Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Cicada 3301, Teka-Teki Paling Misterius di Internet

Misteri Cicada 3301, Teka-Teki Paling Misterius di Internet

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Januari 2020

Keberadaan internet saat ini sudah sangat sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Selain bisa digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung, di sana juga bisa dijadikan lahan untuk mencari uang. Ada juga yang menggunakan internet untuk menemukan orang-orang yang mempunyai minat yang sama.

Nggak jarang orang-orang memposting hal-hal aneh di internet. Uniknya, ada saja orang yang menyukai atau minatnya sama dengan hal aneh tersebut. Salah satu postingan yang kemudian menghebohkan adalah kemunculan pesan berisi teka-teki yang kemudian disebut dengan Cicada 3301.

Kehebohannya bahkan sampai ke dunia nyata karena banyak orang mencoba memecahkannnya. Inilah yang membuat Cicada 3301 menjadi misteri. Kalau sudah meluas bahkan sampai ke kehidupan nyata, artinya ada sesuatu yang nggak biasa di dalamnya. Mau tahu lebih banyak? Mari kita kupas misteri Cicada 3301.

Asal Usul Cicada 3301

Asal Usul Cicada 3301

Cicada 3301 muncul untuk pertama kali pada 4 Januari 2012 di sebuah situs yang biasa membahas misteri yaitu 4chan. Di situs yang banyak menggunakan anonim itu dia hanya menggunakan nama 3301, hanya saja logo yang menyertai pesannya menggunakan lambang hewan Cicada yang mirip dengan jangkrik atau ngengat.

Sehingga untuk memudahkan penyebutan dan membedakan dengan yang lain, diberilah sebutan Cicada 3301. Penggunaan logo Cicada bukan dilakukan secara sembarangan. Hewan itu hidup selama 13 atau 17 tahun. Keduanya adalah bilangan prima. Begitu juga dengan angka 3301 yang sama-sama bilangan prima.

Setelah diusut ternyata bilangan prima memiliki peran penting dalam penyusunan algoritma. Ada yang  mengatakan Cicada 3301 merupakan seorang individu, tapi kalau dilihat dari pesannya yang menggunakan kata “we”, maka kemungkinan besar dia bukan satu orang, bisa jadi kelompok atau malah sebuah organisasi.

Sampai saat ini Cicada 3301 sudah muncul sebanyak tiga kali. Setiap kemunculannya selalu disertai dengan pesan. Pesan-pesannya selalu menggunakan desain yang sama yaitu sebuah latar belakang hitam dengan tulisan atau gambar berwarna terang. Teka-tekinya dianggap sebagai salah satu yang paling misterius dalam dunia internet.

Pesan Pertama Cicada 3301

Pesan Pertama Cicada 3301

Pesan pertama dari Cicada 3301 yang disebar di 4chan terlihat sederhana. Begitu juga dengan isi pesannya yang terlihat sederhana. Mereka mencari orang-orang yang pintar oleh karena itu mereka membentuk sebuah seleksi. Cara untuk lolos adalah menemukan makna tersembunyi dari pesan itu maka kita akan bisa menemukan mereka siapa.

Ada orang yang mencoba memecahkan pesan pertama Cicada 3301 dengan membuka gambar menggunakan ediot untuk teks, WordPad. Hasilnya adalah muncul sebuah tautan. Tautan itu kalau dibuka akan membawa kita pada sebuah foto bebek karet dengan sebuah pesan, “Whoops, ini hanya hanyalah pengalihan. Tampaknya Anda nggak bisa menyampaikan pesan dengan baik.”

Gambar bebek karet bersama pesannya sempat membuat orang-orang bingung. Sebuah pesan berisi teka-teki justru mengarah pada teka-teki yang lain. Seorang peserta menggunakan aplikasi Guessout yang bisa memecahkan steganography. Steganography adalah sebuah teknik untuk mengubah data-data menjadi sebuah bentuk informasi baru.

Pemecahan gambar bebek karet berhasil mengarahkan pada sebuah nomor telepon yaitu (214) 390-9608. Kode area dalam nomor telepon itu merupakan kode are untuk orang-orang yang tinggal di Gabon.

Nomor telepon itu kemudian dihubungi, yang didapat adalah teka-teki baru yang mengharuskan kita untuk menemukan angka lain dalam foto selain 3301, lalu ditambahkan (.com) untuk menemukan langkah selanjutnya.

Pesan Kedua Cicada 3301

Pesan Kedua Cicada 3301

Sebuah tautan berhasil didapat setelah mendapatkan angka selain 3301 pada gambar terakhir. Ketika masuk ke situs tersebut, ada hitungan  mundur selama tiga hari. Selain hitungan, ada juga pesan lain yang menyatakan bahwa kita harus menunggu sampai hari Senin tanggal 9 Januari pukul 17.00 UTC.

Pada 9 Januari 2012 penantian berakhir. Situs itu sudah nggak menampilkan hitungan mundur lagi, tapi sebuah GPS yang menunjukkan 14 titik koordinat berbeda. Titik-titik koordinatnya menunjuk pada kota-kota besar seperti Sydney, Warsawa, Paris, Seoul, Hawaii, Miami, New Orleans dan Seattle.

Pesan Kedua Cicada 3301 a

Orang-orang kemudian mencari petunjuk lanjutan dari pesan kedua Cicada 3301. Di semua lokasi didapat kertas berisikan QR Code. QR Code itu mengarah pada situs lain yang di halamannya ada kutipan puisi William Gibson yang berjudul Agrippa (A Book of The Dead) serta mengharuskan penggunanya membuat email baru untuk diberikan pada mereka sebagai bentuk anonimitas.

Cicada 3301 akan membalas email tersebut dengan sebuah pesan berisi angka dalam jangka waktu beberapa hari. Angka yang didapat pada email kemudian bisa digunakan pada alamat situs yang tercantum pada  situs awal.

Setelah sebulan, sebuah pesan dari Cicada 3301 kembali muncul di situs 4chan yang mengatakan bahwa mereka sudah menemukan orang-orang yang diinginkan dan tujuan mereka melakukan ini adalah untuk riset dan pengembangan teknologi untuk kebebasan dan keamanan privasi.

Pesan Ketiga Cicada 3301

Pesan Ketiga Cicada 3301

Cicada muncul kembali pada 4 Januari 2014. Kali ini dia nggak muncul di 4Chan, melainkan d Twitter. Perubahan pola kemunculannya sempat membuat banyak orang meragukan identitas Cicada 3301 di Twitter. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata benar bahwa Cicada 3301 menyampaikan pesan baru.

Pesan itu menyampaikan bahwa sebuah perjalanan baru saja dimulai dan pencerahan sudah menunggu. Cicada kembali muncul setahun kemudian, tapi nggak memberi teka-teki. Pada 4 Januari 2016 barulah kemunculannya kembali disertai teka-teki lewat pesannya.

Dia menyatakan bahwa cara untuk memecahkannya adalah dengan Liber Primus, kata-katanya adalah peta, maknanya adalah jalan dan nomor-nomornya adalah arah. Rumit bukan? Liber Primus merupakan tajuk yang diusung tim kurator untuk merujuk pada rangkaian kompleksitas ragam individu dan kekaryaannya.

Dalam pesan Cicada ada sebuah kata epiphany. Dalam ajaran Kristen, Ephipany merupakan hari penampakan Tuhan yang jatuh pada tanggal 6 Januari. Selain itu, teks dalam foto dicoba untuk diekstrak sampai menunjukkan sebuah puisi karya William Blake disertai dengan nomor-nomor misterius.

Selain itu ada juga gambar yang pernah diperkenalkan Aleister Crawley. Nomor-nomor misterius itu kemudian membawa kita pada sebuah tautan yang kembali menunjukkan pesan misterius.

Teori-Teori Tentang Cicada 3301

Teori-Teori Tentang Cicada 3301

Kemunculan Cicada membuat orang-orang mempertanyakan siapa mereka sebenarnya. Dengan pesan-pesan yang pernah dikirimnya, sama sekali nggak ada tanda yang cukup jelas yang mengarah pada identitas mereka. Spekulasi pun bermunculan tentang kemungkinan orang-orang di balik Cicada 3301. Teori-teorinya adalah:

1. Cicada 3301 merupakan cara badan intelijen untuk merekrut anggota baru. Pesan dan teka-teki rumit mereka bukanlah santapan orang biasa. Perlu orang-orang yang mempunyai kepintaran tertentu dengan keuletan yang luar biasa untuk memecahkan teka-tekinya. Orang-orang seperti itulah yang kemungkinan besar diperlukan dalam badan intelijen macam NSA, CIA atau MI6.

2. Kemunculan Cicada dengan pesan dan teka-teki misteriusnya dianggap sebagian orang sebagai upaya pengenalan nilai-nilai sebuah kultus. Apalagi mereka pernah mengambil kutipan dari karya Blavatsky dan Crawley. Hal itu sering dikaitkan dengan Freemason yang disebut-sebut sebagai organisasi rahasia yang mempunyai dampak besar dalam berbagai kehidupan di dunia.

Apa kamu sempat mendengar atau bahkan mengikuti misteri Cicada 3301 dalam setiap kemunculannya? Kalau kamu punya cerita menarik atau informasi tambahan, kamu bisa ikut berbagi di kolom komentar. Itu akan sangat membantu pembaca lainnya untuk mendapat pengetahuan baru yang terkait dengan misteri Cicada 3301.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *