Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Danau Toba, dari Begu Ganjang sampai Hantu Muka Rata

Misteri Danau Toba, dari Begu Ganjang sampai Hantu Muka Rata

Keindahan Danau Toba memang tidak perlu diragukan lagi. Danau yang berada di Sumatera Utara ini memang memiliki pesona yang sangat mengagumkan. Tak heran jika banyak penginapan yang sengaja buka di tepi danau ini untuk para wisatawan yang ingin bersantai dengan pemandangan danau ini. Danau Toba juga merupakan danau kebanggaan masyarakat Sumatera Utara karena ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sayangnya, di balik pesona cantik Danau Toba, ada beberapa kisah mistis yang menaungi danau tersebut. Bahkan, kisah misteri Danau Toba tersebut tidak kalah terkenal dengan pesona kecantikan danau itu. Apa saja cerita mistis yang berasal dari danau ini? Bacaterus akan mengulasnya satu persatu khusus untuk Anda.

Tangisan misterius dari sudut danau

Misteri Danau Toba

Cerita misteri Danau Toba yang berikut ini sangat sering dialami oleh wisatawan yang menginap di penginapan yang berada di tepi Danau Toba. Bahkan, masyarakat yang tinggal di sekitar danau ini mengaku mengalami gangguan mahluk astral berikut ini. Ketika malam sudah larut, sering terdengar suara orang menangis yang samar-samar. Setelah ditelusuri lebih lanjut, suara tangisan itu berasal dari sudut danau.

Menurut orang-orang yang tinggal di sekitar danau, suara tangisan tersebut berasal dari arwah penasaran orang-orang yang tewas karena tenggelam di Danau Toba. Meskipun tidak tampak sosoknya, tapi suara tangisan ini bisa membuat bulu kuduk meremang jika Anda mendengarnya secara langsung.

Penampakan hantu wanita bermuka rata

Penampakan hantu wanita bermuka rata

Mungkin Anda tidak merasa gentar ketika mendengar suara tangisan mahluk astral pada malam hari. Lantas, bagaimana jika Anda melihat langsung sosok mahluk astral yang menghuni Danau Toba?

Pengalaman bertemu mahluk halus penghuni Danau Toba pernah dialami oleh salah seorang pemuda. Malam itu, beberapa orang pemuda yang menyewa penginapan di tepi Danau Toba keluar hingga ke tepi danau karena tidak bisa tidur. Salah seorang pemuda menunggu agak jauh ketika teman-temannya asyik bermain di tepi danau.

Ketika menatap ke tepi danau, pemuda yang duduk menunggu teman-temannya itu melihat ada sosok wanita misterius keluar dari dalam danau. Sosok tersebut berjalan melewati teman-temannya dan menuju ke arah pemuda tadi. Betapa kagetnya pemuda itu ketika melihat wajah dari sosok wanita tersebut rata alias tidak memiliki mata, hidung, dan mulut. Jika Anda yang berada di posisi pemuda tersebut, bagaimana perasaan Anda?

Naga berukuran besar penjaga Danau Toba

Naga Cerek

Sampai saat ini, Naga dianggap sebagai mahluk mitologi yang belum 100 persen terbukti keberadaannya. Namun, misteri Danau Toba yang satu ini mau tidak mau membuat kita percaya dengan keberadaan mahluk mitologi tersebut.

Menurut pengakuan masyarakat sekitar, mereka masih sering melihat sosok naga raksasa yang menghuni Danau Toba. Naga ini dipercaya adalah jelmaan dari anak Pak Toba yang berubah menjadi seekor naga besar dan mendiami danau ini.

Yang membuat kita takut untuk berperahu di Danau Toba, sosok naga besar tersebut kerap kali menampakkan diri pada para nelayan. Ketika para nelayan tersebut sedang mencari ikan, mereka sering melihat sosok naga besar berenang hingga ke permukaan.

Meskipun sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan keberadaan naga besar penjaga Danau Toba itu, tetapi cerita ini sudah cukup membuat kita ngeri jika berada di atas danau lama-lama ya?

Ada sosok misterius saat mengambil foto Danau Toba

Ada sosok misterius saat mengambil foto Danau Toba

Di jaman modern seperti ini kegiatan mengambil foto saat sedang berpergian memang sudah bisa. Kita bisa mengabadikan setiap momen liburan hanya dengan bermodalkan ponsel berkamera. Namun, hati-hati jika Anda mengambil foto Danau Toba pada saat menjelang maghrib. Karena siapa tahu ada sosok gaib yang ikut berfoto di kamera Anda.

Cerita misteri Danau Toba yang berikut ini dialami oleh beberapa alumni Universitas Sumatera Utara (USU) yang sedang berlibur di danau ini. Layaknya anak-anak mudah pada umumnya, mereka sangat asyik berfoto-foto sampai lupa jika hari sudah hampir gelap dan adzan maghrib mulai berkumandang.

Saat melihat hasil foto melalui kamera, mereka melihat hanya satu foto yang warnanya tampak pucat, padahal foto-foto lain terlihat begitu cerah. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ada sosok misterius yang ikut berfoto. Sosoknya menyerupai monyet, tetapi wajahnya berupa kakek-kakek tua yang sangat sedih. Alhasil, mereka pun langsung segera ambil langkah seribu untuk pulang meninggalkan Danau Toba tersebut.

Begu Ganjang, sosok hantu pencabut nyawa

Begu Ganjang, sosok hantu pencabut nyawa

Mahluk astral ada yang hanya mengganggu, tapi ada juga yang bisa mencelakakan manusia. Seperti Begu Ganjang yang merupakan mahluk astral yang tidak segan menghabisi nyawa korbannya. Ini adalah sosok mistis dari kepercayaan etnis Batak Toba.

Keberadaan Begu Panjang seringkali dikaitkan dengan fenomena orang yang tiba-tiba sakit keras atau yang meninggal secara tiba-tiba. Konon, apabila ada manusia yang tidak sengaja melihat sosok Begu Banjang, maka mahluk astral ini tidak segan untuk mencekik manusia tersebut.

Sosok mahluk astral ini dipercaya terlihat seperti genderuwo hanya saja posturnya tidak gempal. Hantu berambu panjang ini suka berdiam di pucuk-pucuk pohon tinggi. Akan tetapi, keberadaan Begu Ganjang masih diragukan mengingat tidak banyak bukti yang konkrit untuk menunjukkan sosok Begu Ganjang benar-benar ada.

Ikan mas raksasa

Ikan mas raksasa

Bukan hanya naga saja yang menjadi salah satu misteri Danau Toba yang di luar nalar. Keberadaan ikan mas raksasa sepanjang 5 – 10 meter di Danau Toba ini juga dibenarkan oleh masyarakat sekitar. Ada 3 ekor ikan mas raksasa yang kerap kali berenang dan menampakkan diri pada orang-orang tertentu.

Para nelayan yang mencari ikan di danau ini juga merasa resah dengan keberadaan ikan mas raksasa itu. Pasalnya, ikan-ikan tersebut sering merusak jala ikan para nelayan. Konon, ikan-ikan mas raksasa itu merupakan jelmaan penunggu Danau Toba yang sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Jaga sikap dan perilaku jika tak ingin tenggelam

Jaga sikap dan perilaku jika tak ingin tenggelam

Bukan tanpa suatu alasan jika Danau Toba memakan korban jiawa. Konon, orang-orang yang tidak sopan dalam berperilaku, berbicara, dan membuang sesuatu ke dalam danau dapat tenggelam di danau ini. Pasalnya, pernah ada sebuah kejadian di mana ada seorang wisatawan wanita yang dengan sengaja membuat sampah pribadinya ke dalam danau.

Menurut beberapa saksi mata, wanita itu tenggelam di danau karena sesaat seperti ada mahluk tak kasat mata yang menarik tubuh wanita itu untuk mauk ke dalam danau. Sosok wanita itu tak pernah muncul lagi dan menurut desas-desus, tubuhnya pun tidak ditemukan sampai sekarang. Cerita wanita yang ditenggelamkan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita agar selalu menjaga sikap dan perkataan di mana pun berada.

Misteri Danau Toba memang selalu menarik untuk dibahas. Danau dengan sejuta pesona ini memang memiliki kisah mistis yang takkan ada habisnya. Apakah Anda berminat untuk mengunjungi Danau Toba? Jika ingin mengetahui tempat angker lainnya di Indonesia silakan klik di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment