Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Bobby Dunbar, Anak yang Hilang dan Anak yang Kembali

Misteri Bobby Dunbar, Anak yang Hilang dan Anak yang Kembali

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita tentu sudah nggak asing dengan berita orang hilang. Media sosial saat ini bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk mencari orang hilang karena daya jangkaunya yang luas dan bisa diakses dengan mudah. Biasanya dilengkapi foto orang yang hilang disertai nama, ciri-ciri, pakaian terakhir yang dipakai dan nomor telepon keluarga.

Seabad yang lalu, tepatnya tahun 1912 seorang anak berusia 4 tahun bernama Bobby Dunbar dilaporkan menghilang oleh orang tuanya. Pencarian dilakukan oleh kepolisian dan akhirnya setelah 8 bulan, sang anak ditemukan dan dikembalikan pada orang tuanya. Siapa yang nggak senang kalau anaknya yang hilang bisa pulang dan hidup bahagia seperti sebelumnya?

Kepulangan Bobby nggak begitu saja menyelesaikan masalah. Ada pihak lain yang mengaku sebagai orang tuanya. Sebagai orang tua kandung Bobby, mereka nggak tinggal diam ketika dihadapkan pada kasus seperti itu. Langkah hukum diambil agar mereka nggak kehilangan anak mereka untuk kedua kalinya.

Kronologi Hilang dan Pulangnya Bobby Dunbar

Kronologi Hilang dan Pulangnya Bobby Dunbar

Robert Clarence Dunbar yang akrab dipanggil Bobby merupakan anak pertama dari Lessie dan Percy Dunbar. Mereka sekeluarga merencanakan untuk pergi memancing ke daerah sekitar Swayze Lake, St. Landry Parish, Louisiana. Kegiatan itu dilakukan pada tanggal 23 Agustus 1912, yang kemudian diingat secara jelas karena pada tanggal itu Bobby menghilang.

Lessie dan Percy sebagai orang tua kandung Bobby melaporkan kejadian itu pada kepolisian yang langsung melakukan pencarian. Sekitar 8 bulan berselang pihak kepolisian mendapat laporan bahwa William Cantwell Walters sedang bepergian dengan seseorang yang sangat mirip dengan anak kecil yang sedang hilang.

Walters mengaku kalau anak itu adalah sang anak merupakan buah hati dari adik iparnya. Nama sang anak adalah Charles Bruce Anderson bukan Bobby Dunbar. Walters pun ditangkap dan sang anak diberangkatkan dari Mississipi ke Louisiana. Kepulangan Bobby menjadi sorotan bagi media-media lokal.

Mereka memberitakan kejadian tersebut dengan cerita-cerita mengharukan. Ada yang menyatakan bahwa anak itu langsung memanggil ibu pada Lessie dan mengenali adik bungsunya. Ada juga yang memberitakan bahwa mereka semua nggak mengenali anak itu tapi keesokan harinya Lessie mengenali sang anak dari ciri-ciri fisiknya dan yakin bahwa itu adalah Bobby Dunbar, anaknya.

Identitas Bobby Dunbar

Identitas Bobby Dunbar

Bobby Dunbar yang pulang kembali tinggal bersama orang tuanya, Lessie dan Percy. Namun itu nggak berlangsung lama karena beberapa hari kemudian, seorang wanita bernama Julia Anderson mendatangi mereka. Dia menceritakan bagaimana Walters membawa anak itu. Dia menitipkan anak itu pada Walters selama beberapa hari sementara dia mencari pekerjaan.

Kepolisian mencoba menyelesaikan permasalahan Julia Anderson dengan keluarga Dunbar. Mereka semua dipertemukan tapi Julia nggak yakin itu adalah anaknya. Pernyataan itu diubah beberapa hari kemudian dengan menyatakan bahwa Bobby adalah Bruce, anaknya.

Sayangnya itu semua terlambat karena anak lelaki itu sudah tinggal dengan nyaman di keluarga Dunbar dan Julia nggak punya uang untuk membawa masalah ke pengadilan sehingga dia memilih pulang ke Mississipi. Anak lelaki itu pun dianggap sebagai Bobby Dunbar, anak Lessie dan Percy.

Bobby Dunbar kemudian menjalani hidupnya. Dia bersekolah, bekerja dan berkeluarga. Sementara Julia pergi ke Poplarville untuk memulai hidup barunya di sana. Dia menikah lagi dan memiliki 7 orang anak. Mereka semua tumbuh besar dan kemudian mengungkapkan bahwa Bobby beberapa kali mengunjungi anak-anak dari Julia.

Sementara itu Walters yang dituntut hukuman 2 tahun penjara karena dituduh melakukan tindak pidana penculikan berhasil mendapat hukuman percobaan dan bisa keluar dari penjara. Sampai akhir hidupnya Walters selalu berkata bahwa Bobby Dunbar bukanlah Bobby Dunbar yang sebenarnya, melainkan Bruce Anderson yang merupakan keponakannya.

Penyelidikan Silsilah Bobby Dunbar

Penyelidikan Silsilah Bobby Dunbar

Bobby Dunbar hidup bahagia dan memiliki 4 orang anak, salah satunya adalah seorang anak lelaki yang diberi nama Bob Dunbar, Jr. Bobby Dunbar tutup usia pada tahun 1966 pada usia 58 tahun. Walaupun kasus mengenai Bobby Dunbar sudah terjadi dan dianggap selesai berpuluh-puluh tahun sebelumnya, kasus itu masih menjadi pembahasan di media-media.

Tahun 2004, anak Bob Dunbar Jr yang bernama Margaret Dunbar mengerjakan proyek silsilah keluarga. Dia sekalian menginvestigasi kasus yang melibatkan kakeknya. Sebagai cucu dia menyimpan rasa ingin tahu. Apakah benar kakeknya itu Bobby Dunbar yang pernah menghilang? Ataukah kakeknya adalah Bruce Anderson yang terpaksa menjadi Bobby Dunbar?

Agar dia merasa yakin atas pertanyaan-pertanyaan dalam benaknya, dia hendak melakukan tes DNA. Sampelnya adalah Bob Dunbar Jr dan satu lagi berasal dari anak Alonso Dunbar Jr. Margaret merasa bahwa tes itu masih diperlukan walau kasusnya sudah berlalu hampir seabad yang lalu. Belum lagi dia merasa mempunyai tanggung jawab atas tercorengnya nama baik Walters.

Hasil tes DNA menyatakan Bob Dunbar Jr dan keponakannya dari keluarga Dunbar nggak mempunyai hubungan darah sama sekali. Jadi Bobby Dunbar yang selama ini dianggap sebagai kakeknya sebetulnya adalah Bruce Anderson. Bukan hanya misteri identitas Bobby Dunbar yang terbongkar tapi juga keluarga Walters merasa bahwa nama baik mereka sudah dibersihkan.

Teori Menghilangnya Bob Dunbar

Teori Menghilangnya Bob Dunbar

Terbukanya identitas Bobby Dunbar yang sebenarnya adalah Bruce Anderson menyisakan satu misteri. Ke manakah Bobby Dunbar yang sebenarnya? Ada beberapa teori yang disebut orang-orang sebagai kemungkinan kejadian yang sebenarnya:

  1. Bobby Dunbar benar-benar menghilang pada saat perjalanan memancing bersama ayah dan ibunya. Dia kemungkinan besar terjatuh ke danau dan dimakan oleh buaya sehingga mayatnya nggak bisa ditemukan.
  2. Bobby Dunbar ada kemungkinan dibunuh oleh orang tuanya. Agar mereka terlepas dari tuntutan hukum, mereka menyatakan bahwa sang anak menghilang. Untuk menyempurnakan siasatnya, mereka terpaksa menggunakan Bruce sebagai pengganti. Kepolisian mengklaim mereka menemukan jejak langkah seorang pria dan ada saksi dari masyarakat sekitar yang mengaku melihat seorang pria misterius membawa Bobby tapi itu semua nggak bisa dibuktikan.

Sampai saat ini hilangnya Bobby Dunbar masih menjadi misteri. Kasusnya pun dianggap sudah selesai dengan klaim Lessie dan Percy bahwa Bruce Anderson adalah Bobby Dunbar. Ditambah dengan kenyataan bahwa Julia nggak membawa masalah lebih lanjut ke pengadilan membuat langkah hukum terhenti sampai di situ.

Menurutmu apakah misteri Bobby Dunbar akan menemukan jawaban baru? Sampai saat ini, nggak ada yang tahu ke mana Bobby Dunbar sesungguhnya dan mengapa Bruce Anderson merelakan dirinya dianggap Bobby. Kedua orang itu yang bisa menceritakan misteri Bobby Dunbar yang sebenarnya telah tiada.

Demikianlah misteri Bobby Dunbar, anak yang hilang dan anak yang kembali. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab sampai saat ini. Kalau kamu punya informasi tambahan, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar. Pastinya informasi dari kamu akan menarik perhatian banyak orang yang menyimak misteri Bobby Dunbar ini. Jadi, jangan ragu untuk berbagi, ya!

Kisah anak-anak yang pernah hilang secara misterius juga bisa kamu baca dalam artikel misteri frog boys.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *