Bacaterus / Misteri Karakter / Misteri Edward Mordrake, Manusia Pemilik Dua Wajah

Misteri Edward Mordrake, Manusia Pemilik Dua Wajah

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Desember 2019

Kisah tentang Edward Mordrake memang cukup tragis. Memiliki kehidupan yang berbeda dari orang-orang yang ada di sekitarnya telah membuat dirinya kehilangan akal sehat hingga harus mengakhiri hidupnya di usia muda.

Kisah tentang pria misterius yang satu ini memang sempat menghebohkan masyarakat dunia. Pro dan kontra terus bermunculan seiring kehadirannya dalam pemberitaan. Bila kamu berpikir bahwa Edward memiliki dua kepribadian, maka kamu salah besar.

Kali ini Bacaterus tidak akan membahas tentang kepribadian seseorang, namun kelainan fisik yang diderita oleh Edward Mordrake. Kelainan fisik seperti apa yang membuatnya sangat terkenal sampai di seluruh dunia? Kali ini Bacaterus akan bahas tuntas tentang kisah pria yang satu ini untuk kamu.

Biar tidak menambah penasaran kamu tentang sosok pria tersebut. Inilah misteri Edward Mordrake, manusia pemilik dua wajah yang sangat terkenal di seluruh dunia. Berikut adalah ulasannya:

Kemunculan manusia pemilik dua wajah

Kemunculan manusia pemilik dua wajah

Kehadirannya pria yang satu ini memang telah menjadi kisah menarik yang telah menghebohkan masyarakat dunia. Menjalani kehidupan pada abad ke-19, Edward Mordrake adalah pewaris tunggal yang lahir dari keluarga bangsawan kaya di Inggris.

Edward sendiri diketahui memiliki wajah yang tampan, intelektual serta memiliki bakat bermusik yang hebat. Kehidupannya memang terasa sangat sempurna dan mungkin bahagia di mata dunia. Namun hal tersebut tidak bagi dirinya sendiri.

Dibalik kehidupannya yang terlihat sempurna Edward menyimpan penderitaan yang mungkin hanya diketahui oleh seorang diri karena kelainan fisik yang ia bawa sejak lahir. Edward diketahui memiliki wajah lain di bagian belakang kepala yang membuatnya sangat frustasi.

Wajah yang berada di belakang kepalanya berukuran jauh lebih kecil. Indera pada wajah yang ada di belakang kepalanya juga tidak berfungsi seperti wajahnya. Namun, dalam keadaan tertentu wajah tersebut dikabarkan bisa merasakan kesedihan maupun kebahagiaan.

Menurut Edward, wajah yang berada di belakangnya tersebut akan bahagia bila mengetahui Edward dalam keadaan sedih atau menangis. Namun bila Edward dalam keadaan bahagia maka wajah yang ada di belakangnya akan menunjukan perasaan tidak senang dan akan meracau meskipun tanpa mengeluarkan suara.

Edward juga mengatakan bila dalam keadaan tidur wajah keduanya tersebut akan mengatakan sesuatu yang buruk tentang neraka. Wajah tersebut selalu mengganggu dengan membisikan sesuatu yang buruk padanya, sehingga membuat dirinya sangat terganggu.

Edward sebenarnya sempat meminta para dokter ahli untuk menghilangkan wajah yang ada pada bagian belakang kepalanya. Hanya saja tindakan tersebut terlalu berisiko sehingga para dokter yang dimintai oleh Edward tidak memenuhi permintaannya tersebut.

Edward pun merasa putus asa karena permintaannya untuk melakukan operasi tak bisa dipenuhi oleh dokter. Ia pun pada akhirnya lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menyendiri, hingga suatu hari di usia yang terbilang cukup muda yaitu sekitar 23 tahun, pria malang tersebut memutuskan untuk membunuh dirinya sendiri.

Edward memang tersiksa dengan kehadiran wajah yang ia sebut dengan “Evil Twin” atau “kembaran iblis” di belakang kepalanya tersebut. Sebelum meninggal, Edward pun sempat menuliskan pesan dalam sebuah surat yang mengatakan bahwa dirinya menginginkan wajah yang berada di belakangnya dihilangkan sebelum ia dimakamkan.

Hal tersebut ia sampaikan karena tak ingin bisikan-bisikan dari wajah yang ada di belakangnya tersebut mengikutinya sama dirinya mati. Ia pun kemudian dimakamkan tanpa batu nisan.

Kebenaran kisah Edward Mordrake

Kebenaran kisah Edward Mordrake

Kisah yang terjadi pada kehidupan Edward Mordrake memang sangat tragis. Namun pada kenyataan masih banyak pihak yang meragukan kebenaran cerita tentang pria yang satu ini. Mengingat saat penelusuran tentang asal usul kehidupan pria yang satu ini memang tidak dapat ditemukan.

Kisahnya sendiri bermula dari sebuah artikel di Boston Post tahun 1895 yang berjudul “The Wonder Of Modern Science” yang ditulis oleh penulis cerita fiksi bernama Charles Lotim Hildreth. Selain mengangkat kisah kehidupan Edward Mordrake, Hildreth juga diketahui menuliskan banyak cerita yang berhubungan dengan kasus kelainan fisik manusia yang cukup ekstrim.

Beberapa kisah lain yang pernah ia tulis diantaranya seperti manusia setengah ikan, pria bertubuh laba-laba serta manusia setengah kepiting. Hildreth sendiri mengklaim bahwa kisah yang ia tulis tersebut berdasarkan sebuah laporan lama dari Royal Scientific Society.

Namun belakangan akhirnya terungkap bahwa organisasi tersebut adalah organisasi fiktif. Sehingga banyak pihak-pihak berspekulasi bahwa Hildreth menulis kisah-kisah tersebut hanya untuk meningkatkan menarik para pembaca tanpa mempertimbangkan keakuratan cerita.

Kisah yang ditulis oleh Hildreth ini kemudian yang dijadikan referensi oleh dokter George M Gould  dan Dr David Luiz Pyle dalam sebuah buku ensiklopedia medis berjudul Anomalies and Curiousities of Medicine tahun 1896.

Meskipun apa yang Hildreth tulis tidak sepenuhnya mengandung kebenaran akan tetapi kasus yang terjadi pada Edward Mordrake bisa saja terjadi karena suatu kelainan yang dikenal dengan istilah dalam dunia medis yang disebut Craniopagus Parasiticus yang cukup ekstrim.

Menurut informasi kelainan tersebut  diketahui terjadi pada 2-3 orang dari 5 juta kelahiran di seluruh dunia. Craniopagus Parasiticus adalah bentuk kembar parasit yang cukup ekstrim dimana pada beberapa kasus hidup penderita diperkirakan tak bisa bertahan lama. Seperti pada kasus seorang bayi di India bernama Lalu Singh yang hanya mampu bertahan selama dua bulan karena kelainan tersebut.

Tengkorak Edward Modrake

Tengkorak Edward Modrake

Populernya kisah Edward Modrake tak lepas dari sebuah bukti foto tengkorak dengan dua wajah yang beredar di internet selama bertahun-tahun. Keaslian tengkorak yang beredar tersebut memang masih menjadi pertanyaan khalayak umum.

Namun, pada kenyataannya foto tersebut bukanlah foto sebenarnya dari Edward Mordrake. Selama beberapa tahun para seniman telah menciptakan replika Edward Mordrake dalam beberapa versi di seluruh dunia, sehingga membuat kisahnya semakin terkenal dan dianggap benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata.

Kisah Edward Mordrake juga telah masuk ke dalam budaya kontemporer populer yang berkembang di masyarakat. Dimana Edward menjadi subjek dalam beberapa karya seni seperti sebuah lagu berjudul Chained Together for Life oleh Tom Waits.

Kisah tentang kehidupannya juga telah dibuat ke dalam sebuah pertunjukan opera oleh Erling World. Bahkan dalam serial televisi berjudul American Horror Story: Freak Show telah mengangkat dirinya sebagai salah satu karakter dalam beberapa episodenya. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kisahnya semakin terkenal di seluruh dunia.

Fenomena yang terjadi pada Edward mungkin bisa saja terjadi, hanya saja terlepas dari itu semua pentingnya menggali informasi yang lebih dalam mengenai hal tersebut agar tak menimbulkan kebingungan di masa depan pada generasi yang akan datang.

Nah, itulah misteri tentang Edward Mordrake, manusia pemilik dua wajah yang sangat terkenal di seluruh dunia. Nantikan misteri lain yang lebih menarik akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *