Bacaterus / Misteri Karakter / Misteri Kematian Elisa Lam, Gadis yang Tewas di Hotel Cecil

Misteri Kematian Elisa Lam, Gadis yang Tewas di Hotel Cecil

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Kasus kematian Elisa Lam – mahasiswi Universitas British Columbia, Kanada – sangat menggemparkan dunia pada tahun 2013. Bagaimana tidak, gadis yang kala itu berusia 21 tahun ditemukan tewas mengambang dalam tangki air yang terletak di rooftop Hotel Cecil, Los Angeles. Yang membuat kasus kematian ini menjadi misteri, tak semua orang bisa mengakses rooftop di hotel tersebut.

Sampai saat ini kasus kematian Elisa Lam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Bacaterus akan mengulas seputar misteri kematian Elisa Lam dan beberapa teori konspirasi yang menaunginya di sini.

Kronologi Hilangnya Elisa Lam

Kronologi Hilangnya Elisa Lam

* sumber: wethepvblic.com

Pada tanggal 26 Januari 2013 Elisa Lam pergi berlibur seorang diri ke Los Angeles. Pada tanggal tersebut Elisa check in di Hotel Cecil yang berlokasi di kawasan Downtown. Selama liburannya, Elisa tak berhenti mengirim pesan singkat kepada keluarganya. Namun, di tanggal 31 Januari 2013 Elisa berhenti mengirim pesan kepada keluarganya.

Hilangnya Elisa secara tiba-tiba tentu membuat keluarganya panik. Keluarga menghubungi pihak hotel via telepon untuk mengecek keberadaan Elisa. Akhirnya, setelah mengetuk-ngetuk pintu kamar Elisa dan tak kunjung mendapat respons, akhirnya petugas hotel masuk dengan paksa ke kamarnya. Akan tetapi, Elisa Lam tidak ditemukan di kamar tersebut meskipun barang-barangnya masih tertinggal di kamarnya.

Petugas hotel melaporkan bahwa tanggal 31 Januari 2013 menjadi hari terakhir mereka melihat Elisa Lam di Hotel Cecil. Setelah itu, Elisa bagaikan menghilang tanpa jejak.

Gerak-gerik Aneh Elisa Lam di dalam Lift


Setelah lebih dari dua pekan sejak keluarga Elisa melapor ke pihak Hotel Cecil, polisi pun turun tangan untuk menginvestigasi kasus ini. Di tanggal 13 Februari 2019, kepolisian Los Angeles merilis video CCTV yang merekam Elisa Lam saat berada di dalam lift Hotel Cecil. Rekaman ini dirilis dengan maksud agar masyarakat membantu menemukan Elisa Lam.

Akan tetapi, jika kita perhatikan secara detail, gerak-gerik Elisa Lam di rekaman CCTV tersebut terlihat aneh. Elisa masuk ke lift dari lantai 14, lalu menekan semua tombol lantai di lift tersebut. Pintu lift tak kunjung tertutup sehingga Elisa memeriksa ke luar lift dengan gerakan yang tergolong aneh.

Setelah memastikan keadaan di luar lift, Elisa kembali masuk ke lift dan nampak bersembunyi di sisi pintu lift. Gerakannya ini seakan-akan sedang bersembunyi dari seseorang. Sesudah itu, Elisa kembali melihat ke luar lift sambil menengok ke kiri dan kanan, kemudian ia kembali menekan tombol lift lebih banyak lagi. Anehnya, pintu lift masih tak kunjung tertutup.

Elisa kembali ke luar lift dan membuat gerakan tangan yang aneh, entah seperti sedang menari atau berenang. Anehnya lagi, Elisa Lam terlihat seperti berbicara dengan seseorang meskipun lawan bicaranya tidak tertangkap oleh kamera CCTV.

Video rekaman CCTV ini berakhir dengan Elisa yang berjalan ke luar lift dan tak lagi tertangkap kamera CCTV. Selang beberapa saat, pintu lift tertutup dengan sendirinya. Kejadian ini cukup membuat bulu kuduk merinding bilamana kita bertanya-tanya tentang siapa yang berbicara dengan Elisa Lam di luar lift dan mengapa pintu lift tidak kunjung tertutup.

Penemuan Jenazah Elisa Lam di Tangki Air Hotel

Penemuan Jenazah Elisa Lam di Tangki Air Hotel

* sumber: ktla.com

Bermula dari laporan para tamu hotel yang mengeluhkan bahwa kran air minum mereka mengeluarkan air dengan rasa yang aneh, akhirnya petugas hotel melakukan pengecekan pada tangki air yang lokasinya berada di puncak atas bangunan Hotel Cecil.

Setelah membuka tutup tangki, betapa kaget para petugas hotel yang melihat isi dalam tangki tersebut. Ditemukan jenazah seorang wanita yang telah tewas dan mengambang di air yang terdapat pada tangki tersebut.

Penemuan jenazah Elisa Lam langsung membuat warga Amerika Serikat gempar. Pasalnya, tangki air tempat ditemukannya jenazah Elisa Lam berada di atas gedung. Tamu hotel jelas tidak memiliki akses untuk masuk ke pintu menuju rooftop tersebut. Hanya petugas hotel saja yang bisa mengakses pintu rooftop yang selalu terkunci itu.

Sejarah Kelam Hotel Tempat Kematian Elisa Lam

Sejarah Kelam Hotel Tempat Kematian Elisa Lam

* sumber: www.telegraph.co.uk

Jauh sebelum kasus kematian Elisa Lam ini menjadi pembicaraan masyarakat dunia, Hotel Cecil – yang merupakan tempat kejadian perkara (TKP) ditemukannya jenazah Elisa – memang memiliki sejarah yang kelam.

Tercatat sejumlah pembunuh berantai pernah menginap di Hotel Cecil, di antaranya ada Richard Ramirez yang memiliki julukan “The Night Stalker” dan Jack Unterweger yang merupakan pembunuh berantai yang selalu memilih wanita tuna susila sebagai korbannya. Bahkan, Black Dahlia alias Elizabeth Short yang merupakan korban mutilasi misterius dilaporkan terakhir terlihat di Hotel Cecil ini.

Dugaan Penyebab Kematian Elisa Lam

Dugaan Penyebab Kematian Elisa Lam

* sumber: andatahuuu.blogspot.com

Sampai saat ini, misteri kematian Elisa Lam masih belum terpecahkan. Tak jelas apakah Elisa Lam ini bunuh diri atau dibunuh. Namun, ada berbagai konspirasi yang mulai menyeruak sejak kematian Elisa Lam. Ada yang mengaitkan dengan dugaan Elisa memakai obat-obatan terlarang, dibunuh oleh seseorang, sampai hal-hal yang berbau gaib.

Berikut adalah beberapa dugaan penyebab kematian Elisa Lam yang paling populer:

  • Bunuh Diri

Elisa Lam diketahui menderita bipolar disorder. Gangguan ini memiliki gejala kerap kali berhalusinasi secara tiba-tiba. Diduga Elisa berhalusinasi seperti merasa diikuti oleh seseorang yang hendak membunuhnya. Halusinasinya tersebut mengantarkannya ke dalam tangki air di rooftop Hotel Cecil untuk bersembunyi dari ‘pembunuh’ yang ada di halusinasinya.

Namun faktanya, pengobatan bipolar disorder Elisa Lam tetap berjalan dengan baik. Lagipula Elisa tidak mungkin memiliki akses untuk pergi ke rooftop. Bahkan, tak mungkin jika seorang gadis bertubuh kecil seperti Elisa mampu mengangkat tutup tangki air seberat 20 Lbs (kurang lebih 10 kg), lalu menutupnya lagi dari dalam.

  • Dibunuh Petugas Hotel

Dari berbagai dugaan penyebab kematian Elisa Lam, dugaan ini nampaknya yang paling masuk akal. Ya, dugaan Elisa dibunuh oleh petugas hotel memang yang paling bisa diterima. Pasalnya, petugas hotel lah yang memegang kunci akses ke rooftop. Akan tetapi, sampai sekarang kepolisian setempat tidak menemukan bukti apapun untuk membuktikan bahwa Elisa dibunuh petugas hotel.

  • Gangguan Makhluk Halus Penunggu Hotel

Selain memiliki sejarah disinggahi oleh beberapa pembunuh bayaran, Hotel Cecil juga menjadi tempat yang paling sering dipilih sebagai lokasi bunuh diri. Tercatat ada belasan kasus bunuh diri yang dilakukan di Hotel Cecil. Tentu kamu bisa membayangkan bagaimana seramnya hotel tersebut jika dihuni oleh arwah-arwah gentayangan pelaku bunuh diri.

Penemuan rekaman CCTV yang memperlihatkan Elisa berbicara sendiri membuat banyak orang berpikir bahwa sedari di lift Elisa sudah mendapat gangguan dari makhluk halus. Entah bagaimana caranya, kematian Elisa diduga sebagai ‘ulah’ dari makhluk halus penunggu hotel.

Setelah melakukan penyelidikan panjang dan otopsi, Departemen Koroner L.A. County memutuskan bahwa penyebab kematian Elisa Lam adalah kecelakaan. Elisa dinyatakan meninggal karena tenggelam tapi tak ada penjelasan mengenai penyebab Elisa bisa tenggelam di dalam tangki air di rooftop dengan akses terbatas itu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar