Bacaterus / Mitos / Misteri Colossal Squid, Cumi-Cumi Sebesar Ikan Paus

Misteri Colossal Squid, Cumi-Cumi Sebesar Ikan Paus

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bumi yang kita tempati sebagian besarnya bukan merupakan wilayah daratan, melainkan lautan. Bisa dibayangkan dengan ukuran seluas itu, berapa banyak spesies hewan yang berada di dalam wilayah perairan. Konon dari ribuan spesies yang sudah diteliti dan mempunyai nama, nggak sebanding dengan yang belum diteliti karena jumlahnya jauh yang lebih banyak.

Dari berbagai hewan yang hidup di laut, kita mengetahui beberapa yang sering kita lihat atau bahkan makan. Sepengetahuan kita, jenis ikan paus tertentu adalah mahluk hidup paling besar yang ada di laut. Namun dalam beberapa dekade terakhir ditemukan mahluk hidup lain yang ukurannya nggak kalah besar dengan paus.

misteri colossal squid

Salah satunya yang berasal dari spesies cumi-cumi yang dikenal dengan nama Colossal Squid. Bagaimana misteri tentang Colossal Squid? Apa mungkin cumi-cumi ada yang berukuran sebesar ikan paus? Mari kita bahas lebih dalam.

Deskripsi Colossal Squid

Deskripsi Colossal Squid

Colossal Squid atau cumi-cumi kolosal disebut juga sebagai Antarctic squid atau giant cranch squid, ia merupakan spesies cumi-cumi terbesar di dunia. Asalnya dari genus Mesonychoteuthis Hamiltoni yang dikenal dengan jumlah spesimen yang sedikit.

Secara etimologi, Mesonychateuthis Hamiltoni berasal dari tiga kata bahasa Yunani yaitu mesos artinya tengah, onycho artinya cakar, dan teuthis artinya cumi-cumi. Colossal Squid mempunyai tubuh yang panjang maksimalnya bisa mencapai 4 m dengan tentakel sepanjang 10 m. Kalau dijumlahkan maka panjang cumi-cumi itu bisa sampai 14 m.

Dengan ukurannya itu, ia diberi predikat sebagai hewan tak bertulang belakang atau inveriebrata terbesar di dunia. Sebelum ditemukan Colossal Squid, cumi-cumi terbesar di dunia adalah cumi-cumi raksasa atau giant squid. Ia merupakan genus Architeutis yang mempunyai panjang total mencapai 13 m.

Sesuatu yang membedakan dua cumi-cumi itu selain dari ukurannya adalah anatomi tubuhnya. Colossal Squid mempunyai semacam cakar di permukaan lengan dan tentakelnya sedangkan giant squid nggak memilikinya.

Dengan bentuk tubuh yang besar dan gemuk mengalahkan ukuran giant squid, penamaan colossal menjadi hal yang dirasa sangat tepat. Dalam bahasa Inggris, colossal berarti sesuatu yang besar atau megah. Apalagi kalau kita hubungkan dengan penemuannya, jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Fisik Colossal Squid

Fisik Colossal Squid

Panjang Colossal Squid yang bisa mencapai 15 m sebanding dengan beratnya yang bisa mencapai 750 kg. Ia juga memiliki cakar di permukaan lengannya dan tentakelnya yang berlapis gigi kecil tajam. Sedangkan rongga mantelnya bisa dibilang sangat panjang, lebih panjang dari giant squid tapi tentakelnya lebih pendek.

Paruh Colossal Squid dianggap yang terbesar dibanding cumi-cumi yang lain dan juga lebih kuat. Matanya disebut-sebut sebagai mata terbesar dari animalia yang lain. Diameternya mencapai 27 cm dengan pupil berukuran 9 cm. Dalam kondisi hidup diameternya bisa lebih besar sampai mencapai 30 – 40 cm.

Kehidupan Colossal Squid berada di ribuan kilometer utara Antartika, selatan Amerika Selatan, selatan Afrika Selatan dan ujung Selandia Baru. Dengan kata lain, ia hidup di bagian selatan samudera dunia. Oleh karena itu, sebutan antarctic squid bukan tanpa alasan melainkan karena cumi-cumi itu tinggal di wilayah tersebut.

Penemuan Colossal Squid

Penemuan Colossal Squid

Penemuan Colossal Squid melalui perjalanan panjang. Pada tahun 1802, seekor cumi-cumi berkuruan besar ditemukan oleh seorang navigator bernama Prancis Peron yang melihat bagian atas badan Colossal Squid. Setelah itu sampai tahun 1924, banyak penemuan cumi-cumi raksasa di wilayah hidup Colossal Squid. Saat itu belum disimpulkan bahwa mahluk itu adalah Colossal Squid.

Pada tahun 1925 rentetan Colossal Squid mulai mendapat titik terang setelah para peneliti membelek perut seekor paus sperma. Di dalam perutnya ada sepasang tentakel Colossal Squid. Bertahun-tahun berikutnya penemuan terus terjadi tapi belum ada yang menemukannya dalam bentuk utuh.

Pada tahun 1981 seekor cumi-cumi betina yang diklasifikasikan dari Mesonychoteuthis Hamiltoni berhasil ditangkap oleh kapal pukat ikan Russia di lepas pantai Antartika. Ukurannya besar dengan total panjang 4 m. Penemuan ini makin membuat banyak pihak percaya bahwa ada cumi-cumi dengan ukuran besar yang hidup di dalam laut.

Di tahun 2007 baru spesimen Colossal Squid yang lengkap ditemukan di Selandia Baru. Bangkainya kemudian diserahkan pada para peneliti. Setelah diteliti lebih jauh ternyata bangkai cumi-cumi itu berjenis kelamin betina dan belum dewasa sehingga ukuran tubuhnya belum mencapai panjang yang maksimal.

Penelitian Colossal Squid

Penelitian Colossal Squid

Penelitian Colossal Squid secara menyeluruh yang ditemukan di Selandia Baru dilakukan pada tahun 2008. Pemeriksaan spesimen itu dikerjakan di Museum of New Zealand Te Papa Tongerawa dengan diketuai oleh seorang ahli biologi bernama Chris Paulin.

Selain itu ada juga ahli biologi dan toksikologi Belanda bernama Olaf Blaauw, ahli biologi dari Auckland University of Technology yaitu Steve O’Shea, Tsunemi Kubodera dan Kat Bolstad dan seorang teknisi bernama Mark Fenwick.

Dari penelitian itu menghasilkan beberapa temuan yaitu paruh Colossal Squid itu ukurannya lebih kecil kalau dibandingkan yang ditemukan di dalam perut paus sperma, artinya ada Colossal Squid yang ukurannya jauh lebih besar daripada yang satu ini.

Lebar matanya adalah 27 cm yang mungkin bisa berukuran lebih besar saat ia hidup. Pemeriksaan menggunakan endoskopi mendapat hasil bahwa ovarium cumi-cumi itu berisi ribuan telur. Para peneliti sudah meneliti Colossal Squid dalam waktu yang lama tapi yang masih belum bisa disimpulkan secara pasti adalah perilakunya.

Hal itu disebabkan karena sulitnya untuk meneliti dari habitatnya secara langsung. Cara makan cumi-cumi ini juga masih menjadi pertanyaan. Ada yang mengatakan sama dengan cumi-cumi lain yakni dengan berenang lalu menyergap mangsanya dengan lengan dan tentakelnya.

Ada pendapat lain tentang cara makan Colossal Squid yang dianggap sebagai pemburu pasif. Dari penelitian, nggak banyak jumlah hewan yang menjadi makanannya sementara pemburu aktif pada umumnya.

Selain itu, nggak banyak organisme produsen di kedalaman Colossal Squid hidup. Sebagian berpendapat bahwa ia merupakan cumi-cumi yang gerakannya lambat dan mendapat makanan dengan tipuan pada mangsanya dengan organnya yang bercahaya.

Musuh Hewan-Hewan Besar Lain di Laut

Musuh Hewan-Hewan Besar Lain di Laut

Dibandingkan dengan hewan-hewan lain di laut, Colossal Squid termasuk ke dalam hewan yang sangat jarang menampakkan diri. Terhitung hanya sampai 24 kali penampakannya sejak pertama kali ditemukan. Hal ini disebabkan karena ia hidup di kedalaman lebih dari 1.000 km yang sangat sulit untuk dijangkau.

Jarangnya Colossal Squid menampakkan diri bisa jadi disebabkan oleh hewan-hewan besar lain yang menjadi musuhnya. Salah satu musuh terbesarnya adalah paus sperma yang ukurannya bisa mencapai 15 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 50.000 kg.

Hal ini dibuktikan dengan penemuan tentakel Colossal Squid di dalam perut paus sperma yang artinya sebagian tubuhnya dimakan oleh paus tersebut. Selain paus sperma, ia juga menjadi musuh bagi paus pilot, gajah laut utara, dan burung albatros.

Kita berharap ilmu pengetahuan semakin berkembang sehingga nantinya misteri Colossal Squid ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Apa kamu tertarik apa spesies ini? Mungkin kamu punya informasi lain yang bermanfaat untuk dibagikan? Kolom komentar sudah disediakan untuk siapa pun yang ingin berbagi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. ♠️♥️♦️♣️VIP PELANGI♣️♦️♥️♠️
    Ayo Buruan Login Dan Raih Kemenangan Sebanyak Banyaknya Di VIPPELANGI.INFO
    Proses Depo & Withdraw Tercepat Di Seluruh Asia
    DEPOSIT MINIMAL HASIL MAKSIMAL $_$
    Untuk Kartu Ringan & Muda Menangnya …
    Buktikan Sekarang Juga Hanya Di VIPPELANGI.INFO

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 Id bisa main 9 Games Boss!!!

    INFO STATUS BANK :
    ♠️BCA : ONLINE
    ♥️BNI : ONLINE
    ♦️BRI : ONLINE
    ♣️MANDIRI : ONLINE
    ♠️DANAMON : ONLINE

    Tunggu apalagi bos!! langsung DAFTAR diri anda di VIPPELANGI.INFO
    Dicoba di Kunjungi Website Kami VIPPELANGI.INFO
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24 jam boss!!

    CONTACT US :
    ♦️WA: +62 821-9120-2380
    ♦️LINE: vippelangi
    ♦️Telegram: VipPelangi

    Ditunggu Kehadrian Nya Bermain Boss $_$ Salam Hoki dari VIPPELANGI.INFO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *