka percaya bahwa semedi di dekat batu-batuan tersebut dapat meningkatkan kualitas atau performa pribadi saat berkarya.

Terlepas dari hal gaib seputar batu-batu berbunyi di Gunung Padang, ternyata batu seperti itu bukan satu-satunya di dunia. Masyarakat zaman tersebut sudah mengenal musik lifotonik purba dan batu-batuan sejenis itu juga pernah ditemukan di tempat lain di Asia Tenggara.

Setelah dites menggunakan metode FFT, batu ini memiliki nada f-g-d-a, sedangkan beberapa batuan lain memiliki frekuensi yang tinggi hingga interval 2683Hz – 5171Hz. Kemungkinan besar orang-orang zaman dulu sudah memainkan musik dengan memukul batu-batu tersebut.

5. Keangkeran Jalan Menuju Gunung Padang

Untuk sampai ke Gunung Padang Anda harus melewati jalan di tengah hutan dan tentunya jalanan tersebut juga belum diaspal. Sebuah akun bernama Jowant di situs jadiberita.com membagikan pengalamannya saat melakukan perjalanan menuju Gunung Padang pada malam hari.

Ketika si penulis melintasi hutan, penulis ini bertemu dengan seorang pengendara motor yang berjalan di depan mereka. Akhirnya, mereka mengikuti sepeda motor di depannya. Setiap melintasi pohon-pohon besar, sepeda motor di depannya ini selalu membunyikan klakson seperti tanda permisi.

Setelah berpisah dengan pengendara motor, rombongan penulis ini melewati sebuah rumah kosong yang gelap. Mereka mencium aroma melati yang menyengat dari rumah tersebut. Namun setelah membaca doa di dalam hati, bau melati itu berangsur-angsur hilang.

Setibanya di gerbang masuk situs megalitikum Gunung Padang, mereka berhenti di sebuah warung yang masih buka. Ketika berbincang-bincang dengan orang yang masih berada di warung, orang tersebut mengakui keberanian rombongan si penulis ini karena berani melintasi jalur tadi pada malam hari.

Pasalnya, menurut warga setempat mereka sering mendapatkan gangguan makhluk halus ketika lewat di jalur itu saat hari sudah gelap. Bahkan, ada tukang ojek yang mengaku pernah membonceng kuntilanak saat melewati jalan menuju gerbang situs Gunung Padang pada malam hari.

Belakangan, salah satu teman dari penulis cerita ini mengaku melihat bola api yang terbang mengikuti saat mereka sudah berpisah dengan pengendara motor yang berada di depan mereka. Namun, ia tak berani untuk membicarakannya saat masih berada di jalur tersebut.

6. Istana Keraton Prabu Siliwangi

Istana Keraton Prabu Siliwangi

* sumber: www.lyceum.id

Misteri Gunung Padang yang berikut ini memang sudah sangat terkenal. Keberadaan Gunung Padang sering dikait-kaitkan sebagai jejak peninggalan sejarah Prabu Siliwangi. Konon, Gunung Padang merupakan bekas keraton Prabu Siliwangi yang dibangun hanya dalam waktu semalam. Kemudian, ada yang mengatakan bahwa situs ini sebenarnya adalah istana gaib dari Prabu Siliwangi.

Menurut Juru Pelihara Gunung Padang, Nanang, dirinya memang pernah mendengar cerita-cerita tersebut. Di situs Gunung Padang memang pernah dibangun keraton tetapi hancur dimakan waktu. Diduga sosok di balik pembangunan keraton di Gunung Padang ini adalah Prabu Siliwangi. Bahkan, sang prabu juga pernah tinggal di keraton tersebut selama beberapa waktu.

Beragam misteri Gunung Padang ini tentu membuat situs megalitikum ini jadi terlihat semakin istimewa. Kalau menurut Anda Gunung Padang tidak terlalu seram, mungkin Anda bisa menjajal tempat angker lain di artikel tempat angker di Cianjur.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment