Bacaterus / Misteri Laut / Misteri Globster, Monster Misterius yang Terdampar di Pantai

Misteri Globster, Monster Misterius yang Terdampar di Pantai

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Kehadiran makhluk raksasa misterius yang kerap muncul di pantai yang ada di seluruh dunia ini memang mampu membuat orang penasaran. Makhluk yang konon disebut sebagai globster ini banyak menimbulkan pro dan kontra di antara para peneliti yang ada di seluruh dunia.

Selain memiliki bentuk yang mengerikan, makhluk misterius ini juga memang sulit untuk diidentifikasi. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat makhluk ini mendapatkan perhatian, tidak hanya dari para ilmuan tapi juga dari masyarakat yang mempercayai bahwa makhluk tersebut adalah penghuni laut dari zaman purba.

Bila kamu termasuk orang yang penasaran dengan keberadaan makhluk misterius ini. Kali ini Bacaterus sudah merangkum misteri globster, monster raksasa misterius yang terdampar di pantai yang ada di seluruh dunia. Berikut adalah ulasannya.

Sejarah Tentang Asal Usul Globster

Asal Usul Globster

* sumber: www.bbc.co.uk

Kehadiran globster memang telah menjadi polemik yang selama beberapa tahun bergulir di tengah masyarakat dunia. Berbagai penemuan makhluk tanpa identitas yang ditemukan di pesisir pantai, kemudian berubah menjadi kisah misteri yang akhirnya mengundang rasa penasaran jutaan orang di seluruh dunia.

Globster atau sering juga disebut “blob” (bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti gumpalan) adalah makhluk tak bernyawa yang sering ditemukan terdampar di pesisir pantai. Kehadiran makhluk tersebut di berbagai pantai yang ada di seluruh dunia memang menimbulkan banyak spekulasi, baik dari para ahli maupun masyarakat awam.

Mengingat sulitnya dalam proses identifikasi, pada akhirnya makhluk tersebut pun mendapat identitas baru sebagai globster. Istilah “globster” sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Ivan T Sanderson pada tahun 1962 untuk menyebut makhluk yang terdampar di pantai Tasmania pada waktu tersebut. Makhluk itu tidak tampak memiliki organ mata, mulut dan struktur tulang yang jelas.

Sementara beberapa penemuan lain yang serupa lebih banyak disebut sebagai blob. Kemunculan globster memang sempat membuat perdebatan di antara para ahli yang ada di dunia. Globster memiliki kekurangan tulang atau struktur lain sehingga menyulitkan para ahli dalam mengidentifikasi dan menentukan jenis spesiesnya.

Orang-orang pada zaman dulu bahkan menjadikan globster sebagai mitos yang ada di lautan sehingga membuat misteri tentangnya pun terus berkembang. Kamu tentu masih ingat dengan kasus monster Montauk yang ditemukan di pantai Montauk, New York, Amerika.

Meskipun pada akhirnya terdapat klarifikasi serta identitas yang jelas tentang makhluk tersebut, namun sebagian pihak lebih memilih untuk menjadikan makhluk tersebut sebagai mitos yang pada akhirnya membuat rasa penasaran masyarakat.

Kemunculan Globster di Seluruh Dunia

Kehidupan hewan yang ada di bawah laut memang masih menjadi misteri. Namun, hal itu bukan berarti tak bisa dijelaskan secara ilmiah. Kemunculan globster memang banyak mengundang para ilmuan di dunia untuk meneliti.

Beberapa makhluk yang dianggap globster bahkan telah teridentifikasi, meskipun beberapa lainnya masih menjadi misteri. Berikut adalah daftar mahkluk yang pernah ditemukan di beberapa pantai yang ada di seluruh dunia.

1‌. Trunko Pada Tahun 1924

Makhluk Trunko

* sumber: www.wikipedia.org

Mahkluk ini ditemukan di sebuah pantai bernama Margate di Afrika Selatan pada tahun 1942. Hanya saja, pada saat itu tak ada seorang ahli pun yang meneliti lebih jauh tentang keberadaan makhluk tersebut.

Namun setelah beberapa dekade, pada ahli paleontologi membuat kesimpulan setelah mempelajari makhluk tersebut dari foto-foto yang sempat diabadikan.

Mereka pun mengatakan bahwa trunko merupakan bangkai seekor ikan paus. Sementara sesuatu yang menyerupai bulu beruang kutub merupakan kolagen yang telah mengalami kerusakan yang biasa ditemukan pada jaringan ikan paus.

‌2. Tasmanian Globster Pada Tahun 1960

Globster Tasmania

* sumber: www.wikipedia.org

Tasmanian globster pertama kali ditemukan di pantai sebelah barat Tasmania pada tahun 1960. Panjangnya diperkirakan sekitar 6 meter dengan berat sekitar 5-10 ton.

Makhluk yang ditemukan ini tidak memiliki mata dan mulut. Ia memiliki tulang belakang, enam buah lengan, dan bulu putih yang menutupi tubuhnya. Makhluk inilah yang kemudian disebut sebagai Globster

‌3. New Zealand Globster Pada Tahun 1965

Globster Selandia Baru

* sumber: www.wikipedia.org

Makhluk ini pertama kali ditemukan oleh John Morton, seorang kepala Departemen Zoologi di Universitas Auckland pada tahun 1965 di pantai Muriwai yang terletak 42 kilometer dari Auckland, New Zealand. Setelah diteliti lebih jauh akhirnya globster tersebut diidentifikasi sebagai paus putih.

‌4. Gambo Pada Tahun 1983

Makhluk Gambo

* sumber: www.wikipedia.org

Penemuan bangkai gambo telah dilaporkan pertama kali oleh seorang anak berusia 15 tahun bernama Owen Burnham dan keluarganya pada tanggal 12 Juni 1983. Owen adalah seorang anak yang menyukai kehidupan liar. Owen pun memutuskan untuk membuat sebuah sketsa makhluk yang di lihatnya tersebut karena saat itu dirinya tak memiliki kamera.

Owen juga tak berpikir untuk mengambil sampel setelah ia menyadari tidak dapat mengidentifikasi makhluk yang dilihatnya tidak ada dalam buku apa pun. Beberapa penduduk lokal menyebutnya sebagai bangkai lumba-lumba karena beberapa bagian memiliki kemiripan.

‌5. Chilean Blob Pada Tahun 2003

Blob Chile

* sumber: www.wikipedia.org

Pada tahun 2003 ditemukan bangkai makhluk raksasa yang ditemukan di Pantai Pinuno di Los Muermos, Chili. Makhluk ini diperkirakan memiliki bobot sampai 13 ton dengan panjang sekitar 12 meter.

Pada awalnya, para ahli tidak dapat mengidentifikasi bangkai raksasa tersebut. Namun setelah melakukan penelitian dengan mengambil sampel DNA dari makhluk tersebut, hasilnya menunjukan bahwa mahkluk tersebut adalah ikan paus sperma.

6‌. Philippine Globster Pada Tahun 2017

Globster Filipina

Bangkai makhluk lainnya kemudian ditemukan terdampar di pantai Filipina pada tahun 2017. Penduduk menamainya dengan blob berambut karena tubuhnya dipenuhi dengan rambut. Setelah dilakukan penelitian, pada akhirnya diketahui bahwa makhluk tersebut adalah bangkai ikan paus yang telah terurai. Hal tersebut kemudian dilaporkan oleh The Sun.

Spekulasi Mengenai Globster

Spekulasi Mengenai Globster

* sumber: www.wikipedia.org

Kemunculan bangkai yang ditemukan di pesisir pantai yang ada di seluruh dunia pada awalnya memang dianggap globster. Namun, setelah penelitian dilakukan pada akhirnya diketahui bahwa bangkai tersebut ternyata hanya bangkai hewan laut yang umum ditemukan, seperti ikan paus, hiu dan cumi-cumi.

Beberapa globster memang diperiksa setelah kondisi mahkluk sudah sangat membusuk dan tampak berubah bentuk seperti spesies baru. Seperti yang terjadi dengan makhluk yang sempat disangka sebagai cadborosaurus willsi yang ditemukan pada tahun 1937.

Setelah ilmuwan Kanada menganalisis DNA dari beberapa globster, para ahli akhirnya dapat mengungkap bahwa mahkluk tersebut merupakan paus sperma. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan sejumlah kesamaan antara beberapa globster lain yang ditemukan di pesisir pantai yang ada di seluruh dunia.

Mereka yang menyukai cerita mitos lebih suka menganggap kehadiran mahkluk tersebut sebagai globster, makhluk legenda yang misterius. Meskipun demikian, ada juga orang yang lebih mempercayai kalau makhluk tersebut adalah ikan paus yang terdampar yang tubuhnya telah membusuk.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai misteri globster, monster raksasa misterius yang terdampar di pantai. Kira-kita bagaimana pendapat kamu tentang makhluk yang satu ini?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *