Bacaterus / Misteri Karakter / Misteri Frederick Valentich, Pilot Hilang dan Belum Kembali

Misteri Frederick Valentich, Pilot Hilang dan Belum Kembali

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Desember 2019

Sebagai manusia kita pasti butuh untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Untuk melakukannya kita butuh alat transportasi yang memudahkan kita sampai di tempat tujuan. Ada berbagai alat transportasi yang bisa digunakan dari mulai sepeda, motor, mobil, bus, kereta sampai pesawat.

Pesawat merupakan alat transportasi dengan jumlah kecelakaan paling sedikit dibanding alat transportasi yang lain. Makanya, kejadian kecelakaan pesawat pasti muncul di berita, baik itu di dalam maupun luar negeri. Kecelakaan pesawat bisa berupa jatuh, bisa juga hilang. Kalau jatuhnya pesawat bisa diselidiki penyebabnya, tapi kalau hilang justru akan menjadi misteri.

Salah satu hilangnya pesawat yang saat ini masih menjadi misteri adalah pesawat Cessna 182L yang teregistrasi dengan nama VH-DSJ. Pesawat itu diterbangkan oleh Frederick Valentich. Musibah itu terjadi pada tahun 1978 dan sampai saat ini belum dapat terpecahkan. Untuk mengetahui misteri Frederick Valentich, mari kita bahas lebih jauh.

Identitas Frederick Valentich

Identitas Frederick Valentich

Frederick Valentich baru berusia 20 tahun ketika hilang. Saat itu dia baru mengantongi 150 jam terbang dan memiliki rating instrumen kelas 4. Dia mendapatkan izin untuk terbang di malam hari dengan satu ketentuan, yaitu cuaca cerah. Dia pernah dua kali mendaftar ke Royal Australian Air Force (RAAF) tetapi nggak lolos karena pendidikannya belum cukup.

Frederick adalah anggota Air Training Corps, dia sangat menyukai dunia penerbangan. Dia mempunyai niat untuk menjadi pilot komersil tapi mempunyai rekor yang kurang baik. Dia gagal 2 kali dari 5 ujian untuk mendapat ijin penerbangan komersil, yang terakhir sebelum dia hilang. Dia juga gagal dalam 3 subjek untuk ijin penerbangan komersil.

Kronologi Hilangnya Frederick Valentich

Kronologi Hilangnya Frederick Valentich

Frederick Valentich berencana untuk menerbangkan pesawat dari Melboune ke King Island. Dia terbang seorang diri pada pukul 18:19. Sebelum terbang dia sudah mengonfirmasikan penerbangannya pada Unit Pelayanan Penerbangan Melbourne. Nggak ada kecurigaan karena Frederick dianggap kompeten untuk menyelesaikan penerbangannya ini.

Satu jam sejak dia terbang, dia kembali menghubungi Unit Pelayanan Penerbangan untuk melapor bahwa dia melihat pesawat asing dengan empat lampu hijau yang terang. Jaraknya dengan pesawat tersebut kira-kira sejauh 300 meter. Tiga menit kemudian dia kembali melapor bahwa pesawat itu semakin mendekat.

Pukul 19.12 Frederick kembali melapor, dia mengatakan ada masalah pada mesin pesawatnya tapi dia masih bisa mengendalikannya dan melanjutkan perjalanan. Kemudian setelah suasana hening, Frederick melaporkan bahwa benda terbang yang dia laporkan tadi bukanlah sejenis pesawat.

Dia nggak tahu tipe pesawat itu hanya saja dia melihat bahannya terbuat dari besi dan mampu terbang dengan kecepatan tinggi. Nggak lama kemudian ada suara bising dan sambungan dengannya terputus. Setelah itu dia menghilang tanpa jejak. Kejadian inilah yang kemudian dikenal sebagai misteri Frederick Valentich.

Pencarian Frederick Valentich

Pencarian Frederick Valentich

Hilangnya pesawat yang diterbangkan Frederick Valentich membuat dibentuknya tim pencarian. Pencarian di laut dan udara dilaksanakan. Pencarian dilakukan dengan pesawat RAFF Lockheed P-3 Orion dan 8 pesawat sipil lain. Pencarian itu bahkan mencapai jarak 1.000 mil persegi tapi nggak menghasilkan apa pun.

Pencarian Frederick Valentich ini dihentikan pada 25 Oktober 1978 setelah tim pencarian nggak menemukan apa pun. Pencarian selama 4 hari ini benar-benar nihil karena nggak ada bangkai pesawat, serpihan, pelampung atau barang-barang pecahan lainnya dari pesawat yang dapat ditemukan.

Lima tahun setelah kejadian, ada sebuah pencerahan dalam pencarian Frederick. Sebuah flap mesin ditemukan di Pulau Flinders. Penyelidikan dilanjutkan dan Biro Investigasi Keamanan Udara Australia menyatakan bahwa bagian penutup mesin pesawat itu merupakan bagian dari Cessna 182, jenis pesawat yang diterbangkan Frederick.

Kemungkinan atas Misteri Frederick Valentich

Kemungkinan atas Misteri Frederick Valentich

Hilangnya Frederick Valentich bersama Cessna 182 yang dia terbangkan masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Hal itu disebabkan dengan minimnya bukti yang bisa membuat pihak berwajib memberi kesimpulan. Walau begitu, ada beberapa analisis atau opini yang beredar seputar misteri Frederick Velentich yang hilang dan belum kembali:

  1. Frederick mengalami kecelakaan pesawat. Ada kemungkinan dia mengemudikan pesawat secara terbalik karena kebingungan atau panik sehingga cahaya hijau yang dia lihat merupakan pantulan pesawat pada air laut. Selain itu Cessna memiliki sayap yang cukup tinggi, dan dengan gravitasi kemungkinan pesawat terbalik cukup tinggi.
  2. Pesawat yang diterbangkan Frederick mengalami masalah mesin sehingga pesawat harus terjatuh di laut dan hancur sebelum masuk ke dalam laut. Hal ini didukung oleh seorang saksi yang melihat pesawat menukik tajam.
  3. Frederick mungkin melakukan bunuh diri, namun kemungkinan ini kemudian dihilangkan karena dokter dan rekan-rekan Frederick mengatakan bahwa dia nggak sedang mempunyai masalah dalam kehidupannya maupun permasalahan mental.
  4. Frederick mungkin memang benar melihat UFO. Bisa jadi dia panik lalu celaka, atau bisa jadi dia diculik, atau bisa jadi pesawatnya dihancurkan oleh benda yang dia lihat terbang di atas pesawat yang dia terbangkan.
  5. Ayah Frederick mengatakan bahwa anaknya sangat menggemari hal-hal yang berkaitan dengan UFO. Dia ingat sang anak pernah bilang kalau adanya UFO merupakan salah satu hal yang sangat ditakuti saat sedang menerbangkan pesawat. Karena hal tersebut ada kemungkinan bahwa Frederick merasa paranoid ada UFO di atasnya sehingga dia nggak bisa mengontrol laju Cessna.

Teori UFO dalam Misteri Frederick Valentich

Teori UFO dalam Misteri Frederick Valentich

Bagi penggemar alien dan UFO, tentu hilangnya Frederick langsung menjadi bahan analisis yang memancing diskusi. Indikasi dalam laporan Frederick yang melihat pesawat berukuran besar terbuat dari besi, ada 4 lampu berwarna hijau, pesawat yang dia nggak kenali tipenya serta mampu terbang dari kecepatan tinggi membuat dugaan ada keterlibatan UFO menguat.

Sebagian orang percaya bahwa UFO atau alien mau menculik manusia untuk dijadikan bahan penelitian. Paul Norman, seorang ahli UFO berpendapat bahwa hilangnya Frederick melibatkan extraterrestrials atau alien. Dia juga menyampaikan bahwa pendapatnya itu didukung oleh keterangan Frederick dalam laporannya dan ada saksi melihat cahaya hijau bergerak secara vertikal mendekati pesawat Frederick.

Sebuah Organisasi Peneliti UFO yang berdomisili di Phoenix, Arizona, ikut menganalisis misteri hilangnya Frederick Valentich. Mereka menyatakan mempunyai barang bukti berupa foto yang diambil oleh seorang petani lokal. Foto itu memperlihatkan adanya sebuah benda asing yang keluar dari laurtdi dekat mercusuar Cape Otway.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah foto benda misterius yang terbang itu asli atau rekayasa. Penelitian itu di ditujukan untuk menghapus kemungkinan adanya salah cetak atau karena efek cahaya tertentu. Setelah diteliti ternyata foto itu keasliannya nggak bisa dipungkiri. Benda yang terbang itu dinyatakan sebagai benda padat yang nggak diketahui secara jelas jenisnya.

Misteri hilangnya Frederick Valentich sampai saat ini masih menyisakan pertanyaan, apa yang sebenarnya terjadi pada dia dan Cessna yang dia terbangkan. Teori dan kemungkinan yang diungkapkan orang-orang hanya menjadi pelengkap saat ini karena peluang untuk menjawab semua misteri Frederick Valentich sangat kecil.

Demikian ulasang tentang misteri Frederick Valentich yang hilang dan belum kembali. Apa kamu termasuk orang yang percaya UFO dan alien? Atau kamu yakin kalau misteri Frederick Valentich yang hilang dan belum kembali adalah murni kecelakaan? Tuliskan di kolom komentar, yuk! Kisah orang hilang secara misterius lainnya juga bisa dibaca di artikel misteri Joyce Vincent.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *