Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / Escherian Stairwell, Tangga Misterius yang Tak Berujung

Escherian Stairwell, Tangga Misterius yang Tak Berujung

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Salah satu tangga yang akan kita bahas kali ini. Selain dapat membuat kepala kamu pusing, tangga ini juga akan membuat kamu merasa bingung dan penasaran karena bentuknya yang tidak biasa. Keberadaan tangga yang satu ini memang sempat menimbulkan sebuah tanda tanya besar. Banyak masyarakat awam bahkan para peneliti yang mempertanyakan tentang kebenarannya.

Struktur bangunan tangga yang unik sempat membuat para peneliti dan arsitek kebingungan. Meskipun demikian, kamu tak perlu bingung, karena Bacaterus telah merangkum informasi tentang salah satu tangga paling misterius ini, khusus buat kamu.

Bernama Escherian Stairwell, tangga yang satu ini mungkin yang paling banyak menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Bila kamu termasuk orang yang penasaran dengan tangga yang satu ini. Kali ini, Bacaterus telah rangkum misteri Escherian Stairwell, tangga tak berujung yang bisa membuat kepala kamu pusing.

Asal Mula Tentang Escherian Stairwell

Asal Mula Tentang Escherian Stairwell

* sumber: www.okshooters.com

Escherian Stairwell atau tangga Escherian adalah salah satu tangga misterius yang sempat membuat publik dunia heboh berkat sebuah video yang diunggah di Internet. Keberadaan tangga yang satu ini pun seketika menjadi topik perbincangan yang hangat dibicarakan oleh orang banyak di seluruh dunia.

Escherian Stairwell pertama kali dikenalkan oleh seorang seniman grafis asal Belanda yang terkenal bernama Maurits Cornelis Escher. Escher memang terkenal dengan desain konstruksinya yang sangat rumit dan tidak masuk akal.

Escher mulai mempelajari bidang arsitektur ketika menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Teknologi Delft pada tahun 1918. Selain itu, ia juga menempuh pendidikan militer. Hanya saja, karena kondisi kesehatan tubuhnya yang semakin memburuk. Escher pun pada akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah. Ia juga dikeluarkan dari pendidikan militernya pada tahun 1919.

Selama masa istirahat, Escher banyak menghabiskan waktu untuk membuat sebuah sketsa dan gambar. Seiring waktu kemampuannya menggambar mulai ia coba eksplorasi dengan menggunakan media baru yaitu kayu untuk mengukir gambar.

Berkat hasil karyanya yang mengagumkan, Escher pun mulai mendapat banyak perhatian dari publik dunia. Maka, setiap model dan hasil karya yang diciptakan oleh tangan dinginnya disebut sebagai “Escherian”. Setidaknya terdapat kurang lebih 448 Litograf, ukiran kayu dan lebih dari 2.000 gambar dan sketsa hasil karya sang Maestro yang membuat publik dunia terkagum-kagum.

Selain sebagai seniman, ia juga banyak menuangkan ide dan hasil karyanya sebagai seniman grafis, ilustrator buku, perancang karpet, perangko, merancang sebuah tangga yang memiliki konsep unik dan tak biasa yang dikenal dengan Escherian Stairwell.

Hasil karya Escher yang populer berupa gambar anak tangga yang bertajuk Ascending Descending pun mendapat respon yang cukup baik. Meskipun hal tersebut mungkin akan sulit untuk direalisasikan dalam kehidupan nyata. Mengingat konstruksi bangunan yang dibuat Escher begitu rumit dan liar. Bahkan terlihat bertentangan dengan hukum-hukum fisika yang berlaku saat ini.

Namun, ia tetaplah seorang seniman kreative yang tidak memiliki batasan dalam membuat sebuah karya seni.

Escherian Stairwell di Rochester Institute Of Technology (RIT)

Escherian Stairwell di Rochester Institute Of Technology (RIT)

Beberapa tahun ke belakang, video yang menampilkan tangga tak biasa tersebut berhasil membuat publik gempar. Bila pada umumnya tangga tersebut memiliki ujung bagian atas dan bawah. Namun dalam video, orang yang menaiki tangga ini akan kembali ke tempat asalnya naik. Mereka pun memperkenalkan tangga membingungkan ini dengan Escherian Stairwell.

Escherian Stairwell disebut berada di sebuah kampus bernama Rochester Institute Of Technology atau disingkat RIT. Video yang menampilkan Escherian Stairwell memang sempat jadi bahan perbincangan yang menarik tidak hanya bagi orang awam. Tetapi juga bagi para peneliti dan arsitek yang ada di seluruh dunia.

Mereka sempat dibuat kebingungan dengan tangga yang ada video tersebut. Escherian Stairwell yang ditunjukkan dalam video tersebut diklaim merupakan hasil karya seorang arsitek bernama Rafael Nelson Avoganda yang berasal dari Filipina. Escherian Stairwell sendiri berada di lantai tujuh kampus Rochester Institute of Technology.

Dalam video tersebut pun diperlihatkan demo seorang pria yang menaiki anak tangga sampai di puncak. Ia kemudian berbelok 180 derajat, lalu kembali menaiki anak tangga yang kedua. Alhasil ia malah berada ke tempat pertama kali ia berada. Hal tersebut tentu membuat pria tersebut terkejut sekaligus tak percaya dengan apa yang telah dilaluinya.

Video pun berlanjut dengan wawancara beberapa mahasiswa yang diberi pertanyaan tentang Escherian Stairwell. Namun, mayoritas mahasiswa yang diberi pertanyaan tak mengetahui tentang hal itu. Sang pria pun lantas mulai mengajak beberapa mahasiswa menaiki tangga seperti apa yang sudah ia lakukan. Hasilnya mahasiswa tersebut tampak terkejut dan tertawa.

Untuk membuat penonton yakin bahwa hal tersebut bukanlah sebuah tipuan maka dibuatlah pagar manusia yang mengelilingi anak tangga Escherian Stairwell.

Namun, sekali lagi semuanya tampak terlihat nyata. Sang pria yang dipandu oleh mahasiswa pun akhirnya yakin bahwa tangga yang memiliki banyak nama seperti “Magic Stairs”, “Illusion Stairs”, “Continuous Staircase” atau “Penrose Stairs/Penrose Steps” adalah benar adanya.

Kebenaran Escherian Stairwell

Kebenaran Escherian Stairwell

Kemunculan video tersebut memang cukup menghebohkan dan sempat viral di seluruh dunia. Sehingga membuat orang-orang penasaran dengan kebenaran cerita tentang Escherian Stairwell seperti dalam video.

Beberapa peneliti bahkan meragukan kebenaran konstruksi bangunan yang diklaim telah berada di kampus tersebut. Karena hal tersebut dianggap oleh peneliti banyak bertentangan dengan logika berpikir dan hukum fisika yang berlaku. Akan tetapi pada kenyataannya, keberadaan Escherian Stairwell memang terbukti ada.

Namun, hanya sebatas dalam imajinasi sang pembuat video saja. Hal tersebut kemudian dijelaskan oleh Michael Lacanilao, seorang siswa Pascasarjana dari Rochester Institute of Technology. Video yang dibuat tersebut adalah bagian dari proyek untuk program tahunan kampus bertajuk ‘Imagine RIT’ sebuah festival inovasi kreatif yang setiap tahun rutin diadakan oleh RIT.

Ide pembuatan video tersebut memang terinspirasi dari Maurits Cornelius Escher yang sering bereksplorasi dengan membuat model konstruksi bangunan yang liar dan sering menabrak aturan matematis dalam setiap karyanya. Video tersebut dibuat dengan tujuan untuk membangun sebuah mitos modern.

Pada kenyataannya video tersebut adalah hasil dari editing video yang sangat rapi. Semua yang terlibat dalam video tersebut adalah aktor yang berakting untuk proyek tersebut. So, sekarang kamu sudah tidak usah pusing lagi, ya.

Karena yang ada dalam video tersebut hanya sebuah trik kamera dan hasil edit video semata. Apa kamu mau mencoba membuat video yang serupa? Kalau ada, bisa kamu kasih komentar di bawah, ya!

Nah, itulah misteri mengenai Escherian Stairwell, tangga tak berujung yang bisa membuat kamu pusing. Nantikan informasi selanjutnya yang akan Bacaterus rangkum untuk kamu semua. Jangan lupa untuk turut membaca artikel misteri Polybiusgame misterius yang sempat booming di era tahun 80-an.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *