Bacaterus / Mitos / Misteri Ebu Gogo, Mahluk yang Masih Menjadi Perdebatan

Misteri Ebu Gogo, Mahluk yang Masih Menjadi Perdebatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Februari 2020

Ada sebuah cabang ilmu Biologi yaitu Paleoantropologi yang mempelajari manusia pada masa lalu. Tepatnya yang ditemukan dalam bentuk fosil hominid seperti tulang dan tapak kaki yang mengalami petrifikasi. Keberadaannya membuat kita bisa mengetahui bagaimana merangkai benang merah sejarah manusia. Bahkan karenanya kita bisa mengenal berbagai spesies manusia.

misteri ebu gogo

Sudah pernah menonton film Lord of The Ring atau The Hobbit? Di film itu ada cerita tentang orang-orang berbeda dengan manusia pada umumnya. Di Flores, ada cerita rakyat tentang mahluk serupa yang dikenal dengan nama Ebu Gogo. Apakah benar makhluk tersebut pernah ada? Atau hanya cerita rakyat yang belum terbukti kebenarannya? Mari kita telaah lebih dalam.

Fisik Ebu Gogo

Fisik Ebu Gogo

Penyebutan istilah ebu gogo untuk menggambarkan makhluk mitologi di Flores dilakukan oleh orang-orang dari suku Manggarai yang mendiami bagian barat pulau Flores. Secara etimologi bahasa mereka, Ebu berarti nenek dan Gogo berarti pemakan segalanya.

Kalau disimpulkan maka Ebu Gogo berarti manusia yang berasal dari nenek moyang yang memakan segala sesuatu. Sementara suku Ngada memanggil makhluk itu dengan sebutan Ybu Ngiu. Suku Nage yang juga tinggal di pulau Flores menggambarkan sosok Ebu Gogo sebagai makhluk yang tingginya sekitar 1,5 m dengan hidung lebar dan datar.

Selain itu, wajahnya juga lebar dengan mulut yang besar dan tubuhnya dipenuhi oleh bulu. Cara berjalan mereka kikuk seperti seorang pemalu serta cara berbicaranya seperti berbisik bahkan beberapa penduduk mengatakan bahwa mereka bisa mengulangi perkataan yang diucapkan penduduk.

Sebuah jurnal di majalah Nature mengaitkan Ebu Gogo dengan monyet karena penampilan dan jenisnya yang belum jelas antara manusia atau binatang. Penduduk suku Nage mempercayai bahwa Ebu Gogo pernah hidup sampai ke abad 17, sementara beberapa di antara mereka meyakini mahluk itu hidup sampai abad ke-20. Belum ada bukti meyakinkan sampai kapan dia pernah hidup.

Pemusnahan Ebu Gogo

Pemusnahan Ebu Gogo

Ebu Gogo dikabarkan musnah oleh penduduk Flores. Beberapa penduduk menyatakan kepunahannya terjadi sejak tujuh generasi lalu. Tindakan itu diawali oleh pencurian makanan dari tempat tinggal manusia dan menculik anak-anak manusia.

Pada abad ke-16, konon Ebu Gogo dimusnahkan dengan cara ditipu setelah diberi serat palem untuk membuat pakaian mereka. Ketika mereka mengambil serat palem, penduduk desa melempar potongan kayu terbakar yang membuat mereka terbakar dan musnah.

Pemusnahan Ebu Gogo diyakini terjadi di gunung di Liang Bua, bagian barat Flores, belum jelas apakah karena gunung meletus atau dibakar penduduk. Konon kejadian itu terjadi 12.000 tahun lalu. Beberapa penduduk menyatakan bahwa ada kemungkinan beberapa dari Ebu Gogo yang mampu bertahan dan pindah untuk tinggal di bagian lain dari pulau.

Bahkan salah satu penduduk menyatakan pernah melihat mahluk seperti Ebu Gogo pada abad ke-19 ketika penjajah Belanda menetap di Flores, tapi makhluk itu nggak lagi tinggal di sekitar gunung berapi.

Ebu Gogo dan Homo Floresiensis

Ebu Gogo dan Homo Floresiensis

Di Liang Bua pernah ditemukan sisa-sisa kerangka. Pada tahun 1989, kerangka homo sapiens di gua itu ditemukan, lengkap dengan beberapa mamalia seperti gajah Stegodon, biawak serta tikus besar. Hewan-hewan itu diperkirakan digunakan sebagai bahan makanan mereka.

Selain itu, ditemukan juga alat-alat yang terbuat dari batu seperti pisau, beliung, mata panah, arang serta tulang yang sudah terbakar. Pada tahun 2001, Indonesia dan Australia bekerja sama untuk mencari jejak nenek moyang orang Aborigin di Indonesia.

Pada September 2003, ditemukan kerangka mirip manusia pada kedalaman lima meter tetapi ukurannya kecil. Kerangka itu kemudian disebut sebagai homo florsiensis. Kerangka itu nggak membantu tapi rapuh dan lembab.

Ada sembilan kerangka yang ditemukan di Liang Bua, tapi nggak semua bagian tubuhnya lengkap. Kemungkinan tempat itu dijadikan sebagai tempat penguburan mahluk atau manusia jaman dahulu. Agar kerangka itu terbentuk utuh, maka sebelum dipindahkan dilakukan pengeringan dan perekatan terlebih dahulu.

Salah satu dari kerangka yang ditemukan diperkirakan berjenis kelamin betina dan usianya sekitar 18.000 tahun. Sementara beberapa kerangka lainnya berusia sekitar 94.000 dan 13.000 tahun. Perkiraan usia kerangka-kerangka itu dilakukan berdasarkan usia lapisan tanah bukan dari tulang atau kerangkanya sehingga ada kemungkinan usia mereka jauh lebih tua.

Sementara perkiraan usia dari tulang nggak mungkin dilakukan mengingat kondisi kerangka yang nggak memungkinkan. Hasil penelitian yang menyebut kerangka itu homo florensiesis menimbulkan perdebatan. Sebagian peneliti menduga bahwa kerangka itu adalah kerangka manusia biasa hanya saja berukuran kecil.

Kalau dilihat dari postur tubuh seperti panjang kaki terhadap tubuh dan tengkorak, nggak proporsional jika dibandingkan dengan tubuh manusia pada umumnya. Banyak peneliti yang berdebat tentang homo floriensiesis tapi beberapa orang justru menduga kerangka itu merupakan kerangka Ebu Gogo.

Mahluk itu memang masih dipertanyakan keberadaannya tapi menurut penduduk, kerangka itu adalah titik terang bahwa keberadaan mereka itu nyata, bukan isapan jempol belaka. Satu hal yang masih menjadi pertanyaan adalah apakah Ebu Gogo itu termasuk jenis manusia atau spesies hewan? Sampai saat ini belum ada yang bisa menjawab pertanyaan itu.

Film tentang Ebu Gogo

Film tentang Ebu Gogo

Sebuah film tentang Ebu Gogo berjudul The Cannibal in the Jungle dibuat dengan latar tahun 1977. Film itu menampilkan karakter Dr. Timothy Darrow. Cerita dalam film diawali oleh sebuah ekspedisi yang dilakukan Darrow bersama dua rekannya yaitu Dr. Gary Ward dan Drajat Saputra yang berprofesi sebagai peneliti untuk meneliti spesies burung di hutan Flores tengah.

Dalam perjalanan ke hutan, mereka sempat mengabadikan momen ketika satu Ebu Gogo berjalan di salah satu lembah kemudian melompat dari atas pohon. Nggak lama kemudian muncul sekelompok Ebu Gogo dari balik bukit yang letaknya jauh di dalam hutan. Kemudian mereka mendekati ketiga orang yang melakukan ekspedisi dan menyerang Darrow.

Penyerangan terhadap Darrow oleh Ebu Gogo diabadikan dengan kamera yang diletakkan di atas pohon untuk meneliti spesies burung langka. Dalam rekaman itu terlihat bagaimana Ebu Gogo mencabik-cabik dan memakan dua orang rekan Darrow. Sementara itu, Darrow berhasil menyelamatkan diri dan ditolong oleh penduduk sekitar.

Film yang dirilis tahun 2015 itu merupakan sebuah film fiksi. Sosok Timothy Darrow dalam film diperankan oleh aktor profesional begitu juga dua rekannya. Film itu hanya mengangkat cerita rakyat tentang Ebu Gogo ke dalam bentuk film fiksi, bukan kisah nyata yang benar-benar terjadi.

Sampai sekarang, misteri Ebu Gogo belum sampai pada satu kepastian. Sebagian orang percaya kalau Ebu Gogo adalah makhluk yang pernah hidup, sementara sebagian lain menganggap misteri Ebu Gogo adalah cerita rakyat belaka. Kamu termasuk yang mana? Kalau ingin berbagi pendapat, sudah ada kolom komentar di bawah ini ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. ♠️♥️♦️♣️PELANGI KOIN♣️♦️♥️♠️
    Ayo Buruan Login Dan Raih Kemenangan Sebanyak Banyaknya Di PELANGIKOINASIA.COM
    Proses Depo & Withdraw Tercepat Di Seluruh Asia
    DEPOSIT MINIMAL HASIL MAKSIMAL $_$
    Untuk Kartu Ringan & Muda Menangnya …
    Buktikan Sekarang Juga Hanya Di PELANGIKOINASIA.COM

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 Id bisa main 9 Games Boss!!!

    INFO STATUS BANK :
    ♠️BCA : ONLINE
    ♥️BNI : ONLINE
    ♦️BRI : ONLINE
    ♣️MANDIRI : ONLINE
    ♠️DANAMON : ONLINE

    Tunggu apalagi bos!! langsung DAFTAR diri anda di PELANGIKOINASIA.COM
    Dicoba di Kunjungi Website Kami PELANGIKOINASIA.COM
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24 jam boss!!

    CONTACT US :
    ♦️WA : +62 859-3225-4259
    ♦️TELEGRAM : Pelangikoin Jenny
    ♦️LINE: Pelangikoin
    ♦️INSTAGRAM : Pelangi_koin

    Ditunggu Kehadrian Nya Bermain Boss $_$ Salam Hoki dari PELANGIKOINASIA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *