Bacaterus / Misteri Jabar Selatan / Misteri Gunung Galunggung, Gunung yang Punya Kekuatan Pelet

Misteri Gunung Galunggung, Gunung yang Punya Kekuatan Pelet

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejumlah gunung di Jawa Barat memang dikenal angker dan penuh misteri, sebut saja Gunung Salak, Gunung Ceremai, dan Gunung Tangkuban Parahu.

Di antara sejumlah gunung di Jawa Barat tersebut, ada satu gunung yang tidak kalah mistis dibanding ketiga gunung yang sudah kami sebutkan tadi. Gunung tersebut adalah Gunung Galunggung, gunung setinggi 2.168 meter di atas permukaan laut yang jaraknya sekitar 17 KM dari pusat Kota Tasikmalaya.

Cerita misteri Gunung Galunggung yang beredar luas di masyarakat mungkin terdengar sedikit tak lazim. Nah, lantas apa semua misteri di balik kokohnya Gunung Galunggung ini? Simak ulasan yang sudah dirangkum oleh Bacaterus berikut ini.

Letusan dahsyat yang menewaskan ribuan jiwa

Letusan dahsyat yang menewaskan ribuan jiwa Misteri Gunung Galunggung

* sumber: blog.act.id

Misteri Gunung Galunggung terasa kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang sejarah kelam gunung ini. Gunung ini pernah meletus sebanyak 4 kali. Letusan pertama terjadi pada tahun 1822 dan menyebabkan hujan pasir berwarna merah, awan panas, abu halus, dan lahar dingin. Setidaknya ada 4.011 orang yang tewas akibat keganasan letusan Gunung Galunggung pertama kali.

Di tahun 1894, Gunung Galunggung kembali meletus dan mengeluarkan lahar yang mengalir ke arah tenggara. Sekitar 50 desa terkena dampak dari letusan gunung ini meskipun korban jiwanya tidak sebanyak letusan di tahun 1822.

Sementara itu, tahun 1918 Gunung Galunggung meletus kembali dengan ditandai adanya petir dan gempa bumi sebelum gunung tersebut erupsi. Letusan ini menghasilkan tumpukan lava di dalam kawah yang tingginya sekitar 85 meter dan diberi nama Gunung Jadi.

Yang terakhir gunung ini meletus di tahun 1982-1983. Aktivitas letusan gunung ini terjadi selama 9 bulan dan merenggut 18 korban jiwa. Akibat letusan ini, 22 desa yang berada di sekitar gunung menjadi desa yang ditinggalkan penduduknya.

Sulit diabadikan dalam lensa kamera

Sulit diabadikan dalam lensa kamera

* sumber: denubay.blogspot.com

Panorama pegunungan selalu menjadi objek foto paling favorit, terutama bagi fotografer. Pun begitu dengan Gunung Galunggung yang nampak elok jika dilihat dari kejauhan dengan kedua mata kita.

Anehnya, pesona Gunung Galunggung ini seperti nampak tidak ingin diabadikan dalam lensa kamera. Terbukti sudah ada banyak fotografer handal yang tidak bisa menghasilkan potret yang cantik dari Gunung Galunggung.

Secanggih apapun kamera yang dipakai, gunung ini selalu nampak biasa saja jika diabadikan di dalam foto. Kontras sekali dengan pemandangan kedua mata kita ketika melihat panorama Gunung Galunggung yang sanga cantik.

Mitos ini sudah cukup populer di kalangan fotografer karena sampai saat ini memang belum ada satu pun orang yang bisa mengabadikan “keindahan” panorama Gunung Galunggung melalui sebuah foto.

Pelet misterius Gunung Galunggung

Pelet misterius Gunung Galunggung

* sumber: qubicle.id

Cerita misteri Gunung Galunggung tidak hanya sebatas pesonanya yang tidak bisa diabadikan dalam lensa kamera. Konon, gunung ini memiliki sebuah pelet magis yang dapat membuat orang ingin kembali lagi ke gunung ini. Jika Anda pernah mendatangi Gunung Galunggung, di kemudian hari Anda akan merasakan perasaan yang aneh, yakni keinginan untuk kembali ke gunung tersebut.

Baik wisatawan maupun para pendaki gunung yang pernah singgah di Gunung Galunggung selalu merasa ingin kembali lagi dan lagi. Setidaknya tercatat sekitar 200 ribuan wisatawan lokal dan mancanegara yang pergi ke Gunung Galunggung.setiap tahunnya.

Matinya mesin pesawat yang melintas

Matinya mesin pesawat yang melintas di Gunung Galunggung

Peristiwa mencekam yang satu ini terjadi pada tahun 1982. Saat itu, pesawat Bristish Airways yang berangkat dari Inggris menuju ke Australia harus terbang melalui Indonesia, tepatnya di atas Gunung Galunggung. Saat pesawat sedang melintas di atas gunung tersebut, tiba-tiba 4 mesin pesawat mati secara mendadak.

Kejadian ini terjadi ketika pesawat tersebut terbang melewati sebuah kabut hitam yang tebal. Anehnya, setelah melalui kabut tersebut sang pilot berhasil menghidupkan mesin pesawatnya lagi. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang, pilot terpaksa mendarat darurat di bandara terdekat.

Jika dipikir dengan akal sehat, kejadian seperti ini tidak lazim. Pasalnya, pesawat yang memasuki awan saja hanya mengalami sedikit guncangan, tidak harus sampai mengalami kematian mesin.

Batu besar tempat bertapa orang-orang sakti

Batu besar tempat bertapa orang-orang sakti

* sumber: bungakrisan.co

Gunung nampaknya sudah menjadi tempat favorit bagi sebagian orang sakti untuk bertapa. Pun begitu dengan Gunung Galunggung. Gunung ini juga sering dipilih sebagai tempat untuk bertapa. Jika ditelusuri, terdapat sebuah batu besar di salah satu sudut gunung ini. Konon, batu tersebut adalah tempat bertapa bagi para wali maupun syekh yang menyebarkan ajaran Islam di Indonesia.

Meskipun usianya sudah ratusan atau ribuan tahun, batu tersebut tidak kikis dimakan zaman. Bahkan, menurut desas-desus masyarakat setempat, batu itu masih menyimpan kekuatan yang sangat besar sehingga mampu membuat orang yang berada di dekatnya jadi merinding.

Puncak Gunung Galunggung adalah tempat tinggal bangsa jin

Puncak Gunung Galunggung adalah tempat tinggal bangsa jin

Keangkeran di sebuah gunung memang bukan hal yang baru. Dapat dipastikan bahwa semua gunung di Indonesia pasti angker dan memiliki cerita mistis tersendiri. Puncak Gunung Galunggung dipercaya sebagai tempat tinggal bagi bangsa jin.

Menurut orang-orang yang dapat melihat dengan mata batin, puncak gunung ini sangat “ramai” akan aktivitas mahluk astral. Walaupun tidak mendirikan kerajaan gaib, tetapi cerita mengenai puncak Gunung Galunggung yang dihuni oleh ratusan hingga ribuan mahluk tak kasat mata ini mau tidak mau akan membuat kita merinding.

Pantangan memancing ikan di kawah

Pantangan memancing ikan di kawah

Untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pendakian mungkin Anda akan memilih tempat yang sejuk dan tenang. Kawah di sekitar Gunung Galunggung memiliki air yang dingin, tapi tidak sampai membeku. Bahkan, di dalam air kawah tersebut juga terdapat banyak ikan.

Ingin segera memancing di kawah Gunung Galunggung? Sebaiknya simpan terlebih dahulu keinginan Anda. Hal ini disebabkan kepercayaan masyarakat setempat mengenai misteri Gunung Galunggung tentang ikan yang hanya tidak boleh dipancing oleh manusia.

Ikan-ikan yang hidup di kawah Gunung Galunggung ini adalah milik jin yang tinggal di puncak, sehingga manusia memang tidak diperkenankan untuk mengambil ikan di kawah ini.

Suatu hari pernah ada seorang pria yang memancing dan langsung memasak ikan yang ditangkap dari Kawah Gunung Galunggung. Keesokan harinya pria tersebut mengalami sakit dan tidak kunjung sebuh. Pada akhirnya, keluarga membawa korban ke ahli ruqyah. Yang mengejutkan lagi, ahli ruqyah mengatakan bahwa pria tersebut kesurupan 2 mahluk halus yang tidak terima karena ikannya diambil oleh pria tersebut.

Itulah sejumlah misteri Gunung Galunggung yang tersebar luas di masyarakat. Gunung yang dikenal memiliki daya magis yang kuat ini memang selalu menawarkan berbagai cerita misteri yang mau tidak mau membuat bulu kuduk kita meremang.

Berminat untuk berkunjung ke Gunung Galunggung? Atau mungkin Anda memiliki pengalaman atau cerita mistis seputar gunung ini? Bagikan cerita Anda dengan menulis komentar di kolom yang berada di bawah ini.

Selain itu, tempat angker yang ada di Tasikmalaya tidak hanya sebatas Gunung Galunggung saja, Anda dapat mencari tahu lebih lengkap melalui artikel tempat angker di Tasikmalaya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *