Bacaterus / Misteri Dunia / Frog Boys, Anak-Anak Hilang yang Nggak Pernah Kembali

Frog Boys, Anak-Anak Hilang yang Nggak Pernah Kembali

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Waktu kita masih sekolah, tanggal merah adalah anugerah. Kita bisa memanfaatkannya untuk bermain bersama teman atau liburan bersama keluarga. Waktu yang biasanya kita habiskan dengan belajar di dalam kelas, bisa kita habiskan untuk melakukan hal lain baik itu di dalam maupun di luar rumah.

Pada tahun 1991, Korea Selatan sedang mengadakan pemilihan umum sehingga sekolah, kampus dan tempat kerja diliburkan. Di musim semi, orang-orang akan lebih menghabiskan waktunya di luar rumah karena cuaca yang bagus akan sangat disayangkan kalau hanya dihabiskan di dalam ruangan.

Waktu itu, lima orang anak dari Daegu mengisi hari libur mereka dengan bermain. Mereka berangkat mencari kodok ke sebuah daerah yang nggak terlalu jauh dari rumah mereka. Sayangnya, mereka nggak pernah kembali sampai sekarang. Kemudian, kasus yang masih menjadi misteri itu dikenal dengan misteri Frog Boys.

Kronologi Hilangnya Frog Boys

Kronologi Hilangnya Frog Boys

* sumber: bizarreandgrotesque.files.wordpress.com

Hari Selasa tanggal 26 Maret 1991, pemerintah Korea Selatan menetapkan hari libur untuk pemilu. Lima orang anak berniat untuk pergi mencari kodok ke Gunung Waryong di belakang sekolah mereka. Gunung itu hanya berjarak 2 km, sehingga mereka memutuskan untuk berjalan kaki sambil menikmati musim semi.

Lima anak yang berangkat adalah Woo Cheol-Won (usia 13 tahun), Cho Ho-Yeon (usia 12 tahun), Kim Yeong-Gyu (usia 11 tahun), Park Chang-In (usia 10 tahun) dan Kim Jong-Sik (usia 9 tahun). Sebelumnya ada juga Kim Tae-Ryong (usia 10 tahun) yang awalnya ikut bersama mereka tapi memutuskan pulang karena melewatkan sarapan pagi harinya.

Lama ditunggu, anak-anak itu nggak pulang-pulang. Orang tua mereka mulai panik karena mereka nggak mengira bahwa anak-anaknya yang awalnya hanya ingin mencari kodok di Gunung Waryong justru nggak pulang. Kasus ini jadi perbincangan, bahwa ada lima orang anak yang hilang ketika mencari kodok. Karena itulah kasus ini diberi nama Frog Boys.

Pencarian Frog Boys

Pencarian Frog Boys

* sumber: bizarreandgrotesque.files.wordpress.com

Pencarian mulai dilakukan, salah satu langkah awal yang dilakukan para orang tua adalah membagikan selebaran berisi foto anak-anak yang hilang. Pihak keluarga dibantu pihak sekolah dan orang tua murid lain. Mereka bekerja sama menyebarkan informasi hilangnya anak-anak mereka. Mereka sama-sama berharap anak mereka bisa pulang dengan selamat.

Selebaran itu dibagikan di pinggir jalan. Selain itu, selebaran itu ditempel di pinggir jalan dan tempat-tempat yang dilalui banyak orang. Jadi, orang-orang yang melintas bisa dengan mudah mengetahui mengenai kabar kehilangan itu dan bisa mengidentifikasi wajah anak-anak yang hilang itu.

Presiden Korea Selatan kala itu, Roh Tae-Woo turun tangan dengan menaikkan status pencarian menjadi pencarian nasional. Dia menugaskan 300 ribu aparat kepolisian yang dibantu oleh warga dan para sukarelawan. Nggak cuma itu, masyarakat juga ikut membantu dengan memberi donasi sebagai bentuk simpati

Donasi terkumpul mencapai angka 35.000 USD saat itu. Gunung Wayong disisir oleh semua pihak tapi nggak menemukan titik terang. Nggak ada bukti sedikit pun yang bisa membuka misteri Frog Boys. Semakin lama semakin kecil untuk menemukan kelima anak dalam kondisi hidup. Situasi yang sulit, terutama untuk orang tua anak-anak itu.

Penemuan Frog Boys

Penemuan Frog Boys

* sumber: 4.bp.blogspot.com

Tahun 2002, seorang pria yang sedang mencari biji ek di gunung menemukan sesuatu yang aneh. Dia menemukan potongan baju beserta tengkorak 5 manusia. Kecurigaan bahwa kelima tengkorak itu adalah milik Frog Boys semakin menguat ketika lima tengkorak itu jaraknya berdekatan satu sama lain.

Ada dua tengkorak yang ketika ditemukan sedang dalam posisi berpelukan. Fakta itu menimbulkan asumsi kalau mereka tewas karena hiportemia. Pihak keluarga korban nggak menerima pernyataan tentang hiportemia dan meminta penyelidikan lebih lanjut.

