Bacaterus / Misteri Jawa Tengah / Inilah Misteri Gunung Merbabu yang Ditakuti Para Pendaki

Inilah Misteri Gunung Merbabu yang Ditakuti Para Pendaki

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Tengah pasti sudah akrab sekali dengan Gunung Merbabu, bukan? Gunung berapi ini memang menjadi favorit di kalangan pendaki.

Sudah menjadi rahasia umum jika panorama di Gunung Merbabu ini luar biasa mempesona. Ada padang rumput hijau yang asri dan juga puncak di mana kita bisa memandang gunung-gunung lain di Jawa Tengah, seperti Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Pendaki gunung tentu sudah akrab dengan mitos atau cerita misteri yang selalu ada di setiap gunung. Sebagai “tetangga” dari Gunung Merapi, tentu saja Gunung Merbabu ini juga memiliki kisah-kisah mistis yang beredar di kalangan pendaki. Bacaterus sudah merangkum sejumlah misteri Gunung Merbabu yang paling ditakuti oleh para pendaki.

Hantu gadis pendaki gunung

Misteri Gunung Merbabu

Hantu memiliki berbagai macam wujud. Bahkan, terkadang mereka dapat menjelma seperti manusia. Sebagai manusia, kita sendiri sering terkecoh dengan sosok hantu yang tampak serupa dengan manusia. Pun begitu dengan misteri Gunung Merbabu yang satu ini. Konon, ada sosok hantu gadis pendaki gunung yang pernah menampakkan diri di depan salah seorang pendaki.

Kala itu, seorang pendaki bernama Budi tiba-tiba terpisah dengan teman-temannya. Ia terpisah dengan rombongannya ketika berada di Pos 1. Budi asyik mengambil foto di sekitar situ sehingga tak sadar bahwa teman-temannya sudah meninggalkannya jauh di depan. Setelah beberapa saat barulah Budi sadar bahwa ia ketinggalan dengan rombongannya.

Budi memutuskan untuk mengejar teman-temannya, tapi di tengah perjalanan ia bertemu dengan seorang gadis yang juga menggunakan atribut pendaki gunung. Gadis itu mengaku bahwa ia juga ketinggalan oleh rombongannya. Merasa senasib, akhirnya Budi dan si gadis itu melanjutkan perjalanan sembari ngobrol.

Keanehan mulai dirasakan Budi ketika sudah 4 jam Budi tidak mencapai pos berikutnya. Padahal, bukan sekali Budi mendaki Gunung Merbabu ini, ia sudah 4 kali melewati Jalur Tekhelan di Gunung Merbabu itu. Akhirnya, Budi memutuskan untuk bermalam dengan mendirikan tenda.

Gadis yang bersamanya tadi tidur di tenda, sedangkan Budi di luar tenda memakai sleeping bag. Ketika subuh, si gadis itu membangunkan Budi dan berpamitan ingin melanjutkan perjalanan, tapi karena Budi masih mengantuk ia hanya mengiyakan saja dan melanjutkan tidur.

Hantu gadis pendaki gunung

Pukul 8 pagi, Budi bangun dan ia kaget posisinya tiba-tiba berada di pinggir tebing sekitar 200 meter dari Watu Gubug. Ia bergegas membereskan tenda dan bermaksud menyusul rombongannya di puncak. 5 meter dari posisinya saat itu terdapat tas milik gadis misterius itu. Budi mengira itu adalah tas yang tidak sengaja tertinggal. Budi memutuskan membawa tas itu dan memberikannya pada gadis tadi saat bertemu di puncak.

Sesampainya di puncak, Budi menemui teman-temannya dan langsung menanyakan keberadaan gadis itu. Teman-temannya mengatakan bahwa tidak ada pendaki lain selain rombongannya.

Budi masih tidak curiga dan bermaksud mengantarkan tas itu ke alamat yang terdapat di tanda pengenal di dalam tas. Ketika ia sampai di rumah gadis itu, Budi bertemu ibunya dan memberitahukan maksud kedatangannya. Namun, ibu itu menangis dan mengajak Budi ke belakang. Di belakang rumah terdapat batu nisan dengan tulisan nama gadis itu.

http://www.electricisart-bogipower.com/2014/09/

Ternyata gadis itu adalah salah seorang pendaki yang hilang di Gunung Merbabu pada tahun 2009 dan jasadnya tidak pernah ditemukan. Yang membuat misteri Gunung Merbabu yang satu ini jadi lebih mencekam, kejadian yang dialami Budi terjadi pada 2012, yang artinya si gadis ini sudah menghilang 3 tahun tanpa jejak.

Sosok macan gaib

Sosok macan gaib

Menurut masyarakat sekitar Gunung Merbabu, di gunung setinggi 3.145 meter di atas permukaan laut ini sudah tidak ada lagi macan. Namun, para pendaki percaya bahwa ada sosok macan gaib yang sering terdengar aumannya tapi tidak terlihat wujudnya.

Pada tahun 2008 ditemukan jasad seorang pendaki wanita yang tewas dengan bekas terkaman dan gigitan hewan buas, seperti macan, di tubuhnya. Padahal, menurut masyarakat setempat sudah tidak ada lagi habitan macan loreng di hutan-hutan Gunung Merbabu. Kehadiran macan gaib ini juga menjadi momok bagi para pendaki.

Watu Gubug, pintu kerajaan gaib

Watu Gubug, pintu kerajaan gaib

Ketika Anda mendaki melalui Jalur Thekelan, Anda akan melihat tumpukan batu-batu besar yang membentuk pintu seperti gua. Tumpukan batu ini bernama Watu Gubug. Melihat dari ukuran pintunya yang sangat sempit, maka Anda pasti menerka bahwa Watu Gubug hanya bisa dimasuki oleh 1 orang saja. Namun, tanpa terduga kadang-kadang Watu Gubug bisa dimasuki lebih dari 1 orang.

Konon, apabila Anda bisa masuk ke dalam gua kecil itu, maka “penjaga” kerajaan gaib sudah merestui manusia masuk ke alam mereka. Namun, tidak semua orang dapat memasuki Watu Gubug ini karena ada juga beberapa orang yang kesulitan saat memasuki pintu Watu Gubug ini.

Hantu minta gendong yang sering mengganggu

Pasar Dieng Gunung Merbabu

Membicarakan soal pasar setan, ternyata bukan cuma Gunung Slamet saja yang punya pasar setan, Gunung Merbabu pun juga punya pasar setan, yang bernama Pasar Dieng. Anda akan melintasi Pasar Dieng ketika hendak menuju puncak Kentheng Songo.

Ada berbagai misteri Gunung Merbabu yang terjadi di Pasar Dieng, tetapi hanya ada satu cerita yang paling membekas di hati, yakni keberadaan hantu yang minta gendong kepada para pendaki. Wujud hantu ini memang tidak terlihat jelas oleh pendaki itu. Namun, pendaki yang “menggendong” hantu ini akan merasakan keberatan yang tidak wajar di area pundak dan punggung.

Hantu yang kerap kali meminta gendong ini seringkali memilih pendaki yang sering mengeluh. Nah, apakah Anda juga termasuk pendaki yang sering mengeluh? Awas, nanti ada hantu yang menumpang gendong di punggung Anda!

Penampakan genderuwo

Genderuwo

Dari semua misteri Gunung Merbabu yang kami bahas, semuanya berkaitan dengan mahluk astral. Pun begitu dengan misteri yang akan kami bahas kali ini, yakni tentang keberadaan Genderuwo yang sering menampakkan diri di hadapan para pendaki.

Genderuwo ini bertubuh besar, berburu, dan juga bertaring. Mahluk halus ini sering terlihat di Pos Bayangan II Jalur Cunthel. Kehadiran genderuwo ini bisa membuat para pendaki lari tunggang langgang karena ketakutan.

Selain misteri Gunung Merbabu yang sudah kami rangkum di atas, ada juga mitos yang beredar di kalangan pendaki mengenai keberadaan kerajaan gaib di salah satu puncak Gunung Merbabu. Benar atau tidaknya mitos ini, kita memang harus selalu menjaga sikap, perkataan, dan perilaku ketika di tempat asing.

Misteri Gunung Merbabu ini bukan untuk ditakuti. Namun, dengan adanya cerita-cerita mistis yang terjadi di Gunung Merbabu ini, maka diharapkan bagi Anda untuk selalu berhati-hati saat memutuskan untuk mendaki gunung ini. Pastikan Anda sehat secara jasmani dan rohani sebelum memulai pendakian di Gunung Merbabu atau gunung-gunung lainnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *