Bacaterus / Tokoh Misteri / Inilah Berbagai Kisah Misteri di Balik Kartun Doraemon

Inilah Berbagai Kisah Misteri di Balik Kartun Doraemon

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali.. Semua, semua, semua, dapat dikabulkan. Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib..”

Jika Anda hafal dengan lagu tersebut, maka dapat dipastikan bahwa masa kecil Anda bahagia. Apa lagi yang lebih bahagia dari bersantai di Hari Minggu pagi sembari menonton film kartun Doraemon? Film Doraemon tayang setiap Hari Minggu pagi di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Dikisahkan seorang anak laki-laki bernama Nobita yang memiliki robot kucing bernama Doraemon. Nobita adalah anak yang kikuk, pemalas, dan cengeng. Di kala sedang susah atau membutuhkan sesuatu, Doraemon selalu siap membantunya dengan barang-barang canggih yang dikeluarkan dari kantong ajaibnya.

Namun, siapa sangka ada beberapa misteri dibalik kartun Doraemon yang amat lucu dan menarik ini? Tak banyak orang yang mengetahui misteri dari Doraemon tersebut. Bahkan, beberapa orang cenderung mengabaikannya. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda untuk mengulas beberapa misteri yang tersimpan di balik film Doraemon yang populer ini.

Kemana Telinga Doraemon?

misteri doraemon

Jika diperhatikan robot kucing berwarna biru ini tidak memiliki daun telinga. Ini sangat kontras dengan penampilan Dorami, adik perempuan Doraemon, yang memiliki kedua daun telinga. Lantas, apa yang membuat Doraemon tidak memiliki telinga?

Doraemon adalah robot penolong yang diciptakan pada abad ke 22. Sama seperti Dorami, Doraemon juga memiliki tubuh berwarna kuning dan kedua daun telinga. Kakak beradik ini mengikuti pelatihan di sekolah robot.

Dorami adalah robot penolong yang sangat pandai, ia selalu memperoleh predikat murid teladan di sekolah robot. Sedangkan Doraemon adalah robot penolong yang ceroboh. Ia kerap kali melakukan kesalahan sehingga ia diberi tugas sebagai penjaga bayi.

Seiring berjalannya waktu, bayi tersebut beranjak besar. Anak yang diasuh oleh Doraemon itu menciptakan sebuah robot tikus untuk menemani Doraemon. Akan tetapi, robot yang diciptakan anak itu malah memakan kedua telinga Doraemon.

Setelah peristiwa tersebut, Doraemon harus menjalani operasi. Sayangnya, kedua telinga Doraemon tidak dapat dikembalikan lagi sehingga ia menjadi robot kucing tanpa telinga. Meskipun begitu, Doraemon tetap bisa mendengar dengan baik.

Doraemon Jadi Serak dan Berwarna Biru

misteri dibalik kartun doraemon

Hari demi hari berlalu, tetapi Doraemon masih saja meratapi bentuk tubuhnya yang tak lagi sempurna. Dorami tidak tega melihat kesedihan kakaknya. Ia mengusulkan Doraemon untuk meminum cairan penyemangat.

Karena ceroboh, Doraemon meminum cairan yang malah membuat dirinya sedih. Air mata Doraemon terus keluar hingga membasahi tubuhnya. Tetesan air mata Doraemon itu melunturkan warna tubuhnya yang kuning sehingga berubah menjadi biru. Akibat menangis terus menerus, sampai saat ini suara Doraemon selalu terdengar serak.

Mengapa Doraemon Jadi Teman Nobita?

misteri kartun doraemon

Singkat cerita, cicit Nobita dari abad ke 22, Sewashi, menugaskan Doraemon untuk datang ke abad 21 untuk mengubah nasib keluarga Sewashi. Dikisahkan bahwa Sewashi hidup susah karena terbelit hutang yang dibuat oleh kakek buyutnya sendiri, Nobita.

Oleh karena itu, Doraemon kembali ke masa lalu untuk membuat Nobita menjadi orang yang lebih baik. Hal ini tentunya berdampak pada masa depan keturunan Nobita yang pada saat ini sedang dililit oleh banyak utang.

Setelah itu, Doraemon muncul di kehidupan Nobita. Ia datang melalui laci yang terletak di meja belajar Nobita Laci itu adalah jalan untuk menuju ke mesin waktu yang menghubungkan masa depan dengan masa lalu. Doraemon tinggal bersama Nobita dan telah menjadi bagian dari keluarga Nobita.

Sejak saat itu, Doraemon berusaha menjaga Nobita dan menghentikan semua halangan atau rintangan yang dialami Nobita. Misteri dibalik kartun Doraemon ini cukup mengharukan. Siapa sangka robot kucing yang selalu ceria ini menyimpan masa lalu yang amat memilukan.

Masa lalu Doraemon tersebut berkaitan dengan alasan mengapa di filmnya Doraemon selalu takut dengan tikus. Ia sangat trauma karena telinganya pernah dimakan oleh robot tikus. Memang sedikit konyol, tetapi itulah penjelasan dari pengarang cerita Doraemon, Fujiko F. Fujio.

Sampai saat ini, Doraemon tetap disukai oleh banyak orang. Baik komik maupun filmnya selalu ditunggu oleh jutaan penggemarnya. Bahkan, ada banyak penggemar Doraemon yang sengaja mengoleksi barang-barang yang berbentuk atau bertema Doraemon.

Di balik popularitas Doraemon, masih ada yang menganggap bahwa tokoh fiktif ini dibuat untuk menyesatkan banyak orang. Beberapa orang menganggap bahwa Doraemon mengeluarkan barang-barang yang bersifat gaib atau diluar nalar untuk menolong Nobita.

Selain itu, kemampuan Doraemon dalam menggunakan mesin waktu dianggap menyesatkan karena sejatinya semua mahluk hidup tidak bisa menyebrang dari masa kini ke masa lalu. Sebagian orang tersebut beranggapan bahwa Doraemon memiliki kekuatan menandingi Yang Maha Kuasa.

Si pengarang, Bapak Fujiko F. Fujio, mungkin tidak memiliki pemikiran seperti itu. Ia hanya menciptakan karakter Doraemon yang jenaka dan serba bisa untuk menghibur anak-anak. Jika diambil dari sisi positifnya, kartun ini justru mengajarkan banyak hal yang positif kepada penontonnya.

Misalnya, kita belajar agar tidak menjadi orang yang ceroboh seperti Nobita, karena kecerobohan Nobita kerap kali membawanya dalam bencana. Sisi positif lain dapat dilihat dari sifat Doraemon yang gemar menolong. Tak hanya Nobita, beberapa teman Nobita lainnya, seperti Shizuka, Giant, dan Suneo, juga pernah ditolong oleh Doraemon.

Selalu ada rumor maupun mitos di setiap tokoh populer. Semua tergantung dari bagaimana Anda menyikapinya. Misteri dibalik kartun Doraemon ini cukup mengharukan. Tokoh kartun yang selalu menuai respon yang baik dari semua kalangan ini ternyata menyimpan masa lalu yang cukup pedih. Nah, apakah Anda seorang penggemar Doraemon? Sudahkah Anda tahu kisah sedih di balik kartun jenaka tersebut?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

63 Responses

  1. Aku sih udah tau kisah yang lalunya. Jd gak kaget lagi

    1. Doraemon adalah tokoh fiksi buatan manusia, sehingga kemampuan dari tokoh fiksi ini juga hasil kreasi dari pembuatnya. Hal yang mustahil bisa menjadi nyata dalam dunia fiksi 🙂

    2. memang doraemon itu kartun yg menarik

  2. Wafiq fatiyq salwa berkata:

    Aku baru tahu cerita doraemon ini

  3. Wafiq fatiyq salwa berkata:

    Aku baru tahu cerita ini it’s so unbelie vable

  4. ya kita harus positiv thinking karna banyak pelajaran positif yg bisa di ambil dari film doraemon ,,,,

  5. setiap minggu deh nggak ada bozen bozenya.hehee.

  6. tidak nyangka doraemon yang ceria memiliki masalalu yang menyedihkan.

  7. Namanya juga film anak2, pasti penuh fantasi, kita dulu juga pasti punya khayalan masing2.
    Itu emang masanya, biar nalar kita jalan, toh kalo udh gede kita juga tau mana yg fiksi dan yang nyata.
    Kalo yg belum tau tentang telinga doraemon, tonton aja eps pertamanya, itu menceritakan awal mula doraemon dibuat.

  8. doraemon warna kuning . hahaha lucu . baru tau . hehehe

  9. agk aneh masak robot bisa makan telinga…
    sulit di percaya…
    yang terpenting, ambil nilai positifnya aja….
    untuk hiburan….
    ha ha ha……

  10. Aku baru tahu kisahnya seperti itu
    Jadi sedih karenq doraemon tdk punya telinga
    Kalau aku tdk punya telinga,pasti tdk bisa mendengar

  11. kesian daraemon
    tapi masa sih rabot makan telinga

  12. jadi kasian doraemon ny.. wkwkw
    ???????? tapi seru sih

  13. Masa’ robot tikus bisa makan telingnya doraemon? Padahal doraemon itukan robot,robot itu terbuat dari besi,dan robot kecil gx mungkin bisa makan besi. Wow bgt!!!! 🙂 😉 @[email protected] 🙂 🙂 🙂 🙂

  14. Banyak pesan positifnya, apalagi cerita terakhir ttg doraemon, sgt mengharukan..

  15. oooooooooohhhhhhhhhhhh…… gitu saya baru tau toh…

  16. aneh juga masa robot makan robot sihhh…???? apa lagi yang makan kuping doraemon robot tikus kecil.
    #ANEH BIN AJAIB

  17. Beginilah serunya dunia fantasi 🙂

  18. Aku sih udah tau lama tentang crita di balik doraemon

  19. Misteri upin ipin ada wkwwk njirr:v

  20. hahaha bagi aku sangat lucu untuk kisah tentang doraemon bukan sangat menyedihkan

  21. saya pecaya aja karena 75persen itu benar

  22. Aku jadi terharu deh,pengorbanan doraemon tidaklah sia-sia,aku pernah sekali tayangkan filmnya dirumah,dan saya nonton sampai habis sambil menanggis deh,terharu banget dehhhhhhhh

  23. Dorami tidak punya telinga juga karena dorami itu adalah adiknya doraemon,dorami menggunakan pita mengapa demikian,supaya meghargai doraemon yang tidak memiliki telinga karna doraemon dan dorami terbuat dari satu barrel minyak yang sama

  24. Dan suara doraemon ini tidak serak hanya tergantung pada suara dan bahasa masing masing negara contoh:di bahasa jepang tidak serak dan sekali lagi suara doraemon tidak serak hanya tergantung bahasa di

  25. Wah, kirain sejarahnya menakutkan kyak kartu kartun lain ternyata nggak ^^

  26. aneh banget robot makan robot
    Apa kata dunia???

  27. Doraemon?Punya telinga?Aneh juga kalo punya telingan lalu warna tubuhnya berwarna kuning?

  28. lebih baik di ambil positif ajh buat ap ambil yg negatif yg sama sekali tidak menguntungkan diri endiri

    1. Admin juga suka Doraemon! 🙂

  29. Khairunnisa sabyan berkata:

    Doraemon memang keren setiap filmnya pasti ada pelajaran yg di dapat

  30. info bagus yaa gue sendiri pengagum doraemon dari kecil dan walau umur sekrang udah 30an hahaha dan artikel nya bagus dan info menarik heheh dan salam kenal pak makasi sippp – 2dua.com

  31. try to build the solid foundation of the bricks that others have taken, life will not be so hard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *