Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Babushka Lady, Saksi Kunci Penembakan John F Kennedy

Misteri Babushka Lady, Saksi Kunci Penembakan John F Kennedy

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2019

22 November 1963 telah menjadi bagian dari sejarah kelam bangsa Amerika. Karena pada tanggal tersebut, kejadian pilu telah menimpa John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat yang ke-35. Ia diketahui tewas setelah mendapat tembakan di kepala dan leher saat berada dalam iring-iringan mobil kepresidenan di Dalax, Texas.

Presiden Kennedy pun tewas saat perjalanan menuju rumah sakit Parkland. Apa yang terjadi pada Presiden US tersebut telah membawa luka mendalam bagi warga Amerika Serikat. Bila kita berbicara mengenai kasus penembakan John F. Kennedy. Maka, tak akan lepas dari sosok perempuan misterius yang ada saat penembakan berlangsung.

Perempuan yang disebut “Babushka Lady” ini memang sempat menghebohkan warga Amerika. Siapakah perempuan ini sebenarnya? Apa yang membuat perempuan ini begitu menarik untuk di bahas?

Kali ini, Bacaterus telah merangkum semua informasi mengenai perempuan yang satu ini dalam misteri Babushka Lady, saksi kunci penembakan presiden Amerika Serikat.

Tahun yang Kelam Bagi Amerika Serikat

Tahun yang Kelam Bagi Amerika Serikat

56 tahun sudah berlalu. Namun kasus penembakan John Fitzgerald Kennedy, Presiden USA yang ke-35 masih tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Kematian Kennedy memang sempat membuat publik dunia gempar. Berbagai spekulasi mengenai siapa yang membunuh dan latar belakang pembunuhan pun dari tahun ke tahun sempat beredar luas.

Meskipun pada akhirnya, Lee Harvey Oswald, mantan marinir berusia 24 tahun secara resmi dinyatakan sebagai dalang penembakan yang menyebabkan kematian Presiden. Namun, hal tersebut tak membuat rasa penasaran publik Amerika terobati. Berbagai teori tentang kematian presiden kharismatik yang lahir di Brooklin, Massachusetts ini pun kian merebak.

Mulai dari teori konspirasi politik, sampai teori perang nuklir antar negara mewarnai sejarah kematian sang Presiden. Peristiwa yang terjadi dengan John F. Kennedy memang masih menjadi tanda tanya besar. Karena kenyataannya, Oswald sang terduga pelaku tunggal dalam penembakan presiden pun telah tewas saat berada di tahanan.

Saat kejadian buruk itu terjadi, Kennedy sendiri berencana akan melakukan pidato di Trade Mart, Dallas. Namun, secara mengejutkan suara tembakan berbunyi di lantai enam sebuah gedung ketika melewati Texas School Book Depository.

Kennedy dinyatakan tewas dalam kejadian mengenaskan tersebut. Pria yang mulai menjabat sebagai presiden tahun 1960 ini tercatat sebagai presiden Ke-4 yang tewas saat menjalankan tugasnya.

Babushka Lady, Saksi Kunci Penembakan Kennedy

Babushka Lady, Saksi Kunci Penembakan Kennedy

Kehadiran sosok perempuan yang disebut-sebut bisa menjadi saksi kunci atas kematian sang presiden memang sempat ramai diperbincangkan oleh khalayak umum. Beredarnya foto yang merekam jejak perempuan misterius saat penembakan presiden terjadi memang membuat publik penasaran.

Sosok yang kerap disebut sebagai Babushka Lady ini memang menjadi perhatian setelah insiden memilukan yang terjadi di jalanan Elm Street tersebut. Babushka Lady sendiri bukanlah nama sebenarnya. Sebutan tersebut disematkan pada wanita yang ada dalam foto, karena gaya busananya mirip dengan seorang perempuan tua yang biasa dijumpai di Rusia.

Babushka sendiri berarti “perempuan tua” dalam bahasa Rusia. Perempuan tersebut memang terlihat mengenakan syal sebagai penutup kepala yang mirip dengan perempuan tua saat menyaksikan iring-iringan mobil kepresidenan.

Petunjuk mengenai keberadaan Babushka Lady pertama kali di dapat dari seorang warga yang telah mengabadikan momen-momen saat peristiwa mengejutkan terjadi bernama Abraham Zapruder. Di dalam foto tersebut Babushka Lady memang tampak sedang berdiri di atas rumput seraya memegang sebuah kamera.

Selain itu, keberadaan perempuan itu juga sempat terlihat dalam beberapa foto dan rekaman video yang diambil di Dealer Plaza tanggal 22 November 1963. Keberadaannya yang berada dekat saat kejadian membuat FBI berusaha menemukan perempuan misterius tersebut.

Babushka Lady seakan menjadi angin segar bagi FBI untuk mengungkap kebenaran tentang peristiwa penembakan presiden John F. Kennedy. Hanya saja keberadaan wanita yang satu ini memang sangat misterius dan sulit terdeteksi.

Meskipun penyelidikan pada akhirnya mengantarkan FBI pada seorang teknisi dari Kodak bernama Jack Harisson yang mengatakan pernah bertemu dengan seorang perempuan yang di duga Babushka Lady, saat memintanya mencetak foto yang sama dengan posisi perempuan itu berdiri pada tanggal 22 November 1963. Hanya saja, hasil foto yang dicetak terlihat kabur dan tidak menjelaskan apapun.

Kehadiran Babushka memang membuat penasaran warga Amerika. Sosoknya yang misterius membuat masyarakat mulai berspekulasi mengenai dirinya. Beberapa orang berpendapat bahwa perempuan tersebut adalah pembunuh sebenarnya. Namun, teori lain telah mematahkan pendapat tentang keterlibatannya dalam pembunuhan tersebut.

Beberapa orang juga mengemukakan pendapatnya tentang tidak munculnya Babushka Lady di hadapan publik. Mereka berpendapat bahwa perempuan tersebut takut membongkar jati dirinya, karena ia memiliki kasus lain. Sehingga memilih untuk tetap merahasiakan diri agar tetap aman.

Munculnya Beverly Oliver, Sang Penari Klub

Munculnya Beverly Oliver, Sang Penari Klub

Munculnya nama Baverly Oliver yang mengaku sebagai Babushka Lady memang menjadi polemik baru yang terjadi pada tahun 1970. Saat itu, seorang peneliti kasus pembunuhan terkemuka bernama J Gary Shaw secara tak sengaja bertemu dengan Beverly Oliver saat selesai mengikuti kebaktian gereja di Joshua, Texas.

Pengakuan Beverly sebagai Babushka memang cukup mengejutkan publik Amerika. Beverly Oliver diketahui lahir pada tahun 1946. Ia bekerja sebagai penari dan penyanyi di sebuah klub bernama Colony. Oliver sendiri mengaku berada di Elm Street ketika John F Kennedy tewas terbunuh. Posisinya tersebut memang menjadi posisi terdekat saat insiden berdarah itu terjadi.

Namun, banyak pihak meragukan kebenarannya. Hal tersebut berdasarkan pernyataan-pernyataan Oliver yang selalu bertolak belakang dan tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya pada saat penembakan terjadi.

Meskipun demikian, beberapa pihak pun mempercayai kebenaran tentang kabar Beverly Oliver sebagai Babushka Lady. Hal tersebut karena kemiripan ciri fisik yang ada dalam foto Abraham Zepruder dengan perempuan tersebut.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan J Gary Shaw mengenai posisi yang ditunjukkan Baverly saat kejadian sangatlah tepat, mengingat pada masa itu rekaman tentang tragedi penembakan tersebut belum tersebar luas, sehingga tak ada seorang pun yang tahu pasti posisi Babushka Lady seperti yang dipaparkan Beverly Oliver.

J Gary Shaw juga seorang terlatih yang telah menangani banyak kasus. Sehingga setiap argumen yang dikeluarkannya tentu bukan sesuatu yang sembarangan. Siapakah Babushka Lady sebenarnya? Sampai saat ini belum ada informasi pasti yang menjelaskan tentang sosok perempuan kontroversial yang satu ini.

Sikap ambigu FBI terhadap kemunculan dan pernyataan Beverly Oliver pun menambah misteri tentang sosok Babushka Lady. Sama seperti kematian presiden John F. Kennedy yang misterius, kebenaran tentang Babushka Lady pun masih menjadi misteri yang menunggu untuk diungkap di masa depan.

Nah, itulah misteri tentang Babushka Lady, saksi kunci penembakan Presiden Amerika. Kamu juga bisa membaca artikel misteri frog boys yang tak kalah menarik untuk disimak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *