Bacaterus / Misteri Indonesia / Misteri Anak Gunung Krakatau, Primadona Bagi Para Peneliti

Misteri Anak Gunung Krakatau, Primadona Bagi Para Peneliti

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 November 2019

Gunung anak Krakatau menyimpan sejarah menarik. Keberadaan anak gunung Krakatau memang tak bisa lepas dari cerita gunung Krakatau yang konon meletus dengan dahsyat pada tahun 1883. Gunung yang terletak di selat Sunda, kabupaten Lampung Selatan, provinsi Lampung ini kerap menunjukkan aktivitas yang mengundang banyak para ahli untuk melakukan penelitian.

Meskipun tidak memiliki ketinggian yang luar biasa seperti gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia, akan tetapi kepopuleran gunung anak Krakatau ini bisa sampai ke penjuru dunia. Aktivitas yang cukup tinggi di gunung anak Krakatau membuat gunung unik ini tertutup untuk wisatawan.

Meskipun demikian, misteri yang menyelimuti gunung anak Krakatau memang menarik untuk dibicarakan. Karena kita sedang membicarakan gunung anak Krakatau. Tidak ada salahnya untuk membahas tentang misteri yang menyelimuti anak gunung Krakatau, gunung yang menjadi primadona bagi para peneliti. Berikut adalah rangkumannya:

Kemunculan anak gunung Krakatau yang misterius dan terus tumbuh

Kemunculan anak gunung Krakatau yang misterius dan terus tumbuh (Copy)

Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Letusan yang besar tersebut mengakibatkan awan panas serta Tsunami yang menewaskan hampir 36.417 jiwa. Letusan gunung Krakatau sendiri diperkirakan setara dengan 30.000 kali bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika di kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang.

Dentuman keras akibat ledakan itu sendiri terdengar sampai ke Australia, Norwegia, New York dan pulau Redriguez yang berada dekat dengan Afrika. Letusan gunung Krakatau memang cukup dahsyat hingga menyebabkan awan hitam menyelimuti bumi selama beberapa hari. Akibat letusan gunung Krakatau tersebut terjadi perubahan iklim hampir di seluruh dunia.

Setelah 40 tahun pasca ledakan gunung Krakatau, muncullah anak gunung Krakatau secara misterius. Menurut kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, anak gunung Krakatau mulai muncul ke permukaan pada 15 Januari 1929. Saat itu nelayan mendengar suara gemuruh yang tiba-tiba muncul berbarengan dengan semburan gas yang menyembul dari dalam laut.

Sampai saat ini gunung anak Krakatau terus tumbuh dan semakin membesar. Kisaran pertumbuhannya sekitar 4-5 meter setiap tahun. Gunung anak Krakatau juga tercatat sebagai gunung berapi yang paling aktif di dunia. Kemunculannya dianggap sebagai sebuah warisan budaya yang harus dilestarikan menurut UNESCO pada tahun 1991.

Penampakan perahu putih yang sering terlihat mengapung di perairan

Penampakan perahu putih yang sering terlihat mengapung di perairan (Copy)

Gunung anak Krakatau memang bukan tempat untuk para wisatawan menghabiskan waktu menikmati keindahan alam. Selain aktivitas gunung yang cukup tinggi. Gunung tersebut juga memang khusus bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian di gunung tersebut.

Selain memiliki cerita menarik dalam kemunculannya. Gunung anak Krakatau juga menyimpan sekelumit cerita misterius yang mungkin akan terdengar sedikit menakutkan bagi sebagian orang. Menurut penduduk dan petugas yang berada tak jauh dari gunung anak Krakatau. Mereka sering melihat penampakan perahu berwarna putih di perairan gunung anak Krakatau.

Kemunculannya yang misterius tak ayal membuat para petugas yang berpatroli di sekitar perairan sering dibuat kebingungan. Karena ketika mereka memeriksa lebih dekat, perahu berwarna putih tersebut tiba-tiba menghilang. Nah, kira-kira perahu apa yang para petugas lihat? Berikan komentar di bawah ya!

Pertunjukan wayang misterius yang ada di gunung anak Krakatau

Pertunjukan wayang misterius yang ada di gunung anak Krakatau (Copy)

Selain penampakan perahu berwarna putih. Cerita menakutkan yang menjadi mitos bagi penduduk setempat adalah suara pertunjukan wayang misterius yang sering terdengar di gunung anak Krakatau. Kejadian yang terjadi di gunung anak Krakatau memang bukan hal asing. Mengingat di Indonesia sendiri, cerita-cerita misteri yang menyelimuti sebuah tempat sudah menjadi hal yang biasa.

Sama seperti gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia. Di gunung anak Krakatau sendiri sering terjadi kejadian menyeramkan yang susah untuk dijelaskan akal sehat. Salah satunya yaitu sering terdengarnya suara gamelan yang mengiringi sebuah pertunjukan kesenian yang identik dengan sebuah pertunjukan wayang.

Menurut petugas yang berpatroli, mereka kerap mendengar suara tersebut di gunung anak Krakatau. Meskipun belum ada penjelasan mengenai hal tersebut. Namun, masyarakat setempat meyakini bahwa hal tersebut adalah aktivitas yang dilakukan mahkluk gaib yang menempati gunung anak Krakatau.

Memiliki kata pantangan yang tidak boleh disebut

Memiliki kata pantangan yang tidak boleh disebut (Copy)

Sama seperti di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, di gunung anak Krakatau pun memiliki pantangan tersendiri yang tidak boleh di langgar baik oleh warga atau warga pendatang yang berkunjung ke tempat tersebut. Salah satu yang dilarang bila sedang berkunjung ke gunung anak Krakatau adalah mengucapkan kata ‘Kepiting’.

Bagaimana sejarah pantangan tentang tersebut? Tidak ada yang tahu pasti. Namun penduduk setempat meyakini hingga mengganti kata Kepiting dengan kata Kerbau. Konon bila kata itu diucapkan secara sengaja, maka orang yang mengatakannya akan dirundung kesialan berupa sakit perut atau kemalangan lain tanpa terduga.

Selain Kepiting, penduduk pun berusaha tidak menyebutkan satu tumbuhan liar yang mereka sebut ‘Oyot’ di sana. Penduduk setempat mengganti nama tumbuhan tersebut dengan sebutan ‘Kesara’ yaitu tali kekang yang digunakan untuk mengikat Kerbau. Meskipun terdengar aneh, namun hal tersebut memang dipercayai masyarakat yang berada di kawasan gunung anak Krakatau.

Nah, sebagai orang baru yang berkunjung ke tempat tersebut alangkah baiknya mengikuti semua peraturan yang telah dibuat di sana. Selain sebagai bentuk penghormatan, juga untuk mencegah hal-hal diluar nalar terjadi. So, jangan pernah bermain-main dengan peraturan ya, guys.

Banyak hewan-hewan misterius yang muncul di gunung anak Krakatau

Banyak hewan-hewan misterius yang muncul di gunung anak Krakatau (Copy)

Kemunculan gunung anak Krakatau ke permukaan laut memang berhasil mencuri perhatian para ilmuan di seluruh dunia. Termasuk para ilmuan yang ingin mengetahui kehidupan flora dan fauna di gunung yang masih sering menunjukkan aktivitas erupsinya tersebut.

Cerita mengenai munculnya hewan-hewan misterius yang menyelimuti gunung tersebut memang cukup menarik untuk dibahas. Termasuk keberadaan beberapa hewan mitos raksasa yang dipercaya oleh penduduk sekitar.

Pertumbuhan gunung yang semakin meninggi tiap tahunnya telah membawa cerita menarik yang dapat menggugah rasa penasaran banyak orang. Menurut prof IWB Thornton seorang ahli Zoologi dari Universitas La Trobe Australia, saat berkunjung bersama rombongannya untuk meneliti spesies yang ada di gunung anak Krakatau.

Mereka menemukan beberapa spesies baru di gunung tersebut. Spesies baru tersebut diantaranya adalah kelelawar (Megaderma spasma), ular terbang (Chyrsopelia Paradiso), cecak besar (Gacko-gacko), babi, tumbuhan Cemara, serangga dan banyak lagi hewan yang menghuni gunung tersebut.

Hewan-hewan tersebut di duga terdampar di gunung anak Krakatau. Selain hewan-hewan penemuan tersebut. Keberadaan hewan mitos seperti kadal raksasa dan burung raksasa pun ikut menjadi bagian dari cerita munculnya hewan misterius yang ada di gunung anak Krakatau. Meskipun belum terbukti kebenarannya, namun masyarakat percaya dengan keberadaan hewan raksasa di tempat tersebut.

Nah, itulah misteri yang menyelimuti gunung anak Krakatau, gunung eksotis  yang menjadi primadona bagi para peneliti. Nantikan informasi lain yang lebih menarik yang akan Bacaterus bagikan untuk kamu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “Misteri Anak Gunung Krakatau, Primadona Bagi Para Peneliti”

  1. ====== KawanPelangi(,)Com ======

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 8 games bos!
    BandarQ | BandarQ Online | BANDAR POKER | Agen BandarQ | Domino99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik

    CONTACT US :
    – LINE : PELANGIQQ
    – FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    – TELEGRAM : @pelangiqq
    – WhatssApp : 6281231804952

Tinggalkan komentar