Keanehan pertama dari penemuan jasad Frog Boys adalah jasadnya ditemukan hanya beberapa km dari rumah di area gunung yang sudah biasa mereka datangi. Kelima jasad itu kemudian dibawa untuk diperiksa lebih lanjut.

Keanehan muncul lagi karena tim forensik menemukan ada dua lubang peluru dalam kepala salah satu bocah. Selain itu di tengkorak tiga bocah lain ditemukan luka akibat benda tumpul. Polisi pun menyimpulkan bahwa penyebab kematian mereka adalah karena dipukuli. Lalu ditemukan juga patah tulang, kemungkinan besar disebabkan karena korban mencoba melawan serangan.

Tim Forensik memberi pernyataan tentang dua lubang peluru di salah satu tengkorak korban. Peluru itu bukan merupakan amunisi militer melainkan mirip peluru senapan angin. Keluarga korban tentu nggak bisa menerima begitu saja ada kejadian mengerikan yang menewaskan anak-anak mereka.

Ini bukan masalah sepele untuk keluarga dan masyarakat secara umum. Terlebih lagi, pelakunya belum ditemukan sehingga bukan nggak mungkin kejadian serupa bisa menimpa anak-anak lain. Kejadian misterius ini menyebarkan ketakutan dalam waktu yang cukup lama. Terutama bagi orang tua yang anak-anaknya masih kecil.

Teori-Teori Mengenai Misteri Frog Boys

Teori-Teori Mengenai Misteri Frog Boys

* sumber: limdongcheol.files.wordpress.com

Menghilangnya anak-anak yang dikenal dengan Frog Boys tentu menimbulkan pergolakan dalam masyarakat. Berbagai macam teori dikeluarkan untuk menebak apa yang sebenarnya terjadi pada kelima bocah malang tersebut. Berikut ini adalah beberapa teori yang ramai diperbincangkan kala itu:

1. Teori Mahluk Luar Angkasa

Teori pertama adalah tentang adanya mahluk extrateresstrial yang dipercayai sebagian orang mempunyai andil dalam hilangnya Frog Boys. Ada yang menyatakan bahwa mereka diculik oleh mahluk luar angkasa sampai nggak ditemukan. Ketika mereka ditemukan, teori itu masih ada hanya saja kelima anak itu bukan diculik tapi diserang mahluk luar angkasa sampai meninggal.

2. Teori Korea Utara

Teori kedua adalah adanya keterlibatan Korea Utara dalam hilangnya Frog Boys. Hubungan panas antara Korea Selatan dan Korea Utara membuat sebagian orang mempunyai pikiran seperti itu. Lima anak itu dianggap diculik oleh pihak Korea Utara lalu disiksa. Mengingat kejadian ini terjadi di tahun 1991, pemikiran seperti ini masih bisa diterima sebagian orang.

3. Teori Keterlibatan Militer

Teori ketiga adalah adanya keterlibatan pihak militer Korea Selatan dalam kasus Frog Boys. Ada yang berpendapat bahwa kelima anak itu diculik oleh pihak pemerintah Korea Selatan untuk dijadikan bahan percobaan. Terdengar berlebihan tetapi ini terjadi tahun 1991 ketika akses informasi masih sangat terbatas.

Ada juga yang mengira bahwa mereka merupakan korban dari sebuah divisi militer yang bertempat di sekitar tempat kejadian perkara. Dengan hanya terpisah 300 meter dari mayat korban, ada kemungkinan bahwa Frog Boys sampai di wilayah itu dan mencoba masuk ke markas divisi militer tetapi dianggap sebagai ancaman.

Akhir Misteri Frog Boys

Akhir Misteri Frog Boys

* sumber: bizarreandgrotesque.files.wordpress.com

Pihak keluarga nggak berhenti mencari keadilan atas hilangnya anak-anak mereka di Gunung Waryong. Apalagi tengkorak para korban yang ditemukan menunjukkan adanya kekerasan yang dilakukan pada mereka. Lubang bekas tembakan, luka di tengkorak karena benda tumpul dan juga adanya patah tulang membuat mereka sulit untuk merelakan kasus ini begitu saja.

Misteri Frog Boys sampai tahun 2006 nggak menunjukkan titik terang tentang siapa pelakunya. Kasus tersebut bahkan resmi dinyatakan kadaluarsa oleh pihak kepolisian di tahun itu. Pencarian yang nggak juga menemukan bukti baru dan lamanya jangka waktu sejak anak hilang dan ditemukan menjadi salah satu penyebab utama kebuntuan penyelidikan.

Sebuah organisasi yang membantu pencarian orang hilang di Korea bernama National Organization for Finding Missing Children and Family berperan besar dalam membantu para orang tua korban. Mereka mendesak agar penyelidikan diteruskan dan meminta agar adanya regulasi untuk membuka peluang bagi detektif swasta agar bisa ikut berperan dalam penyelidikan.

Apa kamu pernah mendengar misteri Frog Boys sebelumnya? Mungkin kamu punya pendapat sendiri atas kasus ini? Atau kamu punya informasi baru yang belum tertulis? Berbagi di kolom komentar, yuk! Itu akan menjadi informasi baru untuk pembaca yang lain. Yuk, baca juga misteri kraken, makhluk tentakel yang hidup di bawah laut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *