Bacaterus / Misteri Dunia / 10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Banyak sekali misteri dunia yang belum terpecahkan sampai sekarang. Berbagai misteri tersebut dapat berbentuk puzzle, kode, lukisan, foto, hingga patung-patung dan pahatan. Semua misteri tersebut tersebar di berbagai negara dengan karakteristik dan kisah yang berbeda-beda.

Belum terpecahkannya berbagai misteri tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kurangnya sumber referensi atau bahkan anggapan adanya campur tangan jin dan alien. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas kumpulan cerita misteri dunia yang masih belum terungkap tersebut. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

Siapa yang tidak mengenal Segitiga Bermuda? Kawasan perairan di lautan Atlantik tersebut memang sangat terkenal dengan berbagai misterinya. Di lautan tersebut banyak kapal laut dan pesawat terbang yang hilang secara misterius. Bahkan hingga kini, bangkai dari kapal dan pesawat yang hilang tersebut tidak pernah ditemukan.

Berbagai macam teori telah coba diungkap untuk menjelaskan fenomena misterius tersebut. Ada yang mengatakan jika di lautan tersebut terdapat medan magnet yang sangat kuat sehingga mampu menarik besi di atasnya. Selain itu, ada juga yang mengatakan jika mereka diculik oleh alien atau penduduk dari negeri Atlantis yang hilang.

2. Kota Atlantis yang Hilang

dunia hilang atlantis

Misteri akan keberadaan kota Atlantis yang hilang hingga kini masih menjadi perdebatan. Kisah Atlantis sendiri bermula dari buku karangan Plato yang menyatakan bahwa ada kota dengan peradaban dan teknologi yang sangat tinggi pada jaman dahulu kala. Sayangnya kota tersebut kemudian ditenggelamkan ke laut karena penduduknya yang sombong dan tamak.

Banyak orang yang menganggap jika misteri dunia yang hilang tersebut memang benar-benar pernah ada jika melihat berbagai macam reruntuhan dan piramida yang ada di dasar Samudera Atlantik. Namun ada juga yang mengatakan jika Atlantis hanyalah kota gaib yang tidak ditinggali oleh manusia seperti kita.

3. Phaistos Disc

misteri dunia yang belum terpecahkan phaistos disc

Phaistos Disc adalah sebuah tanah liat berbentuk bundar yang berisi berbagai macam simbol aneh. Simbol tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk hieroglyphics di masa lalu. Banyak peneliti yang mengklaim jika simbol tersebut merepresentasikan simbol Linear A dan Linear B yang dulu digunakan di jaman Crete kuno.

Phaistos Disc sendiri ditemukan oleh seorang arkeolog Italia yang bernama Luigi Pernier pada tahun 1908. Disc ini kemungkinan besar sudah dibuat semenjak milenium kedua sebelum masehi. Hingga saat ini Phaistos Disc masih menjadi salah satu puzzle paling terkenal di dunia arkeologi.

4. Shepherd Monument

misteri dunia yang belum terpecahkan shepherd

Misteri dunia yang belum terpecahkan selanjutnya adalah Shepherd Monument di Staffordshire, Inggris. Jika dilihat secara sepintas, tidak ada yang aneh dengan monumen tersebut. Namun jika diteliti lebih lanjut, kita akan menemukan kumpulan huruf yang sangat misterius yakni “DOUOSVAVVM”.

Kumpulan huruf tersebut sudah lebih dari 250 tahun belum terpecahkan. Bahkan beberapa tokoh terkenal seperti Charles Dickens dan Charles Darwin juga pernah mencoba memecahkan salah satu misteri teraneh di dunia tersebut namun gagal. Meskipun arti kode tersebut masih menjadi misteri, namun banyak yang menganggap jika itu adalah clue dari para Knights Templar mengenai lokasi dari Holy Grail.

5. Monster Lochness

Monster Lochness

Di sebuah danau bernama Loch Ness di skotlandia, banyak orang yang sering melihat sesosok monster besar keluar dari danau tersebut. Monster tersebut memiliki leher yang panjang mirip dengan bentuk dari dinosaurus yang sering kita lihat di buku atau di media.

Beberapa teori menyatakan jika makhluk tersebut tinggal di dasar danau dan merupakan keturunan langsung dari dinosaurus yang masih hidup. Namun ada juga teori yang menyatakan jika monster tersebut adalah makhluk gaib sehingga hanya dikategorikan sebagai misteri dua dunia, yaitu dunia gaib dan dunia nyata.

6. Mary Celeste

Mary Celeste

Mary Celeste merupakan salah satu kisah kapal hantu yang paling terkenal hingga saat ini. Mary Celeste adalah kapal yang ditumpangi oleh 10 orang ketika pergi dari pelabuhan. Kapal tersebut kemudian menghilang dan ketika ditemukan, di dalam kapal tersebut ditemukan cadangan makanan dan air untuk 6 bulan namun tidak ada satupun orang di dalamnya.

Misteri dunia gaib Mary Celeste ini terus menimbulkan perdebatan terutama tentang menghilangnya 10 awak kapal tersebut. Berbagai makam video dokumenter, film, hingga buku banyak dibuat berdasarkan misteri Mary Celeste ini.

7. Voynich Manuscript

misteri dunia yang belum terpecahkan voynich

Voynich Manuscript merupakan sebuah buku berisi 240 halaman yang ditulis dengan bahasa dan aksara yang tidak diketahui oleh manusia. Dikutip dari mnn.com, dalam buku tersebut juga terdapat berbagai macam gambar aneh seperti diagram, benda, dan tumbuhan yang tidak diketahui jenisnya.

Banyak yang menganggap jika buku tersebut merupakan buku panduan medis jika melihat dari berbagai macam gambar tanaman yang ada di dalamnya. Namun berbagai gambar diagramnya justru lebih mirip dengan benda dari luar angkasa sehingga banyak juga yang menganggapnya sebagai buku buatan alien.

Hingga saat ini belum diketahui siapa penulis buku tersebut. Namun berdasarkan tes karbon yang dilakukan, buku tersebut kemungkinan dibuat antara tahun 1404 hingga 1438. Buku tersebut dinamakan Voynich Manuscript karena pada tahun 1912 pernah dibeli oleh seorang Polandia bernama Wilfrid M. Voynich.

8. Sinyal Wow!

misteri dunia yang belum terpecahkan wow

Pada suatu malam di musim panas tahun 1977, Jerry Ehman, seorang sukarelawan dari organisasi peneliti alien SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence), mungkin menjadi orang pertama di dunia yang menerima pesan dari alien. Ya, ketika sedang melakukan pencarian sinyal radio secara acak dari luar angkasa, ia menerima sebuah sinyal yang berisi pesan yang sangat misterius.

Sinyal tersebut berlangsung selama 72 detik dan dikirimkan dari tempat yang sangat jauh dan belum pernah dikunjungi oleh manusia sebelumnya. Tempat tersebut kemungkinan berada di konstelasi Sagitarius di dekat bintang bernama Tau Sagittarii. Jarak tempat tersebut dari bumi adalah 120 tahun cahaya.

Dalam transkrip sinyal yang dibuatnya, Ehman melingkari pesan dari alien tersebut dan kemudian menuliskan kata “Wow!” di sampingnya. Oleh karena itulah hingga saat ini pesan tersebut sering disebut sebagai “Wow! Signal” alias “Sinyal Wow!”.

9. Misteri Dunia Bawah Tanah Baiae

terowongan baiae

Pada tahun 1932 di kota Napoli, Italia, ditemukan sebuah terowongan bawah tanah di wilayah reruntuhan kota kuno Baiae dari jaman Romawi. Terowongan tersebut penuh dengan gas beracun dan memiliki suhu lebih dari 120 derajat fahrenheit. Terowongan tersebut dibuat dengan sedemikian kompleks sehingga sangat sulit bagi manusia biasa untuk memasukinya.

Banyak orang percaya bahwa terowongan tersebut merupakan jalan menuju dunia bawah tanah yang sering disebut dalam mitos Yunani. Namun hingga saat ini terowongan tersebut masih belum bisa dimasuki dan tetap menjadi salah satu misteri dunia bawah tanah yang belum terpecahkan.

10. Georgia Guidestones

misteri dunia yang belum terpecahkan georgia guidestone

Georgia Guidestones merupakan sebuah monumen batu granit yang didirikan pada tahun 1979 di Elbert County. Monumen yang sering juga disebut sebagai “American Stonehenge” tersebut berisi 10 perintah yang ditulis dalam 8 bahasa yakni Inggris, Spanyol, Swahili, Hindi, Hebrew, Arab, Cina, dan Rusia. Pada monumen tersebut juga terdapat beberapa simbol astronomi.

Meskipun tidak ada kode rahasia yang ditulis dalam monumen tersebut, namun hingga saat ini tujuan pembuatan serta siapa pembuatnya belum diketahui. Hanya ada satu nama samaran yang dianggap sebagai pelopor dari pembuatannya yakni R.C. Christian.

Dari 10 perintah yang ditulis tersebut, perintah pertama menjadi yang paling kontroversial. Perintah tersebut berbunyi “Maintain humanity under 500,000,000 in perpetual balance with nature” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Mempertahankan populasi manusia di bawah 500 juta untuk menjaga keseimbangan dengan alam”.

Banyak orang yang menganggap jika perintah tersebut merupakan “izin” untuk mengurangi populasi manusia dengan berbagai cara, entah itu dengan membunuhnya atau menyebarkan penyakit. Para pemerhati teori konspirasi juga menganggap jika monumen tersebut dibuat oleh para penyembah iblis “Luciferian secret society” sebagai bentuk dari new world order.

Misteri Dunia Lainnya

Selain 10 misteri dunia yang sudah kita bahas di atas, masih ada beberapa misteri lain yang hingga saat ini masih mengundang banyak pertanyaan. Berbagai misteri ini tidak kalah mengeherankannya dengan misteri di atas. apa sajakah itu? berikut daftar lengkapnya. 

11. Wedge of Aiud

Wedge of Aiud

Percayakah Anda dengan keberadaan alien? Mungkin Wedge of Aiud ini bisa membuat Anda percaya bahwa keberadaan mahluk luar angkasa tersebut benar-benar ada. Wedge of Aiud adalah artefak yang nampak seperti kepala alien. Benda berbentuk baji ini ditemukan di sebelah timur Aiud, Rumania, tepatnya di tepi Sungai Mures pada tahun 1974.

Ketika diteliti, benda ini memiliki kandungan aluminium yang terbungkus dengan lapisan tipis oksida. Penemuan ini sangat aneh karena aluminium baru ditemukan pada tahun 1808. Sementara, benda ini nampak berusia 11 ribu tahun. Hal ini seperti membuktikan bahwa kehidupan alien jauh lebih maju dibanding kehidupan di bumi.

12. The Babushka Lady

The Babushka Lady

Kali ini, Bacaterus tidak sedang membahas mengenai tempat misteri di dunia, tetapi ini merupakan sebuah misteri dunia yang belum terpecahkan mengenai pembunuhan salah satu presiden Amerika, John F. Kennedy. Babushka Lady adalah seorang wanita berkerudung yang berada sangat dekat di lokasi penembakan John F. Kennedy.

Wanita itu nampak sedang mengambil foto-foto di dekat lokasi penembakan. Namun, beberapa saat setelah kejadian wanita tersebut menghilang dan hasil-hasil fotonya tidak pernah ditemukan.

Bahkan, FBI sempat mendatangi beberapa toko untuk mencetak foto di wilayah tersebut, tapi mereka tetap tidak menemukan hasil foto yang diambil si Babushka Lady. Padahal, wanita tersebut bisa dijadikan saksi kunci pembunuhan John F. Kennedy.

13. The Dighton Rock

The Dighton Rock

The Dighton Rock bukan sebuah misteri dunia yang hilang atau dunia gaib. Ini merupakan batu seberat 40 ton yang diperkirakan usianya telah mencapai 3 abad. Yang membuat batu besar ini semakin misterius adalah hieroglifnya yang terdapat di sisi batu ini.

Banyak spekulasi bermunculan mengenai hieroglif pada Dighton Rock ini, mulai dari pahatan orang-orang Fenisia kuno sampai dengan orang-orang Viking yang membuat hieroglif tersebut. Batu ini kini diletakkan di Dighton Rock State Park yang merupakan lahan selua 100 hektar yang bisa dipakai masyarakat untuk piknik.

14. The Green Child of Woolpit

The Green Child of Woolpit

Yang satu ini adalah misteri dunia bawah tanah yang mengisahkan tentang anak-anak berkulit hijau. Konon, pada abad ke-12 di Woolpit, Suffolk, Inggris, muncul 2 orang anak-anak, yakni laki-laki dan perempuan, yang berpenampilan seperti anak-anak pada umumnya tetapi kulitnya berwarna hijau. Anak-anak ini hanya berbicara dengan bahasa mereka dan hanya mau makan kacang hijau.

Hari ke hari penduduk desa memberi mereka makanan normal selain kacang hijau. Sejak saat itu warna kulit hijau memudar. Namun, si anak laki-laki jatuh sakit dan meninggal tak lama setelah dibaptis.

Tinggal anak perempuan yang melanjutkan hidupnya dan mempelajari Bahasa Inggris secara perlahan-lahan. Saat ia sudah bisa berbicara ia mengatakan bahwa ia dan saudaranya berasal dari Negeri St. Martin yang merupakan negeri bawah tanah di mana penduduknya memiliki kulit warna hijau.

15. Jejak Kaki Setan di Devon

Jejak Kaki Setan di Devon

Pada tahun 1855 di South Devon, Inggris, warga digegerkan dengan kemunculan jejak kaki misterius. Sampai saat ini peristiwa yang dikenal dengan nama “Jejak kaki setan di Devon” itu merupakan misteri dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini. Pada waktu itu salju sedang turun dengan sangat deras. Akibat cuaca ekstrem tersebut banyak masyarakat yang tinggal di dalam rumah dan tidak masuk kerja.

Peristiwa terjadi ketika seorang penduduk menemukan adanya jejak kaki misterius sepanjang 80 mil yang bentuknya seperti kaki kuda, tetapi ada bekas kuki yang tajam. Banyak yang berpendapat bahwa itu adalah kaki binatang, tetapi adakah binatang yang sanggup berjalan dari petang hingga pagi sejauh 80 mil di saat cuaca sedang dingin-dinginnya seperti itu?

16. Kematian Elisa Lam

Kematian Elisa Lam

Kasus kematian Elisa Lam di Hotel Cecil, Los Angeles, juga sempat menjadi buah bibir. Bahkan, tak jarang yang mengaitkan kasus ini dengan misteri dunia gaib. Kasus ini berawal dari hilangnya Elisa Lam, salah satu penghuni Hotel Cecil, yang dilaporkan hilang selama 19 hari.

Kemudian, jenazah Elisa ditemukan dalam salah satu tangki air yang terletak di atas hotel. Pihak hotel merilis rekaman CCTV yang menangkap gerak-gerik Elisa sebelum ia menghilang. Ia nampak bertingkah aneh di dalam lift dan tampak menekan semua tombol di dalam lift.

Yang membuat kasus ini menjadi salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan adalah jika kasus ini adalah pembunuhan atau bunuh diri, bagaimana jenazah Elisa berada di dalam tangki air sementara tangga dan pintu menuju ke tangki air terkunci?

Meskipun polisi menyatakan bahwa Elisa bunuh diri karena memiliki riwayat bipolar disorder, tetapi polisi tetap tidak bisa menyatakan bagaimana Elisa bisa masuk ke area tangki air yang pintunya selalu terkunci.

17. Bimini Road

Bimini Road

Jalanan di atas laut memang sudah biasa mengingat di Indonesia sendiri sudah dibangun jalan tol di atas laut. Namun, bagaimana jika ada jalanan yang berada di dasar laut? Bimini Road adalah formasi batu dasar laut yang berada di dekat Bimini, Kepulauan Bahama.

Batu ini berbentuk persegi dan tampak berjajar rapi seperti sebuah jalan setapak. Penyusunan batu yang tidak biasa ini sangat diluar nalar manusia. Banyak orang yang percaya bahwa Bimini Road adalah sisa-sisa jalan kuno yang diduga berasal dari Kerajaan Atlantis.

18. Jack The Ripper

Jack The Ripper

Sejak tahun 1888 sampai saat ini identitas Jack The Ripper, seorang pembunuh sadis di sekitar distrik Whitechapel, London, belum diketahui. Jack The Ripper adalah julukan bagi pembunuh sadis yang kerap menghabisi korbannya yang sebagian besar adalah pekerja seks komersial.

Pembunuh ini tidak mengenal ampun, ia memotong leher korban dan mengambil organ-organ di dalam tubuh korban. Diduga karena keahliannya dalam membedah organ tubuh korban, Jack The Ripper ini adalah seorang yang sangat memahami anatomi dan ilmu bedah. Pembunuh sadis ini diketahui telah membunuh hingga ratusan korban yang rata-rata adalah wanita.

19. The Codex Gigas

The Codex Gigas

Setiap agama memiliki kitab sucinya masing-masing. Bahkan, “Setan” pun diklaim memiliki kita sucinya sendiri, yakni The Codex Gigas. Kita yang ditulis pada abad ke-13 ini dibuat di biara Podlažice, Bohemia (yang saat ini bernama Republik Ceko).

Kisah dibuatnya The Codex Gigas berasal dari seorang biarawan yang melanggar aturan biara dan dikurung di dalam tembok. Untuk menghindari hukuman, biara berjanji untuk membuat buku yang akan selesai dalam satu malam. Akan tetapi, karena biarawan tersebut tidak sanggup ia menukar jiwanya dengan Lucifer. Alhasil, kita tersebut diselesaikan langsung oleh Lucifer.

20. Kapal SS Ourang Medan

Kapal SS Ourang Medan

Ada banyak cerita mengenai misteri kapal hantu, satu yang paling terkenal adalah Flying Dutchman. Tapi tahukah Anda bahwa di Indonesia sendiri juga ada cerita mengenai kapal hantu?

Pada tahun 1947, ada dua kapal Amerika yang sedang berlayar di Selat Malaka. Kapal tersebut menerima pesan dari Kapal SS Ourang Medan yang merupakan kapal Belanda. Operator pengirim pesan mengatakan bahwa seluruh awak kapal telah mati, termasuk ia sendiri.

Setelah itu, kedua kapal Amerika mencari keberadaan SS Ourang Medan dan menemukan kapal tersebut dengan seluruh isinya mati dengan wajah ketakutan, termasuk seekor anjing yang mati dalam keadaan berdiri. Ada desas desus yang mengatakan kapal tersebut meledak dan tenggelam setelah ditemukan, lalu ada juga yang mengatakan bahwa cerita ini hanya sebuah dongeng.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini”

Tinggalkan komentar