Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Emilie Sagee, Munculnya Dua Emilie Dalam Satu Waktu

Misteri Emilie Sagee, Munculnya Dua Emilie Dalam Satu Waktu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada mitos yang beredar kalau ada 7 orang yang mempunyai kemiripan tinggi dengan kita di dunia ini. di dunia ini. Mungkin kamu juga pernah mendengar kalau kamu punya 7 kembaran di dunia ini. Ada orang yang wajahnya mirip dengan kamu yang tinggal di suatu tempat yang kita nggak tahu, tapi penampilannya sangat mirip dengan kita.

Emilie Sagee mempunyai cerita yang kemudian menjadi legenda tentang sosok orang yang sangat mirip dengannya. Berprofesi sebagai guru, dia menjadi pengajar bagi murid-muridnya di kelas. Para murid dikejutkan dengan kemunculan sesosok makhluk yang bentuknya sangat mirip dengan gurunya. Siapakah dia sebenarnya? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Kronologi Misteri Emilie Sagee

Kronologi Misteri Emilie Sagee

Emilie Sagee berusia 32 tahun ketika mengalami sebuah kejadian yang membuat namanya akan terus diingat orang-orang. Dia adalah seorang guru yang mengajar di beberapa sekolah wanita di Dijon, Prancis. Salah satu sekolah yang dia ajar yaitu Pensionat von Neuwelcke, tempat di mana misteri tentang dirinya dimulai.

Pada tahun 1846, para murid kelas sedang belajar dengan Emilie sebagai gurunya. Sebanyak 13 murid yang berada di kelas melihat sesosok mahluk yang sama persis dengan gurunya. Bahkan sosok itu bergerak sesuai dengan gerakan Emilie yang waktu itu sedang memegang kapur untuk menulis di papan tulis, sementara sosok kembarannya nggak.

Para murid ketakutan dan langsung melaporkannya pada Emilie. Sayangnya, Emilie nggak melihat apa-apa di tempat para murid melihat sosok kembarannya. Kabar pun menyebar sampai pada guru dan staf sekolah lainnya. Tapi nggak semua langsung mempercayai karena menganggapnya sebagai kabar burung semata.

Kejadian berikutnya yang melibatkan Emilie adalah ketika jam makan malam. Para guru dan murid makan di sebuah ruangan yang sama. Emilie yang berjalan membawa makanannya diikuti oleh kembarannya dari belakang. Kali ini sebanyak 42 murid menjadi saksi bahwa sosok Emilie ada dua.

Saksi dari Misteri Emilie Sagee

Saksi dari Misteri Emilie Sagee

Nama Emilie melekat dengan sosok kembaran yang nggak pernah dia lihat. Berbagai kejadian di sekolah tempatnya mengajar semakin membuat dia ditakuti. Selama 1,5 tahun kejadian-kejadian aneh kerap muncul. Laporan dari para muridnya membuat dia mendapat nasib kurang beruntung.

Banyak murid yang ingin keluar dari sekolah dan pihak sekolah tentu nggak mau kehilangan banyak murid dan akhirnya mengorbankan Emilie. Dia mengalami pemecatan sebanyak 18 kali sehingga harus bergonta-ganti tempat pekerjaan.

Julie von Guldenstubble adalah salah satu saksi mata yang melihat Emilie menjadi dua orang dalam satu waktu. Ceritanya itu kemudian ditulis oleh Robert Dale Owen, seorang penulis asal Amerika. Julie mengungkapkan bahwa fenomena yang dia lihat nggak langsung dia percayai. Apalagi secara sains hal semacam ini nggak bisa dibuktikan, tapi justru terjadi tepat di depan matanya.

Saksi dari Misteri Emilie Sagee 2

Dalam kesaksiannya, Julie mengatakan bahwa kejadian yang paling nggak masuk akal adalah ketika para murid sedang mengikuti pelajaran menjahit di aula. Kali ini kedua Emilie bahkan melakukan kegiatan yang berbeda. Emilie diketahui sedang di taman bunga dan terlihat dengan jelas lewat jendela. Tiba-tiba ada sosok kembarannya yang muncul dan duduk di kursi ruangan.

Seorang murid yang penasaran memberanikan dirinya untuk maju. Dia mencoba untuk menyentuh sosok kembaran gurunya tapi dia merasa ada menyentuh sesuatu yang lembut tapi ada yang menghalanginya dan sosok itu kemudian perlahan-lahan menghilang.

Selain Julie, ada juga Antoinette Wrangel yang menjadi saksi misteri Emilie yang menjadi dua orang. Antoinette menyatakan bahwa pada suatu malam dia sedang mencoba mengenakan pakaian tapi kesulitan sehingga butuh bantuan gurunya. Gurunya saat itu adalah Emilie. Antoinette yang menghadap cermin, melihat sosok Emilie yang lain muncul dan ikut membantunya.

Emilie semakin lama semakin menyadari ada fenomena aneh tentang dirinya. Walau dia nggak bisa melihat sosok kembarannya secara langsung, tapi dia menyatakan bahwa kemunculan sosok kembarannya itu membuat badannya merasa sangat lelah bahkan wajahnya berubah menjadi pucat pasi.

Penjelasan Misteri Emilie Sagee

Penjelasan Misteri Emilie Sagee

Misteri Emilie Sagee ternyata bukan fenomena baru. Banyak kisah serupa tentang kemunculan sosok kembaran. Fenomena tersebut disebut sebagai doppelganger. Doppelganger berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata doppel yang berarti ganda dan ganger yang berarti perjalanan. Doppelganger dijadikan istilah untuk menggambarkan kemunculan kembaran misterius.

Ada banyak teori tentang doppelganger. Di Denmark, ada kisah seekor mahluk mitos yang menculik wanita hamil dan menggantinya dengan sosok kembarannya agar tindakannya nggak diketahui oleh orang-orang.

Dalam tradisi Yahudi, ada kepercayaan bahwa setiap orang memiliki malaikat yang mempunyai penampilan sama persis dan kadang menampakkan diri dalam waktu-waktu tertentu. Sementara itu, kebanyakan kepercayaan menganggap bahwa dopelgangger adalah roh jahat yang bertransfromasi dengan menggunakan rupa manusia sehingga dapat terlihat.

Emilie bukanlah satu-satunya orang yang mempunyai kisah doppelganger. Ada nama-nama besar seperti Abraham Lincoln, Queen Elizabeth I, Johann Wolfgang van Goethe sampai Catherine The Great. Semuanya menyatakan pernah melihat sosok kembarannya. Rata-rata yang mengalami fenomena tersebut mengaku bisa melihat sosok kembarannya, nggak seperti yang Emilie alami.

Penjelasan Misteri Emilie Sagee 2

Kebanyakan fenomena doppelganger membawa pada sebuah peristiwa menakutkan. Kabarnya ketika seseorang melihat doppelganger-nya, maka itu berarti hidup orang tersebut nggak lama lagi akan berakhir. Itulah yang terjadi pada Lincoln yang nggak lama setelah melihat sosok kembarannya harus tewas karena ditembak.

Seorang dokter bernama Peter Brugger dari Zurich University Hospital mencoba meneliti fenomena doppelganger. Dia bahkan menamai fenomena itu sebagai Doppelganger Syndrom. Sindrom tersebut dia sebut ketika ada perasaan seorang pasien yang diamputasi merasakan kembali bagian tubuhnya yang hilang dan merasa tubuhnya lengkap seperti sebelumnya.

Sindrom itu bisa terjadi ketika syaraf kita tergoncang sehingga membawa representasi internal yang kemudian ditransfer ke dunia luar. Dia juga menyatakan hal tersebut akan terjadi ketika kita sedang mengalami stress, kesepian atau otak kita mengalami luka atau tumor.

Teori ini dianggap nggak sepenuhnya benar karena fenomena doppelganger yang muncul bukan hanya anggota tubuh tertentu melainkan keseluruhan tubuh. Bahkan, untuk misteri Emilie Sagee, yang melihat adalah orang lain bukan dirinya sendiri.

Selain Peter Brugger, ada juga Shahar Arzy yang mencoba memecahkan fenomena doppelganger. September 2006 sebuah majalah merilis hasil eksperimen yang dia lakukan bersama rekannya di University Hospital, Jenewa, Swiss. Mereka disebut mampu menciptakan fenomena doppelganger dengan menggunakan stimulasi elektromagnetik pada otak pasien.

Pasien diberi stimulasi elektrik pada otak kirinya sehingga dia bisa merasakan ada kehadiran orang lain di depannya. Secara nggak langsung eksperimen itu membuktikan bahwa fenomena doppelganger berhubungan dengan terganggunya aktivitas otak kiri. Berbagai percobaan dan penelitian doppelganger nggak serta merta diterima oleh orang-orang.

Kalau dikaitkan dengan kasus Emilie, teori Shahar Arzy terbantahkan dengan mudah. Para murid yang menjadi saksi kemunculan kembaran Emilie nggak mungkin semuanya mengalami gangguan pada otak kirinya secara bersama-sama. Sampai saat ini belum ada penjelasan secara ilmiah yang bisa memecahkan misteri Emilie Sagee dan fenomena doppelganger.

Apa kamu percaya tentang adanya 7 kembaranmu di bumi ini? Menurutmu, apakah misteri Emilie Sagee adalah pembuktian untuk itu? Tuliskan di kolom komentar, yuk! Di sana, kamu juga bisa ikut menambahkan. Barangkali kamu punya pengalaman pribadi yang mirip dengan misteri Emilie Sagee. Itu akan menjadi bacaan menarik untuk pembaca yang lain.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *