Bacaterus / Mitos / Misteri Flatwoods Monster yang Sempat Menghebohkan Amerika

Misteri Flatwoods Monster yang Sempat Menghebohkan Amerika

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di antara berbagai film, kita pasti pernah menyaksikan film horor. Ketika menontonnya, kita akan merasakan bulu kuduk merinding atau dibuat kaget oleh adegannya. Nggak semua karakter dalam film itu berwujud hantu. Ada juga yang berwujud manusia atau mahluk aneh lainnya. Mahluk aneh yang belum jelas namanya biasanya kita beri nama monster.

Mendengar kata monster akan langsung membuat kita menggambarkan sosok menyeramkan. Apa jadinya kalau monster itu tiba-tiba muncul di hadapan kita? Mengerikan bukan? Begitulah yang terjadi pada orang yang melihat Flatwoods Monster. Bagaimana misteri tentang Flatwoods Monster?  Mari kita bahas misteri Flatwoods Monster lebih dalam.

Asal Usul Flatwoods Monster

Asal Usul Flatwoods Monster

Nama Flatwoods Monsters ada untuk menggambarkan sesosok mahluk menyerupai monster yang pernah dilihat oleh saksi di kawasan hutan bernama Flatwoods, Virginia Barat, Amerika Serikat. Selain Flatwood Monsters, mahluk itu diberi nama Phantom of Flatwoods yang artinya kurang lebih sama.

Ada juga yang memberinya nama Braxton County Monster karena kemunculannya di wilayah Baxton County. Bentuk Flatwoods Monster dideskripsikan berbeda oleh para saksi yang melapor pada polisi. Ada yang menyatakan monster itu mempunyai badan yang besar, mengeluarkan suara berdengung, bola matanya merah bercahaya dan bisa melayang.

Laporan lain menyatakan bahwa monster itu memiliki tinggi mencapai tiga meter, berwajah merah, matanya membelalak, berkulit gelap dan berwarna hijau. Kalau secara bentuk sudah berbeda jauh dengan manusia, masuk akal orang yang melihat akan percaya kalau monster itu bukan akal-akalan belaka.

Kemunculan Flatwoods Monster

Kemunculan Flatwoods Monster

Pada tanggal 12 September 1952 pukul 7:15 malam, kakak beradik bernama Edward dan Fred May bersama seorang temannya yang bernama Tommy Hyer melihat sebuah objek terang melayang dan mendarat di ladang seorang petani lokal bernama G. Bailey Fisher. Mereka melaporkan kejadian kepada Kathleen May.

Dengan ditemani tiga orang lainnya, mereka semua pergi ke ladang milik Fisher untuk mencari tahu objek yang terlihat mendarat. Mereka semua berjalan melewati puncak bukit. Di sana mereka melihat adanya bola api yang melayang. Lampu senter diarahkan ke arah bola api itu, dan terlihat sesosok mahluk yang bentuknya seperti lelaki.

Dalam penglihatan mereka, wajahnya bulat berwarna merah. Kepalanya tertutupi oleh sebuah kain seperti kupluk yang menunjuk ke atas. Gray Barker, seorang penulis artikel tentang UFO mengatakan dalam sebuah artikel yang dimuat dalam Fate Magazine bahwa mahluk itu mempunyai tinggi mencapai tiga meter.

May mendeskripsikan mahluk itu mempunyai semacam cakar di tangannya. Berdasarkan kesaksian yang lain, mereka sempat mendengar semacam suara yang mendekati mereka dan bau aneh pada saat kejadian. Sebuah koran lokal Braxton County memuat berita penemuan mahluk aneh di atas bukit ladang milik Fisher.

Kemudian berita itu menyebar lewat radio dan akhirnya menjadi berita nasional. Seorang pimpinan koran lokal menyatakan bahwa semua saksi yang melihat mahluk aneh itu ketakutan. Dia lalu pergi menuju bukit dengan membawa senjata tapi nggak menemukan apa-apa.

Setelah adanya saksi yang melihat mahluk yang disebut sebagai Flatwood Monsters, wilayah di tempat kejadian mengeluarkan bau hangus selama beberapa hari. Beberapa orang kembali melaporkan pernah melihat mahluk itu. Semuanya mengalami gejala yang sama yaitu radang tenggorokan, iritasi kulit dan muntah-muntah.

Analisa Kemunculan Pertama dengan Flatwoods Monster

Analisa Kemunculan Pertama dengan Flatwoods Monster

Joe Nickell, salah seorang komite organisasi non-profit yang menyelidiki kejadian-kejadian aneh memberikan analisis atas kemunculan pertama Flatwoods Monster. Penelitiannya membutuhkan waktu sampai 48 tahun. Dia mengatakan bahwa cahaya terang yang dilihat di langit oleh para saksi pada 12 September 1952 kemungkinan besar adalah meteor.

Nickell melanjutkan hasil analisanya, kali ini tentang objek merah yang dia sebut kemungkinan adalah navigasi udara. Sementara mahluk yang dilihat oleh para saksi menurutnya mempunyai kemiripan yang tinggi dengan burung hantu.

Kesalahan deskripsi terjadi karena pikiran para saksi saat itu nggak stabil. Terutama karena pada saat itu masyarakat dilanda kecemasan atas ancaman bom atom yang baru saja selesai diuji. Pendapat Nickell didukung oleh bukti bahwa pada malam 12 September terlihat penampakan meteor di tiga wilayah Amerika yaitu di Maryland, Pennsylvania dan Virginia Barat.

Walaupun sudah memaparkan analisa masih ada yang menanyakan tentang mahluk yang mirip Flatwoods Monster. Nickell menjawab bahwa mahluk yang dilihat para saksi adalah burung hantu yang sedang memegang batang pohon sedangkan pakaian hijau seperti kupluk adalah dedaunan di sekitar burung hantu yang salah mereka lihat.

Kemunculan Kedua Flatwoods Monster

Kemunculan Kedua Flatwoods Monster

Hampir 50 tahun setelah kegemparan atas kemunculan pertama Flatwoods Monster, ada sebuah foto baru yang menunjukkan kemungkinan mahluk itu tertangkap kamera. Pada tahun 2005, ada seorang pria bernama Frederick B. Gerwig yang mengirim foto pada situs Cryptomundo beserta sebuah surat.

Foto itu kemudian menyebar luas dan membangkitkan semangat para pecinta mahluk cryptid untuk meneliti Flatwoods Monster. Dalam suratnya, Gerwig menyatakan bahwa foto itu didapat dari ayahnya yang berasal dari kamera pengawas hutan. Dia menambahkan dia nggak tau mahluk itu apa, ditambah dengan bentuk fisiknya yang aneh kalau dibandingkan dengan manusia.

Dia segera mengeleminasi kemungkinan pemburu karena ayahnya sudah memasang tanda larangan masuk ke wilayah hutan lindung Braxton County, tempat foto itu diambil. Bentuk mahluk yang disebut dalam foto yang dikirim Gerwig terlihat berbeda dengan Flatwoods Monster sehingga banyak yang menganggap bahwa mahluk itu adalah mahluk berbeda.

Kehadiran foto itu nggak meraih kehebohan seperti kemunculan pertama Flatwoods Monster. Hal itu terbukti dengan lebih banyak yang menganggap bahwa mahluk dalam foto merupakan ilusi cahaya dari daun berwarna merah yang terjatuh, seperti daun-daun lain di dalam foto.

Setelah diselidiki ternyata ada kinerja orang lain dalam mengangkat kembali misteri tentang Flatwoods Monster. Pria itu bernama Frank C. Feschino Jr. Dia yang tertarik pada UFO mengunjungi Virginia Barat pada awal 1990-an. Virginia Barat merupakan tempat yang disebut sebagai lokasi jatuhnya UFO dan ada mitos-mitos lain seperti mothman.

Kemunculan Kedua Flatwoods Monster 2

Feschino justru mendapati hal baru yang menarik rasa ingin tahunya, yaitu Flatwoods Monster. Dia kemudian mencari Kathleen May, orang yang mengaku melihat langsung wujud mahluk cryptid itu. Dia sempat mewawancarai May tapi Feschino meninggal sebelum dipublikasikan. Satu-satunya yang dirilis ke publik adalah ilustrasi Flatwoods Monster berdasarkan keterangan May.

Memorial Flatwoods Monster

Memorial Flatwoods Monster

Keberadaan Flatwoods Monster masih menjadi misteri. Apakah benar ada atau hanya karangan cerita saja? Di atas semua itu, warga Flatwoods memilih cara lain untuk mencatat monster tersebut dengan membangun sebuah tanda “Welcome to Flatwoods / Home of the Green Monster”.

Pemerintah setempat juga membuat lima buah kursi yang berbentuk fisik Flatwood Monsters untuk sebagai tanda dan penarik minat pengunjung. Sebuah museum juga dibuat untuk mencatatkan misteri Flatwoods Monster, lengkap dengan buah tangan bergambar monster itu.

Nggak cukup sampai di situ, cerita tentang Flatwoods Monster juga diperingati setiap tahunnya. Peringatan itu diberi nama “Flatwoods Days”, sebuah festival selama tiga hari yang mempertontonkan pertunjukan musik, bazar makanan dan kerajinan tangan. Memang setiap kelompok punya cara masing-masing untuk mencatat sejarah.

Meski misteri Flatwoods monster belum terpecahkan sampai saat ini, orang-orang setempat memilih untuk mencatat monster itu sebagai bagian cerita dari sejarah tempat tinggal mereka. Kalau kamu termasuk golongan yang mana? Orang yang percaya pada mahluk misterius atau hanya akan percaya jika sains sudah bicara? Ayo berikan pendapatmu di kolom komentar!

Kisah monster di Amerika lainnya bisa kamu temukan di artikel misteri Montauk Monster.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *