Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Alas Purwo, Tempat Paling Angker di Pulau Jawa

Misteri Alas Purwo, Tempat Paling Angker di Pulau Jawa

Taman Nasional Alas Purwo letaknya berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Jika dilihat sekilas, TN Alas Purwo nampak seperti hutan pada umumnya. Banyak spesies binatang yang tinggal di sini, mulai dari banteng, lutung, kera abu-abu, biawak, rusa, macan tutul, sampai dengan burung merak. Namun, bila Anda memiliki indra keenam dan bisa melihat dengan mata batin, Alas Purwo ini pantas dijuluki sebagai tempat paling angker di Pulau Jawa.

Apa sebenarnya misteri Alas Purwo sehingga hutan tersebut diklaim sebagai tempat terangker di Jawa Timur, bahkan di Pulau Jawa? Konon, Alas Purwo menjadi lokasi kerajaan jin terbesar di Nusantara. Bayangkan saja jika berbagai jin atau mahluk halus dari seantero Indonesia berkumpul di Alas Purwo. Tentu saja hal tersebut bisa membuat kita merinding saat harus memasuki lokasi tersebut, bukan?

Misteri Alas Purwo

Kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk menelusuri misteri Alas Purwo, sebuah hutan yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Selain menjadi lokasi bagi kerajaan jin terbesar, Alas Purwo juga menyimpan berbagai misteri mencengangkan yang tentu saja akan membuat Anda bergidik ngeri.

Bisa masuk, tapi tidak bisa keluar

Bisa masuk, tapi tidak bisa keluar

Pengalaman tersesat di gunung atau hutan mungkin merupakan cerita biasa. Namun, cerita orang tersesat di Alas Purwo ini nampaknya cukup berbeda dengan pengalaman kebanyakan. Ada yang mengatakan jika seseorang memiliki niat jahat saat masuk ke Alas Purwo, maka orang tersebut tidak akan pernah bisa menemukan jalan keluar.

Ada yang mengatakan bahwa orang-orang yang “tersesat” di Alas Purwo ini sudah diculik oleh bangsa jin. Kalaupun ada yang kembali karena bisa menemukan jalan keluar, orang tersebut akan mengalami gangguan jiwa alias gila. Sejumlah orang yang dinyatakan hilang di Alas Purwo tidak akan pernah ditemukan jasadnya.

Kerajaan jin terbesar di nusantara

Kerajaan jin terbesar di nusantara

Salah satu misteri Alas Purwo yang paling terkenal adalah adanya kerajaan jin terbesar di nusantara. Dengan kedua mata biasa, mungkin kita melihat Alas Purwo tak ubahnya seperti hutan pada umumnya. Akan tetapi, bagi pemilik mata batin mereka akan melihat ada sebuah kerajaan jin yang besar dan megah di hutan ini.

Keberadaan kerajaan jin terbesar ini juga menjadi alasan mengapa hampir semua jin dan mahluk gaib dari luar Pulau Jawa berkumpul di tempat ini. Menurut beberapa “orang pintar”, Alas Purwo merupakan tempat yang berbahaya karena ada begitu banyak mahluk astral di tempat ini.

Jika orang yang masuk ke sini berkata atau berbuat sesuatu yang tidak berkenan, maka mahluk-mahluk gaib di sekitarnya dapat “menculik” atau mencelakakan orang tersebut.

Tempat mencari pesugihan dan ilmu hitam

Tempat mencari pesugihan dan ilmu hitam

Mengingat Alas Purwo merupakan lokasi berdirinya kerajaan gaib tak kasat mata, maka hal tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah manusia yang ingin kaya dengan jalan pintas. Ya, banyak manusia yang datang kemari untuk meminta pesugihan dari mahluk-mahluk gaib penghuni Alas Purwo.

Selain mencari pesugihan, Alas Purwo dipercaya sebagai tempat terbaik untuk menuntut ilmu hitam. Hal ini biasa dilakukan oleh sejumlah orang yang ingin mempelajari ilmu klenik. Banyak orang yang bersemedi di Alas Purwo ini sembari berharap segera memiliki ilmu hitam atau menjadi orang sakti.

Ada sekitar 40 buah gua yang terdapat di Alas Purwo. Gua-gua tersebut menjadi tempat bagi sejumlah orang yang ingin mencari pesugihan atau ilmu hitam. Di antara banyaknya gua di Alas Purwo, Gua Istana merupakan tempat yang paling favorit bagi orang-orang yang mencari pesugihan maupun menuntut ilmu hitam.

Misteri makam sepanjang 7 meter

Misteri makam sepanjang 7 meter

Ukuran makam pada umumnya adalah 1×2 meter. Panjang makam rata-rata tidak lebih dari 3 meter. Namun, ketika berkunjung ke Alas Purwo Anda akan menemukan sebuah makam dengan panjang 7 meter. Makam yang diberi nama Makam Mbah Dowo ini dikramatkan oleh masyarakat sekitar.

Makam dengan panjang 7 meter ini menjadi salah satu misteri Alas Purwo yang cukup menarik untuk dibahas. Konon, yang dikubur di makan ini bukanlah jasad manusia, melainkan tombak pusaka milik Mpu Barada yang dititipkan pada Suryo Bojonegoro untuk diberikan kepada Raja Klungkung. Tombak sakti ini nantinya akan digunakan oleh Raja Klungkung untuk melawan seorang wanita dengan ilmu hitam yang tinggi, yakni Calon Arang.

Sayangnya, Suryo Bojonegoro melanggar amanah yang dipercayakan kepadanya dengan membuka tempat tombak pusaka tersebut sebelum ia sampai di Kerajaan Klungkung. Secara ajaib, tombak ajaib tersebut kembali ke dalam tanah dan tidak bisa diambil oleh siapapun. Akhirnya, Suryo Bojonegoro mengabdikan seluruh hidupnya untuk menjaga benda pusaka yang terkubur di dalam tanah itu.

Saat ini, Makam Mbah Dowo dianggap sebagai salah satu tempat dengan aura positif di Alas Purwo. Penjaga makam ini berwujud sosok tak kasat mata yang menyerupai senopati, tetap bukan sosok Suryo Bojonegoro. Komplek makam dijaga oleh prajurit tak kasat mata, sehingga aura di sekitar makam ini positif dan kontras sekali dengan aura di luar komplek makam yang sarat dengan aura negatif.

Sejumlah penampakan mahluk astral

Sejumlah penampakan mahluk astral

Anda tentu sudah bisa menebak jika di suatu tempat yang angker pasti ada gangguan visual yang datang dari mahluk astral. Ya, gangguan visual tersebut bisa berupa penampakan mahluk gaib dengan wujud yang menyeramkan. Pun begitu di Alas Purwo ini, Anda bisa menjumpai berbagai penampakan mahluk gaib yang bisa membuat Anda sulit tidur.

Penampakan mahluk halus yang paling sering dilaporkan di hutan ini adalah genderuwo dan kuntilanak. Anda dapat menemukan penampakan tersebut jika Anda berkunjung ke Alas Purwo pada malam hari. Banyaknya pepohonan yang rimbun dan berdiri rapat membuat lokasi ini menjadi tempat tinggal favorit bagi mahluk astral.

Terowongan gaib yang mengecoh kendaraan

Terowongan gaib yang mengecoh kendaraan

Misteri Alas Purwo lainnya datang dari kisah sopir bus yang mengaku pernah menembus terowongan gaib di Alas Purwo. Kala itu, sopir bus mengendarai bus yang membawa penumpang dari Bali dengan tujuan Jakarta. Ada 2 bus yang berjalan beriringan.

Untuk menghindari kemacetan di jalan utama, supir bus ini sepakat untuk melewati jalur di dekat Alas Purwo meskipun jalannya lebih sempit dan curam. Namun, tanpa sadar kedua bus tersebut masuk ke dalam terowongan gaib, sehingga bus nampak berputar-putar di kawasan ini saja.

Pada saat adzan subuh berkumandang baru semua penumpang sadar bahwa mereka sejak tadi berputar-putar di dalam hutan, bukan jalanan yang dibuat khusus kendaraan. Setelah sadar, mereka segera meminta bantuan dari warga sekitar untuk bersama-sama mengeluarkan bus tersebut dari hutan.

Padang Penggembalaan Sadengan

Sejumlah misteri Alas Purwo ini dapat membuat kita enggan untuk berkunjung ke taman nasional tersebut. Namun, di balik semua misteri yang menyeramkan itu, Alas Purwo memiliki Padang Penggembalaan Sadengan yang membuat Anda merasa seperti berada di padang rumput di Afrika dan sejumlah pantai yang masih sangat cantik dan asri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment